Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana seorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Ditulis oleh: Ir. Melly Latifah, M.Si.
Setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, bagaimana pendapat Anda? Kasus tersebut tentunya pernah dialami oleh semua orang bukan? Yuk kita diskusikan hal-hal berikut:
1. Apakah langkah guru tersebut tepat?
2. Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang dilakukan oleh guru!
3. Jika Anda mengalami hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Mengapa Anda memilih solusi tersebut?
4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar hal tersebut tidak terjadi?
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda. Selamat mengerjakan! 😊


1. tepat
2. Kelebihan :
– guru sangat tanggap dalam melihat situasi anak
kekurangan :
– guru langsung bertanya duduk persoalannya sementara anak masih terus menangis
solusi yang diberikan guru : memberikan sentuhan lembut dan terus berusaha membuat anak tenang,memberikan pengertian bahwa anak harus mau mengungkapkan ketidaksetujuannya kepada temannya dan tidak boleh mengambil sesuatu yang bukan milik kita tanpa persetujuan pemiliknya.
3. saya akan menenangkan anak tersebut sampai anak berhenti menangis dan menstimulasi mereka untuk mengungkapkan alasan anak menangis dan alasan anak mengambil barang orang lain tanpa ijin, serta memberi pengertian bahwa itu salah dan anak harus berani mengungkapkan ketidaksetujuannya tetapi harus mau saling berbagi dengan sesama.
4. membentuk tim bermain sekitar 4 orang, dimana mereka harus menjadi tim yang kompak dan saling berbagi. tim ini ditukar secara berkala sehingga semua anak bisa membaur dengan seluruh teman-temannya.

1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat, yaitu merespon anak yang tidak dapat mengungkapkan ketidaksetujuannya dengan menangis
2. Kelebihannya guru langsung mengkonfirmasi ketidaknyamanan si anak, kekurangannya guru tidak memberi penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
3. Jika saya yang mengalami, saya akan menanyakan alasan tindakan kedua anak tersebut karena mereka pasti punya alasan kenapa mereka melakukan itu dan saya akan memfasilitasi mereka untuk menyelesaikan masalah mereka
4. Guru harus membuat tata tertib kegiatan bersama anak murid, kemudian guru juga perlu membuat konsekuensi bersama anak apabila ada anak yang melanggar.

Nama :Fitriyani
Nim : 834865171
1. Tindakan tersebut sudah tepat setidaknya jika guru mendekati anak maka anak sudah merasa lebih aman.
2. – kelebihannya
Guru mendatangi anak dengan kata kata lembut.
– kekurangannya
Guru bertanya kepada anak, sedangkan anak sedang menangis akibatnya anak yang merasa bersalah akan merasa sedih.
3. Mendatangi anak itu lalu mengajak sianak yang menangis itu ketempat yang tenang, menanyakan kenapa menangis, setidaknya pikiran anak sudah tenang sehingga anak bisa menceritakan dengan leluasa.
4. Memberikan pengarahan kepada anak bahwa kalau bukan miliknya jangan mengambilnya, jika menginginkan sesuatu yang bukan miliknya terlebih dahulu meminta izin.

Novita comen
1.langkah yang dilakukan guru sudah sangat tepat.
2.kelebihan guru langsung menghampiri anak dan menanyakan permasalahan anak.,sementara kelemahan guru adalah tidak memberi penguatan terhadap kedua anak melainkan hanya satu anak saja
3.bila saya mengalami dan melakukan penguatan dan merangkul kedua anak tersebut yaitu supaya kedua anak tersebut merasa sama sama di hargai dan di perhatikan oleh gurunya sehingga solusi yang saya sampaikan boleh mereka terima.
4.yang dilakukan seorang guru supaya jangan terjadi hal yang demikian adalah: ketika memulai setiap kegiatan guru harus membuat peraturan bersama dengan murid,sehingga murid dari awal kegiatan tau apa yg harus dilakukan & yg tidak boleh dilakukan
1. Apakah langkah guru tersebut tepat?
2. Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang dilakukan oleh guru!
3. Jika Anda mengalami hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Mengapa Anda memilih solusi tersebut?
4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar hal tersebut tidak terjadi?
jawaban :
- sudah tepat
- kelebihannya : guru tanggap langsung menghampiri anak dan menanyain kasus yang di alami anak kekurangannya : guru bertanya kepada anak tidak dengan lembut dan tidak memeluk anak
- saya akan menghampiri anak ,membujuk anak supaya berhenti menangis ,memeluk anak ,bertanya dengan bahasa yang lembut ,mendamaikan anak,memberitahu anak bahwa dengan menangis tidak akan menyelesaikan masalah , mengatakan pada anak jika ingin mengungkapkan perasaan jangan dengan cara menangis , jika ada teman yang nakal dan sulit untuk di beri tahu katakan pada anak untuk memberi tahu ibu guru.karena solusi ini rasanya tepat untuk menyelesaikan masalah anak yang takut untuk mengatakan bahwa dia tidak setuju pada sesuatu hal.
- selalu mengawasi kegiatan anak anak , sering mengajari anak bahwa kita boleh mengatakan atau menolak sesuatu hal yang tidak kita setujui atau yang tidak kita sukai , namun dengan cara yang baik .selalu mengajari anak bagaimana cara mengungkapkan pendapat yang baik .

