Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Ditulis oleh: Dwi AstutiÂ
Baik bapak ibu sekalian… tentunya Anda sudah menyaksikan video dan membaca sinopsis tentang Anak yang Tidak Percaya Diri. Sekarang saya ingin mengajak Anda semua untuk mendiskusikan beberapa hal terkait Anak yang Tidak Percaya Diri, yaitu:
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya?
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak?
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan?
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang?
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar?


Memberi reward

1. yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya yaitu mengamati dengan cermat apa yang menjaid kebutuhan anak dalam pembelajaran yang diberikan.
2. langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak
– memberikan pertanyaan kepada anak terhadap tugas yang diberikan
– memberikan saran untuk menggambar apa yang disukaian anak walaupun
tidak sesuai dengan tema pelajaran
– memotivasi kreativitas anak
– mengekplorasi potensi anak
– melakukan pendekatan pada anak yang bermasalah
3. yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan yaitu dengan cara membantu anak dengan memberikan saran untuk membentu imajinasi anak untuk menggambar seperti yang ditugaskan
4. Bantuan yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang yaitu membantu memegang tangan anak dan mengarahkan tangan anak untuk membuat coretan coretan di kertas gambar
5. harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar yaitu guru dapat membawa anak untuk belajar di luar kelas

Memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan

1. Mengetahui kapasitas daripada peserta didik
2. Selalu memberikan pujian dan kata kata motivasi agar peserta didik semangat untuk mencoba dan belajar lagi
3. Kalau saya biasanya saya duduk di samping peserta didik, saya ajak cerita dan saya coba dia gambarkan apa saja yang dia suka lalu saya ajari dia menggambar sesuai materi
4. Saya selalu menekankan semua anak memiliki keahlian dalam bidangnya masing masing, maka seringkali saya berikan mereka kebebasan untuk berekpresi dahulu seperti menggambar objek yang dia inginkan lalu setelah itu saya arahkan untuk menggambar sesuai materi
5. Memberikan reward bagi peserta didik yang gambarannya bagus namun tidak menjadikannya ketimpangan sosial bagi peserta didik yang lain
1.hal utama yang harus dicermati guru adalah melihat perkembangan dan hal apa saja yg dibutuhkan anak
2.cara meningkatkan kepercayaan diri anak
- Menghidupkan Rasa Keberanian Anak.
- Berikan Anak Kepercayaan.
- Berikan Semangat dan Motivasi.
- Berikan Nasihat Jika Anak Melakukan Kesalahan.
- Berikan Penghargaan dan Apresiasi.
3. Guru trus membimbing saat anak menggambar dengan mencontohkan dengan gerakan
4. Dengan melatih untuk membuat coretan garis
5. Mengenalkan berbagai macam bentuk gam ar pola

Ana Ariyanti 837395405
Setelah mengamati video tersebut maka yang harus dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan diri anak dengan cara mengajak anak bermain dan kegiatan yang membuat anak senang.
1. yang perlu dicermati sebelum memberikan tugas adakah kebutuhan anak terhadap kegiatan, jika kebutuhan sudah terpenuhi maka guru melakukan pendekatan agar guru mengetahui apa yang ingin anak lakukan dengan kegiatan yang dipaparkan oleh guru sehingga anak berkembang sesuai dengan usianya.
2. cara meningkatkan rasa percaya diri pada anak adalah
a. memotivasi anak setiap kali melakukan kegiatan
b. memuji hasil kegiatan anak
c. memberikan kesempatan anak untuk menunjukkan hasil karyanya didepan teman-temannya.
d. memberikan tepuk tangan setiap kali anak selesai melakukan tugasnya.
e. mendorong anak untuk terus berkarya dengan kemampuan yang dimilikinya.
3. ketika anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan guru bisa membantu anak menggambar dengan cara membimbing anak untuk berpikir apa yang akan digambarkan anak, kemudian guru mencoba mencontohkan bagian bagian yang akan digambarkan terlebih dahulu, memberikan anak untuk mencoba melakukannya sendiri, memberikan pujian ketika anak mencoba melakukan.
4. jika motorik halus anak anak belum berkembang untuk menggambar maka guru bisa memberikan contoh sebuah gambar bisa dari awal cara menggambar sampai gambar tersebut menjadi sebuah gambar utuh.
5. yang dilakukan guru untuk menumbuhkan minat gambar pada anak adalah dengan memberikan kesempatan untuk menggambar apa saja sesuai dengan kesukaan anak.

