Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini :http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/anak-tidak-fokus-ketika-guru-menjelaskan
Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Solusi yang ditawarkan dalam program ini untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut.
Ditulis oleh: Dra. Hartinawati, M.Pd.
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawaban
Yosef Sinaga 041227434 S1 Pendidikan Biologi
1. Kelebihan video itu adalah guru melakukan refleksi ketika dirasa ada masalah di kelasnya sehingga guru menemukan solusi dengan cara mendekati siswa baik di dalam maupun di luar kelas.
Kelemahannya adalah : guru tidak menyiapkan siswa agar fokus pada pembelajaran dengan menyebutkan tujuan pembelajaran dan melakukan apersepsi. Pembelajaran bersifat berpusat pada guru dan hanya melalui metode ceramah.
2. Saya pernah mengalami hal yang sama. Yang saya lakukan mendekati siswa yang kurang fokus kemudian menyampaikan pertanyaan untuk kelas sehingga mereka punya kesempatan untuk berpikir termasuk siswa tadi. Setelah beberapa siswa menjawab kemudian pertanyaan tadi saya lemparkan pada siswa yang awalnya kurang fokus.
3. Saya akan melakukan pembelajaran dengan metode kooperatif dimana siswa dibagi ke dalam kelompok kecil yang heterogen. Kemudian siswa diberikan gambar atau tayangan video yang berhubungan dengan ciri-ciri makhluk hidup. Siswa diperintahkan berdiskusi untuk bisa membedakan makhluk hidup dengan benda mati melalui identifikasi ciri cirinya. Dengan pembelajaran kooperatif apalagi tipe jigsaw maka diharapkan siswa fokus terhadap pelajaran karena setiap siswa adalah ahli dalam kelompoknya masing-masing.
4. Teori pertama adalah teori Vigotsky: Pembelajaran kooperatif. Peserta didik saling berinteraksi dan menemukan strategi pemecahan masalah dengan efektif dalam ZPDnya masing-masing. Secara khusus Vygotsky mengemukakan bahwa disamping guru, teman sebaya atau peer tutor juga berpengaruh penting pada perkembangan kognitif Peserta Didik, kerja kelompok secara kooperatif tampaknya mempercepat perkembangan Peserta Didik.
teori kedua teori belajar kontekstual : Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan pemahaman ini hasil belajar diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran juga berlangsung alamiah, siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.
5. Saya mencermati pendapat mahasiswa lain dan setuju dengan ibu Desmiarti yang mengganti strategi pembelajaran ketika ditemukan ada maslah.
Saya juga mengapresiasi pendapat ibu Harlina yang melakukan pembelajaran di luar kelas yang identik dengan belajar mengalami sesuai teori kontekstual dan kontruktivisme.

Pada pembelajaran tersebut guru tidak mengadakan apersepsi untuk membangkitkan motivasi belajar siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. dalam pembelajaran guru menggunakan ceramah saja dan siswa banyak yang tidak konsentrasi, tidakmemperhatikan penjelasan guru.
setelah pembelajaran guru melakukan refleksi mengapa siswa banyak yang tidak memperhatikan saat guru menyampaikan materi pelajaran. Dari refleksi tersebut guru melakukan perbaikan:
1. guru mendekati siswa pada saat jam istirahat dengan mengajak mengobrol dan memberikan perhatian pada siswa yang menghadapi masalah di rumah
2. pada pembelajaran guru memberikan pertanyaan tanpa menyebut nama siswa, setelah beberapa detik guru baru meminta siswa untuk menjawab. Hal ini bertujuan agar siswa meningkatkan konsentrasi mereka
3. Diakhir pelajaran guru memberikan PR dengan penjelasan untuk membantu nilai akhir di raport.

PIPIT ARI PANGESTU – NIM.530052889
Dari tayangan video yang Saya amati berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan guru tidak melakukan apersepsi, tapi guru menutup pelajaran dengan baik, yaitu memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.
Solusinya
Guru menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tidak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus. Selain itu untuk mengawali pembelajaran dengan menyiapkan fisikis siswa. Dengan cara mengecek kehadiran siswa, motivasi, appersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Agar siswa dapat fokus pada pelajaran yang akan sampaikan oleh guru. Selain itu seharus guru tidak pelit dalam memberikan pujian terhadap siswa yang aktif dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru.
Yang saya pelajari dari tayangan video, solusi yang dilakukan guru mengatasi masalah
adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut. Sebaiknya guru tidak pelit dalam memberikan pujian sebagai penguatan dan memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.
