Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Ditulis oleh: Dwi AstutiÂ
Baik bapak ibu sekalian… tentunya Anda sudah menyaksikan video dan membaca sinopsis tentang Anak yang Tidak Percaya Diri. Sekarang saya ingin mengajak Anda semua untuk mendiskusikan beberapa hal terkait Anak yang Tidak Percaya Diri, yaitu:
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya?
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak?
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan?
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang?
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar?


Memberi reward

1. yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya yaitu mengamati dengan cermat apa yang menjaid kebutuhan anak dalam pembelajaran yang diberikan.
2. langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak
– memberikan pertanyaan kepada anak terhadap tugas yang diberikan
– memberikan saran untuk menggambar apa yang disukaian anak walaupun
tidak sesuai dengan tema pelajaran
– memotivasi kreativitas anak
– mengekplorasi potensi anak
– melakukan pendekatan pada anak yang bermasalah
3. yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan yaitu dengan cara membantu anak dengan memberikan saran untuk membentu imajinasi anak untuk menggambar seperti yang ditugaskan
4. Bantuan yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang yaitu membantu memegang tangan anak dan mengarahkan tangan anak untuk membuat coretan coretan di kertas gambar
5. harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar yaitu guru dapat membawa anak untuk belajar di luar kelas

Memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan

1. Mengetahui kapasitas daripada peserta didik
2. Selalu memberikan pujian dan kata kata motivasi agar peserta didik semangat untuk mencoba dan belajar lagi
3. Kalau saya biasanya saya duduk di samping peserta didik, saya ajak cerita dan saya coba dia gambarkan apa saja yang dia suka lalu saya ajari dia menggambar sesuai materi
4. Saya selalu menekankan semua anak memiliki keahlian dalam bidangnya masing masing, maka seringkali saya berikan mereka kebebasan untuk berekpresi dahulu seperti menggambar objek yang dia inginkan lalu setelah itu saya arahkan untuk menggambar sesuai materi
5. Memberikan reward bagi peserta didik yang gambarannya bagus namun tidak menjadikannya ketimpangan sosial bagi peserta didik yang lain
Nama. : Eka Putri Irponi
Nim : 856571828
Jurusan : PGPAUD
Pokjar : Kerinci
1. Menurut pendapat saya, sebelum pendidik memberikan tugas,hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi anak didik, mood, kebutuhan anak, serta minat anak.
2. Cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak,yaitu:
a. Tidak membandingkannya dengan anak yg lain, karena sejatinya setiap anak itu unik dan berbeda.
b. Memintanya untuk menggambar objek yang disukainya.
c. Selalu memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplor kemampuannya.
d. Mensupport dan menghargai kemampuan anak dengan memberikan pujian dan reward.
e. Apabila anak melakukan kesalahan, jangan menegurnya dengan cara memarahi, melainkan diarahkan.
3. Apabila anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan, pendidik tidak perlu marah dan kecewa. Karena pada anak usia dini mereka memiliki ketetarikan pada hal-hal yang berbeda. Namun pendidik tetap bisa mengarahkan untuk menggambar sesuai tema dengan cara yg perlahan, agar anak bisa mengikuti walaupun tidak persis sama.
4. Bantuan yg bisa diberikan guru apabila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang,yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan yang mampu merangsang perkembangan motorik halusnya, seperti meremas dan membentuk Dengan plastisin, meremas kertas, biji-bijian, memberikan motivasi & pujian untuk anak, serta mengajak anak untuk Corat coret walaupun belum berbentuk media tertentu (abstrak).
5. Guru PAUD dituntut untuk kreatif. Oleh karena itu, guru PAUD bisa menggunakan banyak media yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas anak-anak dalam menggambar. Guru bisa mengajak anak belajar diluar kelas, melihat berbagai objek melalui cerita bergambar, smg menarik anak, melihat gambar melalui media internet, dsb.
Member reward