- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Kelebihan:
- pada saat membuka pelajaran guru sudah menyampaikan kompetensi khusus yang akan dicapai.
- Pada inti kegiatan guru dalam teknik bertanya sudah baik, selalu menunjuk siwa satu persatu dan menyebut nama, membagi peran dalam kelompok, menyampaikan metde yang akan dipakai.
- Dalam menutup kegiatan guru sudah melakukan evaluasi, yakni dengan dengan mengajukan pertnyaan kepada siswa secara lisan, tentang nialai-nialai yang dapat dipetik dari sejarah Pangeran Diponegoro, menutup kegiatan denga mengucap salam.
Kekurangan
Pangeran Diponegoro kurang tepat jika diajarkan dengan bermain peran, karena perlu lokasi dan durasi yang cukup panjang. Akan lebih baik jika menggunakan penayangan video sejarah Pangeran Diponegoro.
Teori yang mendukung
Menurut Kustiono (2010:79), media audio-visual dapat memberikan kontribusi bagi siswa dalam proses pembelajaran, yaitu efektif dalam mengembangkan daya imajinatif siswa, mampu menyampaikan pesan historis sebuah peristiwa secara visual, membangkitkan semangat belajar siswa, melalui alunan musik yang mengiringi, mampu mengembangkan indra visual sekaligus indra auditif siswa, mampu memvisualisasikan aktivitas maupun objek yang terjadi di masa lampau (objek dokumenter) Jadi media audio-visual memiliki