mohon izin untuk bertanya.. memang benar bahwa pengawasan adalah salaha satu cara yang dilakukan namun menurut saya kata SELALU mengawasi akan sulit dilakukan.. atau jika ada cara untuk melakukan hal tersebut mungkin bisa dijelaskan?
1. Sudah tepat
2. Kelebihannya: guru tidak hanya menjadi pendidik namun mampu menjadi sahabat pada anak sehingga anak merasa percaya dan nyaman kemudian anak mau mengungkapkan apa yg dirasakan.
Kekurangannya: ketika guru langsung menanyakan pada anak di hadapan teman temannya.
ketika ada anak memukul dan menangis kita sebagai guru menenengkan tidak dihadapan teman2nya sehingga anak merasa tidak malu.
3. Pertama saya akan mengajak anak yg menangis untuk keluar kelas. Dan kelas ttp bersama guru pendamping, kemudian menenangkan dg memberi minum..dan ketika anak sudah tenang..guru meminta untuk bercerita..dalam kondisi ini kita sebagai guru harus meyakinkan bahwa kita orang yg paling bs di percaya anak, setelah itu saya akan memberi solusi dg maslah yg sedang dihadapi oleh anak.
4. Semaksimal mungkin guru harus bisa mengkaitkan tema yg sedang disampaikan dg 5 aspek perkembangan baik sosem. Moral agama, mk. Mh serta seni yg harus dicapai oleh anak.. Sehingga bisa meminimalisir gesekan2 pada anak2 yg sedang berlatih bersosial dg teman temannya. Serta dr pihak orang tua harus mau terbuka jika ada permasalahan.

Nama : NASHIHAH
NIM : 834936968
Anak sulit mengungkapkan ketidaksetujuanya secara verbal
Menurut saya hal itu sudah tepat,karena :
1. Kelebihannya guru memang di tuntut sabar dalam mengatasi segala permasalahn yang terjadi pada anak namun kekurangannya guru pun kadang masih meleset dalam mengawasi apa yang terjadi terhadap anak didik
2. Saya melakukan pendekatan dan perbuatan yg di lakukan di atas karena baik anak yg menangis dan anak yang memukul
3.perlu adanya pendekatan dan penyelesaian masalah yg beik sehingga anak tidak merata tersudutkan dan yg menangis pun tidak merasa di bela karena kalau terjadi sesuatu laporkan ke bu guru bukan menangis
tetap mengawasi kegiatan anak2 baik disaat belajar maupun bermain
1. Apakah langkah guru tersebut tepat? jawaban: sudah tepat
2. Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang dilakukan oleh guru! jawaban: kelebihan: guru cepat dan tanggap dalam menangani permasalahan tersebut, kekurangan: sebaiknya guru tidak langsung menanyakan kepada anak di depan teman yang lain
3. Jika Anda mengalami hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Mengapa Anda memilih solusi tersebut? jawaban: pertama saya mendiamkan anak tersebut agar tidak menangis dan lebih lebih tenang kemudian saya ajak keluar kelas bersama dengan teman yang memukulnya dan saya tanyakan permasalahannya dan mendamaikannya.
4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar hal tersebut tidak terjadi? jawaban:Â mengawasi anak dan mengajarkan anak agar bisa mengumgkapkan pendapatnya jika ada yang tidak disukain oleh anak.

NAMA : FITRIYATI LESTALUHU
NPM : 858678126
1. Apakah langkah guru tersebut tepat?
JAWAB : Yang dilakukan oleh guru sangat tepat
2. Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang dilakukan oleh guru!
JAWAB : A. Kelebihannya : guru sangat tanggap terhadap anak yang mengalami ketidaksetujuan dalam mengungkapkan pendapatnya secara verbal.
B. Kekurangannya : guru yang lain kurang aktif hanya melihat dan membagikan lembar kerja saja tanpa mendampingi anak pada tiap kelompok, guru hanya memberikan penguatan padasatu anak saja ( yang menangis)
3. Jika Anda mengalami hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Mengapa Anda memilih solusi tersebut?
JAWAB : Jika saya mengalami kejadian seperti itu, saya akan menghampiri keduanya, kemudian menenangkan anak yang menangis terlebih dahulu. Setelah anak yang menangis sudah tenang barulah saya menanyakan secara lembut masalah yang terjadi diantara keduanya. Kemudian saya akan memberikan stimulus dan bimbingan agar kedua anak tersebut mau mengungkapkan alasannya menangis dan alasan anak mengambil barang orang lain tanpa ijin, serta memberi pengertian bahwa itu salah dan anak harus berani mengungkapkan ketidaksetujuannya tetapi harus mau saling berbagi dengan sesama. Sampai keduanya mau menyelesaikan masalahnya dan mereka mau meminta maaf dan saling memaafkan.
Saya memilih solusi tersebut dikarenakan solusi tersebut menurut saya sangatlah efesien dalam hal menenagkan anak dan memudahkan guru serta anak yang bermasalah dalam menyelesaikan masalahnya
4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar hal tersebut tidak terjadi?
JAWAB : Menempatkan guru di tiap masing-masing kelompok, tiap kelompok anak didiknya tidak terlalu banyak, memberi jarak di tiap kelompoknya agar duduknya tidak berdempetan dengan kelompok yang lain, guru membuat aturan dengan seluruh anak didiknya sebelum kegiatan dimulai agar guru dapat mengantisipasi tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat, yaitu merespon anak yang tidak dapat mengungkapkan ketidaksetujuannya dengan menangis
2. Kelebihannya guru langsung mengkonfirmasi ketidaknyamanan si anak, kekurangannya guru tidak memberi penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
3. Jika saya yang mengalami, saya akan menanyakan alasan tindakan kedua anak tersebut karena mereka pasti punya alasan kenapa mereka melakukan itu dan saya akan memfasilitasi mereka untuk menyelesaikan masalah mereka
4. Guru harus membuat tata tertib kegiatan bersama anak murid, kemudian guru juga perlu membuat konsekuensi bersama anak apabila ada anak yang melanggar.
- iya sudah tepat
- kelebihannya guru memang di tuntut sabar dalam mengatasi segala permasalahn yang terjadi pada anak namun kekurangannya guru pun kadang masih meleset dalam mengawasi apa yang terjadi terhadap anak didik
- saya melakukan pendekatan dan perbuatan yg di lakukan di atas karena baik anak yg menangis dan anak yang memukul perlu adanya pendekatan dan penyelesaian masalah yg beik sehingga anak tidak merata tersudutkan dan yg menangis pun tidak merasa di bela karena kalau terjadi sesuatu laporkan ke bu guru bukan menangis
- tetap mengawasi kegiatan anak2 baik disaat belajar maupun bermain
Jawaban :
- sudah tepat
- Kelebihan : Guru langsung tanggap dengan kondisi anak di kelas yaitu dengan menhampiri dan bertanya dengan lembut anak yang menangis/memukul dan menenangkan / mendamaikan mereka                                            Kekurangan : guru langsung bertanya depan teman karena anak biasanya akan merasa malu dengan temannya.
- Sikap saya ketika ada anak yang menagis atau memukul , saya juga akan mengmapiri dan saya ajak menjauh dari teman-teman sehingga anak tersebut merasa nyaman untuk menceritakan kepada sya apa yang terjadi atau apa maunya anak tersebut. kemudian memberikan pengertian dengan lembut bahwa biala tidak suka atau tidak setuju dengan sesuatu itu harus di katanyak bukan dengan memukul atau menangis. dan mendapaikan dengan saling meminta maaf dan memaafkan
- saya akan selalu dan sering memberikan arahan bagaimana mengungkapkan bila ingin sesuatu atau tidak setuju dengan temannya. dan tentunya selalu mengajarkan saling menyayangi dengan teman . terutama di awaldan di akhir kelas.
1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat
2. Kelebihan guru langsung mengkonfirmasi ketidak nyamanan anak, kekurangannya guru tidak memberikan penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
1. Jika saya mengalami hal tersebut saya akan mengkonfirmasi tindakan kedua anak tersebut karena mereka punya alasan kenapa mereka melakukan hal demikian, dan saya membimbing mereka untuk menyelesaikan masalah, supaya mereka saling bermaafan.
2. Guru harus membuat tata tertib bersama seperti SOP, kemudian guru juga bisa membuat konsekuensi bersama apabila ada anak yang melanggar.