Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini :http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/anak-tidak-fokus-ketika-guru-menjelaskan
Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Solusi yang ditawarkan dalam program ini untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut.
Ditulis oleh: Dra. Hartinawati, M.Pd.
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawaban
Yosef Sinaga 041227434 S1 Pendidikan Biologi
1. Kelebihan video itu adalah guru melakukan refleksi ketika dirasa ada masalah di kelasnya sehingga guru menemukan solusi dengan cara mendekati siswa baik di dalam maupun di luar kelas.
Kelemahannya adalah : guru tidak menyiapkan siswa agar fokus pada pembelajaran dengan menyebutkan tujuan pembelajaran dan melakukan apersepsi. Pembelajaran bersifat berpusat pada guru dan hanya melalui metode ceramah.
2. Saya pernah mengalami hal yang sama. Yang saya lakukan mendekati siswa yang kurang fokus kemudian menyampaikan pertanyaan untuk kelas sehingga mereka punya kesempatan untuk berpikir termasuk siswa tadi. Setelah beberapa siswa menjawab kemudian pertanyaan tadi saya lemparkan pada siswa yang awalnya kurang fokus.
3. Saya akan melakukan pembelajaran dengan metode kooperatif dimana siswa dibagi ke dalam kelompok kecil yang heterogen. Kemudian siswa diberikan gambar atau tayangan video yang berhubungan dengan ciri-ciri makhluk hidup. Siswa diperintahkan berdiskusi untuk bisa membedakan makhluk hidup dengan benda mati melalui identifikasi ciri cirinya. Dengan pembelajaran kooperatif apalagi tipe jigsaw maka diharapkan siswa fokus terhadap pelajaran karena setiap siswa adalah ahli dalam kelompoknya masing-masing.
4. Teori pertama adalah teori Vigotsky: Pembelajaran kooperatif. Peserta didik saling berinteraksi dan menemukan strategi pemecahan masalah dengan efektif dalam ZPDnya masing-masing. Secara khusus Vygotsky mengemukakan bahwa disamping guru, teman sebaya atau peer tutor juga berpengaruh penting pada perkembangan kognitif Peserta Didik, kerja kelompok secara kooperatif tampaknya mempercepat perkembangan Peserta Didik.
teori kedua teori belajar kontekstual : Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan pemahaman ini hasil belajar diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran juga berlangsung alamiah, siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.
5. Saya mencermati pendapat mahasiswa lain dan setuju dengan ibu Desmiarti yang mengganti strategi pembelajaran ketika ditemukan ada maslah.
Saya juga mengapresiasi pendapat ibu Harlina yang melakukan pembelajaran di luar kelas yang identik dengan belajar mengalami sesuai teori kontekstual dan kontruktivisme.

Pada pembelajaran tersebut guru tidak mengadakan apersepsi untuk membangkitkan motivasi belajar siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. dalam pembelajaran guru menggunakan ceramah saja dan siswa banyak yang tidak konsentrasi, tidakmemperhatikan penjelasan guru.
setelah pembelajaran guru melakukan refleksi mengapa siswa banyak yang tidak memperhatikan saat guru menyampaikan materi pelajaran. Dari refleksi tersebut guru melakukan perbaikan:
1. guru mendekati siswa pada saat jam istirahat dengan mengajak mengobrol dan memberikan perhatian pada siswa yang menghadapi masalah di rumah
2. pada pembelajaran guru memberikan pertanyaan tanpa menyebut nama siswa, setelah beberapa detik guru baru meminta siswa untuk menjawab. Hal ini bertujuan agar siswa meningkatkan konsentrasi mereka
3. Diakhir pelajaran guru memberikan PR dengan penjelasan untuk membantu nilai akhir di raport.

PIPIT ARI PANGESTU – NIM.530052889
Dari tayangan video yang Saya amati berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan guru tidak melakukan apersepsi, tapi guru menutup pelajaran dengan baik, yaitu memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.
Solusinya
Guru menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tidak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus. Selain itu untuk mengawali pembelajaran dengan menyiapkan fisikis siswa. Dengan cara mengecek kehadiran siswa, motivasi, appersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Agar siswa dapat fokus pada pelajaran yang akan sampaikan oleh guru. Selain itu seharus guru tidak pelit dalam memberikan pujian terhadap siswa yang aktif dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru.
Yang saya pelajari dari tayangan video, solusi yang dilakukan guru mengatasi masalah
adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut. Sebaiknya guru tidak pelit dalam memberikan pujian sebagai penguatan dan memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.
