Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Ditulis oleh: Dwi AstutiÂ
Baik bapak ibu sekalian… tentunya Anda sudah menyaksikan video dan membaca sinopsis tentang Anak yang Tidak Percaya Diri. Sekarang saya ingin mengajak Anda semua untuk mendiskusikan beberapa hal terkait Anak yang Tidak Percaya Diri, yaitu:
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya?
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak?
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan?
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang?
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar?


Memberi reward

1. yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya yaitu mengamati dengan cermat apa yang menjaid kebutuhan anak dalam pembelajaran yang diberikan.
2. langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak
– memberikan pertanyaan kepada anak terhadap tugas yang diberikan
– memberikan saran untuk menggambar apa yang disukaian anak walaupun
tidak sesuai dengan tema pelajaran
– memotivasi kreativitas anak
– mengekplorasi potensi anak
– melakukan pendekatan pada anak yang bermasalah
3. yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan yaitu dengan cara membantu anak dengan memberikan saran untuk membentu imajinasi anak untuk menggambar seperti yang ditugaskan
4. Bantuan yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang yaitu membantu memegang tangan anak dan mengarahkan tangan anak untuk membuat coretan coretan di kertas gambar
5. harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar yaitu guru dapat membawa anak untuk belajar di luar kelas

Memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan

1. Mengetahui kapasitas daripada peserta didik
2. Selalu memberikan pujian dan kata kata motivasi agar peserta didik semangat untuk mencoba dan belajar lagi
3. Kalau saya biasanya saya duduk di samping peserta didik, saya ajak cerita dan saya coba dia gambarkan apa saja yang dia suka lalu saya ajari dia menggambar sesuai materi
4. Saya selalu menekankan semua anak memiliki keahlian dalam bidangnya masing masing, maka seringkali saya berikan mereka kebebasan untuk berekpresi dahulu seperti menggambar objek yang dia inginkan lalu setelah itu saya arahkan untuk menggambar sesuai materi
5. Memberikan reward bagi peserta didik yang gambarannya bagus namun tidak menjadikannya ketimpangan sosial bagi peserta didik yang lain
- Guru bisa menyampaikan pada anak terhadap pemahaman materi yang sudah diberikan, apakah anak-anak sudah benar-benar faham atau ada yang bisa ditanyakan. Kalau anak-anak sudah faham, guru bisa memberi tugas pada anak-anak untuk dikerjakan dirumah.
- Terus memberi semangat pada anak-anak, selalu memotivasi pada anak-anak , memberi penguatan bahwa mereka bisa.
- Memaklumi dan mengajari anak agar bisa menggambar seperti yang ditugaskan dengan memberi contoh gambar.
- Membantu anak dengan mengajarinya menggambar bersama-sama dengan buguru
- Dengan memberi motivasi agar anak-anak selalu semangat dalam menggambar dan selalu melatih anak-anak agar kreativitas anak-anak dalam menggambar lebih baik dan terlatih.
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya? guru menyiapkan metode dan strategi yang tepat untuk anak didiknya, guru menyiapkan apa kegiatan yang tepat untuk anak didiknya
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak? memberi pendekatan khusus pada anak, mencari tau apa alasan tidak percaya diri, kemudian menyelesaikan masalahnya, menghargai setiap ide-ide/hasil karyanya, mengahrgai setiap keputusannya, mendorong dan memotivasi anak untuk tetap berkreasi
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan? dengan cara mengajak anak untuk mengikuti apa yang dicontohkan guru hingga mendapat hasil yang sesuai
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang? membantu anak membuat coret-coretan, membantu anak untuk menggambar dengan cara dipegang tangan anak
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar?dengan cara melihat bakat minat anak dan mengajak anak berimajinasi serta mengajak anak menggambar bebas sesuai apa yang dia inginkan
Nama : Dian Purwanti
NIM : 858733168
Seri : Pengembangan Sosial Emosional PAUD
Tema : Anak Tidak Percaya Diri
1. Hal yang perlu dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak yaitu tingkat perkembangan kemampuan anak sehingga tugas yang diberikan dapat disesuaikan dengan kemampuan anak.
2. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak yaitu :
a. Memberi penghargaan atas usaha anak.
b. Mendengarkan cerita anak sampai selesai.
c. Mengeksplor kemampuan anak misal anak suka mewarnai.
d. Meminta anak bercerita tentang gambar yang dibuat didepan kelas/teman-temannya.
e. Tidak membanding-bandingkan kemampuan anak dengan anak lain.
3. Jika anak tidak dapat menggambar sesuai dengan yang ditugaskan, guru dapat membantu anak mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan memberikan bimbingan.
4. Bantuan yang dapat diberikan oleh guru untuk anak yang kesulitan karena motorik halusnya belum berkembang dengan baik, yaitu dengan membantu anak membuat gambaran dengan memegang tangan anak. Guru tidak harus membantu anak sampai selesai, minta anak untuk menyelesaikan gambarannya sesuai dengan imajinasinya. Berikan pelatihan kepada anak setiap hari dan berikan stimulus dengan kegiatan lain yang dapat membantu motorik halus anak.
5. Untuk menumbuhkan kreativitas anak dalam menggambar yang harus dilakukan guru adalah :
– memberikan kebebasan kepada anak untuk membuat gambar/lukisan
– memberi kebebasan kepada anak untuk mewarnai gambar dengan krayon/cat air/pasta
– mengajak anak mengamati lingkungan sekitar
– belajar diluar kelas misal di telaga / taman dekat sekolah
– melakukan karyawisata
– mengikuti lomba mewarnai baik tingkat sekolah atau nasional
Analisis dari video tentang ANAK TIDAK PERCAYA DIRI, dimana anak tidak percaya diri atas hasil karyanya dalam menggambar. Menurut pendapat saya :
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya? mencari tahu terlebih dahulu tingkat perkembangan dan kemampuan belajar anak, selanjutnya memberikan tugas sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan belajar anak, menggunakan media ataupun metode belajar yang bervariasi sehingga dapat menarik minat belajar anak.
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri? memberi motivasi, dukungan/suport/semangat serta saran kepada anak, memberi apresiasi atas kreativitas anak, misal dengan memberi pujian ataupun reward kepada anak.
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan? memberikan saran serta memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai walaupun tidak sesuai dengan tema, dengan demikian anak akan termotivasi untuk mengeksplor imajinasinya.
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motork halusnya belum berkembang? mendekati anak lalu membantu anak membuat goresan-goresan, coretan-coretan ataupun garis dengan memegang tangannya, lalu menyuruh anak untuk menceritakan apa yang sudah digambar oleh anak.
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkan kreativitas anak dalam menggambar? mengajak anak keluar kelas atau ruangan untuk menumbuhkan imajinasinya dan memberikan pengetahuan baru anak, memberikan kebebasan kepada anak untuk mengeksplor imajinasinya dengan menggambar bebas sesuai dengan apa yang paling disukai anak, memberi motivasi kepada anak bahwa menggambar itu tidak sulit dan menyenangkan, mungking bisa dengan memberi apresiasi atas hasil karya anak dengan pujian/reward.

Setuju dengan pendapat anda
1. yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak didiknya yaitu mengamati dengan cermat apa yang menjadi kebutuhan anak dalam pembelajaran yang diberikan, memahami bagaimana karakter anak tersebut, karena anak lahir itu dengan keadaan yang berbeda – beda sehingga guru bisa mengukur apa yang harus di ajarkan pada anak didiknya tersebut.
2. langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak
– memberikan pertanyaan kepada anak terhadap tugas yang diberikan
– memberikan saran untuk menggambar apa yang disukai anak walaupun
tidak sesuai dengan tema pelajaran
– memotivasi kreativitas anak
– mengekplorasi potensi anak
– melakukan pendekatan pada anak yang bermasalah
– memberinya reward supaya anak tersebut lebih semangat lagi
3. yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan yaitu dengan cara membantu anak dengan memberikan saran untuk membentuk imajinasi anak untuk menggambar seperti yang ditugaskan, memberinya motivasi ,memuji hasil karyanya.dan sesering mungkin membantu anak menstimulus motorik halusnya seperti latihan meremas kertas,mencoret -coret ,merobek dll.
4. Bantuan yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang yaitu membantu memegang tangan anak dan mengarahkan tangan anak untuk membuat coretan coretan di kertas gambar,memberinya motivasi agar dia menjadi orang yang di inginkan kala dewasa .
5. yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar diantaranya guru dapat membawa anak untuk belajar di luar kelas,guru memberi kebebasan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan pengalaman anak,guru mempersilahkan anak untuk menceritakan apa yang di gambarnya, sehingga anak merasa bangga dengan hasil karyanya .

NAMA : MUNIROH
NIM :859714698
UPJJ : SURABAYA
POKJAR : LAMONGAN
Member reward