Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Ditulis oleh: Dwi AstutiÂ
Baik bapak ibu sekalian… tentunya Anda sudah menyaksikan video dan membaca sinopsis tentang Anak yang Tidak Percaya Diri. Sekarang saya ingin mengajak Anda semua untuk mendiskusikan beberapa hal terkait Anak yang Tidak Percaya Diri, yaitu:
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya?
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak?
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan?
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang?
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar?


Memberi reward

1. yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya yaitu mengamati dengan cermat apa yang menjaid kebutuhan anak dalam pembelajaran yang diberikan.
2. langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak
– memberikan pertanyaan kepada anak terhadap tugas yang diberikan
– memberikan saran untuk menggambar apa yang disukaian anak walaupun
tidak sesuai dengan tema pelajaran
– memotivasi kreativitas anak
– mengekplorasi potensi anak
– melakukan pendekatan pada anak yang bermasalah
3. yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan yaitu dengan cara membantu anak dengan memberikan saran untuk membentu imajinasi anak untuk menggambar seperti yang ditugaskan
4. Bantuan yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang yaitu membantu memegang tangan anak dan mengarahkan tangan anak untuk membuat coretan coretan di kertas gambar
5. harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar yaitu guru dapat membawa anak untuk belajar di luar kelas

Memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan

1. Mengetahui kapasitas daripada peserta didik
2. Selalu memberikan pujian dan kata kata motivasi agar peserta didik semangat untuk mencoba dan belajar lagi
3. Kalau saya biasanya saya duduk di samping peserta didik, saya ajak cerita dan saya coba dia gambarkan apa saja yang dia suka lalu saya ajari dia menggambar sesuai materi
4. Saya selalu menekankan semua anak memiliki keahlian dalam bidangnya masing masing, maka seringkali saya berikan mereka kebebasan untuk berekpresi dahulu seperti menggambar objek yang dia inginkan lalu setelah itu saya arahkan untuk menggambar sesuai materi
5. Memberikan reward bagi peserta didik yang gambarannya bagus namun tidak menjadikannya ketimpangan sosial bagi peserta didik yang lain
Nama : Yulia Anita
Nim. : 835454639
1. Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak nya?
Yang harus dicermati guru memberikan tugas kepada mengamati dengan cermat apa yang menjadi kebutuhan anak sebelum melakukan pembelajaran yang akan diberikan sehingga bisa dengan cermat memilih kegiatan yang anak lebih minat.
2. Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak?
Guru harus memberikan motivasi ke anak. Guru memberikan kepercayaan pada anak untuk menceritakan hasil pekerjaan anak di depan kelas.
3. Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan?
Kita mengepresiasikan apa pun hasil gambar anak kemudian memberikan semangat agar anak mau mencoba lagi sesuai yang diperintahkan.
4. Bantuan apa yang dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang?
Dengan memberikan stimulus dan latihan sesuai motorik yang di munculkan secara berulang ulang agar anak terbiasa dan dapat melakukan nya.
5. Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuh kembangkan daya pada tugas anak dalam menggambar?
Guru memberikan kebebasan kepada anak menggambar apa yang ia ingin gambar serta guru menyediakan media atau alat dan bahan yang lebih sederhana atau lebih menarik minat anak serta memberikan umpan balik yang positif dan hasil karya anak.
Motivasi kita sebagai guru sangat dan amat dibutuhkan oleh anak yang kurang percaya diri karena dengan kita memotivasi anak tersebut akan menumbuhkan keberanian dan menumbuhkah percaya diri anak tersebut. Dan kita sebagai guru harus lah sering berkomunikasi dengan anak-anak misalnya dengan kita bercerita anak akan merasa nyaman dan percaya diri.