Kaitan antara Guru Pintar Online dengan isi modul 8 perkembangan Teknologi informasi dan pemanfaatannya di SD, sangat sesuai karena salah satu pemanfaatan TIK yaitu sebagai ilmu yang diperlukan untuk mengolah informasi sehingga informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat seperti video pembelajaran yang menayangkan solusi dalam setiap kesulitan yang dihadapi guru dalam pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas.

saya setuju dengan saudara pipit Guru tidak bisa membuat fokus peserta didik dlm melakukan proses pembelajaran
Jual Obat Aborsi Jakarta Info Pemesanan Wa : 0852 8333 5558 Cytotec Obat Aborsi Asli Ampuh di Jakarta | Obat Penggugur Kandungan Jakarta | Jual Cytotec Asli Jakarta | Obat Aborsi Cytotec Jakarta | Obat Telat Bulan Jakarta | Obat Penggugur Kandungan Cytotec Jakarta | Obat Pelancar Haid Tuntas Jakarta . Dengan harga yang bisa anda pilih sesuai usia kandungan anda. Obat yang kami jual ampuh dan tuntas untuk menunda kehamilan atau proses aborsi untuk usia kandungan 1 – 7 Bulan
Apotik Jual Obat Aborsi Jakarta Asli Ampuh
Layanan 24 Jam https://api.whatsapp.com/send?phone=6285283335558 – Penjual Obat Penggugur Kandungan Cytotec Di Jakarta, Alamat Jual Obat Cytotec Di Jakarta, Toko Jual Cytotec Di Jakarta, Beli Obat Cytotec Di Jakarta, Penjual Obat Penggugur Jakarta, Misoprostol Cytotec Asli Jakarta, Tempat Jual Obat Aborsi Daerah Jakarta, Obat Penggugur Kandungan Jakarta, Penjual Pil Penggugur Kandungan Wilayah Jakarta, Obat Aborsi Di Jakarta, Harga Cytotec Di Jakarta, Obat Aborsi Online Jakarta, Obat Penggugur Janin Jakarta, Alamat Toko Obat Aborsi Di Jakarta, Apotik Yang Menjual Cytotec Obat Aborsi Di Jakarta, Tempat Beli Cytotec Obat Penggugur Di Jakarta, Tempat Penjualan Cytotec Di Jakarta, Toko Obat Aborsi Jakarta, Tempat Aborsi Jakarta, Klinik Aborsi Jakarta.
Tidak Menerima COD, Dengan harga yang bisa anda pilih sesuai usia kandungan anda.
Apa itu Aborsi ?
“Abortion Adalah dengan membendung hormon yang di perlukan untuk mempertahankan kehamilan yaitu hormon progesterone, karena hormon ini di bendung, maka jalur kehamilan mulai membuka dan leher rahim menjadi melunak, sehingga mulai mengeluarkan darah yang merupakan tanda bahwa obat telah bekerja (maksimal 1 jam sejak obat diminum) darah inilah yang kemudian menjadi pertanda bahwa pasien telah mengalami menstruasinya, sehingga secara otomatis kandungan di dalamnya telah hilang dengan sendirinya 100% berhasil…
KAMI JUAL OBAT ABORSI MEMBERI GARANSI 100% ASLI
Bagi wanita jika ingin menggugurkan kandungannya karena terbelit masalah yang sangat serius,misalnya, ada penyakit yang mengancam keselamatan sang ibu yang mengandungnya, masalah ekonomi, hasil pemerkosaan, maupun hasil hubungan gelap dan ternyata pasangannya tidak mau bertanggung jawab, oleh sebab itu jika anda tersandung masalah tersebut dan jika anda ingin melakukan tindakan aborsi dengan menggunkan obat, anda tidak salah tempat, karena disini menyediakan Obat Penggugur Kandungan yang bisa anda beli disini.
Persiapan Sebelum Anda Melakukan Aborsi Kandungan
Sebelum anda melakukan aborsi kandungan atau aborsi janin setidak nya harus ada persiapan terlebih dahulu.
-Pastikan Anda Positif Hamil
-Lakukanlah Pemeriksaan USG ( Ultrasonografi )
-Pastikan kondisi kesehatan anda
-Kami sarankan ada yang menemani anda saat melakukan aborsi
PENGERTIAN TENTANG JUAL OBAT ABORSI AMPUH CYTOTEC MISOPROSTOL
Sebelum anda membeli Obat Aborsi Ampuh Cytotec Asli Produk Misoprostol Produksi Pfizer. Kami akan memberikan informasi tentang produk obat aborsi ini.
