Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idolaâ€. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang di mungkin dikenal oleh siswa seperti Bung Karno, Bung Hatta dan JK Rowling. Siswa sangat antusias dalam menyimak gambar tokoh idola yang ditayangkan oleh guru. Setelah gambar ditayangkan, guru bertanya kepada siswa, gambar siapa ini dan karakter apa yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Mereka selalu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru ganti bertanya kepada siswa mengenai tokoh yang diidolakan mereka dan alasan apa mereka mengidolakan tokoh tersebut?. Ada siswa yang mengidolakan Ayahnya, ada yang mengidolakan Hadad Alwi, dan ada pula yang mengidolakan Justin Beiber. Setelah itu guru menuliskan nama-nama tokoh yang diidolakan siswanya tersebut di papan tulis. Selesai menulis di papan tulis, guru kemudian menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, harus memiliki karakter yang baik.
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Ditulis oleh: Ary Purwantiningsih


PKNI 4501 PKP POKJAR BANJAR AGUNG

Irfan Abdul ajis
030417197
Upjj Bandar Lampung
Banjar agung
Jawab :
1. Sudah, disaat guru manyampaikan lewat audio siswa/i dengan mudah menangkap apa yang di sampaikan oleh guru dengan materi tersebut.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut:
. Video visual : sehingga siswa dapat memahami
.Bertanya : memberikan kesempatan.
kepada peserta didik untuk
mengidentifikasi gambar yang di sajikan.
.Berkomunikasi : mengemukakan.
pendapat.
.mengasosiasikan : menganalisa.
masukan dan tanggapan.
Cara penilaian :
Mengamati sikap siswa dalam pembelajaran. Meliputi sikap yang aktif dan interaktif

Nama_mhs : Mariyati
Nim : 030402165
Tuweb ke 4 Tugas ke 1
asalamualaikum wr,wb.
saya mengamati vidio pembelajaran ppkn
Analisis vidio yang saya tonton ;
Kelebihan dari vidionya menurut saya :
1.Terjalin situasi belajar mengajar yang baik antara siswa dan guru.
2. Kondusif nya anak – anak dalam menaggapi pertanyaan yang di berikan oleh guru.
3.Sistem Mengajar Guru yang baik dan tidak membosankan sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif.
4.Siswa dapat menangkap umpan balik yang diberikan dengan sangat baik.
Kelemahan dari vidio yang di tayangkan adalah:
1.Guru terlalu cepat dalam penyampaian materi pada siswa.
2.Ada baiknya tugas Tidak hanya dianjurkan 5 kelompok tetapi untuk individu.
3.Siswa terlalu serius sehingga terlihat tegang.
saran saya dalam vidio yang di tampilkan adalah.
Guru dapat melakukan berbagai metode – metode dalam proses mengajar agar para siswa dapat mengemukakan argumennya dengan bebas dan lepas dalam arti tidak merasa minder atas tanggapannya.
Guru bisa dengan cara memberikan tebak tebakan, yang mengacu pada materi atau nada dan ekspresi yang dapat membuat siswa lebih menikmati suasana belajar saat itu.

