- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Setelah mencermati video pembelajaran IPS dengan judul “Apakah Metode Role Playing dapat meningkatkan Peran Aktif Siswa dalam Model Pembelajaran Mind Mapping” hal-hal yang dapat saya sampaikan antara lain.
- Kelebihan metode role playing menjadi sebuah alternatif dan memberi nuansa baru agar pembelajaran tidak monoton secara konvensional atau dengan metode ceramah. Siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran karena berperan sebagai subjek dan objek. Saat proses pembelajaran, guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pembelajaran dilaksanakan tidak hanya di dalam kelas tetapi di luar kelas , suasana ini mampu mengurangi tingkat kejenuhan siswa dan memberikan pengalaman baru yang bermakna. Sebelumnya, guru memberi instruksi kegiatan yang harus dilakukan pada kegiatan bermain peran. Setelah kegiatan bermain peran guru melakukan evaluasi dengan bertanya jawab kepada siswa seputar pengalaman dan pendapat yang dimiliki siswa. Dengan metode role playing belajar lebih terasa menyenangkan dan juga mampu meningkatkan keaktifan siswa sehingga pengalaman yang diperoleh siswa lebih bermakna dan tidak mudah dilupakan.
2. Kelemahan yang saya temui antara lain metode role playing membutuhkan durasi waktu yang panjang, sehingga dirasa kurang efektif. Mungkin lebih baik mengenal sejarah melalui pemutaran video tentang sejarah tersebut. Di akhir pembelajaran, guru belum mengajak siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
3. Manfaat yang saya dapat dari video pembelajaran di atas adalah adanya inovasi dalam proses pembelajaran yang diterapkan agar siswa tidak merasa jenuh. Dengan metode ini dapat membangkitkan gairah dan semangat optimisme dalam diri siswa serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan kesetiakawanan sosial yang tinggi. Namun metode role playing tidak dapat diterapkan pada semua materi. Kita perlu memilih metode yang tepat digunakan sesuai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
4. Saran dan masukan yang dapat saya sampaikan adalah ada baiknya kegiatan bermain peran disertai dengan dialog-dialog antar tokoh, tidak hanya sekadar bermain tembak-tembakan. Karena waktu pembelajaran yang terbatas, mungkin bisa diperhitungkan mengenai durasi yang dihabiskan. Alternatif lainnya bisa dengan memutarkan video tentang pahlawan atau sejarah.