Cytotec merupakan salah satu merek obat aborsi yang diperdagangkan oleh Misoprostol dan di produksi oleh Pfizer, peredaran obat aborsi merek CYTOTEC sudah di setujui oleh FDA sehingga obat aborsi ini sangat aman untuk anda gunakan untuk menggugurkan kandungan.
Reaksi Obat Penggugur Cytotec Misoprostol.
1. Mual atau kram perut
2. Diare
3. Pusing
4. Perubahan suasana hati
5. Ruam atau gatal
6. Demam
Format Pemesanan Pengiriman Via Paket JNE / TIKI / POS EMS INTERNASIONAL
Bagi Yang Berminat Dengan Cytotec Misoprostol Asli Original, Bisa Melakukan Pemesanan Melalui Via WHATSAP Dengan Contoh Seperti Di Bawah Ini
⇛ Anda Bisa WA kan Format Pemesanan Seperti Di Bawah Ini :
Nama Lengkap : __________
Alamat Lengkap : __________
No. Hp Aktif : __________
Pesanan Barang : __________
Transfer Bank : ____________
Kirim Ke : 085283335558
( Website: https://cytotecobataborsi.net )
INGAT!!! Obat yang asli tidak ada warna lain selain warna putih & bentuknya cuma segi enam bukan yang lain dan isi paket sama yang beda dosis obatnya saja.
DAFTAR HARGA DAN ISI PAKET SESUAI USIA KEHAMILAN :
PAKET 1 BULAN HARGA JENIS OBAT Tuntas Rp.Hub Admin ( cytotec + Anti biotic + pembersih + Penghilang nyeri )
PAKET 2 BULAN HARGA JENIS OBAT Tuntas Rp.Hub Admin ( cytotec + Anti biotic + pembersih )
PAKET 3 BULAN HARGA JENIS OBAT Tuntas Rp.Hub Admin ( cytotec + Anti biotic + pembersih )
PAKET 4 BULAN HARGA JENIS OBAT Tuntas Rp.Hub Admin ( cytotec + Anti biotic + pembersih + Penghilang nyeri )
PAKET 5 BULAN HARGA JENIS OBAT Tuntas Rp.Hub Admin ( cytotec + Anti biotic + pembersih )
PAKET 6 BULAN HARGA JENIS OBAT Tuntas Rp.Hub Admin ( cytotec + Anti biotic + pembersih )
PAKET 7 BULAN HARGA JENIS OBAT Tuntas Rp.Hub Admin ( cytotec + Anti biotic + pembersih )
Bukti Aborsi Tuntas Menggunakan Cytotec
- Berikut Bukti Keberhasilan Pengguguran Kehamilan Dengan Cytotec Di Kota Palembang
Bukti Gambar di atas merupakan bukti / testimonial keberhasilan aborsi menggunakan cytotec sesuai panduan yang kami berikan, panduan ini berlangsung sampai selesai, bila ada yang bertanya mana testi urutanya kak? gak semua konsumen mau memberikan bukti foto detai kepada kami dengan alasan yang berbeda beda. Kami hanya mengambil dari bukti bukti yang ada atau tanpa paksaan dari kami saja untuk bisa di buat testimoni tersebut.
Bukti Pengiriman Obat Aborsi Yang Telah Sampai
Foto di atas merupakan screenshot dari konsumen kami yang telah menerima pesanan dalam paket tuntas, testimoni terbaru, bukti pesanan obat aborsi, bukti jual obat penggugur, bukti pesanan telah sampai, bukti pengiriman obat aborsi, bukti cytotec asli, bukti telah sampai, bukti pengiriman cytotec, testimonial obat aborsi asli, bukti pesanan obat penggugur kandungan, bukti pengiriman obat aborsi cytotec yang telah sampai pada penerima.
Untuk pemakaian akan kami pandu setelah obat sampai dengan memberikan foto obat yang telah sampai .
TERIMA KASIH ATAS PERHATIANYA DAN KUNJUNGAN ANDA DI TEMPAT LAPAK KAMI DAN DEMIKIAN ARTIKEL DARI KAMI TENTANG OBAT ABORSI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG SEDANG MENCARI OBAT CYTOTEC
1. Kelebihan guru di video tersebut adalah
.guru melakukan strategi yang tepat
.guru melakukan refleksi dan memotivasi siswa yg kurang fokus dalam pembelajarannya
.guru menyadari bahwa ada beberapa murid yang tidak konsentrasi pada pelajaran dan berusaha melakukan perbaikan agar anak yang tidak fokus dalam belajar menjadi lebih fokus.
