Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana seorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Ditulis oleh: Ir. Melly Latifah, M.Si.
Setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, bagaimana pendapat Anda? Kasus tersebut tentunya pernah dialami oleh semua orang bukan? Yuk kita diskusikan hal-hal berikut:
1. Apakah langkah guru tersebut tepat?
2. Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang dilakukan oleh guru!
3. Jika Anda mengalami hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Mengapa Anda memilih solusi tersebut?
4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar hal tersebut tidak terjadi?
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda. Selamat mengerjakan! 😊


1. tepat
2. Kelebihan :
– guru sangat tanggap dalam melihat situasi anak
kekurangan :
– guru langsung bertanya duduk persoalannya sementara anak masih terus menangis
solusi yang diberikan guru : memberikan sentuhan lembut dan terus berusaha membuat anak tenang,memberikan pengertian bahwa anak harus mau mengungkapkan ketidaksetujuannya kepada temannya dan tidak boleh mengambil sesuatu yang bukan milik kita tanpa persetujuan pemiliknya.
3. saya akan menenangkan anak tersebut sampai anak berhenti menangis dan menstimulasi mereka untuk mengungkapkan alasan anak menangis dan alasan anak mengambil barang orang lain tanpa ijin, serta memberi pengertian bahwa itu salah dan anak harus berani mengungkapkan ketidaksetujuannya tetapi harus mau saling berbagi dengan sesama.
4. membentuk tim bermain sekitar 4 orang, dimana mereka harus menjadi tim yang kompak dan saling berbagi. tim ini ditukar secara berkala sehingga semua anak bisa membaur dengan seluruh teman-temannya.

1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat, yaitu merespon anak yang tidak dapat mengungkapkan ketidaksetujuannya dengan menangis
2. Kelebihannya guru langsung mengkonfirmasi ketidaknyamanan si anak, kekurangannya guru tidak memberi penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
3. Jika saya yang mengalami, saya akan menanyakan alasan tindakan kedua anak tersebut karena mereka pasti punya alasan kenapa mereka melakukan itu dan saya akan memfasilitasi mereka untuk menyelesaikan masalah mereka
4. Guru harus membuat tata tertib kegiatan bersama anak murid, kemudian guru juga perlu membuat konsekuensi bersama anak apabila ada anak yang melanggar.

Nama :Fitriyani
Nim : 834865171
1. Tindakan tersebut sudah tepat setidaknya jika guru mendekati anak maka anak sudah merasa lebih aman.
2. – kelebihannya
Guru mendatangi anak dengan kata kata lembut.
– kekurangannya
Guru bertanya kepada anak, sedangkan anak sedang menangis akibatnya anak yang merasa bersalah akan merasa sedih.
3. Mendatangi anak itu lalu mengajak sianak yang menangis itu ketempat yang tenang, menanyakan kenapa menangis, setidaknya pikiran anak sudah tenang sehingga anak bisa menceritakan dengan leluasa.
4. Memberikan pengarahan kepada anak bahwa kalau bukan miliknya jangan mengambilnya, jika menginginkan sesuatu yang bukan miliknya terlebih dahulu meminta izin.

Novita comen
1.langkah yang dilakukan guru sudah sangat tepat.
2.kelebihan guru langsung menghampiri anak dan menanyakan permasalahan anak.,sementara kelemahan guru adalah tidak memberi penguatan terhadap kedua anak melainkan hanya satu anak saja
3.bila saya mengalami dan melakukan penguatan dan merangkul kedua anak tersebut yaitu supaya kedua anak tersebut merasa sama sama di hargai dan di perhatikan oleh gurunya sehingga solusi yang saya sampaikan boleh mereka terima.
4.yang dilakukan seorang guru supaya jangan terjadi hal yang demikian adalah: ketika memulai setiap kegiatan guru harus membuat peraturan bersama dengan murid,sehingga murid dari awal kegiatan tau apa yg harus dilakukan & yg tidak boleh dilakukan
Nama: maimuna
Nim: 858683902
1. Yang dilakukan guru tersebut sangat tepat sekali
2. Kelebihannya: guru itu sangat tanggap dan peka dengan dia menghampiri anak tersebut dan juga menanyakan apa yang membuat anak tersebut menangis tidak nyaman karna pada saat anak nangis anak itu butuh pengertian
Kekurangannya: guru tersebut tidak memberi kesempatan dia untuk berfikir dengan langsung bertanya maka anak semakin sedih dan merasa tak adil
3. Jika saya mengalami seperti saya akan melakukan hal yang sama dengan guru tersebut tapit sayaa juga memberi dia waktu untuk berfikir apa yang seharusnya dia lakukan sebelum saya menghampiri dan memberi arahan supaya sosial emosional berkembang
4. Membentuk kelompok dan diberi mainan dalam mainan itu anak harus saling berbagi satu sama lain sehingga kepekeaan rasa solidaritas berkembang
Nama : Rachma Sera Saiful, A. Md Kom
NPM : 836150652
Matkul : Analisis dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Tutor : Puspita Octaria, S. Pd, M. SI
1. Apakah langkah guru tersebut tepat?
jawab : menurut saya sudah tepat.
2. Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang dilakukan oleh guru!
jawab :
kelebihannya guru tersebut peka terhadap masalah anak, mulai dari menghampiri anak, membuat anak tenang,
menanyakan kepada anak mengapa memukul/ menangis, memeluk anak dan mendamaikan anak yang memukul/menangis dan
memberitahu kepada anak jangan memukul/ menangis tapi mengungkapkan dengan kata-kata jika ingin menyampaikan sesuatu
kekurangan guru tersebut adalah guru harusnya menanyakan antara kedua belah pihak tidak berpusat atau bersudut pandang
pada satu anak melainkan ke dua-duanya
3. Jika Anda mengalami hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Mengapa Anda memilih solusi tersebut?
jawab :
saya juga pernah merasakan hal yang sama, yang akan saya lakukan adalah hampir sama dengan guru tersebut yaitu lebih
melakukan pendekatan kepada anak, mulai dari menghampiri anak, membuat anak tenang, menanyakan kepada anak mengapa
memukul/ menangis, memeluk anak dan mendamaikan anak yang memukul/menangis dan memberitahu kepada anak jangan
memukul/ menangis tapi mengungkapkan dengan kata-kata jika ingin menyampaikan sesuatu. dan melihat semua kejadian dari
dua sudut pandang antara anak si A dan anak si B. dan memberikan pendekatan kepada keduanya untuk saling menyayangi. jika
ada yang ingin disampaikan lebih baik dengan bicara jangan memukul
4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar hal tersebut tidak terjadi?
jawab : akan melakukan pendekatan kepada anak dan selalu memberikan pengarahan kepada anakdi saat kegiatan awal, inti, dan
penutup kalau ada sesuatu yang ingin disampaikan dengan baik ketemannya. atau cara bicara ke ibu guru tidak boleh dengan
kekerasan. semua itu bisa dilatih dengan mengajak anak untuk melatih keberanian terlebih dahulu di depan kelas, maju kedepan
kelas, memimpin permainan, dan melatih berbicara di depan kelas dengan bercerita pengalaman. karena dengan begitu anak akan
terstimulus dan terlatih untuk dapat menyampaikan bahasa yang baik dan benar
- Tindakan yang dilakukan guru sudah tepat
- Kelebihannya : guru cepat tanggap saat melihat anak yang manangis, langsung mendatangi, menanyakan kenapa anak menagis dengan suara lembut, membujuk serta memberitahukan kepada kedua anak tersebut apa yang harus mereka lakukan. Kekurangannya : Â guru tidak memberi penguatan terhadap kedua anak melainkan hanya satu anak saja
- Saya akan melakukan hal yang sama seperti dalam video tersebut. Saya akan langsung mendatangi anak yang menangis, bertanya kenapa menangis, menenangkan dan membujuk agar anak tidak menangis. Setelah itu mendamaikan dua anak yang berselisih
- Yang sebaiknya dilakukan guru agar hal tersebut tidak terjadi adalah sebelum kegiatan, guru membuat peraturan bersama anak-anak sebelum kegiatan dan menanamkan nilai-nilai moral dan karakter yang baik
Nama : Elpina Tinambunan
NIM. 837139549
- Menurut saya tindakan yang dilakukan guru sudah tepat.
- Kelebihannya adalah begitu guru mengetahui dia cepat tanggap terhadap situasi, menghampiri anak yang menangis dan menanyakan sebab kenapa dia menangis dengan suara yang lembut. Kekurangannya : Guru hanya menyampaikan kepada anak yang beselisih dan situasi anak masih dalam keadaan menangis dan tidak di lanjutkan memberikan penguatan kepada siswa yang lainnya
-  Sama seperti dalam video tersebut saya akan langsung menghampiri anak yang menangis, menenangkan dan memberikan penguatan. jika masih menangis juga, maka akan saya peluk sampai nyaman kemudian saya akan tanya mangapa manangis ,lalu mendamaikan  anak yang beselisih dengan berjabat tangan dan saling memaafkan satu dengan yang lain , kemudian memberikan penguatan dan arahan pada semua siswa apa yang harus dilakukan kepada anak jika tidak setuju dengan sesuatu,menyampaikan dengan kata-kata tidak menangis apalagi kalau sampai memukul teman.
- Guru akan membuat peraturan bersama dengan anak – anak sebelum kegiatan  dan selalu menanamkan nilai-nailai moral serta memberitahu bahwa semua teman – teman satunya adalah bersaudara yang saling mengasihi dan saling membantu

