- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Menurut Mbak Dina bahwa kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembukaan, melainkan langsung menuju pada materi penyampaian , dan seharusnya guru menyuruh siswa untuk berorasi di depan sebagai pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam berlatih untuk berorasi.
b) Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah dalam penyampaian materi sudah baik, dijelaskan juga cara berorasi yang baik dan benar, sehingga siswa langsung tanggap ketika diajak dalam pembelajaran untuk berorasi di masing-masing kelompok.
Apakah Anda juga sependapat dengan Mbak Dina ? Mohon tanggapannya !

mohon maaf ibu Ary Purwaningsih, untuk lihat videonya bagaimana ya??

Bu Fatikhah bisa membuka http://gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/ayo-berorasi
Semoga membantu

Nama : Lusiana Dia Anggunsari
NIM : 042877932
kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah
kelebihan : penyampaian materi sudah cukup baik sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran.
Kelemahan : pada awal pembelajran tidak ada salam pembuka langsung pada penyampaian materi.
NAMA : AL MAHDI
NIM : 042383527
UPBJJ : UT Pangkalpinang
- Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut,adalah
- Kelebihan guru :
- Guru menguasai pengelolaan kelas dengan baik ,sehingga dapat tercipta lingkungan belajar yang positif
- Guru menyampaikan materi secara ringkas dan jelas
- Pada akhir pelajaran guru memberikan pujian dan semangat kepada siswa agar menjadi warga negara yang baik.
- Guru mampu memberikan pemahaman materi dalam waktu dan penjelasan yang singkat
- Kelemahan Guru :
1.Guru tidak memberikan salam pembuka, menanyakan kabar , mengabsen siswa.
2.Guru tidak memberikan contoh melakukan orasi sehingga siswa kurang memahami cara melakukan orasi.
3.Guru tidak melakukan evaluasi terhadap cara siswa melakukan orasi .
4.Seharusnya pada akhir pembelajaran guru memberikan tips cara ber orasi yang baik dan benar sebagai penutup sehingga siswa dapat memahami dan dapat melakukan orasi secara benar
- Pernah, pada saat awal mengajar dimana masih merasa canggung dan kurang percaya diri berbicara di depan siswa, kemudian kurang memahami penguasaan kelas dengan baik serta kurang berani memberikan cara menyampaikan materi ajar secara lebih bervariasi.
- Langkah dalam memperbaiki pembelajaran :
- Menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan
- Menciptakan suasana kegiatan belajar yang kreatif dan inovatif
- Melakukan evaluasi serta memberikan kesempatan siswa untuk merefleksi apa yang telah dipelajari.
- Sudjana ( 1989 ) kriteria keberhasilan pembelajaran ditinjau dari dua hal , yaitu proses dan hasil belajar yang dicapai siswa.Dari segi proses pembelajaran haruslah merupakan interaksi dinamis sehingga siswa mampu mengembangkan potensi dirinya melalui berbagai kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sedangkan dari segi hasil belajar , keberhasilan pembelajaran dilihat dari tingkat pencapaian tujuan oleh siswa, baik dari segi kualitas maupun kuantitas .
- Menurut Rahil Mahyudin , Pembelajaran merupakan perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
- Menurut saya semua jawaban dalam diskusi ini sudah cukup baik dan tentunya tujuannya sama adalah memperbaiki kekurangan yang ada serta memberikan solusi yang baik sehingga proses belajar mengajar menjadi sesuatu yang menyenangkan baik bagi guru maupun siswa .
Nama : Dina Wijayatin
Nim : 030911566
UPBJJ : UT Surabaya
1. a) Kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembukaan, melainkan langsung menuju pada materi penyampaian , dan seharusnya guru menyuruh siswa untuk berorasi di depan sebagai pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam berlatih untuk berorasi.
b) Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah dalam penyampaian materi sudah baik, dijelaskan juga cara berorasi yang baik dan benar, sehingga siswa langsung tanggap ketika diajak dalam pembelajaran untuk berorasi di masing-masing kelompok.
2. Pernah, ketika pada awal pembelajaran merasa canggung dan gugup dalam menyampaikan materi pembejalaran, namun bisa saya atasi perlahan-lahan dengan belajar berbicara di depan umum dengan membuat audiens mengerti sepenuhnya materi yang saya ajarkan seperti intonasi dan kecepatan penyampaian, melatih mental saya dengan bersikap positif di depan umum, serta mempersiapkan materi dengan baik seperti riset data yang cukup, menyiapkan alur penyampaian yang menarik, serta memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang akan di tanyakan oleh audiens atau siswa. Karena dengan belajar dari kesalahan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
3. Dalam kehidupan bersosial, kita harus berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Tidak jarang kita harus mengalahkan rasa takut untuk berbicara di depan umum karena tidak semua orang menguasai kemampuan berbicara di depan umum dengan baik. Langkah perbaikan yang harus diambil adalah dengan sebelum menyampaikan materi di kelas kita harus mempersiapkan materi pembelajaran, mental, serta kecepatan penyampaian agar siswa dapat memahami materi dengan jelas tanpa ada kesalahan dalam pemahaman materi. Sebelum memulai pembelajaran kita bisa memberi salam pembukaan seperti membaca doa sebelum memulai pelajaran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, melakukan kegiatan literasi, dan bisa di lanjutkan dengan menyampaikan materi yang dipelajari.
4. a) Aristoteles berpendapat, bahwa moralitas adalah yang paling utama dalam retronika, akan tetapi dia juga menyatakan bahwa retronika adalah seni, karena retronika yang sukses adalah yang mampu memenuhi dua unsur, yaitu kebijaksanaan dan kemampuan dalam mengolah kata-kata.
b) Menurut Tarigan (1990 : 15) berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan sebagai suatu sistem tanda-tanda yang dapat di dengar dan yang kelihatan dengan memanfaatkan sejumlah otot dan jaringan tubuh dengan maksud dan tujuan gagasan atau ide yang di dominasi.
Demikian pendapat diskusi dari saya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.