Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Ditulis oleh: Badru Zaman
Setelah mengamati video diatas, maka akan timbul beberapa pertanyaan didalam benak kita sebagai guru, mari kita diskusikan bersama sama
- Apakah kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar
- Apakah kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru? silahkan Anda tuliskan kelebihan dan kekurangnnya tersebut
- Jika Anda mengalami hal tersebut diatas apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
- Metode apakah yang menurut Anda sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda.


Menurut saya ,yang di lakukan guru sudah benar,vidio di atas menjelaskan seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar tetapi malah yg terjadianak kurang kreatif dan meniru gambar temannya,sehingga guru memberikan stimulasi kepada anak – anak untuk mengajak anak melihat dan mengamati benda” di sekitarnya.kemudian guru mengajak kembali anak untuk menggambar kembali apa yang anak lihat.metode ini sangat membantu untuk mengatasi imajinasi anak pada saat menggambar

Membebaskan anak sesuai imajinasi…bercerita yg ada di sekeliling lalu membuat gambar sesuai yg di lihat anak tersebut..

Membebaskan anak sesuai imajinasi masing2..atau bercerita lalu menggambar sesuai apa yg dilihat…

menurut saya vidio di atas guru sudah bisa mengkondisikan anak, cara guru mengajarkan anak dalam pembelajaran menggambar bebas, pada saat pertama anak hanya monoton menggambar yag di contohnkan oleh guru saja. namun guru berinisiatif untuk mengajak anak keluar kelas dan memperhatikan objek yang ada di luar, memberikan fasilias dengan cara memaanfaatkan media di luar kelas,. anak dapat bercerita apa saja yang mereka lihat. sehingga saat anak di suruh menggambar bebas anak sudah bisa mengimajinasikan menggambar dengan objek yang di lihatnya .
1. Apakah kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar?
ya sudah benar, guru memberikan penjelasan mengenai cara menggambar bebas, memberikan contoh gambar yang dibuat dan memberikan kesempatan untuk menggambar bebas
2. Apakah kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru? Silakan anda tulis kelebihan dan kekurangan tersebut.
Kelebihan: guru membawa anak murid keluar kelas untuk melihat benda-benda atau pemandangan yang bisa dijadikan objek utnuk gambar bebas
Kekurangan: Guru hanya memberikan contoh menggambar bebas dengan 1 tema saja, guru tidak menjelaskan gambar-gambar lain yang bermakna bebas itu contohnya apa saja yang lain, sehingga anak berfokus hanya pada gambar tema yang dijadikan contoh oleh guru.
3. Jika Anda mengalami hal tersebut diatas apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Saya akan mencoba mengajak anak diskusi tentang objek apa yang mereka sukai, dan menyuruh mereka untuk berusaha membuat gambar dari objek yang mereka sukai itu, sehingga memudahkan anak untuk menuangkan imajinasi dari benda yang mereka benar-benar sukai
4. Metode apakah yang menurut Anda sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Metode Observasi, membantu anak untuk mengenal objek benda yang akan mereka tuangkan dalam bentuk gambar di kertas
- Apakah kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar?
- Apakah kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru?
- Jika Anda mengalami hal tersebut diatas apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut?
- Metode apakah yang menurut anda sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut?
Jawab :
- Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar, yaitu dengan strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
- Kegiatan yang dilakukan oleh guru memiliki kekurangan dan kelebihan. Adapun kekurangannya adalah mungkin anak akan merasa cepat bosan jika kegiatan yang dilakukan bersifat monoton. Adapun kelebihannya adalah anak akan merasa senang karena kegiatan difokuskan pada minat anak, jadi anak tidak merasa terpaksa.
- Jika saya mengalami hal tersebut di atas, yang akan saya lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mungkin saya akan melakukan hal yang sama seperti yang guru tersebut lakukan. Tapi akan saya tambahi dengan strategi lain seperti : belajar menggambar melalui video yang menarik dan menyenangkan, serta sesekali mengundang guru les menggambar supaya menambah pengalaman anak dalam belajar.
- Metode yang menurut saya sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan learning by doing, misal anak diberi cerita melalui buku cerita bergambar, lalu setelah itu anak-anak langsung diajak menggambar apa yang ada di buku cerita tersebut.
