Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Ditulis oleh: Dwi AstutiÂ
Baik bapak ibu sekalian… tentunya Anda sudah menyaksikan video dan membaca sinopsis tentang Anak yang Tidak Percaya Diri. Sekarang saya ingin mengajak Anda semua untuk mendiskusikan beberapa hal terkait Anak yang Tidak Percaya Diri, yaitu:
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya?
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak?
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan?
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang?
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar?


Memberi reward

1. yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya yaitu mengamati dengan cermat apa yang menjaid kebutuhan anak dalam pembelajaran yang diberikan.
2. langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak
– memberikan pertanyaan kepada anak terhadap tugas yang diberikan
– memberikan saran untuk menggambar apa yang disukaian anak walaupun
tidak sesuai dengan tema pelajaran
– memotivasi kreativitas anak
– mengekplorasi potensi anak
– melakukan pendekatan pada anak yang bermasalah
3. yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan yaitu dengan cara membantu anak dengan memberikan saran untuk membentu imajinasi anak untuk menggambar seperti yang ditugaskan
4. Bantuan yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang yaitu membantu memegang tangan anak dan mengarahkan tangan anak untuk membuat coretan coretan di kertas gambar
5. harus dilakukan guru untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar yaitu guru dapat membawa anak untuk belajar di luar kelas

Memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan

1. Mengetahui kapasitas daripada peserta didik
2. Selalu memberikan pujian dan kata kata motivasi agar peserta didik semangat untuk mencoba dan belajar lagi
3. Kalau saya biasanya saya duduk di samping peserta didik, saya ajak cerita dan saya coba dia gambarkan apa saja yang dia suka lalu saya ajari dia menggambar sesuai materi
4. Saya selalu menekankan semua anak memiliki keahlian dalam bidangnya masing masing, maka seringkali saya berikan mereka kebebasan untuk berekpresi dahulu seperti menggambar objek yang dia inginkan lalu setelah itu saya arahkan untuk menggambar sesuai materi
5. Memberikan reward bagi peserta didik yang gambarannya bagus namun tidak menjadikannya ketimpangan sosial bagi peserta didik yang lain
Setelah melihat video diatas maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran tersebut sudah bagus dimana guru menanyakan kepada anak tentang tugas yang diberikan yaitu menggambar , guru juga memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta untuk menggambar sesuatu yang paling disukai, guru meminta anak untuk menerangkan hasil coretan yang dibuatnya sendiri, apalagi guru mengajak anak menggambar bebas diluar kelas ini dapat mengembangkan kreativitas anak dan untuk menghindarkan anak dari kebosanan .
Tapi sebenarnya guru harus memberikan reward kepada anak yang sudah bisa menggambar sendiri meskipun menggambarnya dengan corat coret agar anak lebih percaya diri dan bisa menumbuhkan semangat dalam kegiatan pembelajaran
- Hal-hal yang perlu dicermati oleh guru sebelum memberikan tugas kepada anak adalah dengan melakukan pengamatan terhadap anak didiknya tentang kebutuhan yang diperlukan oleh anak dalam kegiatan pembelajaran.
- Cara untuk meningkatkan rasa percaya diri anak yaitu dengan memberikan pertanyaan atau umpan balik kepada anak mengenai kegiatan yang akan dilakukan, memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang anak sukai dan yang anak bisa lakukan, selalu memberikan motivasi dan dorongan terhadap anak untuk terus mengembangkan kreativitasnya dalam menggambar, melakukan pendekatan terhadap anak yang kurang berkembang atau memiliki masalah dalam kegiatan pembelajaran dikelas.
- Bila anak tidak bisa menggambar sesuai dengan apa yang ditugaskan oleh guru, maka guru harus melakukan pendekatan dan mencari tahu apa penyebabnya kemudian guru memberikan bantuan kepada anak tersebut dengan memberikan saran yang sesuai dengan anak.
- Bantuan yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang adalah guru harus memberikan bantuan pada anak dalam memegang benda/krayon dan mengarahkan tangan anak untuk membuat gambar yang di inginkan oleh anak. guru juga bisa melakukan pelatihan untuk melatih motorik halus anak seperti meminta anak untuk meremas kertas dengan kuat atau bermain plastisin.
- Untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar, maka guru bisa melakukan pembelajaran diluar kelas agar anak tidak merasa bosan dan imajinasi anak bisa berkembang dengan luas dengan mengamati lingkungan sekitar sekolah.
Nama: Beta Kurnia Dewi
NIM : 837503973
- Hal-hal yang perlu dicermatimoleh guru sebelum memberikan tugas kepada anak adalah dengan melakukan pengamatan terhadap anak didiknya tentang kebutuhan yang diperlukan oleh anak dalam kegiatan pembelajaran.
- Cara untuk meningkatkan rasa percaya diri anak yaitu dengan memberikan pertanyaan atau umpan balik kepada anak mengenai kegiatan yang akan dilakukan, memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang anak sukai dan yang anak bisa lakukan, selalu memberikan motivasi dan dorongan terhadap anak untuk terus mengembangkan kreativitasnya dalam menggambar, melakukan pendekatan terhadap anak yang kurang berkembang atau memiliki masalah dalam kegiatan pembelajaran dikelas.
- Bila anak tidak bisa menggambar sesuai dengan apa yang ditugaskan oleh guru, maka guru harus melakukan pendekatan dan mencari tahu apa penyebabnya kemudian guru memberikan bantuan kepada anak tersebut dengan memberikan saran yang sesuai dengan anak.
- Bantuan yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang adalah guru harus memberikan bantuan pada anak dalam memegang benda/krayon dan mengarahkan tangan anak untuk membuat gambar yang di inginkan oleh anak. guru juga bisa melakukan pelatihan untuk melatih motorik halus anak seperti meminta anak untuk meremas kertas dengan kuat atau bermain plastisin.
- Untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar, maka guru bisa melakukan pembelajaran diluar kelas agar anak tidak merasa bosan dan imajinasi anak bisa berkembang dengan luas dengan mengamati lingkungan sekitar sekolah.
- Apa yang harus dicermati guru sebelum memberikan tugas kepada anak muridnya? Guru sebelum memberkan tugas kepada anak guru harus mencermati dulu karakteristik anak serta kebutuhan belajar anak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik serta sesuai dengan minat anak tersebut.
- Bagaimana sebaiknya langkah atau cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak? Yang pertama kita memberikan motivasi dan dorongan pada anak agar anak percaya diri dan juga guru harus memberikan pujian karena anak-anak suka sekali dengan punjian,pujian bisa sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak.
- Apa yang harus dilakukan guru seandainya anak tidak bisa menggambar seperti yang ditugaskan? Guru bisa melakukan pendekatan dan memberikan arahan pada anak untuk menggambar apa saja yang ia sukai. Misalnya guru memegang tangan anak dan menanyakan gambar apa yang hendak ia gambar.
- Bantuan apa yang dapat dilakukan guru bila anak tidak bisa menggambar karena motorik halusnya belum berkembang? Guru dapat mengajak anak untuk mengerak-gerak jari tangan dan meremas-remas jari tangan terlebih dahulu agar tangan anak mulai lentur bisa juga dengan memegang tangan anak dan mulai menggambar sesuai dengan keinginan anak-anak dan berikan pujian agar anak semakin percaya diri degan hasil pekerjaannya.
- Apa yang harus dilakukan guru untuk menumbuh kembangkan daya kreativitas anak dalam menggambar? Guru bisa megajak anak sesekali belajar diluar melihat pemandangan sekitar,dan anak bisa mulai menggambar dengan apa yang dia lihat sesuai keinginan masing-masing anak.
menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak bukanlah hal yang sangat mudah krena anak memiliki karakter masing-masing yang sangat berbeda antara anak yang satu dengan yang lainya makadario itu guru harus membuat kegiatan yang kreatfi mungkin untuk menigkatkannkemampuan anak dalam menumbuhkan rasa percaya dirinya.. serta strategi yang diterapkan juga sudah cukup bagus untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak
Member reward