Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idolaâ€. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang di mungkin dikenal oleh siswa seperti Bung Karno, Bung Hatta dan JK Rowling. Siswa sangat antusias dalam menyimak gambar tokoh idola yang ditayangkan oleh guru. Setelah gambar ditayangkan, guru bertanya kepada siswa, gambar siapa ini dan karakter apa yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Mereka selalu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru ganti bertanya kepada siswa mengenai tokoh yang diidolakan mereka dan alasan apa mereka mengidolakan tokoh tersebut?. Ada siswa yang mengidolakan Ayahnya, ada yang mengidolakan Hadad Alwi, dan ada pula yang mengidolakan Justin Beiber. Setelah itu guru menuliskan nama-nama tokoh yang diidolakan siswanya tersebut di papan tulis. Selesai menulis di papan tulis, guru kemudian menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, harus memiliki karakter yang baik.
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Ditulis oleh: Ary Purwantiningsih


PKNI 4501 PKP POKJAR BANJAR AGUNG

Irfan Abdul ajis
030417197
Upjj Bandar Lampung
Banjar agung
Jawab :
1. Sudah, disaat guru manyampaikan lewat audio siswa/i dengan mudah menangkap apa yang di sampaikan oleh guru dengan materi tersebut.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut:
. Video visual : sehingga siswa dapat memahami
.Bertanya : memberikan kesempatan.
kepada peserta didik untuk
mengidentifikasi gambar yang di sajikan.
.Berkomunikasi : mengemukakan.
pendapat.
.mengasosiasikan : menganalisa.
masukan dan tanggapan.
Cara penilaian :
Mengamati sikap siswa dalam pembelajaran. Meliputi sikap yang aktif dan interaktif

Nama_mhs : Mariyati
Nim : 030402165
Tuweb ke 4 Tugas ke 1
asalamualaikum wr,wb.
saya mengamati vidio pembelajaran ppkn
Analisis vidio yang saya tonton ;
Kelebihan dari vidionya menurut saya :
1.Terjalin situasi belajar mengajar yang baik antara siswa dan guru.
2. Kondusif nya anak – anak dalam menaggapi pertanyaan yang di berikan oleh guru.
3.Sistem Mengajar Guru yang baik dan tidak membosankan sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif.
4.Siswa dapat menangkap umpan balik yang diberikan dengan sangat baik.
Kelemahan dari vidio yang di tayangkan adalah:
1.Guru terlalu cepat dalam penyampaian materi pada siswa.
2.Ada baiknya tugas Tidak hanya dianjurkan 5 kelompok tetapi untuk individu.
3.Siswa terlalu serius sehingga terlihat tegang.
saran saya dalam vidio yang di tampilkan adalah.
Guru dapat melakukan berbagai metode – metode dalam proses mengajar agar para siswa dapat mengemukakan argumennya dengan bebas dan lepas dalam arti tidak merasa minder atas tanggapannya.
Guru bisa dengan cara memberikan tebak tebakan, yang mengacu pada materi atau nada dan ekspresi yang dapat membuat siswa lebih menikmati suasana belajar saat itu.