Kelemahan guru tersebut adalah
.tidak memberikan waktu berfikir kpd siswa untuk menjawab pertanyaan
.tidak menjelaskan materi dengan detail
.kurang menguasai kelas sehingga kelas tidak hidup, karena tidak adanya diskusi, karena melempar pertanyaan secara tiba tiba kepada siswa tanpa melemparkan pertanyaan terlebih dahulu kepada siswa yang tahu jawabannya.
2. pernah,sesudah dijelaskan siswa tidak tanggap dan tidak kritis untuk bertanya dan menjawab pertanyaan
3.
. Guru haruslah memastikan menyampaikan apa yang menjadi tujuan pembelajaran
. Guru harus menyampaikan apresiasi dengan lebih jelas.
. Guru sebaiknya menyampaikan dengan tegas agar tidak ada peserta didik yang membuka buku atau memegang alat tulis ketika guru sedang menjelaskan.
4.Teori pertama adalah teori Vigotsky: Pembelajaran kooperatif. Peserta didik saling berinteraksi dan menemukan strategi pemecahan masalah dengan efektif dalam ZPDnya masing-masing. Secara khusus Vygotsky mengemukakan bahwa disamping guru, teman sebaya atau peer tutor juga berpengaruh penting pada perkembangan kognitif Peserta Didik, kerja kelompok secara kooperatif tampaknya mempercepat perkembangan Peserta Didik.
teori kedua teori belajar kontekstual : Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan pemahaman ini hasil belajar diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran juga berlangsung alamiah, siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.

Saya setuju juga dengan jawaban saudari. Dalam video guru tersebut kurang tegas dan lugas dalam menyampaikan materi, sehingga dirasa suasana belajar dikelas jadi kurang hidup. Mungkin jika guru tersebut bisa menciptakan suasana belajar dikelas menjadi lebih hidup, murid akan lebih bersemangat ketika mendengarkan materi

Setelah melihat tayangan video pembelajaran diatas, maka :
1. Kelemahannya
2. Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Guru mengajarnya dengan tidak menggunakan media sehingga siswa tidak semangat mengikuti pelajaran
4. Guru kurang menguasai kelas sehingga kelas tidak hidup, karena tidak adanya diskusi, karena melempar pertanyaan secara tiba tiba kepada siswa tanpa melemparkan pertanyaan terlebih dahulu kepada siswa yang tahu jawabannya.
Kelebihannya :
1. Guru menyadari bahwa ada beberapa murid yang tidak konsentrasi pada pelajaran dan berusaha melakukan perbaikan agar anak yang tidak fokus dalam belajar menjadi lebih fokus.
2. Guru menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tiak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus.
2. Saya pernah mengalami hal yang sama. Yang saya lakukan mendekati siswa yang kurang fokus kemudian menyampaikan pertanyaan untuk kelas sehingga mereka punya kesempatan untuk berpikir termasuk siswa tadi. Setelah beberapa siswa menjawab kemudian pertanyaan tadi saya lemparkan pada siswa yang awalnya kurang fokus.
3. Saya akan melakukan membagi siswa ke dalam kelompok kecil sehingga siswa bisa focus mengikuti pembelajaran. Siswa diberikan gambar yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari . Siswa diminta berdiskusi untuk bisa membedakan makhluk hidup dengan benda mati melalui identifikasi ciri cirinya. Dengan pembelajaran akan membuat siswa fokus terhadap pelajaran karena setiap siswa adalah ahli dalam kelompoknya masing-masing.
Nama :Nofi Maria Dyaningsih
NIM: 530077217 / UPBJJ MALANG
Hasil Analisis Video “Anak Tidak Fokus Ketika Guru Menjelaskan (2010)”
hal-hal yang mengakibatkan siswa tidak fokus ktika guru menjelaskan antara lain;
- Pembelajaran di mulai tidak dengan suasana yang menyenangkan
- Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
- Fokus guru pada pertanyaan yang bersifat langsung pada materi pelajaran
- Penguasaan kelas belu maksimal sehingga beberapa siswa tidak dapatokus dalam memperhatikan pada saat guru bertanya dan menerangkan
Tindak lanjut yang telah dilakukan guru pada saat jam istirahat sudah tepat yakni dengan menanyakanpermasalaha swa secara personal, sehingga guru dapat memahami permaslahan yang dihadapi siswanya.
