Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idolaâ€. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang di mungkin dikenal oleh siswa seperti Bung Karno, Bung Hatta dan JK Rowling. Siswa sangat antusias dalam menyimak gambar tokoh idola yang ditayangkan oleh guru. Setelah gambar ditayangkan, guru bertanya kepada siswa, gambar siapa ini dan karakter apa yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Mereka selalu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru ganti bertanya kepada siswa mengenai tokoh yang diidolakan mereka dan alasan apa mereka mengidolakan tokoh tersebut?. Ada siswa yang mengidolakan Ayahnya, ada yang mengidolakan Hadad Alwi, dan ada pula yang mengidolakan Justin Beiber. Setelah itu guru menuliskan nama-nama tokoh yang diidolakan siswanya tersebut di papan tulis. Selesai menulis di papan tulis, guru kemudian menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, harus memiliki karakter yang baik.
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Ditulis oleh: Ary Purwantiningsih


PKNI 4501 PKP POKJAR BANJAR AGUNG

Irfan Abdul ajis
030417197
Upjj Bandar Lampung
Banjar agung
Jawab :
1. Sudah, disaat guru manyampaikan lewat audio siswa/i dengan mudah menangkap apa yang di sampaikan oleh guru dengan materi tersebut.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut:
. Video visual : sehingga siswa dapat memahami
.Bertanya : memberikan kesempatan.
kepada peserta didik untuk
mengidentifikasi gambar yang di sajikan.
.Berkomunikasi : mengemukakan.
pendapat.
.mengasosiasikan : menganalisa.
masukan dan tanggapan.
Cara penilaian :
Mengamati sikap siswa dalam pembelajaran. Meliputi sikap yang aktif dan interaktif

Nama_mhs : Mariyati
Nim : 030402165
Tuweb ke 4 Tugas ke 1
asalamualaikum wr,wb.
saya mengamati vidio pembelajaran ppkn
Analisis vidio yang saya tonton ;
Kelebihan dari vidionya menurut saya :
1.Terjalin situasi belajar mengajar yang baik antara siswa dan guru.
2. Kondusif nya anak – anak dalam menaggapi pertanyaan yang di berikan oleh guru.
3.Sistem Mengajar Guru yang baik dan tidak membosankan sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif.
4.Siswa dapat menangkap umpan balik yang diberikan dengan sangat baik.
Kelemahan dari vidio yang di tayangkan adalah:
1.Guru terlalu cepat dalam penyampaian materi pada siswa.
2.Ada baiknya tugas Tidak hanya dianjurkan 5 kelompok tetapi untuk individu.
3.Siswa terlalu serius sehingga terlihat tegang.
saran saya dalam vidio yang di tampilkan adalah.
Guru dapat melakukan berbagai metode – metode dalam proses mengajar agar para siswa dapat mengemukakan argumennya dengan bebas dan lepas dalam arti tidak merasa minder atas tanggapannya.
Guru bisa dengan cara memberikan tebak tebakan, yang mengacu pada materi atau nada dan ekspresi yang dapat membuat siswa lebih menikmati suasana belajar saat itu.

maaf salah topik dan tempat posting untuk jawaban yang sebelumnya.
- Tugas yang diberikan oleh guru sudah sesuai
- Bagi siswa yang berani mengemukakan pendapatnya mendapatkan poin nilai
walaupun video pembelajaran tersebut relatif simpel tapi pemilihan topiknya sudah cukup tepat karena dapat merangsang atau memotivasi siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya mengenai tokoh idolanya dengan karakter terpuji sehingga bisa diteladani
N A M A Â Â Â Â Â Â Â Â : NURSIDIK
N I MÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 131058376
- Menurut saya sudah sesuai, karena apa yang disampekan bapak guru ke siswa atau peserta didik dapat diterima dan di respon sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
- a. Siswa diajak mengamati dan melihat gambar tentang tokoh dalam video.
- Siswa diajak memberikan contoh selain dari tokoh yang ada dalam video dan alasannya.
- Guru menjelaskan tentang karakter para tokoh dalam video
contohnya Ir. Soekarno adalah seorang prakalmator yang pemberani.
- Siswa atau peserta didik berdiri bergantian untuk latihan meberikan contoh tokoh idola selain dari video yang sudah dilihat, beserta alasannya.
Penilaian
Guru memberikan penilaian pada setiap tugas yang dijawab oleh siswa atau peserta didik secara langsung.

