- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
SYAHYAN WIBI ANDRIYANI (530042784)
Setelah menyimak video, pembelajaran pertama yang terlihat guru belum menyiapkan perangkat pembelajaran, metode belajar kurang variatif, Guru tidak membawa siswa ke dunia nyata, kurang memperhatikan kemampuan awal siswa, kurang memahami siswa, peraturan kurang jelas. Sedangkan di pembelajaran kedua sudah tampak siswa aktif guru hanya sebagai fasilitator terlihat siswa senang sekali diajak belajar dengan menggunakan metode role playing (bermain peran) dalam pembelajaran sejarah.
Metode bermain peran (role playing) adalah metode pembelajaran yang diarahkan untuk mengkreasi peristiwa sejarah,peristiwa aktual,atau kejadian -kejadian yang mungkin muncul pada masa mendatang.(Mulyono,2012)
Tujuan metode bermain peran adalah:memberikan pengalaman konkret ;mengilustrasikan dari meteri pembelajaran;menumbuhkan kepekaan terhadap masalah sosial;menumbuhkan minat dan motivasi belajar ;menyediakan sarana untuk mengekspresikan perasaan tersembunyi dibalik suatu keinginan.
Langkah-langkah metode role playing ,yaitu:
- Menghangatkan suasana dan memotivasi siswa
- Memilih peran
- Menyusun tahap-tahap peran
- Menyiapkan pengamat
- Pemeran
- Diskusi dan evaluasi
- Membagi pengalaman dan mengambil kesimpulan
Kelebihanmetode ini:berkesan dengan kuatdan tahan lama;menarik bagi siswa;membangkitkan gairah dan semangat optimisme;siswa terjun langsung untuk memerankan sesuatu.
Kelemahan metode ini : waktu relatif panjang;memerlukan daya kreasi yang tinggi;siswa masih merasa malu untuk memerankan suatu adegan;apabila bermain peran mengalami kegagalan berarti tujuan pembelajaran tidak tercapai;tidak semua mata pelajaran dapat disajikan melalui metode role playing.