Untuk selanjutnya, sebaiknya guru dapat mciptakan suasana belajar yang menenangkan, atau dengan memanfaatkan media yang menarik untk dapat menstimulus rasa ingin tau siswanya. Sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan
NAMA : KHAIRUNNISA
NIM : 043424689
PRODI : S1 PENDIDIKAN KIMIA
Setelah menyaksikan video dengan judul “Anak Tidak Fokus Ketika Guru Menjelaskan (2010)” :
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
JAWAB : Reaksi anak/siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru tersebut adalah terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru dan tidak konsentrasi dalam pelajaran yang diberikan salah satunya karena faktor pribadi contohnya siswa mempunyai masalah didalam anggota keluarganya sampai terbawa pikiran sehingga siswa tidak fokus mengikuti pelajaran yang disampaikan guru dan tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
JAWAB : Dari video diatas kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran salah satunya adalah kurangnya perhatian guru terhadap masalah yang dihadapi oleh siswa/siswinya, guru tidak menggunakan RPP dengan baik sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran didalam kelas, guru tidak menggunakan alat bantu mengajar seperti papan tulis untuk media penjelasan materi yang disampaikan dan guru tidak melaksanakan evaluasi sebelum melakukan pembelajaran.
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
JAWAB : Dari video diatas kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah kesabaran yang sangat tinggi terhadap siswa/siswi yang belum mengerti tentang pelajaran yang telah disampaikan.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
JAWAB : Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah seorang guru merasa bingung kenapa siswa/siswinya tidak fokus saat dirinya menjelaskan pelajaran yang disampaikannya.
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
JAWAB : Dari video tersebut upaya yang bisa saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu seorang guru sebelum menjelaskan pelajaran sebaiknya terlebih dahulu memberikan motivasi atau arahan supaya siswa/siswi lebih semangat mengikuti pelajaran yang akan disampaikan.

Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa kurang bersemangat dan tidak memperhatikan guru
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru tidak mengadakan apersepsi untuk membangkitkan motivasi belajar siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Guru kurang menguasai kelas sehingga kelas tidak hidup, ditambah lagi dengan metode ceramah yang digunakan menambah kejenuhan pada siswa
Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru melaksanah refleksi dengan baik, mengapa siswa banyak yang tidak memperhatikan saat guru menyampaikan materi pelajaran, dan guru langsung mencari penyebab dari permasalahan tersebut.
Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru menanyakan langsung kepada siswa penyebab dari tidak hidupnya suasana di kelas
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Guru seharusnya tidak banyak menjelaskan dalam pembelajaran, guru bisa membentuk kelompok agar siswa saling berdiskusi dan menciptakan suasa kelas yang hidup.
Nama: Karniyawan
Agar anak fokus dalam kegiatan pembelajaran, yang harus dilakukan guru salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. sehingga anak akan lebih tertarik untuk belajar.
1. Kelebihan guru di video tersebut adalah dia menyadari bahwa ada beberapa murid yang tidak konsentrasi pada pelajaran dan berusaha melakukan perbaikan agar anak yang tidak fokus dalam belajar menjadi lebih fokus.
Kelemahan guru tersebut adalah kurang menguasai kelas sehingga kelas tidak hidup, karena tidak adanya diskusi, karena melempar pertanyaan secara tiba tiba kepada siswa tanpa melemparkan pertanyaan terlebih dahulu kepada siswa yang tahu jawabannya.
2. Saya pernah mengalami peristiwa ini, apalagi pada materi perhitungan, yang butuh pemahaman, bagi siswa yang tidak mengerti dan pasif mereka lebih banyak diam dan tidak mengerjakan tugas dengan alasan tidak paham
3. Saya akan memulai materi dengan menjelaskan kemudian bisa melemparkan pertanyaan kepada seluruh siswa, agar terjadi diskusi antara siswa dikelas dan guru sehingga suasana menjadi lebih hidup.
Bagi siswa yang bisa menjawab bisa diberi penguatan atau memberi nilai plus sebagai nilai tambahan untuk nilai akhir.
4. Turney (1973) dalam majid (2013) mengemukakan :
Penguatan bisa dilakukan dengan verbal seperti ungkapan yang diberikan kepada guru seperti kalimat pujian,penghargaan dan sebagainya.
Penguatan bisa juga dilakukan dengan non verbal seperti berupa isyarat anggukan, gelengan, mengerutkan kening, senyuman dan sebagainya.
5. Pertama tanggapan bapak dan ibu didalam forum diskusi ini sangat baik, bisa menjadi perbaikan jika mengalami hal seperti ini.
Kedua dengan bermacam macam jawaban bisa menjadikan kita untuk memberikan pembelajaran efektif didalam kelas.