Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ditulis oleh: Ir. Melly Latifah , M.Si
Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, yuk kita diskusi bersama mengenai tayangan video tersebut. Jelaskan menurut pendapat Anda:
1. Apa masalah utama yang dialami oleh anak didik pada tayangan video tersebut?
2. Apakah masalah tersebut pernah Anda alami di kelas Anda?
3. Jika YA, bagaimana cara/solusi yang Anda lakukan ketika mengalami hal tersebut?
4. Mengapa solusi tersebut yang dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
5. Tuliskan kasus lain yang berhubungan dengan perkembangan bahasa anak yang pernah Anda lihat atau alami sendiri, kemudian tuliskan solusi yang Anda lakukan!
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan! 😊


untuk melihat videonya di mana ya?

1.Masalah utama yang dialami anak didik pada tayangan video tersebut ,bahwa anak mengalami kesulitan mengemukakan pendapat.
2.saya pernah mendapat pengalamaman seperti itu.
3. Saya akan banyak memancing anak untuk berbicara,dengan cara banyak bertanya dari hal yang kecil (kebiasaan sehari-harinya) sampai apa hal kesukaannya.
4. Karena saya pernah menerapkan hal itu pada keponakan saya, dengan kasus yang sama,
5. Beberapa kasus lainya yang pernah saya temui di TK, antara lain:
a. Keterlambatan Bicara
b. Sulit Berkomunikasi
c. Gagap

Permasalahan yg pertama yaitu anak kurang percaya diri dan malu,, sehingga sulit bagi sianak untuk mengungkapkan atau menyampaikan apa kemauannya

1. Masalah utama dalam video tersebut anak kurang percaya diri.
2. Pernah saya temui
3. Solusi yang pernah saya coba yaitu dengan cara menanyakan hal-hal apa saja yang di sukainya,selain itu memberikan edukasi belaian-belaian lembut terhadap anak
4. Dengan solusi menanyakan hal-hal apa saja yang anak sukai biasanya anak semangat untuk bercerita,selain itu sentuhan lembut terhadap anak membuat anak merasa dekat dengan kita
5. Yang pernah saya temui saat awal tahun ajaran baru ,ada salah satu anak di dalam kelas yang hanya duduk saja tidak pernah berbicara,saya ajak bercerita,bernyanyi diam saja,pada akhirnya saya berkomunikasi dengan orang tua ternyata jauh dari tetangga dan tidak punya sodara kandung di rumah.Solusi yang saya pakai akhirnya meminta teman nya untuk mendekati,mengajak ngobrol ,dan ternyata berjalan nya waktu anak itu mau bercerita dengan teman nya.Yang saya tangkap di sini berarti si ananda tersebut merasa tidak ada teman dan butuh perhatian dari temannya.
1. Anak sulit mengungkapkan pendapat.
2. Ya, pernah.
3. Saya selalu mendekati anak tersebut dengan duduk disampingnya dan mengajak anak komunikasi singkat sederhana sebagai awal pengenalan.
4. Agar anak tidak takut mengungkapkan pendapatnya atau keinginannya kepada saya.
5. berbicara anak dengan bahasa pelat.
Solusi mengatasi anak . Sering mengajak anak berbicara dengan pelan – pelan dan berulang – ulang.
1. Anak sulit untuk mengemukakan pendapat, serta kurangnya stimulasi secara aktif.
2. Ya.
3. Cara dan solusi yang dilakukan pada anak yang sulit mengemukakan pendapatnya yaitu melontarkan pertanyaan tentang apa saja yang disukai anak. Minta anak tersebut untuk menggambar bebas dan menceritakan gambar tersebut di hadapan teman-temannya.
4. Hal tersebut sangat mudah melatih anak untuk dapat mengemukakan pendapatnya dan dengan cara tersebut anak memperlihatkan dan menceritakan hasil pendapat dan karyanya sendiri.
5. Kasus yang berhubungan dengan perkembangan bahasa anak antara lain yaitu gangguan keterlambatan bicara. Solusinya adalah melatih anak-anak harus mengucapkan kata-kata tunggal seperti kata Ibu atau Ayah.
SITI NIKMATUL MAULIDAH
NIM: 858774575
1. Masalah yg dialami yaitu anak sulit mengungkapkan pendapatnya
2. Saya pernah mengalami masalah anak sulit mengungkapkan pendapatnya
3. Solusinya saya ajak bercakap-cakap, saya ajak menggambar bebas & membimbing anak menceritakan gambar yg dibuat
4. Dengan cara anak diminta menggambar bebas sebagai media bagi anak berekspresi & menceritakan kembali gambar yg dibuatnya
5. Kasus lain ttg perkembangan bahasa yaitu anak yg masih malu2 & takut berbicara solusinya kita ajak bernyanyi bersama teman2nya
1. Apa masalah utama yang dialami oleh anak didik pada tayangan video tersebut?
masalah yang dialami anak tersebut adalah kesulitan dalam mengemukakn pendapat.
2. Apakah masalah tersebut pernah Anda alami di kelas Anda?
ya, pernah
3. Jika YA, bagaimana cara/solusi yang Anda lakukan ketika mengalami hal tersebut?
solusinya adalah kita sering melakukan pendekatan secara pribadi dan terus memberinya kesempatan untuk mengemukan penpatnya dengan caranya. Misal anak diijinkan untuk mengungkpan pendaptnya dengan cara berbisik ke pendidik, dan pendidik menyampaikannya ke teman-teman. setalh anak mau melakukan dengan berbisik, pendidik terus memberi stimulasi dan memberikan dukungan agar anak mau mengungkapkan pendapatnya kepada teman-temannya
4. Mengapa solusi tersebut yang dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
Karena dengan solusi tersebut anak akan merasa lebih nyaman dengan situasinya sendiri pada saat itu. Anak akan merasa dihargai perasaannya ketika berusaha untuk mengalahkan rasa tidak percaya dirinya. Ketika anak merasa nyaman kita akan lebih mudah untuk memberikan stilmulus yang berfungsi untuk memecahkann masalh yang dialaminya.
5. Tuliskan kasus lain yang berhubungan dengan perkembangan bahasa anak yang pernah Anda lihat atau alami sendiri, kemudian tuliskan solusi yang Anda lakukan!
Dalam pengucapan dan menirukan ucapan pendidik, anak terbiasa hanya menyebutkan suku kata terakhir yang diucapkan oleh pendidik.

Untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak dalam menceritakan kembali seorang guru harus mengetahui kondisi atau sifat dari masing2 anak didik. Selanjutnya guru harus menyediakn media yang menarik juga menggunakan metode yang bisa meningkatkan antusias anak didik dalam mendengarkan cerita sehingga anak didik bisa menceritakan kembali apa yang di dengarnya
- Anak sulit mengemukakan pendapat karena kurangnya stimulus bicara aktif dan kurang percaya diri.
- Ya, saya pernah
- Saya selalu sapa dan mendekati anak tersebut dengan duduk disampingnya dan mengadakan komunikasi singkat sederhana sebagai awal pengenalan supaya tidak ada kesan guru yang menakutkan.
- Dengan harapan anak mau berbicara.
- Anak sering berkata kotor dan solusi yang saya ambil adalah mendekati anak, menasehat dan mengkomunikasikanya dengan orang tua anak agar sama samamengontrolbahasa anak.
1. Masalah utama yang dialami anak adalah tidak mau mengungkapkan pendapatnya.
2. Saya pernah mengalami di kelas saya, seorang anak perempuan bernama mutiara diam saja
3. Yang saya lakukan adalah selalu melibatkan dia pada setiap percakapan di kelas.
4. Solusi ini saya ambil karena dengan dilibatkan dalam percakapan anak mau menjawab. Mengajak anak untuk bercakap-cakap merupakanbentuk stimulasi perkembangan bahasa ekspresif
5. Kasus perkembangan bahasa berikutnya adalah anak yang sering bicara kotor. Solusinya adalah menasehati dan mengkomunikasikan pada orang tua anak agar sama-sama mengontrol bahasa anak