11

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana seorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Ditulis oleh: Ir. Melly Latifah, M.Si.

Setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, bagaimana pendapat Anda? Kasus tersebut tentunya pernah dialami oleh semua orang bukan? Yuk kita diskusikan hal-hal berikut:

1. Apakah langkah guru tersebut tepat?
2. Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang dilakukan oleh guru!
3. Jika Anda mengalami hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Mengapa Anda memilih solusi tersebut?

4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar hal tersebut tidak terjadi?

Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda. Selamat mengerjakan! 😊

 

LINK VIDEO

Answered question

1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat
2. Kelebihan guru langsung mengkonfirmasi ketidak nyamanan anak, kekurangannya guru tidak memberikan penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
1. Jika saya mengalami hal tersebut saya akan mengkonfirmasi tindakan kedua anak tersebut karena mereka punya alasan kenapa mereka melakukan hal demikian, dan saya membimbing mereka untuk menyelesaikan masalah, supaya mereka saling bermaafan.
2. Guru harus membuat tata tertib bersama seperti SOP, kemudian guru juga bisa membuat konsekuensi bersama apabila ada anak yang melanggar.

1. tepat
2. Kelebihan :
– guru sangat tanggap dalam melihat situasi anak
kekurangan :
– guru langsung bertanya duduk persoalannya sementara anak masih terus menangis
solusi yang diberikan guru : memberikan sentuhan lembut dan terus berusaha membuat anak tenang,memberikan pengertian bahwa anak harus mau mengungkapkan ketidaksetujuannya kepada temannya dan tidak boleh mengambil sesuatu yang bukan milik kita tanpa persetujuan pemiliknya.
3. saya akan menenangkan anak tersebut sampai anak berhenti menangis dan menstimulasi mereka untuk mengungkapkan alasan anak menangis dan alasan anak mengambil barang orang lain tanpa ijin, serta memberi pengertian bahwa itu salah dan anak harus berani mengungkapkan ketidaksetujuannya tetapi harus mau saling berbagi dengan sesama.
4. membentuk tim bermain sekitar 4 orang, dimana mereka harus menjadi tim yang kompak dan saling berbagi. tim ini ditukar secara berkala sehingga semua anak bisa membaur dengan seluruh teman-temannya.

1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat, yaitu merespon anak yang tidak dapat mengungkapkan ketidaksetujuannya dengan menangis
2. Kelebihannya guru langsung mengkonfirmasi ketidaknyamanan si anak, kekurangannya guru tidak memberi penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
3. Jika saya yang mengalami, saya akan menanyakan alasan tindakan kedua anak tersebut karena mereka pasti punya alasan kenapa mereka melakukan itu dan saya akan memfasilitasi mereka untuk menyelesaikan masalah mereka
4. Guru harus membuat tata tertib kegiatan bersama anak murid, kemudian guru juga perlu membuat konsekuensi bersama anak apabila ada anak yang melanggar.

Nama :Fitriyani
Nim : 834865171
1. Tindakan tersebut sudah tepat setidaknya jika guru mendekati anak maka anak sudah merasa lebih aman.

2. – kelebihannya
Guru mendatangi anak dengan kata kata lembut.
– kekurangannya
Guru bertanya kepada anak, sedangkan anak sedang menangis akibatnya anak yang merasa bersalah akan merasa sedih.

3. Mendatangi anak itu lalu mengajak sianak yang menangis itu ketempat yang tenang, menanyakan kenapa menangis, setidaknya pikiran anak sudah tenang sehingga anak bisa menceritakan dengan leluasa.

4. Memberikan pengarahan kepada anak bahwa kalau bukan miliknya jangan mengambilnya, jika menginginkan sesuatu yang bukan miliknya terlebih dahulu meminta izin.

Novita comen
1.langkah yang dilakukan guru sudah sangat tepat.
2.kelebihan guru langsung menghampiri anak dan menanyakan permasalahan anak.,sementara kelemahan guru adalah tidak memberi penguatan terhadap kedua anak melainkan hanya satu anak saja
3.bila saya mengalami dan melakukan penguatan dan merangkul kedua anak tersebut yaitu supaya kedua anak tersebut merasa sama sama di hargai dan di perhatikan oleh gurunya sehingga solusi yang saya sampaikan boleh mereka terima.
4.yang dilakukan seorang guru supaya jangan terjadi hal yang demikian adalah: ketika memulai setiap kegiatan guru harus membuat peraturan bersama dengan murid,sehingga murid dari awal kegiatan tau apa yg harus dilakukan & yg tidak boleh dilakukan