Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idolaâ€. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang di mungkin dikenal oleh siswa seperti Bung Karno, Bung Hatta dan JK Rowling. Siswa sangat antusias dalam menyimak gambar tokoh idola yang ditayangkan oleh guru. Setelah gambar ditayangkan, guru bertanya kepada siswa, gambar siapa ini dan karakter apa yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Mereka selalu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru ganti bertanya kepada siswa mengenai tokoh yang diidolakan mereka dan alasan apa mereka mengidolakan tokoh tersebut?. Ada siswa yang mengidolakan Ayahnya, ada yang mengidolakan Hadad Alwi, dan ada pula yang mengidolakan Justin Beiber. Setelah itu guru menuliskan nama-nama tokoh yang diidolakan siswanya tersebut di papan tulis. Selesai menulis di papan tulis, guru kemudian menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, harus memiliki karakter yang baik.
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Ditulis oleh: Ary Purwantiningsih


PKNI 4501 PKP POKJAR BANJAR AGUNG

Irfan Abdul ajis
030417197
Upjj Bandar Lampung
Banjar agung
Jawab :
1. Sudah, disaat guru manyampaikan lewat audio siswa/i dengan mudah menangkap apa yang di sampaikan oleh guru dengan materi tersebut.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut:
. Video visual : sehingga siswa dapat memahami
.Bertanya : memberikan kesempatan.
kepada peserta didik untuk
mengidentifikasi gambar yang di sajikan.
.Berkomunikasi : mengemukakan.
pendapat.
.mengasosiasikan : menganalisa.
masukan dan tanggapan.
Cara penilaian :
Mengamati sikap siswa dalam pembelajaran. Meliputi sikap yang aktif dan interaktif

Nama_mhs : Mariyati
Nim : 030402165
Tuweb ke 4 Tugas ke 1
asalamualaikum wr,wb.
saya mengamati vidio pembelajaran ppkn
Analisis vidio yang saya tonton ;
Kelebihan dari vidionya menurut saya :
1.Terjalin situasi belajar mengajar yang baik antara siswa dan guru.
2. Kondusif nya anak – anak dalam menaggapi pertanyaan yang di berikan oleh guru.
3.Sistem Mengajar Guru yang baik dan tidak membosankan sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif.
4.Siswa dapat menangkap umpan balik yang diberikan dengan sangat baik.
Kelemahan dari vidio yang di tayangkan adalah:
1.Guru terlalu cepat dalam penyampaian materi pada siswa.
2.Ada baiknya tugas Tidak hanya dianjurkan 5 kelompok tetapi untuk individu.
3.Siswa terlalu serius sehingga terlihat tegang.
saran saya dalam vidio yang di tampilkan adalah.
Guru dapat melakukan berbagai metode – metode dalam proses mengajar agar para siswa dapat mengemukakan argumennya dengan bebas dan lepas dalam arti tidak merasa minder atas tanggapannya.
Guru bisa dengan cara memberikan tebak tebakan, yang mengacu pada materi atau nada dan ekspresi yang dapat membuat siswa lebih menikmati suasana belajar saat itu.