Menurut saya pendekatan yang sudah dilakukan guru sudah sangat bagis melakukan pendekatan penguatan dengan cara memotivasi anak tentang tugasnya sebaiknya sebelum. Melakukan kegiatan bermain guru harus melihat minat anak lebih tertarik melakukan kegiatan lain sehingga guru bisa MEksplorasi minat anak . potensi anak untuk melakukan pendekatan kegiatan bermain memotivasi kita sebagai guru sangat dibutuhkan oleh orang yang kurang percaya dikenal dengan kita mau Jak anak tersebut akan menunjukkan keberanian dan menemukan percaya diri anak tersebut dan kita sebagai guru harus lebih sering berkomunikasi dengan anak anak dan kita harus sering memotivasi anak pendekatan ini nggak ada hubungan sosial emosional yang lebih dekat antara anak dan guru
1. Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak?
Yang harus dicermati guru memberikan tugas kepada mengamati dengan cermat apa yang menjadi kebutuhan anak sebelum melakukan pembelajaran yang akan diberikan sehingga bisa lebih cermat memilih kegiatan yang anak lebih minat
2. Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak? Harus lebih memberikan pendekatan motivasi serta memberikan umpan balik kegiatan yang telah anak lakukan
3. Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena takut harusnya belum berkembang?guru bisa memegang tangan anak untuk memulai menggambar atau mungkin memberikan contoh gambar yang lebih sederhana dahulu misalnya anak ajak menggambar lingkaran serta menggambar gambar abstrak sehingga anak lebih percaya diri dengan gambar yang dibuat
5.apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuh kembangkan daya pada tugas anak dalam menggambar?
Guru memberikan kebebasan untuk anak menggambar apa yang ia ingin gambar serta guru menyediakan media atau alat dan bahan yang lebih sederhana atau lebih menarik minat anak serta memberikan umpan balik yang positif dari hasil karya anak
Anak tidak percaya diri
1.anak mau bermain asalkan di temani guru
2.kurangnya media pembelajaran
3.tidak ada kelebihan yang saya temukan
4.guru memberikan dorongan agar anak lebih percaya diri
5.berikan pilihan kapada anak untuk mengambar apa yang mereka sukai

iik nuryati
857429169
menurut pendapat saya, pada vidio ini usaha guru sudah bagus untuk mningkatkan rasa percaya diri anak yaitu dengan pendekatan yang baik, pada dasarnya memang hampir 80% anak usia dini pada awal masuk sekolah mengalami hal yang sama. maka dari itu pendidik harus memiliki trik atau metode agar dapat membujuk anak anak agar mudah bergabung yang kurang percaya diri terhadap lingkungannya.
selain peran guru, media yang tersedia disekolah pun harus menarik terhadap anak, sehingga ketika anak tidak dapat dibujuk melalui pendekatan, maka cara lain adalah dengan memberikan mainan atau media belajar disekoah.
peran lain yang tidak kalah penting adalah orang tua, dimana orang tua harus bisa memberikan motivasi dan dapat melepas anak anak mereka supaya bisa mandiri secara bertahap.
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya? jawab : guru terlebih dahulu harus memberikan contoh kepada anak bagaimana cara menggambar.
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak? jawab : guru harus lebih memberikan motivasi ke anak. guru memberi kepercayaan kepada anak untuk menceritakan hasil pekerjaan anak di depan kelas
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan? jawab : guru harus telaten membimbing anak sampai anak bisa menggambar sesuai dengan yang dijelaskan guru.
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang? jawab : guru bisa memegang tangan anak untuk memulai menggambar, atau mungkin memberikan contoh gambar yang sederhana dahulu, misal anak diajak menggambar lingkaran terlebih dahulu
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar? jawab : menggambar tidak hanya menggunakan media kertas dan krayon saja. guru bisa mengajak anak menggambar di pasir, menggambar diatas kain. anak-anak juga bisa diajak untuk menggambar dengan menggunakan kuas dan cat air. dengan banyak nya metode dan media yang digunakan guru maka dapat menumbuhkan kreativitas anak.
1. Sebelum memberikan tugas sebaiknya guru dapat melihat sejauh mana pencapaian yg dilakukan anak .berilah kegiatan yang yang dapat membangun percaya diri anak agar anak dapat melakukan kegiatan tersebut dengan senang dan hasil yang baik.
2. Cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anaka ialah dengan mengajarkan anak mengekspresikan perasaan seperti senang ,sedih, marah dengan emotikon secara langsung dan berikan pujian apa yang dilakukan anak dan di buat anak ketika kegiatan main.
3. Semisal ingin menyusun menggambar pemandangan maka lebih baik guru mengajarkan anak-anak untuk keluar jalan jalan melihat pemandangan yang ada di lingkungan sekolah lalu ajaklah anak-anak untuk menggambar langsung di tempat anak melihat pemandangan tersebut
4. Dengan memberikan stimulus dan latihan sesuai motorik yg di munculkan secara berulang ulang agar anak terbiasa dan dapat melakukannya.
5. Biarkan anak berimajinasi sesuai apa yang mereka tau dan jangan membatasi anak dengan sesuai apa yang di tugaskan saja.
Member reward