maaf salah topik dan tempat posting untuk jawaban yang sebelumnya.
Nurul Irmawati
022518572
Upbjj Jember
Jawaban diskusi
- menurut saya di awal pembelajaran tersebut guru tersebut belum secara jelas menyebutkan tujuan pembelajaran mempelajari tokoh idola. Karena banyak sekali tokoh idola dalam berbagai masa dan bidang tertentu. Misalnya kita bisa mempelajari dengan mempelajari tokoh perjuangan sebelum kemerdekaan sebelum perjuangan secara diplomasi . contoh Pangeran Diponegoro, Cut Nyak Dien, Sultan Hasanuddin. Kemudian tokoh-tokoh perjuangan masa perjuangan secara diplomasi. Seperti Ki Hajar Dewantara, W.R Supratman, Soekarno, Moh. Hatta dan lain-lain. Sehingga menurut saya justru gambar J.K Rowling yang terlebih dahulu disampaikan kepada siswa. Kemudian siswa dimintai pendapat tentang pengetahuannya terhadap J.K.Rowling. Kemudian guru membimbing siswa untuk menyebutkan tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan yang mereka ketahui. Setelah siswa menyebutkan nama-nama tokoh, kemudian diklasifikasikan berdasarkan masa perjuangannya. Dilanjutkan dengan penayangan foto proklamator. Setiap siswa dimintai pendapat tentang apa yang diketahui dari tokoh tersebut. Kemudian hasil pendapat siswa ditulis di papan. Setelah itu di buat kesimpulan apa saja semangat perjuangan dari tokoh. Kemudian kita bisa mengambil semangat tersebut untuk kita tiru.
- Jika saya guru tugas yang saya berikan kepada siswa. Saya akan membentuk kelompok diskusi. Masing-masing kelompok akan membahas satu tokoh di masa kemerdekaan.
- pendahuluan
- 1. melakukan pembukaan dengan menyampaikan salam, memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama.
- 2. memeriksa kehadiran siswa melalui absen
- 3. menyiapkan siswa secara mental dengan cara menanyakan kondisi mereka, dilanjutkan dengan mengingatkan materi minggu sebelumnya.
- 4. memberikan motivasi dengan menyanyikan lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya
- 5. melakukan tanya jawab tentang tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan yang diingat siswa. masing-masing siswa menyebutkan nama tokoh yang mereka ingat.
- 6. memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
- 7. memberitahukan tentang kompetensi inti, dasar, pada materi ini
- 8. membagi kelompok diskusi masing-masing 6 orang dengan kemampuan berbeda, artinya ada yang pintar dan ada yang rata-rata
- kegiatan inti
- 1. menayangkan gambar Soekarno, Moh. Hatta, Radjiman Wediyodiningrat, Soepomo, Muh. Yamin,
- 2. setiap kelompok membahas masing-masing satu tokoh yang dipilih.
- 3. guru sudah menyiapkan teks yang diambil dari internet dan buku biografi dari perpustakaan yang dibagikan pada masing-masing kelompok
- 4. setelah masing-masing kelompok selesai menganalisis sepak terjang dan semangat perjuangan tokoh
- 5. masing-masing kelompok presentasi di depan kelas, menceritakan secara singkat tentang tokoh
- 6. kelompok lain diberikan kesempatan untuk bertanya dan dijawab. jika ada kelompok yang mengalami kesulitan maka guru akan membantu menyelesaikan masalah
- penutup
- 1. setelah semua kelompok presentasi, kemudian dibuat kesimpulan dari tokoh tersebut.
- 2. merangkum secara umum semangat perjuangan tokoh untuk kemerdekaan
- 3. memberikan tugas untuk mencari satu tokoh yang lain, selain yang sudah dibahas. untuk menyimpulkan semangat perjuangannya.
- 4. memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya, yaitu semangat nasionalisme dalam perilaku sehari-hari di lingkung an keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa dan negara.

Riski ApriLiya Sapen
030418934
UPBJJ Bandar Lampung
Pokjar Banjar Agung
Jawab :
1. Sudah,
Karena didalam video tersebut guru sudah memberikan gambaran tentang materi ketika siswa/i tidak mengerti dengan memberikan beberapa tokoh-tokoh yang mungkin dikenal oleh siswa/i
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut
a) memperhatikan (memperhatikan video/gambar tentang tokoh tersebut)
b) bertanya (guru memberikan kesempatan kepada siswa/i untuk bertanya
c) komunikasi (saling mengemukakan pendapat)
Bagaimana cara penilaiannya
Guru mengamati siswa ketika KBM berlangsung (partisipasi)

Novita Ayu Sartika
030418672
UPBJJ Bandar Lampung
Pokjar Banjar Agung
Jawab:
1.Sudah,karena telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL).
Contoh yang diamati adalah tokoh ptoklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut:
√.Mengamati : melihat gambar tentang.
tokoh proklamator tersebut.
√.Bertanya : memberikan kesempatan.
kepada peserta didik untuk
mengidentifikasi gambar yang di sajikan.
√.Berkomunikasi : mengemukakan.
pendapat.
√.mengasosiasikan : menganalisa.
masukan dan tanggapan.
Cara penilaian :
Mengamati sikap siswa dalam pembelajaran. Meliputi (sikap disiplin,percaya diri dan tanggung jawab).

Nama : Pranti Eka Yulia Fidianti
Nim : 030418601
UPBJJ Bandar Lampung
Pokjar Banjar Agung
Jawab :
1.menurut saya sudah sesuai karena sudah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode contextual teaching and learning. Dan adapun contoh yang harus diamati adalah gambar tokoh-tokoh proklamator.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut adalah
Mengamati (melihat gambar tentang tokoh-tokoh proklamator.
Tanya jawab (memberikan siswa sesi tanya jawab)
Berkomunikasi (mengemukakan pendapat siswa)
Mengasosiasikan (memberikan tanggapan)
Cara penilaian saya apabila sebagai guru :
Saya akan mengamati perkembangan siswa dalam pembelajaran : disiplin, menyelesaikan masalah,percaya diri,dan tanggung jawab.
N A M A Â Â Â Â Â Â Â Â : NURSIDIK
N I MÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 131058376
- Menurut saya sudah sesuai, karena apa yang disampekan bapak guru ke siswa atau peserta didik dapat diterima dan di respon sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
- a. Siswa diajak mengamati dan melihat gambar tentang tokoh dalam video.
- Siswa diajak memberikan contoh selain dari tokoh yang ada dalam video dan alasannya.
- Guru menjelaskan tentang karakter para tokoh dalam video
contohnya Ir. Soekarno adalah seorang prakalmator yang pemberani.
- Siswa atau peserta didik berdiri bergantian untuk latihan meberikan contoh tokoh idola selain dari video yang sudah dilihat, beserta alasannya.
Penilaian
Guru memberikan penilaian pada setiap tugas yang dijawab oleh siswa atau peserta didik secara langsung.

Nama : Destia Winda Utami
Nim : 030417387
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Banjar agung tulang bawang
Jawab :
1. Sudah,karena di dalam video guru sudah memberikan tugas yang sesuai dengan materi yang dibahas karena guru sudah mengikuti metode CTL dan contoh proklamator ya pun sudah tidak asing lagi bagi siswa
2.tugas yang sesuai dengan materi tersebut
a. Mengamati : guru mengajak siswa untuk melihatgambar tokoh tokoh proklamator
b. Menanya : guru bertanya kepada siswa untuk mengidentifikasikan pertanyaan yang sesuai dengan gambar
c.mengumpulkan informasi dari berbagai sumber mengenai tokoh yang ada
d.mengkomunikasikan : mengemukakan pendapat siswa
e.mengasosiasikan : menganalisa masukan dan tangagapan para siswa
Cara penilaian : mengamati partisipasi siswa ketika KBM berlangsung,seperti :disiplin,rasa ingin tahu yang tinggi ,semangat ,jujur ,tanggap menghadapi masalah dan peduli terhadap lingkungan

Nama : Lufiya Diana Sari
NIM : 030416536
UPBJJ Bandar Lampung
Pokjar Banjar Agung
1. Menurut saya Sudah, karena guru sudah memberikan tiga yang sesuai dengan materi dan sudah mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan metode contextual teaching and learning (CTL). Contoh yang di amati adalah gambar tokoh-tokoh proklamator yang sudah tidak asing lagi bagi siswa/i.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut:
– mengamati : melihat gambar tentang tokoh proklamator.
– bertanya : memberi kesempatan siswa/i bertanya.
– komunikasi : mengemukakan pendapat.
Penilaian
Mengamati Sika siswa/i ketika KBM berlangsung, seperti sikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab.
N A M A Â Â Â Â Â Â Â Â : NURSIDIK
N I MÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 131058376
- Menurut saya sudah sesuai, karena apa yang disampekan bapak guru ke siswa atau peserta didik dapat diterima dan di respon sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
- a. Siswa diajak mengamati dan melihat gambar tentang tokoh dalam video.
- Siswa diajak memberikan contoh selain dari tokoh yang ada dalam video dan alasannya.
- Guru menjelaskan tentang karakter para tokoh dalam video
contohnya Ir. Soekarno adalah seorang prakalmator yang pemberani.
- Siswa atau peserta didik berdiri bergantian untuk latihan meberikan contoh tokoh idola selain dari video yang sudah dilihat, beserta alasannya.
Penilaian
Guru memberikan penilaian pada setiap tugas yang dijawab oleh siswa atau peserta didik secara langsung.

Nama : Pranti Eka Yulia Fidianti
NIM : 030418601
Pokjar : Banjar Agung
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Menurut saya sudah, karna sudah mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan metode Contextual Teachingand Learning (CTL) dan contoh-contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang sudah tidak asing lagi bagi semua siswa
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Jika saya sebagai guru tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, ya
1). Menganalis dab
Melihat gambar tentang tokoh-tokoh proklamator diindonesia
2) bertanya
Saya sebagai guru akan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menganalisis sebanyak mungkin tentang pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang sudah disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
3) Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik akan mengumpulkan informasi yang relevan agar dapat menjawab pertanyan sudah diidentifikasi melalui kegiatan :
a. Menganalisis obyek atau kejadian,
b. Mengumpulkan informasi
4. Siswa Mengemukakan pendapat tentang semanagat tokoh praklamator
5) peserta didik menganalisa masukan, atau tanggapan dan koreksi dari guru melalui pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Dan selama pembelajaran akan berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik dalam pembelajaran yaitu: disiplin, sikap, berperilaku jujur, rasa percaya diri,rasa ingin tahu, tangguh menghadapi masalah tanggung jawab, , ,

Sudh sangat baik

AAN SUTISNA-041658043
Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas? Sudah,guru tersebut sesuai dalam memberikan tugas dengan materi yang sedang dibahas,hal tersebut dapat terlihat dengan media yang digunakan yaitu foto Bung Karno, Bung Hatta, JK Rowling. Selain itu pula guru tersebut memberikan kebebasan berpikir dan mengemukakan pendapat siswa melalui pertanyaan siapa yang menjadi idola siswa masing-masing, dan karakter apa yang dimiliki oleh sang idola, sehingga harapan dari guru tersebut siswa dapat meniru karakter idolanya.
Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Jika saya sebagai guru dalam video tersebut akan lebih banyak memberikan banyak gambar tokoh tokoh, karena setiap tokoh memiliki sikap positif yang bisa diteladani yang berbeda-beda. dan bisa juga berupa penampilan video pendek atau biografi singkat sang tokoh. Jadi makin banyak sikap positif yang bisa digali dari tokoh tersebut dan bisa diteladani oleh siswa.
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, seperti
1. Mengamati; Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2. Menanya; Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3. Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator; Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan : Mengamati obyek/kejadian, Membaca sumber lain selain buku teks, dan Mengumpulkan informasi
4. Mengkomunikasikan; Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5. Mengasosiasikan; Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Penilaian yaitu kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. Dengan mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi penilaian sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan tes pengetahuan.
Terimakasih !
N A M A Â Â Â Â Â Â Â Â : NURSIDIK
N I MÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 031058376
- Menurut saya sudah sesuai, karena apa yang disampekan bapak guru ke siswa atau peserta didik dapat diterima dan di respon sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
- a. Siswa diajak mengamati dan melihat gambar tentang tokoh dalam video.
- Siswa diajak memberikan contoh selain dari tokoh yang ada dalam video dan alasannya.
- Guru menjelaskan tentang karakter para tokoh dalam video
contohnya Ir. Soekarno adalah seorang prakalmator yang pemberani.
- Siswa atau peserta didik berdiri bergantian untuk latihan meberikan contoh tokoh idola selain dari video yang sudah dilihat, beserta alasannya.
Penilaian
Guru memberikan penilaian pada setiap tugas yang dijawab oleh siswa atau peserta didik secara langsung.

Saya juga setuju,karena apa yang diberikan oleh guru sesuai dengan topik materi yang dibahas mengenai ayo belajar dari tokoh idola dengan menampilkan gambar foto para tokoh tersebut.
NAMA : HENI HANDAYANI
NIM : 030418855
UPBJJ Bandar Lampung
POKJAR: Banjar Agung
- Menurut saya sudah karena guru menyampaikan tugas dengan seksama dan memperhatikan langkah (CTL)Â Yang dapat diterima oleh siswa menggunakan tokoh tokoh idola proklamataor sebagai rasa cinta tanah air.
- Memberikan peluang kepada siswa untuk menceritakan dan mempraktikkan perjuangan para proklamator, Mencari informasi dan biodata proklamator yg di idolakan
Penilaian:
Guru memberi penilaian dengan cara memperhatikan sikap siswa, tata kerama siswa, penghayatan dan keseriusan siswa dalam mempraktikkan di setiap bagian bagian.

Nama : NYONO SANTOSO
NIM : 030418214
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Banjar Agung
1. Sudah, karna Telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode Contextual Teachingand Learning (CTL) dan contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
2. Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, yaitu :
1). Mengamati
Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2) Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3) Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan :
> Mengamati obyek/kejadian,
> Membaca sumber lain selain buku teks,
> Mengumpulkan informasi
4) Mengkomunikasikan
Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5) Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Nama :Destiana Fatimah
Nim :030416733
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar :Banjar Agung
1. menurut saya sudah, karena dalam Vidio tersebut guru memberikan tugas sesuai dengan materi yang dibahas dan guru pula memberikan contoh tokoh-tokoh proklamator untuk menggali kembali pengetahuan peserta didik
2. tugas yang sesuai dengan materi yang dibahas adalah:
a). mengamati : peserta didik diajak melihat gambar tentang tokoh proklamator.
b). tanya jawab : guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai gambar yang disajikan.
c). menganalisa : peserta didik diminta menelaah serta mengemukakan pendapat dan memberikan masukan tentang Vidio tersebut.
Cara penilaian: jika saya sebagai guru, saya akan melihat keaktifan dan perkembangan peserta didik selama kegiatan belajar, seperti memberikan tanggapan,bersemangat,bertanggung jawab, dan berani
Pertanyaan pemicu diskusi :
Video ayo belajar dari tokoh idola
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Sudah, karna Telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode Contextual Teachingand Learning (CTL) dan contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, yaitu :
1). Mengamati
Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2) Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3) Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan :
* Mengamati obyek/kejadian,
* Membaca sumber lain selain buku teks,
* Mengumpulkan informasi
4) Mengkomunikasikan
Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5) Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan