- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
SITI SETIAWATI INDARI Answered question
- Guru menyapa siswa dan mengecek kehadiran siswa.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru mengecek pemahaman awal siswa seputar pangeran diponegoro dengan langsung memberikan pertanyaan tentang siapa orangtua pangeran diponegoro.
- Guru menganggap siswa belum paham akhhirnya guru memutuskan untuk menjelaskan dan siswa hanya duduk mendengarkan.
- Berdasarkan permasalahan ini akhirnya guru memutuskkan menentukan metode pembelajaran yang mampu menggali keaktifan siswa yaitu memilih role playing.
- Guru membagi peranan pada setiap kelompok.
- Guru memberi instruksi kegiatan yang harus dilakukan pada kegiatan bermain peran.
- Pembelajaran dilaksanakan tidak hanya di dalam kelas tetapi di luar kelas , suasana ini mampu mengurangi tingkat kejenuhan siswa dan memberikan pengalaman baru yang bermakna.
- Setelah kegiatan bermain peran guru melakukan evaluasi dengan bertanya jawab kepada siswa seputar pengalaman dan pendapat yang dimiliki siswa.
- Guru memberikan pertanyaan terbuka kepada siswa yang mampu menggali kemampuan siswa untuk berpendapat.
- Dengan metode role playing belajar lebih terasa menyenangkan dan juga mampu meningkatkan keaktifan siswa sehingga pengalaman yang diperoleh siswa lebih bermakna dan tidak mudah dilupakan.
SUNARMI NINGSIH Answered question