- Apakah kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar
Jawaban: Kegiatan yang dilakukan guru sudah baik dan benar dengan menstimulasi anak-anak untuk berimajinasi ketika akan menggambar bebas dengan mengajak anak-anak mencari inspirasi di halaman sekolah. Dengan melihat secara langsung, anak dapat menambah wawasan dan imajinasi gambar benda yang dilihatnya untuk di gambar.
2. Apakah kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru? silahkan Anda tuliskan kelebihan dan kekurangnnya tersebut
Jawaban:
*Kekurangan:
- Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan terlebih dahulu sebelum kegiatan menggambar di mulai
- Seharusnya guru, mengajak anak-anak terlebih dahulu ke halaman sekolah untuk menambah imajinasi gambar benda yang akan di gambar anak
*Kelebihan:
- Setelah melihat hasil gambaran anak-anak yang banyak meniru gambar yang di contohkan guru, akhirnya guru langsung mengajak anak-anak ke halaman sekolah untuk menambah wawasan dan imajinasi gambar yang akan di gambar.
- Sebelum memulai menggambar, guru mengajak anak bercakap-cakap atau tanya jawab tentang apa saja yang dilihatnya di halaman sekolah. Baru kemudian menggambarkan nya di buku gambar.
3. Jika Anda mengalami hal tersebut di atas apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Jawaban: Yang akan saya lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan sering mengajak anak-anak berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekitar sekolah pada kegiatan awal sebagai langkah pertama dan merefreshing pikiran anak agar kegiatan pembelajaran selanjutnya terutama dalam hal meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar menjadi lebih seru dan menyenangakan bagi anak. Sehingga secara perlahan dan bertahap dapat merangsang daya imajinasi anak dengan kreatif.
4. Metode apakah yang menurut Anda sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Jawaban: Metode yang sangat baik digunakan untuk mengatasi permasahan tersebut yaitu dengan mengadakan kegiatan Outing Class, kegiatan Karyawisata di sekitar lingkungan sekolah dan kegiatan Outdoor yang rutin dilakukan dalam setiap pekannya.
Judul: Anak sulit berimajinasi saat menggambar
1. Apakah kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar?
ya sudah benar, guru memberikan penjelasan mengenai cara menggambar bebas, memberikan contoh gambar yang dibuat dan memberikan kesempatan untuk menggambar bebas
2. Apakah kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru? Silakan anda tulis kelebihan dan kekurangan tersebut.
Kelebihan: guru membawa anak murid keluar kelas untuk melihat benda-benda atau pemandangan yang bisa dijadikan objek utnuk gambar bebas
Kekurangan: Guru hanya memberikan contoh menggambar bebas dengan 1 tema saja, guru tidak menjelaskan gambar-gambar lain yang bermakna bebas itu contohnya apa saja yang lain, sehingga anak berfokus hanya pada gambar tema yang dijadikan contoh oleh guru.
3. Jika Anda mengalami hal tersebut diatas apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Saya akan mencoba mengajak anak diskusi tentang objek apa yang mereka sukai, dan menyuruh mereka untuk berusaha membuat gambar dari objek yang mereka sukai itu, sehingga memudahkan anak untuk menuangkan imajinasi dari benda yang mereka benar-benar sukai
4. Metode apakah yang menurut Anda sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Metode Observasi, membantu anak untuk mengenal objek benda yang akan mereka tuangkan dalam bentuk gambar di kertas
1. Menurut pendapat saya kegiatan yang dilakukan guru sudah tepat yaitu mampu memberikan kebebasan dalam menggambar agar anak mampu menuangkan ide dan imajinasinya.
2. Kelemahan guru pada video tersebut adalah guru langsung mencontohkan gambar sehingga anak-anak meniru gambar guru. Sedangkan kelebihannya adalah guru memberikan kesempatan kepada anak untuk keluar diruang luar bertujuan untuk meningkatkan imajinasi anak.
3. Saya akan melakukan hal yang sama saya akan mengajak anak keluar keruang luar untuk meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar sesuai minat anak.
4.memberikan pembelajaran outdoor untuk menggali kreativitas anak dan imajinasi anak.
4.menggunakan penerapan pembelajaran outdoor lerning untuk menggali kreatifitas dan imajinasi anak, melalui pengalaman langsung dialam bebas anak dapat lebih mengenali flora dan fauna. Selain itu metode outdoor learning dapat membuat anak belajar sambil bermain dengan menyenangkan tanpa tekanan dan bergerak secara aktif namun terkoordinasi