Kaitan antara Guru Pintar Online dengan isi modul 8 perkembangan Teknologi informasi dan pemanfaatannya di SD, sangat sesuai karena salah satu pemanfaatan TIK yaitu sebagai ilmu yang diperlukan untuk mengolah informasi sehingga informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat seperti video pembelajaran yang menayangkan solusi dalam setiap kesulitan yang dihadapi guru dalam pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas.

saya setuju dengan saudara pipit Guru tidak bisa membuat fokus peserta didik dlm melakukan proses pembelajaran
- Kelebihan pada video tersebut adalah guru berusaha mencari solusi agar siswa bisa focus dan mendengarkan penjelasan guru ketika guru menerangkan materi yang di sampaikan.
- Saya pernah mengalaminya
Ketika saya menjelaskan materi, ada siswa yang tidak mendengarkan saya karena dia main hp lalu saya menyuruh siswa itu untuk menaruh hp nya dan mendenarkan saya. - 1. Pertama – tama jelaskan dulu materi pembelajaran yang akan di sampaikan
2. Lalu menunjuk siswa satu persatu untuk di beri pertanyaan agar nanti bisa tau apakah siswa benar – benar paham dengan materi yang sudah di jelaskan
3. Siswa yang tidak fokus atau tidak bisa menjawab pertanyaan akan di beri perhatian khusus yaitu dengan memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut. - a. Menurut Bimo Walgito, perhatian dapat dibagi dari berbagai segi, antara lain:
Ditinjau dari segi timbulnya perhatian, perhatian dapat dibedakan atas perhatian spontan dan perhatian tidak spontan.
b. Dilihat dari banyaknya objek yang dapat dicakup oleh perhatian pada suatu waktu, perhatian dapat dibedakan atas perhatian sempit dan perhatian luas.
c. Dilihat dari fluktuasi perhatian, maka perhatian dapat dibedakan perhatian yang statis dan perhatian yang dinamis.
d. Dilihat atas dasar obyek yang dikenai perhatian, maka perhatian dapat dibedakan perhatian yang terpusat dan perhatian terbagi-bagi.
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati saya memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
Nama : DESMAWATI SARUMAHA
NIM : 030189997
PRODI : PENDIDIKAN BIOLOGI
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Jawab : peserta didik tidak fokus mengikuti proses pembelajaran, terlihat saat guru bertanya peserta didik terkejut dan tidak bisa menjawab pertanyaan guru.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Jawab :
- Diawal pembelajaran guru tidak membiasakan untuk berdoa.
- Guru tersebut belum mengecek kehadiran siswa
- Guru tersebut masih belum memberitahu Apa tujuan dari pembelajaran yang akan dilakukan
- Guru langsung menyampaikan materi yang akan di pelajari
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Jawab :
- Guru berusaha mencari solusi agar siswa bisa fokus dan mendengarkan penjelasan guru ketika guru menerangkan materi yang di sampaikan.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Jawab :
- Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tidak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus.
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Jawab :
- Guru haruslah memastikan menyampaikan apa yang menjadi tujuan pembelajaran.
- Guru harus menyampaikan apresiasi dengan lebih jelas.
- Guru sebaiknya menyampaikan dengan tegas agar tidak ada peserta didik yang membuka buku atau
- memegang alat tulis ketika guru sedang menjelaskan.
1. Kelebihan guru di video tersebut adalah
.guru melakukan strategi yang tepat
.guru melakukan refleksi dan memotivasi siswa yg kurang fokus dalam pembelajarannya
.guru menyadari bahwa ada beberapa murid yang tidak konsentrasi pada pelajaran dan berusaha melakukan perbaikan agar anak yang tidak fokus dalam belajar menjadi lebih fokus.
Kelemahan guru tersebut adalah
.tidak memberikan waktu berfikir kpd siswa untuk menjawab pertanyaan
.tidak menjelaskan materi dengan detail
.kurang menguasai kelas sehingga kelas tidak hidup, karena tidak adanya diskusi, karena melempar pertanyaan secara tiba tiba kepada siswa tanpa melemparkan pertanyaan terlebih dahulu kepada siswa yang tahu jawabannya.
2. pernah,sesudah dijelaskan siswa tidak tanggap dan tidak kritis untuk bertanya dan menjawab pertanyaan
3.
. Guru haruslah memastikan menyampaikan apa yang menjadi tujuan pembelajaran
. Guru harus menyampaikan apresiasi dengan lebih jelas.
. Guru sebaiknya menyampaikan dengan tegas agar tidak ada peserta didik yang membuka buku atau memegang alat tulis ketika guru sedang menjelaskan.