Nama : Pranti Eka Yulia Fidianti
NIM : 030418601
Pokjar : Banjar Agung
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Menurut saya sudah, karna sudah mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan metode Contextual Teachingand Learning (CTL) dan contoh-contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang sudah tidak asing lagi bagi semua siswa
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Jika saya sebagai guru tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, ya
1). Menganalis dab
Melihat gambar tentang tokoh-tokoh proklamator diindonesia
2) bertanya
Saya sebagai guru akan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menganalisis sebanyak mungkin tentang pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang sudah disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
3) Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik akan mengumpulkan informasi yang relevan agar dapat menjawab pertanyan sudah diidentifikasi melalui kegiatan :
a. Menganalisis obyek atau kejadian,
b. Mengumpulkan informasi
4. Siswa Mengemukakan pendapat tentang semanagat tokoh praklamator
5) peserta didik menganalisa masukan, atau tanggapan dan koreksi dari guru melalui pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Dan selama pembelajaran akan berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik dalam pembelajaran yaitu: disiplin, sikap, berperilaku jujur, rasa percaya diri,rasa ingin tahu, tangguh menghadapi masalah tanggung jawab, , ,

Sudh sangat baik

AAN SUTISNA-041658043
Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas? Sudah,guru tersebut sesuai dalam memberikan tugas dengan materi yang sedang dibahas,hal tersebut dapat terlihat dengan media yang digunakan yaitu foto Bung Karno, Bung Hatta, JK Rowling. Selain itu pula guru tersebut memberikan kebebasan berpikir dan mengemukakan pendapat siswa melalui pertanyaan siapa yang menjadi idola siswa masing-masing, dan karakter apa yang dimiliki oleh sang idola, sehingga harapan dari guru tersebut siswa dapat meniru karakter idolanya.
Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Jika saya sebagai guru dalam video tersebut akan lebih banyak memberikan banyak gambar tokoh tokoh, karena setiap tokoh memiliki sikap positif yang bisa diteladani yang berbeda-beda. dan bisa juga berupa penampilan video pendek atau biografi singkat sang tokoh. Jadi makin banyak sikap positif yang bisa digali dari tokoh tersebut dan bisa diteladani oleh siswa.
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, seperti
1. Mengamati; Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2. Menanya; Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3. Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator; Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan : Mengamati obyek/kejadian, Membaca sumber lain selain buku teks, dan Mengumpulkan informasi
4. Mengkomunikasikan; Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5. Mengasosiasikan; Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Penilaian yaitu kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. Dengan mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi penilaian sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan tes pengetahuan.
Terimakasih !
Nama : Nur Asiah
Nim : 042513363
- Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas? Sudah,guru tersebut sesuai dalam memberikan tugas dengan materi yang sedang dibahas,hal tersebut dapat terlihat dengan media yang digunakan yaitu foto Bung Karno, Bung Hatta, JK Rowling. Selain itu pula guru tersebut memberikan kebebasan berpikir dan mengemukakan pendapat siswa melalui pertanyaan siapa yang menjadi idola siswa masing-masing, dan karakter apa yang dimiliki oleh sang idola, sehingga harapan dari guru tersebut siswa dapat meniru karakter idolanya.
-
Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Jika saya sebagai guru dalam video tersebut akan lebih banyak memberikan banyak gambar tokoh tokoh, karena setiap tokoh memiliki sikap positif yang bisa diteladani yang berbeda-beda. dan bisa juga berupa penampilan video pendek atau biografi singkat sang tokoh. Jadi makin banyak sikap positif yang bisa digali dari tokoh tersebut dan bisa diteladani oleh siswa.
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, seperti
1. Mengamati; Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2. Menanya; Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3. Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator; Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan : Mengamati obyek/kejadian, Membaca sumber lain selain buku teks, dan Mengumpulkan informasi
4. Mengkomunikasikan; Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5. Mengasosiasikan; Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.Penilaian yaitu kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. Dengan mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi penilaian sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan tes pengetahuan.
- Menurut saya tugas yang diberikan guru tersebut sudah sesuai dengan materi yang dibahas, yaitu belajar dari tokoh idola. Melalui tugas yang diberikan guru murid dapat mengutarakan pendapat mereka tentang tokoh idola mereka masing-masing.
- Jika saya sebagai guru tugas yang sesuai dengan dengan materi tersebut ialah dengan membuat klipping yang berisi gambar dari tokoh idola dan biografi atau sejarah serta kesan pesan dari tokoh idola tersebut. Tugas tersebut bertujuan agar siswa dapat dapat memahami dan lebih mengenal tentang tokoh idola yang mereka tuliskan. Penilaian yang digunakan yaitu penilaian pengetahuan.
refleksi dari video tersebut :
kelebihan :
- tugas yang diberikan sudah sesuai dengan materi yang disampaikan oleh guru tersebut.
- perangkat pembelajaran yang digunakan sudah baik untuk menunjang pembelajaran serta pemahaman siswa.