Nama:lisnawati
Nim:825817334
Semester:Vlll
1.yang perlu di cermati guru sebelum memberikan tugas yaitu mencermatikemampuan individual anaksehingga guru dapat memberikan tugas sesuai dengan kebutuhan anak.
2.cara yang dapat di lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak yaitu dengan memberikan penguatan dan motivasi bahwa dia pasti bisa.
3.guru bisaengajari anak dengan cara memegangi tangan anak sehingga terbentuk gambar seperti yang sdh di contohkan lalu suruh anak mengulang gambar yang telah di buat tadi.
4.bantuan yang dapat di berikan kepada anak yang belum bisa menggambar yaitu dengan cara mengajak anak melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik halus anak.
5.guru dapat memberikan pujian-pujian terhadap kreativitas anak sehingga anak termotivasi dan semangat utk melakukan kegiatan.
- yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya yaitu mecermati kebutuhan anak terhadap tugas yang diberikan dan juga aspek perkembangan anak terhadap tugas
- langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak yaitu
- a. menanyakan kepada anak apabila belum paham tugas yang diberikan
- b. memberikan saran kepada anak tentang tugas yang diberikan
- c. memberikan motivasi kreativitas anak
- d. mengeksplorasi potensi anak
- e. memberikan pendekatan kepada anak
- 3. yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan yaitu dengan membimbing anak dengan memberikan saran dan menanyakan kepada anak tentang tugas yang diberikan dan memotivasi anak untuk dapat melakukan tugas yang diberikan
- 4. yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang yaitu guru dapat melakukan dengan cara memegang tangan anak dan membantu menggerakkan tangan anak untuk membuat coretan coretan pada kertas gambar
- 5. Â yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar yaitu dengan cara memberi tugas anak untuk menggambar apa yang disukain anak dan juga guru dapat mengajak anak untuk melakukan pembelajaran diluar kelas

Dengan memberikan motivasi,reward dan perhatian kepada anak didik dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.krn dukungan dari guru sangat penting bagi mereka.
Sebelum memberikan tugas kepada anak, guru mengidentifikasi setiap anak sebagai individu yang memiliki kebuthan unik, pengalaman hidup, personaliti anak, interes anak dan gaya belajar yang sesuai minat anak.
Langkah untuk meningkatkan kepercayaan diri anak
a . mendorong anak untuk percaya pada diri sendiri.
b. memilah tantangan besar menjadi langkah-langkah kecil supaya ada proses bertahap.
c. menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi anak untuk mencoba hal-hal baaru.
d. membimbing anak untuk mengatasi ketakutannya.
e. memberi pengakuan saat anak melakukan hal yang benar.
F. tidak mengkritik anak tetapi mengungkapkan dengan cara lain.
Yang di lakukan guru bila anak tidak bisa menggambar seperti yang di tugaskan, guru melakukan pendekata dan memotivasi anak, guru memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar sesuatu yang di sukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu, guru meminta anak menerangkan gambarnya dan guru mensuport anak dengan mengatankan “kamu pasti bisaâ€.
Bantuan yang dapat di lakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang, guru mendekati anak dan selalu memotivasi anak, guru membimbing anak menghubungkan gambar titik-titik, guru menuliskan judul gambar karena anak belum bisa menulis.
Untuk menumbuh kembangkan daya kreativitas anak, guru mengeksplorasi potensi anak, dengan memberi kesempatan pada anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasi dan kreativitas anak, serta memberi kesempatan pada anak untuk menggambar di berbagai media sesuai minat anak, guru bertindak sebagai fasilitator dan memberikan apresiasi positif bagi anak.

Setuju dg ulasannya bu sri astuti
- Anak diberikan motivasi dan dukungan ketika sedang kurang bersemangat belajar
- Anak diberikan tugas sesuai bakat dan minatnya
- Selalu memberikan reward atau penghargaan pada anak setiap anak selesai melakukan tugasnya

1. mengamati dengan cermat apa yang menjaid kebutuhan anak dalam pembelajaran yang diberikan.
2. memotivasi kreativitas anak,mengekplorasi potensi anak,melakukan pendekatan pada anak yang bermasalah
3.dengan cara membantu anak dengan memberikan saran untuk membentuk imajinasi anak untuk menggambar 4.membantu memegang tangan anak dan mengarahkan tangan anak untuk membuat coretan coretan di kertas gambar
5.guru dapat membawa anak untuk belajar di luar kelas

yang lebih utama adalah reward ketika anak tuntas menyelesaikan tugas-tugasnya

Yuli Maulida
857429209
Cara meningkatkan rasa percaya diri peserta didik yang utama adalah kita pahami apa yang bisa bikin dia merasa nyaman, lalu kita berikan dorongan agar dia dapat berproses lebih di kelas
Saya tidak akan memaksa peserta didik harus menggambar sesuai dengan materi, saya akan mendorong dia untuk memahami apa yang akan dia gambar dengan imajinasinya lalu saya coba berikan masukan untuk menggambar sesuai dengan materi
Jika anak belum dapat menggambar karna motorik halusnya belum berkembang, dapat kita berikan dorongan dengan memegang tangannya dan ajak dia menggoreskan pensil, awalnya dengan gambar yang dia inginkan lalu setelah dia merasa nyaman maka dilanjut gambar sesuai materi
Selalu memberikan masukan tentang kegiatan Menggambar itu menyenangkan, anak akan ter-stimulus sendiri kedepannya
Member reward