Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idolaâ€. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang di mungkin dikenal oleh siswa seperti Bung Karno, Bung Hatta dan JK Rowling. Siswa sangat antusias dalam menyimak gambar tokoh idola yang ditayangkan oleh guru. Setelah gambar ditayangkan, guru bertanya kepada siswa, gambar siapa ini dan karakter apa yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Mereka selalu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru ganti bertanya kepada siswa mengenai tokoh yang diidolakan mereka dan alasan apa mereka mengidolakan tokoh tersebut?. Ada siswa yang mengidolakan Ayahnya, ada yang mengidolakan Hadad Alwi, dan ada pula yang mengidolakan Justin Beiber. Setelah itu guru menuliskan nama-nama tokoh yang diidolakan siswanya tersebut di papan tulis. Selesai menulis di papan tulis, guru kemudian menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, harus memiliki karakter yang baik.
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Ditulis oleh: Ary Purwantiningsih


PKNI 4501 PKP POKJAR BANJAR AGUNG

Irfan Abdul ajis
030417197
Upjj Bandar Lampung
Banjar agung
Jawab :
1. Sudah, disaat guru manyampaikan lewat audio siswa/i dengan mudah menangkap apa yang di sampaikan oleh guru dengan materi tersebut.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut:
. Video visual : sehingga siswa dapat memahami
.Bertanya : memberikan kesempatan.
kepada peserta didik untuk
mengidentifikasi gambar yang di sajikan.
.Berkomunikasi : mengemukakan.
pendapat.
.mengasosiasikan : menganalisa.
masukan dan tanggapan.
Cara penilaian :
Mengamati sikap siswa dalam pembelajaran. Meliputi sikap yang aktif dan interaktif

Nama_mhs : Mariyati
Nim : 030402165
Tuweb ke 4 Tugas ke 1
asalamualaikum wr,wb.
saya mengamati vidio pembelajaran ppkn
Analisis vidio yang saya tonton ;
Kelebihan dari vidionya menurut saya :
1.Terjalin situasi belajar mengajar yang baik antara siswa dan guru.
2. Kondusif nya anak – anak dalam menaggapi pertanyaan yang di berikan oleh guru.
3.Sistem Mengajar Guru yang baik dan tidak membosankan sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif.
4.Siswa dapat menangkap umpan balik yang diberikan dengan sangat baik.
Kelemahan dari vidio yang di tayangkan adalah:
1.Guru terlalu cepat dalam penyampaian materi pada siswa.
2.Ada baiknya tugas Tidak hanya dianjurkan 5 kelompok tetapi untuk individu.
3.Siswa terlalu serius sehingga terlihat tegang.
saran saya dalam vidio yang di tampilkan adalah.
Guru dapat melakukan berbagai metode – metode dalam proses mengajar agar para siswa dapat mengemukakan argumennya dengan bebas dan lepas dalam arti tidak merasa minder atas tanggapannya.
Guru bisa dengan cara memberikan tebak tebakan, yang mengacu pada materi atau nada dan ekspresi yang dapat membuat siswa lebih menikmati suasana belajar saat itu.

maaf salah topik dan tempat posting untuk jawaban yang sebelumnya.
Asalamualaikum Wr, Wb.
Perkenalkan
Nama : Syahrial
Nim : 042593765
Izin menanggapi vidio diatas yaitu, Belajar Dari Tokoh Idola.
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas? menurut pendapat saya pada vidio tersebut yang diberikan oleh guru sudah sesuai karena siswa dapat memberikan pendapat tentang tokoh-tokoh yang menjadi idola mereka dan menyampaikan alasan kenapa mereka mengidolakan tokoh tersebut
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya? Tugas yang saya berikan adalah siswa diminta untuk menyebut nama-nama tokoh pahlawan yang mereka ketahui dan karakter yang dimiliki tokoh pahlawan tersebut. Cara penilaiannya adalah siswa diminta untuk menuliskan beberapa nama tokoh pahlawan yang mereka idolakan di buku latihan.

penilaian tersebut sudah bagus, tapi boleh ditambah ya dengan menceritakan tokoh idola tersebut supaya lebih melekat pemahaman siswa tersebut.
Setelah menyimak video pembelajaran PPKn diatas,ada beberapa hal yang dapat disampaikan:
1. Kegiatan Belajar Mengajar berjalan dengan baik dan lancar.
2. Suasana kelas cukup kondusif
3. Anak – anak dapat menanggapi umpan yang diberikan guru dengan baik .
4. Disini pak guru memberikan materi dan penyampaiannya tidak membosankan.
5. Hanya saja menurut saya pak guru terlalu cepat dalam menyampaikan materi.

