Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Ditulis oleh: Badru Zaman
Setelah mengamati video diatas, maka akan timbul beberapa pertanyaan didalam benak kita sebagai guru, mari kita diskusikan bersama sama
- Apakah kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar
- Apakah kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru? silahkan Anda tuliskan kelebihan dan kekurangnnya tersebut
- Jika Anda mengalami hal tersebut diatas apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
- Metode apakah yang menurut Anda sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda.


Menurut saya ,yang di lakukan guru sudah benar,vidio di atas menjelaskan seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar tetapi malah yg terjadianak kurang kreatif dan meniru gambar temannya,sehingga guru memberikan stimulasi kepada anak – anak untuk mengajak anak melihat dan mengamati benda” di sekitarnya.kemudian guru mengajak kembali anak untuk menggambar kembali apa yang anak lihat.metode ini sangat membantu untuk mengatasi imajinasi anak pada saat menggambar

Membebaskan anak sesuai imajinasi…bercerita yg ada di sekeliling lalu membuat gambar sesuai yg di lihat anak tersebut..

Membebaskan anak sesuai imajinasi masing2..atau bercerita lalu menggambar sesuai apa yg dilihat…

menurut saya vidio di atas guru sudah bisa mengkondisikan anak, cara guru mengajarkan anak dalam pembelajaran menggambar bebas, pada saat pertama anak hanya monoton menggambar yag di contohnkan oleh guru saja. namun guru berinisiatif untuk mengajak anak keluar kelas dan memperhatikan objek yang ada di luar, memberikan fasilias dengan cara memaanfaatkan media di luar kelas,. anak dapat bercerita apa saja yang mereka lihat. sehingga saat anak di suruh menggambar bebas anak sudah bisa mengimajinasikan menggambar dengan objek yang di lihatnya .
- Menurut saya, model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah cukup sesuai. Guru mengajak anak melakukan kegiatan menggambar bebas dengan mengajak anak melihat dan mencermati lingkungan sekitar.
- Kekurangan yang dilakukan oleh guru yaitu keterbatasan media yang digunakan, serta ukuran terlalu kecil. Sedangkan kelebihan dalam kegiatan tersebut yaitu kegiatan bersumber dari aktivitas konkret/ nyata, sehingga anak-anak lebih mudah dalam mencermati serta meniru melalui objek langsung.
- Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengasah imajinasi anak dalam menggambar:
- Melihat film anak, anak bisa belajar dari objek-objek yang berada dalam film
- Melalui metode bercerita dengan gambar, anak bisa belajar melalui gambar-gambar yang mereka lihat
- Mengunjungi tempat-tempat yang menyenangkan, melalui rekreasi anak-anak juga dapat melatih daya imajinasi mereka dengan melihat banyak objek di sekelilingnya
- Menurut pendapat saya metode yang cocok digunakan dalam mengasah imajinasi anak dalam menggambar adalah dengan cara bercerita dengan gambar, selain dapat melatih fokus dan konsentrasi anak dalam mendengarkan cerita. Melalui cerita bergambar, anak-anak juga dapat mengeksplor kemampuan imajinasi mereka melalui gambar-gambar yang disajikan dalam cerita.

manfaat menggambar pada anak usia dini sebagai alat untuk perkembangan anak atau mengasah imajinasi anak untuk berkembang dan memahami apa yang di sampaikan oleh guru kepada anak didik. selain itu menggambar juga bisa mengolah daya pikir anak dan imajinasi anak pada pembelajaran tersebut.
Manfaat menggambar bagi anak usia dini yaitu sebagai alat untuk mengutarakan (berekspresi) isi hati, pendapat maupun gagasannya.
Bagi anak normal, ketika melihat suatu gambar maka terjadi proses berpikir, dalam cita-rasa dan angan-angannya akan tumbuh terus. Pada saat ini gambar berfungsi sebagai stimulasi munculnya ide, pikiran maupun gagasan baru.
Menggambar bisa mengasah kreativitas anak. Aktivitas menggambar dan mewarnai menjadi saran anak untuk mengekspresikan dirinya sendiri dengan gambar yang ia suka
1. Menurut saya, vidio di atas sudah sesuai, guru menjelaskan dan mengajak anak untuk menggambar di luar kelas, sehingga anak-anak bisa berimajinasi mengasah kreativitas dan mengutarakan (berekspresi) isi hati dengan melihat pemandangan diluar kelas hati menjadi senang
2. Kelebihannya yaitu kegiatan ini dilakukan diluar kelas, sehingga anak-anak bisa melihat pemandangan luar dan berimajinasi sesuai ide pemikiran mereka. Kekurangannya yaitu kefokusan anak berkurang, anak seringkali melihat sekitar lingkungannya, sehingga fokusnya terpecah belah
3. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebagai guru saya akan memberikan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, memberi contoh kepada anak gambar yang mudah sesuai apa yang mereka lihat di lingkungan sekitar, memberikan fasilitas dengan cara memanfaatkan media di luar kelas, sehingga anak-anak tetap fokus pada tujuan pembelajaran.
4. Menurut saya, metode yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan bercerita. Karena bercerita dapat menarik perhatian anak dan menyenangkan. Juga dapat memunculkan ide dan mengasah imajinasi anak. Mereka bebas bereksplorasi terhadap kemampuannya dalam menggambar
Menggambar merupakan kegiatan kreatifitas untuk menyampaikan imajinasi dan gagasan dalam bentuk gambar yang cenderung memakai alat dan bahan yang bersifat kering seperti pensil warna, pena, maupun krayon
- Model kegiatan yang dilakukan oleh guru tersebut sudah benar. Karena kegiatan menggambar diluar kelas ini dapat membuat anak tersebut senang melihat lingkungan sekitar dan membangun imajinasi anak dengan pemandangan yang nyata.
- Kekurangannya adalah fokus anak didik pada kegiatan menggambar akan terbagi dengan keadaan disekitar yang memungkinkan anak akan beralih berhatiannya pada apa yang dilihatnya. Sedangkan kelebihannya dapat merangsang imajinasi anak dengan permasalahan yang nyata sehingga mendapatkan ide atau inspirasi menggambar dari apa yang mereka lihat.
- Untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus membuat pembelajaran yang menyenangkan agar anak merasa senang dan tidak mudah bosan. Menunjukkan beberapa media yang dapat digunakan agar perhatian anak tetap fokus pada kegiatan dan tetap membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi masing-masing
- Metode yang sesuai digunakan untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar adalah metode bercerita. Metode bercerita ini diterapkan dengan kegiatan menyenangkan yang dapat menarik perhatian anak sehingga anak mendapatkan imajinasinya dalam menggambar.
- menurut pendapata saya, model kegiatan yang terapkan oleh guru tersebut sudah sesuai. Guru mengajak anak melakukan kegiatan menggambar bebas dengan mengajak anak untuk melihat dan menganalisis lingkungan sekitar secara bebas, sebagai bahan untuk kegiatan menggambar baik di lihat dari segi keindahan, ukuran dan bentuk serta warnanya. dengan kegiatan tersebut guru dapat mengasah kemampuan imajinatif anak, sejauh mana kemampuan imajinatif seorang anak ini berkembang
- Kekurangan yang dilakukan oleh guru: Ukuran terbatas, maksudnya adalah keterbatasan media yang dipakai Kelebihan: Kegiatan tersebut merupakan kegiatan konkret dan nyata. sehingga memudahkan seorang anak untuk menerapkan dan meniru apa yang telah mereka perhatikan sebelumnya. hal ini dapat dilakukan dengan mudah seperti dihalaman sekolah atau lingkungan sekolah lainny
- Beberapa cara yang dapat digunakan dalam mengasah imajinatif anak saat mengambar adalah sebagi berikut:
- Melalui media cerita atau di sebut story telling: guru dapat bercerita terlebih dahulu kemudian setelah bercerita anak akan menggambar imajinatif sesuai dengan pemahaman dari cerita yang di dapat oleh anak tersebut.
- Berkunjung ketempat-tempat yang indah dan menyenangkan untuk anak: selain kegiatan berlibur atau berekreasi anak juga dapat melakukan kegiatan menggambar sesuai dengan pengamatan yang telah mereka lakukan, contohnya ketika berkunjung ke kebun buah apel anak dapat melakukan kegiatan proyek menggambar buah apel sesuai dengan imajinatif dan kreatifitas anak.
- Menonton film animasi juga bisa dilakukan untuk mengasah imajinatif anak, setelah melakukan kegiatan menonton, guru dapat mereview cerita animasi tersebut kemudian anak dapat melakukan kegiatan menggambar
4. Menurut saya Metode yang cocok digunakan dalam kegiatan mengasah imajinatif anak dalam menggambar adalah dengan cara bercerita. Bercerita dapat di kemas dengan kegiatan yang asyik dan menyenangkan bisa dilakukan dengan media lain, seperti buku, big book, boneka tangan, wayang, dan alur cerita yang menarik.
Kegiatan tersebut dapat membuat anak gemar mengeksplore kemampuan kognitifnya dengan cara menuangkan ide-ide kreatifnya dalam sebuah karya seperti gambar-gambar sederhana. dimana gambar tersebut merupakan hasil dari pengamtan yang anak lakukan.
NAMA : SHOFFA’I ROBI’ATUL MU’AFAH
NIM : 858739359
Menggambar merupakan seni untuk mengungkapkan dan mengkomunikasikan pikiran, ide/gagasan, gejolak/perasaan maupun imajinasi dalam mewujudkan dwimatra yang bernilai artistik dengan menggunakan garis dan warna.
- kegiatan menggambar diluar kelas yang dilakukan seorang guru tersebut sudah benar, karena dapat membuat anak tersebut merasa senang serta dapat menikmati indahnya lingkungan sekitar.
- Kekurangan pada kegiatan tersebut adalah kurang fokusnya anak didik pada kegiatan menggambar, yang kemungkinan disebabkan ada yang lebih menarik perhatian anak tersebut, karena kegiatannya dilakukan diluar kelas. Sedangkan kelebihannya yaitu dapat merangsang keinginan anak untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan melatih keterampilannya dengan mendapatkan banyak ide atau inspirasi menggambar dari apa yang mereka lihat disekitar.
- Untuk memecahkan masalah tersebut, harus melakukan strategi bagaimana cara agar dapat membuat anak didik merasa senang, tidak mudah bosan. Memberikan contoh gambar yang simple tetapi berkesan, bertujuan agar dapat menarik perhatian anak didik untuk lebih berminat dalam menggambar sesuai dengan imajinasi masing-masing, serta selalu menghargai hasil karya anak didik.
- Metode yang sangat baik untuk digunakan saat anak sulit berimajinasi dalam menggambar adalah metode bercerita, karena dengan bercerita dapat menarik serta membangkitkan perhatian dan juga rangsangan lahirnya motivasi yang dapat dijadikan dasar dalam berkarya pada anak didik.
4.menggunakan penerapan pembelajaran outdoor lerning untuk menggali kreatifitas dan imajinasi anak, melalui pengalaman langsung dialam bebas anak dapat lebih mengenali flora dan fauna. Selain itu metode outdoor learning dapat membuat anak belajar sambil bermain dengan menyenangkan tanpa tekanan dan bergerak secara aktif namun terkoordinasi