43

Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.

Ditulis oleh: Ir. Melly Latifah , M.Si

Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, yuk kita diskusi bersama mengenai tayangan video tersebut. Jelaskan menurut pendapat Anda:

1. Apa masalah utama yang dialami oleh anak didik pada tayangan video tersebut?

2. Apakah masalah tersebut pernah Anda alami di kelas Anda?

3. Jika YA, bagaimana cara/solusi yang Anda lakukan ketika mengalami hal tersebut?

4. Mengapa solusi tersebut yang dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!

5. Tuliskan kasus lain yang berhubungan dengan perkembangan bahasa anak yang pernah Anda lihat atau alami sendiri, kemudian tuliskan solusi yang Anda lakukan!

Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan! 😊

 

LINK VIDEO

Answered question

1. Masalah utama yang dialami anak adalah tidak mau mengungkapkan pendapatnya.
2. Saya pernah mengalami di kelas saya, seorang anak perempuan bernama mutiara diam saja
3. Yang saya lakukan adalah selalu melibatkan dia pada setiap percakapan di kelas.
4. Solusi ini saya ambil karena dengan dilibatkan dalam percakapan anak mau menjawab. Mengajak anak untuk bercakap-cakap merupakanbentuk stimulasi perkembangan bahasa ekspresif
5. Kasus perkembangan bahasa berikutnya adalah anak yang sering bicara kotor. Solusinya adalah menasehati dan mengkomunikasikan pada orang tua anak agar sama-sama mengontrol bahasa anak

untuk melihat videonya di mana ya?

1.Masalah utama yang dialami anak didik pada tayangan video tersebut ,bahwa anak mengalami kesulitan mengemukakan pendapat.
2.saya pernah mendapat pengalamaman seperti itu.
3. Saya akan banyak memancing anak untuk berbicara,dengan cara banyak bertanya dari hal yang kecil (kebiasaan sehari-harinya) sampai apa hal kesukaannya.
4. Karena saya pernah menerapkan hal itu pada keponakan saya, dengan kasus yang sama,
5. Beberapa kasus lainya yang pernah saya temui di TK, antara lain:
a. Keterlambatan Bicara
b. Sulit Berkomunikasi
c. Gagap

Permasalahan yg pertama yaitu anak kurang percaya diri dan malu,, sehingga sulit bagi sianak untuk mengungkapkan atau menyampaikan apa kemauannya

1. Masalah utama dalam video tersebut anak kurang percaya diri.
2. Pernah saya temui
3. Solusi yang pernah saya coba yaitu dengan cara menanyakan hal-hal apa saja yang di sukainya,selain itu memberikan edukasi belaian-belaian lembut terhadap anak
4. Dengan solusi menanyakan hal-hal apa saja yang anak sukai biasanya anak semangat untuk bercerita,selain itu sentuhan lembut terhadap anak membuat anak merasa dekat dengan kita
5. Yang pernah saya temui saat awal tahun ajaran baru ,ada salah satu anak di dalam kelas yang hanya duduk saja tidak pernah berbicara,saya ajak bercerita,bernyanyi diam saja,pada akhirnya saya berkomunikasi dengan orang tua ternyata jauh dari tetangga dan tidak punya sodara kandung di rumah.Solusi yang saya pakai akhirnya meminta teman nya untuk mendekati,mengajak ngobrol ,dan ternyata berjalan nya waktu anak itu mau bercerita dengan teman nya.Yang saya tangkap di sini berarti si ananda tersebut merasa tidak ada teman dan butuh perhatian dari temannya.