4.Teori pertama adalah teori Vigotsky: Pembelajaran kooperatif. Peserta didik saling berinteraksi dan menemukan strategi pemecahan masalah dengan efektif dalam ZPDnya masing-masing. Secara khusus Vygotsky mengemukakan bahwa disamping guru, teman sebaya atau peer tutor juga berpengaruh penting pada perkembangan kognitif Peserta Didik, kerja kelompok secara kooperatif tampaknya mempercepat perkembangan Peserta Didik.
teori kedua teori belajar kontekstual : Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan pemahaman ini hasil belajar diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran juga berlangsung alamiah, siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.

Saya setuju juga dengan jawaban saudari. Dalam video guru tersebut kurang tegas dan lugas dalam menyampaikan materi, sehingga dirasa suasana belajar dikelas jadi kurang hidup. Mungkin jika guru tersebut bisa menciptakan suasana belajar dikelas menjadi lebih hidup, murid akan lebih bersemangat ketika mendengarkan materi
NAMA : KHAIRUNNISA
NIM : 043424689
PRODI : S1 PENDIDIKAN KIMIA
Setelah menyaksikan video dengan judul “Anak Tidak Fokus Ketika Guru Menjelaskan (2010)” :
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
JAWAB : Reaksi anak/siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru tersebut adalah terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru dan tidak konsentrasi dalam pelajaran yang diberikan salah satunya karena faktor pribadi contohnya siswa mempunyai masalah didalam anggota keluarganya sampai terbawa pikiran sehingga siswa tidak fokus mengikuti pelajaran yang disampaikan guru dan tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
JAWAB : Dari video diatas kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran salah satunya adalah kurangnya perhatian guru terhadap masalah yang dihadapi oleh siswa/siswinya, guru tidak menggunakan RPP dengan baik sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran didalam kelas, guru tidak menggunakan alat bantu mengajar seperti papan tulis untuk media penjelasan materi yang disampaikan dan guru tidak melaksanakan evaluasi sebelum melakukan pembelajaran.
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
JAWAB : Dari video diatas kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah kesabaran yang sangat tinggi terhadap siswa/siswi yang belum mengerti tentang pelajaran yang telah disampaikan.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
JAWAB : Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah seorang guru merasa bingung kenapa siswa/siswinya tidak fokus saat dirinya menjelaskan pelajaran yang disampaikannya.
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
JAWAB : Dari video tersebut upaya yang bisa saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu seorang guru sebelum menjelaskan pelajaran sebaiknya terlebih dahulu memberikan motivasi atau arahan supaya siswa/siswi lebih semangat mengikuti pelajaran yang akan disampaikan.

Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa kurang bersemangat dan tidak memperhatikan guru
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru tidak mengadakan apersepsi untuk membangkitkan motivasi belajar siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Guru kurang menguasai kelas sehingga kelas tidak hidup, ditambah lagi dengan metode ceramah yang digunakan menambah kejenuhan pada siswa
Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru melaksanah refleksi dengan baik, mengapa siswa banyak yang tidak memperhatikan saat guru menyampaikan materi pelajaran, dan guru langsung mencari penyebab dari permasalahan tersebut.
Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru menanyakan langsung kepada siswa penyebab dari tidak hidupnya suasana di kelas
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Guru seharusnya tidak banyak menjelaskan dalam pembelajaran, guru bisa membentuk kelompok agar siswa saling berdiskusi dan menciptakan suasa kelas yang hidup.
Bismillah, Dari hasil analisis Video didapat hasil sebagai berikut ;
Nama : Ari Utami Nelyano
NIM : 015128329
PRODI : Pendidikan Fisika
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Jawab : Anak hanya memperhatikan gurunya saja namun belum fokus karena tidak ada hal baru yang bisa menjadi stimulus atau memotivasi anak dalam belajar, Misalnya dalam topik video, guru bisa membawa 1 contoh makhluk hidup di depan kelas baik itu berupa gambar, video atau lainnya sehingga dalam masuk kelas anak bisa tertantang untuk bertanya,. Dalam Video peserta didik tidak fokus mengikuti proses pembelajaran, terlihat saat guru bertanya peserta didik terkejut dan tidak bisa menjawab pertanyaan guru hal ini disebabkan anak tidak terkonsentrasi dengan topik yang di bahas, karena itu tadi tidak memiliki stimulus awal atau apresepsi yang menyangkut pembelajaran yang nyata.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Jawab :
- Diawal pembelajaran guru tidak membiasakan untuk berdoa dan mengaitkan pembelajaran sebagai rasa syukur sesuai topik, namun guru hanya mengucapkan selamat pagi.