- siswa sangat antusias untuk mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari guru.
- siswa dapat mengutarakan pendapat mereka tentang tokoh idola dengan baik.
- penyampaian materi yang dilakukan guru tersebut dapat difahami dengan baik oleh siswa.
kekurangan :
- guru tidak menggunakan apersepsi pada awal pembelajaran.
- waktu dalam menjelaskan materi sangat singkat
- pada awal pembukaan video dijelaskan bahwa video tersebut ditujukan untuk siswa SMA kelas 1 namun yang disajikan didalamnya ialah siswa SMP.
Assalamu’alaikum wr.wb
NAMA RATNA DEWI
NIM 042652575
PRODI S.1 PEND.PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
UPBJJ BANDAR LAMPUNG
SOAL
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
JAWABAN
Sudah,Guru tersebut telah sesuai memberikan tugas dengan materi yang sedang dibahas,hal tersebut dapat terlihat dengan media yang digunakan yaitu foto Bung Karno,Bung Hatta,JK Rowling.Selain itu pula Guru tersebut memberikan kebebasan berpikir dan mengemukakan pendapat siswa melalui pertanyaan siapa yang menjadi idola siswa masing-masing,dan karakter apa yang dimiliki oleh sang idola,sehingga harapan dari Guru tersebut siswa dapat meniru karakter idola mereka masing-masing,tentunya karakter yang baik yang ditiru.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
JAWABAN
Jika Saya sebagai Guru dalam video tersebut,maka Saya akan menampilkan gambar-gambar/video pahlawan,artis,atau pun tokoh kartun seperti doraemon,boboy,sopo jarwo,atau pun permainan yang sedang digandrungi anak-anak jaman sekarang yaitu permainan mobil legend,fre fire.Hal tersebut Saya lakukan guna menstimulus pikiran atau pun memberikan rangsangan kepada peserta didik Saya agar lebih kreatif,inovatif dan berani mengemukakan pendapatnya.Dapat pula Saya lakukan bermain peran sesuai dengan karakter tokoh – tokoh idola dalam memberikan tugas kepada siswa sesuai dengan materi yang Saya sampaikan dalam pembelajaran
Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. Berdasarkan Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian, penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik yang mencakup beberapa bentuk penilaian diantaranya: penilaian otentik, penilaian diri, penilaian projek, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah
Bentuk-bentuk penilaian tersebut dapat diuraikan sebagai berikut
1. Penilaian otentik
Penilaian otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses,dan keluaran (output) pembelajaran. Penilaian otentik dilakukan oleh guru secara berkelanjutan
2. Penilaian Diri
Penilaian diri merupakan penilaian yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif untuk membandingkan posisi relatifnya dengan kriteria yang telah ditetapkan. Penilaian diri dilakukan oleh peserta didik untuk tiap kali sebelum ulangan harian.
3. Penilaian Portofolio
Projek adalah tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu. Penilaian projek dilakukan oleh pendidik untuk tiap akhir bab atau tema pelajaran
4. Ulangan Harian
Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih.
5. Ulangan Tengah Semester (UTS)
Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan tengah semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut
6. Ulangan Akhir Semester
Ulangan akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
7. Ujian Tingkat Kompetensi
Ujian Tingkat Kompetensi yang selanjutnya disebut UTK merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan UTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikan Kompetensi Inti pada tingkat kompetensi tersebut. Ujian tingkat kompetensi dilakukan oleh satuan pendidikan pada akhir kelas II (tingkat 1), kelas IV (tingkat 2), kelas VIII (tingkat 4), dan kelas XI (tingkat 5), dengan menggunakan kisi-kisi yang disusun oleh Pemerintah. Ujian tingkat kompetensi pada akhir kelas VI (tingkat 3), kelas IX (tingkat 4A), dan kelas XII (tingkat 6) dilakukan melalui UN.
8. Ujian Mutu Tingkat Kompetensi
Ujian Mutu Tingkat Kompetensi yang selanjutnya disebut UMTK merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan UMTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikan Kompetensi Inti pada tingkat kompetensi tersebut. Ujian Mutu Tingkat Kompetensi dilakukan dengan metode survei oleh Pemerintah pada akhir kelas II (tingkat 1), kelas IV (tingkat 2), kelas VIII (tingkat 4), dan kelas XI (tingkat 5).
9. Ujian Nasional
Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN merupakan kegiatan pengukuran kompetensi tertentu yang dicapai peserta didik dalam rangka menilai pencapaian Standar Nasional Pendidikan, yang dilaksanakan secara nasional.
10. Ujian Sekolah/Madrasah
Ujian Sekolah/Madrasah merupakan kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi di luar kompetensi yang diujikan pada UN, dilakukan oleh satuan pendidikan.
Berdasarkan uraian diatas,menurut pendapat Saya penilaian yang tepat dilakukan guru tersebut adalah penilaian otentik
karena penilaian otentik dilakukan oleh guru secara berkelanjutan
Sumber Belajar :
-Modul 1-12 STRATEGI PEMBELAJARAN PKn,Sri Anitah W dkk,Edisi 1 Penerbit Univ Terbuka
https://www.madematika.net/2014/05/bentuk-bentuk-penilaian-dalam-kurikulum.html
Pertanyaan pemicu diskusi :
Video ayo belajar dari tokoh idola
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Sudah, karna Telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode Contextual Teachingand Learning (CTL) dan contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, yaitu :
1). Mengamati
Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2) Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3) Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan :
* Mengamati obyek/kejadian,
* Membaca sumber lain selain buku teks,
* Mengumpulkan informasi
4) Mengkomunikasikan
Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5) Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan