Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana seorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Ditulis oleh: Ir. Melly Latifah, M.Si.
Setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, bagaimana pendapat Anda? Kasus tersebut tentunya pernah dialami oleh semua orang bukan? Yuk kita diskusikan hal-hal berikut:
1. Apakah langkah guru tersebut tepat?
2. Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang dilakukan oleh guru!
3. Jika Anda mengalami hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Mengapa Anda memilih solusi tersebut?
4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar hal tersebut tidak terjadi?
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda. Selamat mengerjakan! 😊


1. tepat
2. Kelebihan :
– guru sangat tanggap dalam melihat situasi anak
kekurangan :
– guru langsung bertanya duduk persoalannya sementara anak masih terus menangis
solusi yang diberikan guru : memberikan sentuhan lembut dan terus berusaha membuat anak tenang,memberikan pengertian bahwa anak harus mau mengungkapkan ketidaksetujuannya kepada temannya dan tidak boleh mengambil sesuatu yang bukan milik kita tanpa persetujuan pemiliknya.
3. saya akan menenangkan anak tersebut sampai anak berhenti menangis dan menstimulasi mereka untuk mengungkapkan alasan anak menangis dan alasan anak mengambil barang orang lain tanpa ijin, serta memberi pengertian bahwa itu salah dan anak harus berani mengungkapkan ketidaksetujuannya tetapi harus mau saling berbagi dengan sesama.
4. membentuk tim bermain sekitar 4 orang, dimana mereka harus menjadi tim yang kompak dan saling berbagi. tim ini ditukar secara berkala sehingga semua anak bisa membaur dengan seluruh teman-temannya.

1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat, yaitu merespon anak yang tidak dapat mengungkapkan ketidaksetujuannya dengan menangis
2. Kelebihannya guru langsung mengkonfirmasi ketidaknyamanan si anak, kekurangannya guru tidak memberi penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
3. Jika saya yang mengalami, saya akan menanyakan alasan tindakan kedua anak tersebut karena mereka pasti punya alasan kenapa mereka melakukan itu dan saya akan memfasilitasi mereka untuk menyelesaikan masalah mereka
4. Guru harus membuat tata tertib kegiatan bersama anak murid, kemudian guru juga perlu membuat konsekuensi bersama anak apabila ada anak yang melanggar.

Nama :Fitriyani
Nim : 834865171
1. Tindakan tersebut sudah tepat setidaknya jika guru mendekati anak maka anak sudah merasa lebih aman.
2. – kelebihannya
Guru mendatangi anak dengan kata kata lembut.
– kekurangannya
Guru bertanya kepada anak, sedangkan anak sedang menangis akibatnya anak yang merasa bersalah akan merasa sedih.
3. Mendatangi anak itu lalu mengajak sianak yang menangis itu ketempat yang tenang, menanyakan kenapa menangis, setidaknya pikiran anak sudah tenang sehingga anak bisa menceritakan dengan leluasa.
4. Memberikan pengarahan kepada anak bahwa kalau bukan miliknya jangan mengambilnya, jika menginginkan sesuatu yang bukan miliknya terlebih dahulu meminta izin.

Novita comen
1.langkah yang dilakukan guru sudah sangat tepat.
2.kelebihan guru langsung menghampiri anak dan menanyakan permasalahan anak.,sementara kelemahan guru adalah tidak memberi penguatan terhadap kedua anak melainkan hanya satu anak saja
3.bila saya mengalami dan melakukan penguatan dan merangkul kedua anak tersebut yaitu supaya kedua anak tersebut merasa sama sama di hargai dan di perhatikan oleh gurunya sehingga solusi yang saya sampaikan boleh mereka terima.
4.yang dilakukan seorang guru supaya jangan terjadi hal yang demikian adalah: ketika memulai setiap kegiatan guru harus membuat peraturan bersama dengan murid,sehingga murid dari awal kegiatan tau apa yg harus dilakukan & yg tidak boleh dilakukan
Nama: Ulfi Mustagfiroh
Nim:857475958
Pokjar/Kelas : Gambir/ A
Mata Kuliah/Kode : Metode Pengembangan Bahasa/ PAUD 4106
Tutor: Nur Dini Fauziah, M.Pd
- yang di lakukan guru sudah benar dengan cepat mengatasi anak yang bermasalh dengan menghampiri anak tersebut dan dengan cara yang lemah lembut.
- Kelebihanya gurudengan cepat dapat menenangkan anak yang menangis, namun kekuranganya guru kuraang tepat caranya dalam mengatasi anak yang main ambil barang teman tanpa permisi dulu. Seharusnya guru setelah tau pusat permasalahanya dan anak yang menangis sudah reda segera membawa anak tersebut ke tempat yang lebih sepi agar anak bisa vokus unutk menyelsaikan permasalahanya terutama anak yang bersikap asal ambil barang orang tanpa meminta izin.
- Jika hal tersebut terjadi dikelas saya, saya akan menenangkan yang menangis dahulu lalu tanyakan permasalahanya apa, setelah tahu permasalahanya apa maka saya akan membantu anak untuk dapat menyelsaikan permasalahanya dengan membawanya ke tempat yang lebih tenang agar semuanya dapat lebih fokus untuk menyelsaikan masalah nya, setelah itu membuat janji agar hal tersebut tidak terulang.
Menurut saya hal yang demikian akan lebih efektif, akan memberikan jera pada kedua belah pihak, karena sejatinya ke 2 nya sama-sama bersalah.
- Saya akan sering memberikan materi yang berkaitan dengan masalah tersebut agar teman-teman yang ;ain tidak mengalami permasalahan tersebut