Nama:Sulistyaningsih
Nim:857668559
1. Tepat
2.Strategi pembelajaran yang dipilih dan dilaksanakan sudah tepat, akan tetapi metode yang dilakukan belum tepat. Metode yang perlu dilakukan misalnya seperti metode klasikal, dimana pola pembelajaran dalam waktu yang sama, kegiatan dilakukan oleh seluruh anak sama dalam satu kelas. Model pembelajaran ini digunakan karena pembelajaran yang pada umumnya sangat terbatas serta kurang memperhatikan minat individu anak.
3.Kekurangan dari adanya strategi pembelajaran tersebut adalah :
Menuntut disiplin yang tinggi oleh para siswa.
Monocolor tidak beragam
Terjadi kebosanan pada siswa
Membuat anak menjadi pasif
Guru tidak dapat memantau masing-masing anak secara langsung yang mengakibatkan anak tidak tersentuh oleh gurunya ketika mendapati masalah.
Sedangkan kelebihannya adalah :
kita dapat mengerti bagiamana cara yang tepat untuk kita lakukan pada saat mengatasi murid yang mendapati masalah.
Ekonomis waktu membantu siswa untuk mendengarkan secara akurat, kritis dan penuh perhatian
Guru memiliki otoritas penuh didalam kelas
Hasil belajar yang luar biasa, misalnya seperti anak dapat menghafal secara cepat dan diluar kepala.
Mudah mengorganisasikan kelas dan dapat diikuti oleh banyak siswa
Mudah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan
4.Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan tema, karena didalam video tersebut terdapat contoh kasus anak yang tidak dapat menjelaskan permasalahannya dan kemudian terdapat solusi yang diberikan oleh gurunya. Adapun sebab anak tidak dapat menjelaskan permasalahannya yaitu :
Anak seringkali menangis ketika mendapati masalah dibandingkan menjelaskan apa yang sedang ia hadapi. Dalam hal ini peranan orang tua sangat penting untuk mengajarkan komunikasi yang baik dan efektif kepada anak.
Anak sulit memahami isi pembicaraan orang lain. Ketika anak mendapati masalah, seringkali ia menjadi salah paham karena komunikasi yang terjadi tidak searah dengan apa yang kita harapkan.
Anak mengalami keterlambatan bicara sehingga ia tidak mampu mengungkapkan apa yang ia rasakan.
Sedangkan tindakan guru dalam menghadapi anak sudah benar. Misalnya seperti :
Guru cepat tanggap terhadap situasi.
Segera menghampiri anak yang sedang menangis kemudian membujuknya untuk berhenti menangis. Jika anak tersebut masih menangis, maka peluklah anak tersebut.
Kemudian tanyalah anak dengan suara lemah lembut dan bersahabat mengapa ia menangis.
Jika penyebabnya adalah perselisihan dengan teman, maka damaikan anak dengan teman yang membuatnya menangis.
Beritahu anak agat menyatakan apa yang ia ingin ungkapkan dengan kata-kata, tidak dengan cara menangis. Katakan pada anak bahwa temannya dan bu guru
Nama : Dewi Ambarwati
NIM. 837133713
- Menurut saya tindakan guru sudah tepat.
- Kelebihannya adalah begitu guru mnegetahui ada anak yang menangis langsung menghampiri dan menanyakan sebab anak menagis dengan suara lembut menenangkan dan membujuk agar anak tidak menangis. Kekurangannya : Guru hanya menyampaikan kepada anak yang beselisih. tidak di lanjutkan memberikan penguatan kepada siswa yang lainnya
-  Sama seperti dalam video tersebut saya akan langsung menghampiri anak yang mennagis, menenangkan dan memberikan penguatan. jika masih menangis juga, maka akan saya peluk sampai nyaman kemudian ditanya mangapa manangis ,lalu mendamaikan 2 anak yang beselisih, kemudian memberikan penguatan dan arahan pada semua siswa apa yang harus dilakukan kepada anak jika tidak setuju dengan sesuatu,menyampaikan dengan kata-kata tidak menangis apalagi kalau sampai memukul teman.
- Saya akan membuat peraturan bersama sebelum kegiatan. dan selalu menanamkan nilai-nailai moral dan karakter yang baik sehingga akan tertanam dari dini

1.yang di lakukan guru tersebut sudah tepat
2.kelebihannya: seorang guru yang tanggap dan sabar dalam menenangkan dan mendamaikan anak sehingga anak merasa nyaman
Kekurangannya: guru langsung menanyakan kepada anak padahal anak tersebut masih menangis
3.yang akan saya lakukan adalah menenangkan anak yg sedang menangis hingga ia merasa tenang dan nyaman baru ,kita tanya kenapa dia menangis kemudian memberikan pengertian kepada temannya bahwa kalau mau meminjam sesuatu itu harus ijin dulu jangan di ambil saja
4.agar hal tersebut tidak terjadi sebelum kegiatan mewarnai di mulai anak_anak di tanya dulu apakah hari ini anak2 membawa krayon atau pensil warna semua,,,? apabila ada teman kalian yang tidak membawa krayon atau pensil warna tolong nanti di pinjami karena kita kan bersaudara sudah seharusnya kita saling tolong menolong
1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat
2. Kelebihan guru langsung mengkonfirmasi ketidak nyamanan anak, kekurangannya guru tidak memberikan penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
1. Jika saya mengalami hal tersebut saya akan mengkonfirmasi tindakan kedua anak tersebut karena mereka punya alasan kenapa mereka melakukan hal demikian, dan saya membimbing mereka untuk menyelesaikan masalah, supaya mereka saling bermaafan.
2. Guru harus membuat tata tertib bersama seperti SOP, kemudian guru juga bisa membuat konsekuensi bersama apabila ada anak yang melanggar.