- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Nama : Yatik Hartini
NIM : 530053408
Setelah menyimak video pembelajaran tersebut, hal-hal yang dapat saya pelajari antara lain:
- Kelebihan:
- Guru melakukan kegiatan membuka pelajaran dengan lengkap dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru juga melakukan pretes secara lisan tentang pengetahuan siswa tentang peristiwa dengan tokoh Pangeran Diponegoro.
- Guru memberikan penguatan dan balikan atas jawaban-jawaban siswa.
- Metode role playing yang dipilih guru dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran sejarah karena memosisikan siswa sebagai objek sekaligus subjek belajar.
Kelemahan:
- Konsep guru kurang tepat tentang asal-usul Pangeran Diponegoro.
- Kegiatan pembelajaran berlangsung spontan tanpa rencana terlebih dahulu, sehingga kurang maksimal.
- Belum tampak penarikan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
2. Saya pernah menggunakan metode role playing dalam materi persiapan kemerdekaan RI. Namun saya merencanakan kegiatan ini jauh hari sebelumnya karena materinya merupakan materi sejarah, jadi saya tidak bisa sembarangan dalam menentukan skenario. Saya membagi siswa dalam beberapa kelompok dan menentukan peran masing-masing. Setelah itu saya menyusun dialog dan membagikannya kepada setiap kelompok siswa. Sewaktu role playing dilakukan, siswa menjadi lebih bersemangat dan pengetahuan yang diperoleh mereka juga lebih dapat diingat dalam waktu yang lama. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada materi tersebut.
3. Langkah-langkah perbaikan:
- Menentukan materi yang akan dipelajari menggunakan metode role playing.
- Guru harus benar-benar memahami konsep materi yang diajarkan.
- Membagi kelompok dan menentukan peran setiap siswa.
- Membagi naskah dialog yang dibuat guru (atau untuk tingkat SMP setiap kelompok siswa bisa ditugasi untuk membuat naskah sendiri)
- Melakukan kegiatan penyimpulan di akhir pembelajaran
4. Pendapat para tokoh
- Teori Belajar Edgar Dale dikenal dengan teori kerucut pengalaman lebih menekankan bahwa 90% pembelajaran akan berhasil, hal ini terjadi apabila anak berbuat secara langsung atau nyata yang terdiri dari bermain peran, melakukan simulasi dan mengerjakan hal yang nyata.
- Menurut Wahab (2009), bermain peran adalah berakting sesuai dengan peran yang telah ditentukan terlebih dahulu untuk tujuan-tujuan tertentu. Bermain peran dapat menciptakan situasi belajar yang berdasarkan pada pengalaman dan menekankan dimensi tempat dan waktu sebagai bagian dari materi pelajaran.