Karakter anak beragam sehingga penting bagi guru untuk mengenal pribadi masing-masing anak agar dapat mengatasi masalah anak sesuai dengan karakternya
1. Langkah yang dibuat oleh guru sudah tepat dengan cara mengajak anak mengnalkan gambar dan menceritakan kembali isi gambar tersebut. Menggambar denah bebas. Melemparkan pertanyaan yang disukai oleh anak sehingga membuka kesempatan bagi anak untuk mengungkapkan pendapatnya. Stimulus ini sudah baik dan benar. Adapun kelibihan strategi guru tersebut guru profesional dalam mengatasi anak yang sulit bicara artinya guru membuat metode yang tepat.
2. Kelkurangany adalah guru terlambat menstimulasi bicara anak tersebut. Bisa saja dengan cara lain menanyakan menanyakan hal hal yang tidak disukai anak tersebut. Dan kebiasaan yang terjadi dirumah karena bisa jadi latar belakangi keluarga kondisi lingkungan yang keras atau mungkin terlalu lembek. Mengenakan anak tersebut menyudut dan sulit dalam perkembangan bahsanya yang seharusnya sudah berkembang baik sesuai dg usianya.
3. Jika hal tersebut terjadi pada murid saya yang saya lakuka. Adalah dengan mendekati anak lebih ekstra menanyakan kondisi dirumah. Mengajaknya berbicara sesring mungkin sehingga anak nyaman dengan saya dan senang berkomunikasi dengan saya
4. Yang seharusnya dilakukan oleh guru adalah seperti yang saya sebutkan tadi m3ndematkab diri dengan anak. Kondisikan anak nyaman disekolah ceria setiap hari. Bangun komunikasi yang sehat Anatar anak.
Nama : Sri kumayati
Nim : 856941225
Pokjar: Punggur
UPBJJ: Bandar Lampung
1. Yang dilakukan oleh guru trsebut sudah benar.
2. Kelebihan yg dilakukan olh guru: guru dengan cepat merespon apa yang dilakukan oleh anak atao pengkonfirmasi ketidak nyamanan anak .
Kekuranga nya : anak jgn langsung d tanya kenapa dan kenapa seharus nya guru menenangkan anak terlebih dahulu setelah anak terlihat tenang atao nyaman dg kita barulah kita menanyakan apa yg ia alami sehingga ia menangis.
3. Ketika saya mengalami hal tersebut saya akan memeluk dan mengusap bahu nya beberapa menit seandai nya anak masih blm mau brhenti nangis nya setelah itu baru saya bertanya gmna nak mau nangis berapa lama lagi ? Klo msh blm diam saya suruh menangis sekuat kuat nya dan biasa nya saat saya suruh nangis sekuat kuat nya sampe ayh yg lagi krja dengar ibu yg lagi beresin rmh dnger dg bgtu anak justru tersenyum dan balik memeluk saya. Dan sya tidak akan mnanya knpa menangis sya akan beri pngertian tentang kebaikan kebaikan saat brsama dg teman teman.
4. Supaya tidak trjadi hal serupa : sebelum guru melakukan pembelajaran guru harus mengajak ank untuk mmbuat peraturan dlm prmainan dlm pembelajaran dengan demikian bila ada anak yang telihat akan mlanggar peraturan dg mudah guru mngingat kn isi peraturan trsebut dan ank akan mudah mngingat dan kembali pada peraturan yg SDH d buat.
– guru harus membuat tata tertib bersama dan guru juga bisa membuat konsekuensi bersama apabila ada anak yang melanggar.
– yang dilakukan oleh anak seorang guru supaya tidak terjadi hal” yang tidak diinginkan adalah ketika memulai setiap kegiatan guru harus membuat peraturan bersama dengan murid sehingga murid dari awal kegiatan tau apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan.
-guru merespon anak yang tidak bisa mengungkapkan tidak setujunya dengan menangis
– dan guru masuk kelas dan menyapa anak dengan kata” lembut.
– memberikan pengarahan kepada anak kalau bukan miliknya jangan mengambilnya, jika menginginkannya sesuatu yang bukan miliknya telebih dahulu meminta.
1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat
2. Kelebihan guru langsung mengkonfirmasi ketidak nyamanan anak, kekurangannya guru tidak memberikan penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
1. Jika saya mengalami hal tersebut saya akan mengkonfirmasi tindakan kedua anak tersebut karena mereka punya alasan kenapa mereka melakukan hal demikian, dan saya membimbing mereka untuk menyelesaikan masalah, supaya mereka saling bermaafan.
2. Guru harus membuat tata tertib bersama seperti SOP, kemudian guru juga bisa membuat konsekuensi bersama apabila ada anak yang melanggar.
1. Yang dilakukan guru tersebut sudah tepat
2. Kelebihan guru langsung mengkonfirmasi ketidak nyamanan anak, kekurangannya guru tidak memberikan penguatan bagaimana seharusnya tindakan kedua anak tersebut
1. Jika saya mengalami hal tersebut saya akan mengkonfirmasi tindakan kedua anak tersebut karena mereka punya alasan kenapa mereka melakukan hal demikian, dan saya membimbing mereka untuk menyelesaikan masalah, supaya mereka saling bermaafan.
2. Guru harus membuat tata tertib bersama seperti SOP, kemudian guru juga bisa membuat konsekuensi bersama apabila ada anak yang melanggar.