Assalamualaikum Wr. Wb.
Berikut ini hasil diskusi dari saya:
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Menurut saya, tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas sudah sesuai. Misalnya ketika guru tersebut menjelaskan materi tentang Ayo belajar dari tokoh idola, guru tersebut menggambarkan dari tokoh tokoh pahlawan negara seperti Presiden Soekarno. Sehingga siswa akan lebih paham akan materi tersebut dan memancing siswa untuk melawan lupa perjuangan tokoh tokoh pahlawan negara seperti salah satunya Presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno. kemudian guru tersebut juga sudah memanfaatkan media visual dan teknologi sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Menurut saya jika saya sebagai guru, tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut diantaranya adalah dengan memberikan tugas kepada siswa mengenai tokoh tokoh pahlawan negara yang mereka idolakan dan sedikit penjelasan mengenai tokoh tokoh pahlawan tersebut. Kemudian cara penilaiannya adalah dengan memperhatikan penjelasan materi, dan keaktifan siswa melalui tugas yang dikumpulkan serta yang disampaikan siswa tentang tokoh pahlawan idolanya.
Sekian dari saya, jika ada salah kata dalam penulisan hasil diskusi ini saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Salam Semangat Pagi💪💪

memberikan tugas kepada siswa itu sebaiknya mengarah indikator yang mau kita capai ya pak. Kalau tema tokoh idola, penilaian bisa dilakukan dengan menceritakan tokoh idola bukan hanya mengenal saja tapi memang benar paham dengan tokoh yang diidolakan tersebut.
Video ayo belajar dari tokoh idola
kesesuain materi:
Sudah sesuai dengan materi yang dibahas dilihat dari kecocokannya dengan metode CTL dan contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
Tugas yang paling sesuai dengan materi:
Mengamati, Melihat gambar
Menanya, Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
Mengumpulkan informasi, Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan mengamati, membaca, dan mengumpulkan informasi
Mengkomunikasikan, memberikan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semangat tokoh.
Mengasosiasikan, Menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi
Cara penilaian:
Guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran berlangsung yang meliputi berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

betul sekali akan tetapi perlu disimak ulang nantisecara keseluruhan ya, sehingga nanti ketika ibu simulasi mengajar tahapan dalam RPP dapat disampaikan dengan baik.
Nama : Rachmad Sugeng Suryana, MCE
NIM : 030081452
UPBJJ UT Surakarta
Pendapat saya tentang Video Di atas sebagai berikut :
Refleksi Video Berjudul Ayo Belajar dari Tokoh Idola :
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut saya reaksi siswa dalam video mengajar yang berjudul ayo belajar tokoh idola sangat antusias karena di buktikan secara bergantian siswa berani menyampaiakan pendapat dan menjawab pertanyaan dari guru setelah di pancing dengan slide – slide foto dan di awal pembelajaran siswa sangat siap menerima pembelajaran dari guru dengan menjawab kata “ Siap Pak secara serempak dan semangat”
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya secara keseluruhan sudah baik mungkin untuk menammbah semangat tidak hanya di pancing dengan slide saja mungkin di ajak aktivitas fisik mungkin menyanyi lagu patriotik yang berhubungan dengan perjuangan sebagai pembukaan pembelajaran.
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya guru membawa siswa untuk bersemangat dalam menerima pembelajaran dan di ajak lebih focus ke materi dengan di pancing dengan slide, kemudian guru telah mengajak siswa untuk mengemukakan pendapatnya sensiri tanpa di sadari oleh murid karena dengan menceritakan pengalaman yang di alaminya selama ini, kemudian menuliskan pendapat anak di papan tulis untuk menarik refleksi dan kesimpilan di akhir pembelajaran.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menuru saya hal unik yang di sampaikan di dalam video ini guru mampu menghubungkan materi pembelajaran dengan kegiatan atau pengalaman tentang idola yang dialami oleh siswa secara langsung.
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran untuk memancing agar siswa lebih semangat dalam pembelajaran tidak hanya dengan menampilkan slide tapi juga bisa di tambah dengan :
-
- Menayangkan video yang relevan dengan pokok materi
- Membuat game di awal pembelajaran entah secara online ( Jika memungkinkan ) melalui maupun offline
- Menyanyikan lagu perjuangan
- Ice Breaking fisik sederhana di sesuaika materi pembelajaran
Dari pengamatan yag sudah saya lakukan, menurut pendapat saya….
Dan cara penilaiannya yakni selama pembelajaran akan berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik dalam pembelajaran yaitu: disiplin, berperilaku jujur, rasa percaya diri,rasa ingin tahu, tangguh menghadapi masalah dan tanggung jawab.
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
menurut pendapat saya sudah sesuai. dan sudah mengikuti program proses pembelajaran nya.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
jika saya sebagai guru tugas yang paling sesuai adalah memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menganalisis sebanyak-banyaknya tokoh yang ditampilkan. kemudian meminta embali anak menjelaskan apa hasil dari analisis yang dilakukan. penilaian yang bisa dilakukan sejauh mana anak sudah mengerti dan mengetahui tokoh-tokoh dan perjuangan tomoh idola itu sendirir.
Pertanyaan pemicu diskusi :
Video ayo belajar dari tokoh idola
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Sudah, karna Telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode Contextual Teachingand Learning (CTL) dan contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, yaitu :
1). Mengamati
Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2) Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3) Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan :
* Mengamati obyek/kejadian,
* Membaca sumber lain selain buku teks,
* Mengumpulkan informasi
4) Mengkomunikasikan
Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5) Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan