Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idolaâ€. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang di mungkin dikenal oleh siswa seperti Bung Karno, Bung Hatta dan JK Rowling. Siswa sangat antusias dalam menyimak gambar tokoh idola yang ditayangkan oleh guru. Setelah gambar ditayangkan, guru bertanya kepada siswa, gambar siapa ini dan karakter apa yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Mereka selalu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru ganti bertanya kepada siswa mengenai tokoh yang diidolakan mereka dan alasan apa mereka mengidolakan tokoh tersebut?. Ada siswa yang mengidolakan Ayahnya, ada yang mengidolakan Hadad Alwi, dan ada pula yang mengidolakan Justin Beiber. Setelah itu guru menuliskan nama-nama tokoh yang diidolakan siswanya tersebut di papan tulis. Selesai menulis di papan tulis, guru kemudian menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, harus memiliki karakter yang baik.
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Ditulis oleh: Ary Purwantiningsih


PKNI 4501 PKP POKJAR BANJAR AGUNG

Irfan Abdul ajis
030417197
Upjj Bandar Lampung
Banjar agung
Jawab :
1. Sudah, disaat guru manyampaikan lewat audio siswa/i dengan mudah menangkap apa yang di sampaikan oleh guru dengan materi tersebut.
2. Tugas yang sesuai dengan materi tersebut:
. Video visual : sehingga siswa dapat memahami
.Bertanya : memberikan kesempatan.
kepada peserta didik untuk
mengidentifikasi gambar yang di sajikan.
.Berkomunikasi : mengemukakan.
pendapat.
.mengasosiasikan : menganalisa.
masukan dan tanggapan.
Cara penilaian :
Mengamati sikap siswa dalam pembelajaran. Meliputi sikap yang aktif dan interaktif

Nama_mhs : Mariyati
Nim : 030402165
Tuweb ke 4 Tugas ke 1
asalamualaikum wr,wb.
saya mengamati vidio pembelajaran ppkn
Analisis vidio yang saya tonton ;
Kelebihan dari vidionya menurut saya :
1.Terjalin situasi belajar mengajar yang baik antara siswa dan guru.
2. Kondusif nya anak – anak dalam menaggapi pertanyaan yang di berikan oleh guru.
3.Sistem Mengajar Guru yang baik dan tidak membosankan sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif.
4.Siswa dapat menangkap umpan balik yang diberikan dengan sangat baik.
Kelemahan dari vidio yang di tayangkan adalah:
1.Guru terlalu cepat dalam penyampaian materi pada siswa.
2.Ada baiknya tugas Tidak hanya dianjurkan 5 kelompok tetapi untuk individu.
3.Siswa terlalu serius sehingga terlihat tegang.
saran saya dalam vidio yang di tampilkan adalah.
Guru dapat melakukan berbagai metode – metode dalam proses mengajar agar para siswa dapat mengemukakan argumennya dengan bebas dan lepas dalam arti tidak merasa minder atas tanggapannya.
Guru bisa dengan cara memberikan tebak tebakan, yang mengacu pada materi atau nada dan ekspresi yang dapat membuat siswa lebih menikmati suasana belajar saat itu.