- Guru tersebut tidak mengecek kehadiran siswa sehingga hal ini menyebabkan tidak adanya penguasaan kelas yang komplit
- Guru tersebut tidak memberitahu Apa tujuan dari pembelajaran yang akan dilakukan dan target yang harus kita capai dalam pembelajaran hari itu.
- Guru secara langsung menyampaikan inti dari pelajaran saat itu tanpa proses anak berpikir lebih lanjut. Sehingga terkesan anak harus hapal isi buku, karena yang diperlukan dalam pembelajaran adalah Proses berpikir.
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Jawab :
- Guru berusaha menilai dirinya (Refleksi diri ) dalam pembelajaran itu, ini menunjukkan guru tersebut sadar akan kekurangannya dan mencari solusi, dengan demikian ia melakukan pendekatan kepada siswanya untuk mengambil refleksi apa kekurangan yang ada pada dirinya juga melakukan pendekatan kepada siswa untuk mencari solusi bagaimana cara agar anak juga bisa menerima pembelajaran dengan baik dengan fokus pada masalah sekolah yang tidak harus di gabungkan dengan masalah pribadi, sehingga guru mengajak anak fokus dulu masalah sekolahnya.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Jawab :
- Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian guru melakukan pendekatan kepada siswa kenapa mereka tidak fokus, setelah mengetahui masalahnya guru melakukan perhatian khusus agar mereka bisa fokus dan semangat belajar.
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Jawab :
- Guru haruslah memastikan menyampaikan apa yang menjadi tujuan pembelajaran dan target yang perlu dicapai saat itu dengan memaparkan sikap ilmiah yang akan kita dapatkan.
- Guru harus menyampaikan apresiasi dengan lebih jelas dengan dilengkapi alat peraga atau media pembelajaran, agar membangkitkan stimulus siswa dan rasa penasarannya untuk mengikuti pembelajaran.
- Guru sebaiknya menyampaikan dengan tegas dan jelas kesepakatan pembelajaran hari itu sehingga ada rambu-rambu yang kita buat agar tidak ada peserta didik yang membuka buku atau memegang alat tulis ketika guru sedang menjelaskan.
- Guru Perlu menggunakan alat media pembelajaran agar pembelajaran menjadi nyata.
- Guru perlu dibekali dengan pendidikan inklusi sehingga pendekatan dengan anak akan bisa dilakukan dan memberikan solusi yang memberikan kenyamanan anak dalam belajar sehingga perhatian khusus itu bisa terpenuhi karena masalah anak di sekolah heterogen dengan kasus yang saat ini banyak adalah rumah tangga broken home.

Saya setuju dengan jawaban saudara. Terlebih pada bagian kelemahan pada guru di video tersebut. Jawaban saudara cukup mendetail sesuai dengan yang terdapat dalam video
1. Kelebihan guru di video tersebut adalah dia menyadari bahwa ada beberapa murid yang tidak konsentrasi pada pelajaran dan berusaha melakukan perbaikan agar anak yang tidak fokus dalam belajar menjadi lebih fokus.
Kelemahan guru tersebut adalah kurang menguasai kelas sehingga kelas tidak hidup, karena tidak adanya diskusi, karena melempar pertanyaan secara tiba tiba kepada siswa tanpa melemparkan pertanyaan terlebih dahulu kepada siswa yang tahu jawabannya.
2. Saya pernah mengalami peristiwa ini, apalagi pada materi perhitungan, yang butuh pemahaman, bagi siswa yang tidak mengerti dan pasif mereka lebih banyak diam dan tidak mengerjakan tugas dengan alasan tidak paham
3. Saya akan memulai materi dengan menjelaskan kemudian bisa melemparkan pertanyaan kepada seluruh siswa, agar terjadi diskusi antara siswa dikelas dan guru sehingga suasana menjadi lebih hidup.
Bagi siswa yang bisa menjawab bisa diberi penguatan atau memberi nilai plus sebagai nilai tambahan untuk nilai akhir.
4. Turney (1973) dalam majid (2013) mengemukakan :
Penguatan bisa dilakukan dengan verbal seperti ungkapan yang diberikan kepada guru seperti kalimat pujian,penghargaan dan sebagainya.
Penguatan bisa juga dilakukan dengan non verbal seperti berupa isyarat anggukan, gelengan, mengerutkan kening, senyuman dan sebagainya.
5. Pertama tanggapan bapak dan ibu didalam forum diskusi ini sangat baik, bisa menjadi perbaikan jika mengalami hal seperti ini.
Kedua dengan bermacam macam jawaban bisa menjadikan kita untuk memberikan pembelajaran efektif didalam kelas.