Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Ditulis oleh: Badru Zaman
Setelah mengamati video diatas, maka akan timbul beberapa pertanyaan didalam benak kita sebagai guru, mari kita diskusikan bersama sama
- Apakah kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar
- Apakah kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru? silahkan Anda tuliskan kelebihan dan kekurangnnya tersebut
- Jika Anda mengalami hal tersebut diatas apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
- Metode apakah yang menurut Anda sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda.


Menurut saya ,yang di lakukan guru sudah benar,vidio di atas menjelaskan seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar tetapi malah yg terjadianak kurang kreatif dan meniru gambar temannya,sehingga guru memberikan stimulasi kepada anak – anak untuk mengajak anak melihat dan mengamati benda” di sekitarnya.kemudian guru mengajak kembali anak untuk menggambar kembali apa yang anak lihat.metode ini sangat membantu untuk mengatasi imajinasi anak pada saat menggambar

Membebaskan anak sesuai imajinasi…bercerita yg ada di sekeliling lalu membuat gambar sesuai yg di lihat anak tersebut..

Membebaskan anak sesuai imajinasi masing2..atau bercerita lalu menggambar sesuai apa yg dilihat…

menurut saya vidio di atas guru sudah bisa mengkondisikan anak, cara guru mengajarkan anak dalam pembelajaran menggambar bebas, pada saat pertama anak hanya monoton menggambar yag di contohnkan oleh guru saja. namun guru berinisiatif untuk mengajak anak keluar kelas dan memperhatikan objek yang ada di luar, memberikan fasilias dengan cara memaanfaatkan media di luar kelas,. anak dapat bercerita apa saja yang mereka lihat. sehingga saat anak di suruh menggambar bebas anak sudah bisa mengimajinasikan menggambar dengan objek yang di lihatnya .
NAMA: ASPATMAWATI
NIM: 838274312
- kegiatan guru tersebut sdh benar dengan memberikan kebebasan untuk berimajinasi
- kelebihan : guru mengajak anak untuk berkolaborasi dengan lingkungan alam
- kekurangnnya tersebut adalah guru tidak memberikan contoh dan tdk menyebutkan tema
- Saya akan mengubah cara megajar anak
- saya akan mengajak anak kekebun tempat dimana anak tidak pernah melihat dengan nyata

Nama : Fauliana Sari
NIM : 837171738
1. Kegiatan guru tersebut sudah benar
2. Kelebihannya : guru memberikan kebebasan dengan anak dengan cara mengeksplor diri diluar ruangan.
3. Kekurangannya : guru kurang memberi penjelasan kepada anak.
4. Saya akan mengubah cara mengajar anak dengan terjun langsung kelapangan.
4.menggunakan penerapan pembelajaran outdoor lerning untuk menggali kreatifitas dan imajinasi anak, melalui pengalaman langsung dialam bebas anak dapat lebih mengenali flora dan fauna. Selain itu metode outdoor learning dapat membuat anak belajar sambil bermain dengan menyenangkan tanpa tekanan dan bergerak secara aktif namun terkoordinasi