maaf salah topik dan tempat posting untuk jawaban yang sebelumnya.
1. Sudah, karna sudah sesuai dengan langkah pembelajaran yang sudah diterapkan, yaitu metode pembelajaran dengan media gambar
2. Tugas yang akan saya berikan kepada mahasiswa adalah untuk menyebutkan siapa tokoh idola masing-masing dan alasan kenapa mereka mengidolakannya dengan menyebutkan kelebihannya
kelebihan dari video :
1. sistem cara guru mengajar sangat baik dan mendapat feedback dari muridnya dengan baik
2. Murid tidak merasa bosan saat pembelajaran
kekurangannya :
1. Guru sedikit terlalu cepat dalam mengajar sehingga menjadi celah untuk siswa yg tidak mengerti
- Sudah sesuai dengan pembelajaran yaitu dengan menampilkan media pembelajaran tayanan gambar para tokoh
- Adanya kolaborasi antara guru dan peserta didik untuk bertanya dan menjawab- Guru melakukan pertanyaan pemantik rasa keingintahuan tentang gambar para tokoh Penialaiannya dengan rubrik..nilai pengetahuan, nilai sikap
menurut saya metode yang digunakan sudah sesuai untuk memaparkan materi tokoh idola, tetapi dapat ditambahkan dengan metode bercerita tokoh idola kepada siswa lainnya di depan kelas. tugas yang akan saya berikan ialah memilih satu tokoh yang memberikan inspirasi dan motivasi dalam dirinya yang dijabarkan melalui tulisan dan kemudian dipaparkan di depan kelas. penilaiannya berdasarkan sikap disiplin, percaya diri dan perilaku jujur.
NAMA : SRI YANTO
NIM : 043779808
MAKUL : PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESOIONAL (PKNI4501)
UPBJJ : 47 / PONTIANAK
- Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Sudah, karena siswa kurang aktif atau tidak respon terhadap materi yang disampaikan, kemudian guru menyampikan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idola” untuk merangsang siswa untuk lebih aktif dalam materi pembelajarannya.
- Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Tugas materi yang sesuai adalah menyebutkan nama-nama “Tokoh Pahlawan Nasional dan Tokoh Idola” beserta alasannya, dengan penilaian diberikan di sikap dengan cara pemahaman terhadap tokoh yang disebutkan,keterampilan siswa dalam menyebutkan jumlah nama-nama kedua tokoh, pengetahuan dengan cara banyaknya skor dimasing-masing tokoh tersebut.
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Beberapa siswa aktif mengemukakan pendapat sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh guru.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Keseluruhan kelemahan yaitu pada video itu tidak adanya kegiatan pembuka (penyampaian tujuan pembelajaran, apersepsi, materi yang akan disampaikan) dan tidak adanya kegiatan penutup (refleksi dan evaluasi pembelajaran)
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Keseluruhan kelebihannya yaitu materi pembelajaran yang disampaikan sesuai dengan metode pembelajaran yang dipilih.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru menampilkan foto-foto tokoh pahlawan dan bertanya tentang tokoh idola siswa
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Kegiatan pembelajaran di dahului dengan kegiatan pembuka yang isinya (penyampaian tujuan pembelajaran, apersepsi, materi yang akan disampaikan) dan tidak adanya kegiatan penutup (refleksi dan evaluasi pembelajaran). Pada kegiatan inti, guru mengupayakan setiap siswa menyebutkan tokoh idolanya masing-masing beserta alasannya. Dan, pada kegiatan penutup siswa sebaiknya melakukan refleksi terhadap pembelajaran dan diberikan evaluasi pembelajaran berupa tugas.
1. Sudah sesuai sehingga saat sesi tanya jawab guru mendapat respon timbal balik dengan baik
2. Tugas yang paling sesuai yakni dengan menayangkan video suatu tokoh untuk dianalisa karakternya. Cara penilaiannya yakni dengan metode analisa tersebut siswa sudah mencapai indikator atau belum.
Pertanyaan pemicu diskusi :
Video ayo belajar dari tokoh idola
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Sudah, karna Telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode Contextual Teachingand Learning (CTL) dan contoh yang diamati adalah tokoh proklamator yang tidak asing lagi bagi siswa.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut?
Tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut, yaitu :
1). Mengamati
Melihat gambar tentang tokoh proklamator
2) Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
3) Mengumpulkan informasi tentang tokoh proklamator
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan :
* Mengamati obyek/kejadian,
* Membaca sumber lain selain buku teks,
* Mengumpulkan informasi
4) Mengkomunikasikan
Mengemukakan pendapat tentang kelebihan jiwa dan semanagat tokoh praklamator tersebut
5) Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang tokoh proklamator.
Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan