Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Ditulis oleh: Dwi AstutiÂ
Baik bapak ibu sekalian… tentunya Anda sudah menyaksikan video dan membaca sinopsis tentang Anak yang Tidak Percaya Diri. Sekarang saya ingin mengajak Anda semua untuk mendiskusikan beberapa hal terkait Anak yang Tidak Percaya Diri, yaitu:
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya?
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak?
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan?
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang?
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar?


Memberi reward

1. yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya yaitu mengamati dengan cermat apa yang menjaid kebutuhan anak dalam pembelajaran yang diberikan.
2. langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak
– memberikan pertanyaan kepada anak terhadap tugas yang diberikan
– memberikan saran untuk menggambar apa yang disukaian anak walaupun
tidak sesuai dengan tema pelajaran
– memotivasi kreativitas anak
– mengekplorasi potensi anak
– melakukan pendekatan pada anak yang bermasalah
3. yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan yaitu dengan cara membantu anak dengan memberikan saran untuk membentu imajinasi anak untuk menggambar seperti yang ditugaskan
4. Bantuan yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang yaitu membantu memegang tangan anak dan mengarahkan tangan anak untuk membuat coretan coretan di kertas gambar
5. harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar yaitu guru dapat membawa anak untuk belajar di luar kelas

Memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan

1. Mengetahui kapasitas daripada peserta didik
2. Selalu memberikan pujian dan kata kata motivasi agar peserta didik semangat untuk mencoba dan belajar lagi
3. Kalau saya biasanya saya duduk di samping peserta didik, saya ajak cerita dan saya coba dia gambarkan apa saja yang dia suka lalu saya ajari dia menggambar sesuai materi
4. Saya selalu menekankan semua anak memiliki keahlian dalam bidangnya masing masing, maka seringkali saya berikan mereka kebebasan untuk berekpresi dahulu seperti menggambar objek yang dia inginkan lalu setelah itu saya arahkan untuk menggambar sesuai materi
5. Memberikan reward bagi peserta didik yang gambarannya bagus namun tidak menjadikannya ketimpangan sosial bagi peserta didik yang lain
1.Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya?
- Memahami karakter dari masing-masing anak
- Memahami gaya belajar dari masing-masing anak karena anak yang satu dengan yang lainya gaya belajar tidak bisa di samakan.
2.Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak?
a. Memberikan kepercayaan pada anak bahwah anak itu bisa untuk melakukan sesuatu misalnya membiarkan anak untuk makan sendiri atau mandi sendiri
b. Memberikan kesempatan pada anak untuk tampil di depan teman-teman nya misal nya memimpin do’a atau lain nya.
3. Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan?
a. Mencoba menggali apa kendalanya kok sampai tidak bisa
b. Membackan cerita untuk memunculkan imajinasinya dalam menggambar
c. Memberi kebebasan anak untuk sementara waktu apa yang saja yang bisa di gambar anak tersebut kemudian sambil menstimulus perlahan-lahan
4. Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang?
a. Memberikan kegiatan bermain playdough
b. Kegiatan meremas, merobek
c. Kegiatan meronce dll
5. Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar?
- Mengajak anak untuk keluar secara langsung melihat lingkungan sekitar agar anak muncul ide ide kreatifnya
- Bisa dengan membacakan cerita bergambar yang menarik buat anak
Dalam vide terdapat seorang guru yang memberikan sebuah kegiatan pada anak, tetapi anak belum percaya diri dan tidak mau untuk menunjukkannya. Dia tidak mau melakukan kegiatan itu. Tetapi guru membebaskan anak, dan juga mensupportnya sehingga anak senang melakukannya dan mengapresiasi karyanya.
1. Guru harus tau minat yang disukai oleh setiap anak.
2. Kita memberikan kegiatan, lalu membebaskan anak untuk melakukan kegiatan itu. Contoh menggambar bebas, membangun bebas dengan balok, lalu kita semangati ketika semangatnya terasa kendur sehingga mereka merasa percaya diri.
3. Kita mengarahkan, atau kita berikan contoh. Tetapi ketika mereka tidak mau, maka kita bebaskan mereka menggambar. Tidak apa dengan hasil gambarnya yang hanya coretan pensil atau crayon.
4. Kita pegang tangannya, atau kita latih anak dalam memegang atau menggunakan benda-benda yg menggunakan koordinasi tangan dan matanya. Kita contohkan saja terlebih dahulu.
5. Kita ajak mereka menonton cerita dengan berbagai macam bentuk, makhluk ataupun tempat. Dan dengan warna yg menarik. Atau kita bisa membawanya ke dunia luar. Sehingga terlihat lebih konkret.
Agar dapat membangun rasa percaya diri anak, guru dapat melakukan hal sebagai berikut:
- guru memberi kegiatan dan tugas yang sesuai dengan usia perkembangan anak dan tingkat kesulitan yang disesuaikan
- Guru melakukan pendekatan yang personal sehingga guru mengetahui minat anak secara lebih mendetail dan mendalam.
- memberi semangat kepada semua anak didik yaitu memberi masukan atau input ke anak dan menyakinkan bahwa mereka semua bisa dan hebat.. ayo semanggat
- memberi pengakuan kepada anak ketika anak melakukan seseuatu yang baik dan benar
- memberi gambaran dengan melihat kan media yang sudh kita siapkan dengan gambar gambar yang simpel dan warna warni
- Guru harus menyiapkan perasaan anak dan mengetahui kebutuhan belajar anak hari ini, menyiapkan perasaan siap belajar
- Guru harus bisa memotivasi anak, guru harus mengapresiasi usaha anak, guru harus bisa mendekati anak bahwa anak bisa menggambar sendiri, dan mengijinkan anak melakukan kegiatan yang paling disukainya.
- Guru memberikan kebebasan kepada anak apa yang ingin di gambar dan guru mendampingi anak
- Bisa dengan memegang tangan anak dan mengajari anak membuat coretan dan mengajari anak cara memegang pensil yang benar
- Memberikan lingkungan yang penuh dengan inspirasi bisa juga dengan mengajak anak menggambar di luar ruangan.
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya?
Mengetahui tingkat pengertian dari anak yang diajarkan, menggunakan bahasa sesederhana mungkin yang dimengerti oleh anak dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari anak usia tersebut
2. Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak?
Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
3. Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan?
Ajak anak melihat objek benda di luar kelas, lalu minta anak untuk mengobservasi benda-benda yang dia temukan tadi, biarkan anak bereksplorasi menuangkan ide pemikirannya tentang objek yang dia lihat sebelumnya untuk dituangkan ke dalam bentuk gambar di kertas
4. Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang?
Memberikan stimulasi sederhana untuk melatih motorik halusnya seperti meronce, menganyam, anak jangna dipaksa untuk menggambar sesuai keinginan guru
5. Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar?
Guru lebih banyak memberikan gambaran secara visual tentang materi pembelajaran sesuai dengan tema yang berlaku, adakan sesi tanya jawab untuk melihat sampai sejauh mana anak mengerti. Biarkan anak mengembangkan idenya sendiri dalam menggambar dan hargai hasil karya anak
Member reward