maaf salah topik dan tempat posting untuk jawaban yang sebelumnya.
NAMA: FAIQ NURRIZAL
NIM:042458693
VIDIO AYO BELAJAR DARI TOKOH IDOLA
- APAKAH TUGAS YANG DI BERIKAN GURU UDAH SESUAI
JAWAB:
1.menurut saya sudah sesuai, karena metode belajar dengan menggunakan gambar mempunyai ciri yang aktiif,inovatif,kreatif,dan menyenangkan. sehingga materi yang di sampaikan guru mudah di cerna oleh siswa, apalagi di vidio di contohkan tokoh tokoh yang tak asing bagi siswa yaitu ir soekarno sehingga siswa mudah menumbuhkan rasa ingin tau lebih mendalam siapa itu bapak proklamator dan perjuangan perjuangan beliau sebagai contoh untuk menjadi orang yang sukses membutuhkan perjuangan yang kuat.
2.JIKA SAUDARA SEBAGAI GURU,TUGAS APAKAH YANG PALING SESUAI DENGAN MATERI TERSEBUT? DAN BAGAIMANAKAH CARA PENILAIANYA
JAWAB:
2. 1. siswa mengumpulkan informasi dari tokoh tokoh yang di idolakan.
2. siswa mempresentasikan informasi dari tokoh yang di idolakan agar siswa dapat meniru tekad perjuangan tokoh yang di idolakan
3. guru memberi himbauan bahwasanya untuk menjadi seorang yang sukses membutuhkan kerja keras dan tekad yang besar dalam belajar agar siswa mempunyai karakter yang disiplin, raasa percaya diri dan tangguh dalam menghadapi masalah.
3. CARA PENILAIANYA
- dengan memberikan bintang apabila siswa meniru tekad tokoh idola
kesimpulan, menurut saya metode pembelajaran ini sangat evektif, karena selain menyenangkan, metode ini menumbuhkan rasa semangat belajar dan tidak membosankan
NAMA : ERITMESTIKA
NIM : 044140508
Video ayo belajar dari tokoh idola
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
setelah menontoh video tersebut, tugas yang diberikan oleh guru sudah sesuai, karena pada awal pembelajaran guru telah memberikan contoh gambar yang telah dikenal oleh peserta didik yaitu Ir. Soekarno, sehingga peserta didik langsung dapat memahami dan mengerti materi yang telah disampaikan oleh guru
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Tugas yang saya berikan yaitu dengan cara
- Mengamati gambar
- Mencari informasi atau refensi baik dari modul atua buku pegangan siswa, mau mencari informasi melalui internet.
- Mengumpulkan dan mencatat infomasi yang telah didapat.
Menurut saya metode pembelajaran ini sangat efektif dalam menyampaikan materi, karena siswa tidak monoton atau bosan yang hanya mendengaran materi yang disampaikan guru dengan metode ceramah.
Nama : Wiwit wahyuni
NIM : 042454671
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Video cukup menarik karena topik cara mengatasi pembelajaran PKn untuk mengemukakan pendapat melalui pendekatan pengungkapan tokoh kesimpulan karakter yang di tokohkan tersebut dari pendapat siswa. Masalah tepat topik yang dipilih adalah tokoh yang di idolakan. Dengan topik tersebut siswa memiliki contoh untuk di idolakan hal ini dapat memberikan motivasi siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya. Disamping model pembelajaran nilai tersebut sangat cocok untuk contoh keteladanan lewat tokoh-tokoh atau orang yang diidiolakan serta karakter yang dimilikinya. Media cukup simpel gambar tokoh atau idola yang di tanyangkan tokoh umum yang sudah banyak dikenal siswa.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan :
* Mengamati obyek/kejadian,
* Membaca sumber lain selain buku teks,
* Mengumpulkan informasi
selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan berani mengungkapkan pendapat di kelas.
Kesimpulan : Video cukup menarik dan bagus untuk contoh pembelajaran nilai, melalui siswa mengungkapkan tokoh-tokoh atau orang sekitar yang di idiolakan, hal ini sesuai dengan karakter atau ciri khas pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan, hanya saja untuk durasi terlalu singkat. Sajian video diperuntukan untuk SMA Kelas 1, namun proses pembelajaran dalam tayangan adalah siswa SMP Pemilihan dan penentuan media Pembelajaran tersebut penting dalam rangka upaya pembentukkan karaktar sesuai dengan tuntutan tujuan pendidikan nasional dan relevan dengan tujuan pemerintah untuk mewujudkan karakter bangsa yang mandiri dan bermartabat.
- sudah sesuai karena materi yang ditampilkan di video sesuai dengan materi yang diajarkan kepada peserta didik
- tugas yang sesuai dengan materi tersebut yaitu – mengamati video, melihat cuplikan tayangan gambar dan mendiskripsikan
- CARA PENILAIAN
- – dengan cara peserta didik mampu menyimpulkan hasil dari cuplikan video tersebut. membuat soal latihan yang ada kaitannya dengan video tersebut, peserta didik mampu mendiskripsikan didepan kelas dengan cara presentasi
Nama : FATWA NURUL ALIYAH
Nim : 042160392
UPBJJ Bandung
Jawab :
1. jika dilihat dari vidio yang ditayangkan, menurut saya sudah sesuai karena sudah mengikuti sintak atau langkah-langkah sesuai dengan metode contextual teaching and learning. Didalam video tersebut guru memberikan beberapa tokoh-tokoh yang mudah dikenali oleh siswa yaitu tokoh proklamasi.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut adalah
-Menyuruh anak untuk mengamati (melihat gambar tentang tokoh-tokoh proklamator).
-Kemudian melakukan sesi tanya jawab (antara siswa dan guru)
-Berkomunikasi (mengemukakan pendapat siswa)
-Mengasosiasikan (memberikan tanggapan)
Cara penilaian saya apabila sebagai guru :
Mengamati siswa dengan cara : melihat keaktifan siswa (berinteraksi), mampu menyelesaikan masalah, dan tanggung jawab.
Pertanyaan pemicu diskusi :
Video ayo belajar dari tokoh idola
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Sudah, karna Telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode Contextual Teachingand Learning (CTL) dan contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, yaitu :
1). Mengamati
Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2) Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3) Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan :
* Mengamati obyek/kejadian,
* Membaca sumber lain selain buku teks,
* Mengumpulkan informasi
4) Mengkomunikasikan
Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5) Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan