- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Menurut Mbak Dina bahwa kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembukaan, melainkan langsung menuju pada materi penyampaian , dan seharusnya guru menyuruh siswa untuk berorasi di depan sebagai pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam berlatih untuk berorasi.
b) Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah dalam penyampaian materi sudah baik, dijelaskan juga cara berorasi yang baik dan benar, sehingga siswa langsung tanggap ketika diajak dalam pembelajaran untuk berorasi di masing-masing kelompok.
Apakah Anda juga sependapat dengan Mbak Dina ? Mohon tanggapannya !

mohon maaf ibu Ary Purwaningsih, untuk lihat videonya bagaimana ya??

Bu Fatikhah bisa membuka http://gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/ayo-berorasi
Semoga membantu

Nama : Lusiana Dia Anggunsari
NIM : 042877932
kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah
kelebihan : penyampaian materi sudah cukup baik sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran.
Kelemahan : pada awal pembelajran tidak ada salam pembuka langsung pada penyampaian materi.
NAMA :Dede Audeansyah
NIM : 041080371
UPBJJ : UT Pangkalpinang
Kelebihan dan kekurangan :
kelebihan: Guru menjelaskan materi dengan melibatkan keaktifan siswa untuk aktif melakukan tugas menentukan apa yang akan diorasikan.
Kelemahannya guru tersebut tidak memulainya dengan apersepsi, fokus kompetensi tidak jelas. model pembelajaran hanya ceramah sehingga membosankan proses belajar.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
pernah,dimana saya membagi siswa dalam beberapa kelompok.
-guru lebih kreatif dengan menggunakan media pembelajaran sehingga menambah interaksi antara siswa dan guru.
-Orasi sebaiknya dilakukan di depan kelas.
-Guru hendaknya memberi salam pembuka di awal pembelajaran.
-Menurut Winkel
Menurutnya belajar merupakan aktivitas mental ataupun psikis yang berlangsung baik dilingkungan dengan interaksi yang aktif. Selain itu belajar diharuskan atau menghasilkan perubahan yang secara langsung ataupun tidak langsung dalam pribadi yang melakukannya.
-Menurut Jerome S.Bruner
Bruner mengungkapkan bahwa belajar merupakan bagaimana orang tersebut dapat memilah, memilih, mempertahankan, dan mentransformasikan informasi dengan cara yang aktif. Menurut Bruner selama kegiatan belajar berlangsung akan lebih banyak siswa untuk menemukan sendiri apa penyebab dan makna dari berbagai hal yang dipelajari. Dengan cara tersebut, diharapkan mereka mampu memahami konsep-konsep dalam bahasa mereka sendiri,
Saya setuju dengan pendapat saudari Siti Khusnul Khotimah dan Saudara Nurul Hadi yaitu Guru tidak mempersiapkan alat bantu mengajar untuk membantu guru dalam menjelaskan materi pelajaran dan juga tidak melaksanakan evaluasi. Dengan alasan kekurangan waktu seringkali guru tidak melaksanakan evaluasi terhadap apa yang telah dilaksanakan
Nama : Dina Wijayatin
Nim : 030911566
UPBJJ : UT Surabaya
1. a) Kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembukaan, melainkan langsung menuju pada materi penyampaian , dan seharusnya guru menyuruh siswa untuk berorasi di depan sebagai pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam berlatih untuk berorasi.
b) Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah dalam penyampaian materi sudah baik, dijelaskan juga cara berorasi yang baik dan benar, sehingga siswa langsung tanggap ketika diajak dalam pembelajaran untuk berorasi di masing-masing kelompok.
2. Pernah, ketika pada awal pembelajaran merasa canggung dan gugup dalam menyampaikan materi pembejalaran, namun bisa saya atasi perlahan-lahan dengan belajar berbicara di depan umum dengan membuat audiens mengerti sepenuhnya materi yang saya ajarkan seperti intonasi dan kecepatan penyampaian, melatih mental saya dengan bersikap positif di depan umum, serta mempersiapkan materi dengan baik seperti riset data yang cukup, menyiapkan alur penyampaian yang menarik, serta memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang akan di tanyakan oleh audiens atau siswa. Karena dengan belajar dari kesalahan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
3. Dalam kehidupan bersosial, kita harus berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Tidak jarang kita harus mengalahkan rasa takut untuk berbicara di depan umum karena tidak semua orang menguasai kemampuan berbicara di depan umum dengan baik. Langkah perbaikan yang harus diambil adalah dengan sebelum menyampaikan materi di kelas kita harus mempersiapkan materi pembelajaran, mental, serta kecepatan penyampaian agar siswa dapat memahami materi dengan jelas tanpa ada kesalahan dalam pemahaman materi. Sebelum memulai pembelajaran kita bisa memberi salam pembukaan seperti membaca doa sebelum memulai pelajaran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, melakukan kegiatan literasi, dan bisa di lanjutkan dengan menyampaikan materi yang dipelajari.
4. a) Aristoteles berpendapat, bahwa moralitas adalah yang paling utama dalam retronika, akan tetapi dia juga menyatakan bahwa retronika adalah seni, karena retronika yang sukses adalah yang mampu memenuhi dua unsur, yaitu kebijaksanaan dan kemampuan dalam mengolah kata-kata.
b) Menurut Tarigan (1990 : 15) berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan sebagai suatu sistem tanda-tanda yang dapat di dengar dan yang kelihatan dengan memanfaatkan sejumlah otot dan jaringan tubuh dengan maksud dan tujuan gagasan atau ide yang di dominasi.
Demikian pendapat diskusi dari saya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.