maaf salah topik dan tempat posting untuk jawaban yang sebelumnya.
- Menurut saya sudah sesuai karena memberikan pembelajaran untuk mencontoh dari tokoh yang diidolakan. Akan tetapi lebih baiknya menurut saya untuk tidak menghadirkan tokoh artis dalam kegiatan pembelajaran ini. Ada banyak tokoh kebangsaan yang bisa dijadikan sebagai contoh yang baik
- Menurut saya sebaiknya dalam pembelajaran ini penugasannya secara individu untuk mencari profil tokoh-tokoh pahlawan yang memiliki semangat kebangsaan yang selanjutnya dideskripsikan bagaimana karakter atau bentuk perjuangan dari tokoh tersebut. Penilainnya dapat berdasarkan seberapa banyak tokoh kebangsaan yang berhasil dideskripsikan oleh siswa sehingga siswa dapat memperoleh contoh yang beragam untuk kemudian dapat diteladani dalam kehidupan sehari-hari
Tanggapan Video
“Ayo Belajar dari Tokoh Idola”
Nama :Puji Muiahati Lestari
Nim : 017550356
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Saya rasa tugas yang diberikan guru dalam video tersebut sudah sesuai dengan materi yang disampaikan.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Tugas yang akan saya berikan sebagai guru dalam pembelajaran kali ini :
a. saya akan memberikan tugas siswa untuk mengamati gambar gambar tokoh pahlawan Indonesia
b. meminta siswa mengumpulkan sebanyak banyaknya informasi tentang tokoh tersebut, baik melalui buku bacaan maupun media lain seperti internet, biografi dan lain sebagainya.
c. mengkomunikasikan hasil temuan siswa melalui presentasi atau mengemukakan temuannya di depan kelas.
d. mengumpulkan secara tertulis apa yang siswa tersebut presentasikan
penilaian yang saya lakukan, mengamati kerapihan, serta prilaku siswa selama proses pembelajaran, kecakapan serta bahasa yang digunakan saat melakukan presentasi.
Nama : Arlin Pramitadewi
Nim : 042010418
- Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Sudah, karena guru tersebut memberikan penjelasan mudah pada siswa dengan contoh menanyakan langsung tentang tokoh-tokoh nasional, kemudian juga bertanya tentang siapa tokoh idola para siswa
- Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Pertama saya akan memberi beberapa contoh penjelasanan tentang para tokoh nasional Indonesia yang tidak jauh berbeda dari video tersebut. Kemudian saya akan memberikan tugas secara kelompok dengan materi tokoh Nasional Indonesia, yang didalamya siswa diminta untuk menuliskan biografi tokoh, meliputi : nama, tahun lahir, asal daerahnya dsb dan menceritakan kisah perjuangan tokoh tersebut.
Untuk penilaian secara langsung yaitu dengan mengamati keaktifan, sikap, disiplin siswa ketika berdiskusi.
Tugas PKM 1
- Judul Video :Ayo belajar dari tokoh idola (2011)
- Ringkasan isi video : Seorang guru mengajar mata pelajaran PKN dengan materi Ayo belajar dari tokoh nasional, namun di awal pembelajaran siswa tidak begitu paham dengan penjelasan guru, yang kemudian guru tersebut menayangkan gambar-gambar tokoh nasional yang mungkin siswa kenal, dan bertanya tokoh siapa dan karakter apa yang dimiliki tokoh dalam gambar tersebut. Siswa antusias untuk menjawab tentang tokoh yang ada di gambar dan selalu bisa menjawab pertanyaan guru. Selanjutnya guru bertanya siapa tokoh yang di idolakan oleh siswa beserta alasannya. Di akhir video guru menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, kita harus memiliki karakter yang baik.
- Kelemahan pembelajaran dalam video : guru terlalu cepat dalam menyampaikan materi kepada siswa
- Kelebihan pembelajaran dalam video : siswa kondusif untuk mengikuti pelajaran, guru mengajar dengan baik dan tidak membosankan, sehingga siswa aktif dan antusias
- Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video : dalam tayangan video yang belajar adalah siswa SMP, sementara oleh presenter disebutkan materi tersebut diperuntukkan untuk siswa SMA Kelas 1
1. Menurut saya, apa yang disampaikan guru diatas sudah tepat. Walaupun menggunakan media yang sederhana, murid langsung mengetahui apa yang dimaksudkan oleh guru tersebut
2. Jika saya seorang guru, Tugas yang akan saya berikan yaitu observasi terhadap biografi tokoh idola. Cara penilaiannya yaitu melihat dari teknik observasi, proses observasi, dan kesimpulan observasi
Nama : ALI DWI HANDOKO
Nim : 040611567
UPBJJ UT SURABAYA
- Sudah, karna Telah mengikuti langkah-langkah sesuai dan contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
- Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, yaitu :
- Mengamati
Melihat gambar tentang tokoh proklamator - Bertanya
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tokoh yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar - Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan :
– Membaca sumber lain selain buku teks yang ada
– Mengumpulkan informasi dengn diskusi - Mengkomunikasikan
Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut - Mengasosiasikan
siswa bertukar informasi,pendapat, dan tanggapan serta memperhatikan koreksi dari guru mengenai pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Pertanyaan pemicu diskusi :
Video ayo belajar dari tokoh idola
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Sudah, karna Telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode Contextual Teachingand Learning (CTL) dan contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, yaitu :
1). Mengamati
Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2) Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3) Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan :
* Mengamati obyek/kejadian,
* Membaca sumber lain selain buku teks,
* Mengumpulkan informasi
4) Mengkomunikasikan
Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5) Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan