Silakan Anda saksikan Video Pembelajaran pada link berikut: http://gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/anak-ribut-dikelas-saat-pbm
Sinopsis:
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Ditulis oleh: Megawati Simanjuntak , SP, M.Si
Setelah Anda menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsinya, Silakan Anda berikan tanggapan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
- Jelaskan pendapat Anda terkait video tersebut, meliputi: setting kelasnya, tokoh atau aktor/aktrisnya, isi materinya, tampilan (gambarnya).
- Menurut Anda, sudah tepatkan strategi yang diterapkan oleh guru tersebut dalam menyelesaikan masalah yang muncul? berikan alasan jawaban Anda
- Apakah Anda pernah mengalami kejadian serupa? Bagaimana Anda menyelesaikannya? Silakan diuraikan pengalaman Anda tersebut.
- Tuliskanlah apa saja penyebab terjadinya ribut dalam kelas di lembaga PAUD berdasarkan pengelaman Anda!
- Tuliskan 3 teori atau pendapat Ahli terkait perkembangan sosial emosional anak usia dini, Jangan lupa menuliskan sumbernya.
Selamat berdiskusi!


1.Menurut saya sebaiknya meja anak dibuat bentuk huruf “U” sehingga guru lebih mudah dalam mengkondisikan anak.
2.Menurut saya sudah tepat karena di dalam kelas yang ribut tidak mungkin untuk melanjutkan materi,anak harus dikondisikan dengan cara guru memimpin tepuk diam.
3.Iya,saya pernah mengalaminya,saya juga menggunakan cara dengan mengajak tepuk diam,bernyanyi,berhitung bersama.
4.Penyebab terjadinya ribut dalam kelas biasanya anak sudah mulai jenuh atau bosan dengan pelajaran yang disampaikan,anak tidak tertarik dengan materi yang disampaikan guru.
5.a.menurut Hyson(1994-2002)bahwa emosi bersifat universal dan evolusioner dalam membantu manusia untuk bertahan hidup,menyesuaikan diri dan belajar.
b.menurut Waite-Stupiansky(1977)bahwa anak belajar konvensi sosial melalui pengulangan,pengingatan dan observasi dan peniruan dari orang lain.
c.menurut chess dan Thomas,1987 bahwa ada beberapa indikasi bahwa tipe-tipe watak ditentukan secara genetik.

Memang kalau seting kelasnya menggunakan kelompok.memang kendalanya seperti itu,anak kurang pokus,terjadi keributan,dan kayanya ruangannya terlalu sempit,saya kira di sana lah edan pentingnya guru pendamping,

1. pendapat sy menurut hasil pengamatan saya:
a) seting kelas: kurang semarak layaknya kelas KB pada umumnya
b) tokoh dalam video: kerja sama guru dalam medampingi anak* sudah tepat, hanya saja belum bisa menguasai anak-anak sehingga masih ada beberapa anak yang ribut di dalam kelas
c) isi materi: sesuai dengan tema pembelajaran
d) tampilan gambar : jelas
2. menurut saya strategi yang dipakai guru sudah tepat
3. saya pernah mengalami kejadian serupa. cara yang sy paia untuk menenangkan situasi kelas saat ribut adalah, memfokuskan perhatian kepada anak-anak tertentu yang menciptakan keributan dan memisahkan mereka agar tidak berkumpul menjadi 1 di satu kelompok
4. penyebab keributan dalam kelas diantaranya terdapat lebih dari 1 anak yang mempunyai kesukaan yang sama misalnya bercerita sehingga mereka akan bercerita dan kurangnya kemampuan guru untuk menguasai semua anak dalam kelas
5. pengertian dari
a) sosial (menurut Muhidin perkembangan sosial adalah proses pembentukan pribadi dalam masyarakat. menurut Hurlock, perkembangan sosial adalah perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. menurut Loree, sosialisasi merupakan proses individu melatih kepekaan terhadap rangsangan sosial)
b) emosi (menurut Syamsuddin, emosi adalah suasana yang kompleks. menurut Goleman emosi merujuk pada 1 perasaan atau pikiran yang pas. menurut word book dictionary, emosi adalah berbagai perasaan yang kuat)
sumber (buku mata kuliah metode pengembangan emosional PAUD 4103)

Nama : Yeti Kasrini Ida
Nim : 836063543
Pokjar : Menggala UPBJJ UT Bandar Lampung
Menurut pendapat saya dalam video diatas yang berjudul “anak ribut di kelas saat PBM”
1) seting kelas, tokoh, dan isi materi yang ditampilkan sangat bagus dan menarik dimana guru sangat berusaha untuk menenangkan anak-anak yang ribut disaat PBM berlangsung.
2) memang tidak mudah bagi guru untuk dapat menyelesaikan semua masalah yang muncul pada diri anak. untuk itu, guru harus memiliki strategi, ketika anak ribut di kelas saat PBM berlangsung dan strategi memberi tepukan , menupan pluit sangat bagus agar anak dapat tenang kembali atau bila diperlukan anak di ajak keluar sejenak untuk menghilangkan rasa bosan anak.
3) Kejadian seperti ini tidak jarang di alami oleh semua pendidik termasuk saya. Anak-anak memang masih masa bermain jadi ketika anak ribut sedang PBM itu sangat wajar. karena ribut adalah salah satu kemampuan anak dalam perkembangan sosial emosional saya sebagai pendidik harus berupaya bagaimana caranya supaya anak dapat tenang dan dapat mengerjakan tugasnya kembali. dengan cara, saya harus diam sesaat membiarkan anak-anak yang sedan ribut sambil memberikan instruksi seperti : siapa yang tidak selesai mengerjakan tugas tudak akan diberi hadiah atau mungkin saya akan bercerita tentang anak soleh. mengalihkan perhatian anak dengan bernyanyi dan bertepuk tangan.
4) Faktor-faktor penyebab terjadinya ribut :
– Anak jenuh/bosan dengan pembelajaran tersebut
– Kurangnya motivasi guru kepada anak/guru kurang menguasai pembelajaran
– Reaksi emosi diri sering kali muncul pada setiap peristiwa dengan cara yang diinginkannya
5) 1. pendapat Hurlock (1978) menurutnya perkembanan emosi ini mencolok pada anak usia 2.5-3.5 tahun dan 5.5-6.5 tahun.
2. Snowman dalam patmonodewo (1995:29) mengemukakan beberapa karakteristik perilaku perkembangan anak usia dini
3. nuraha.2002. kemampuan konsentrasi semua anak masih sangat pendek yaitu sekitar rata-rata 3,2 menit.
Sumber buku paud 4103.UT Metode Pengembangan sosial Emosional.
NAMA: SRI WULANDARI
NIM:858738823
JAWABAN:
- Jelaskan pendapat Anda terkait video tersebut, meliputi: setting kelasnya, tokoh atau aktor/aktrisnya, isi materinya, tampilan (gambarnya).Menurut Anda, sudah tepatkan strategi yang diterapkan
Jawaban:
a. Setting kelasnya sebaiknya dibuat melingkar agar guru lebih mudah mejangkau anak didik dan tidak terkesan monoton,
b. Tokoh atau aktor /aktrisnya sudah baik sesuai dengan tema video
c Isi materi juga sudah bagus dan cukup menarik
d. Tampilan gambarnya sedikit kurang jelas agak kabur (kurang bening)
2. Menurut Anda, sudah tepatkan strategi yang diterapkan oleh guru tersebut dalam menyelesaikan masalah yang muncul? berikan alasan jawaban Anda
Jawaban:
Sudah cukup baik karena dengan berbagai tepuk misalnya tepuk diam dan pendekatan individual (dinasehati dengan perlahan) untuk mengkondisikan anak yang ribut selama kegiatan belajar berlangsung. Cara ini cukup efektif agar anak fokus kembali dengan kegiatan pembelajaran (mewarnai gambar)
3. Apakah Anda pernah mengalami kejadian serupa? Bagaimana Anda menyelesaikannya? Silakan diuraikan pengalaman Anda tersebut.
Jawaban:
Iya, sebagai seorang guru saya juga pernah mengalami kejadian yang serupa, yakni ada beberapa yang ribut di kelas atau kadang juga berlarian di kelas. Cara saya yakni sama dengan melakukan tepuk diam, tepuk fokus dll jika anak yang ribut cukup banyak sedangkan jika hanya satu atau dua, saya dekati mereka dan nasehati perlahan agar tidak membuat kegaduhan/keributan sehingga mereka dapat fokus kembali dengan kegiatan pembelajaran.
4. Tuliskanlah apa saja penyebab terjadinya ribut dalam kelas di lembaga PAUD berdasarkan pengelaman Anda!
Jawaban:
a. Metode/strategi pembelajaran yang kurang menarik
b. Kegiatan pembelajaran hanya dilakukan di dalam kelas sesekali kita perlu mengajak anak untuk belajar di alam terbuka agar mereka tidak jenuh dan bosan.Media pembelajaran/APE kurang menarik
c. Kurang adanya humor saat sesi pembelajaran, sesekali sisipkanlah humor atau intermezzo agar anak senang atau tertawa, tidak terlalu tegang dan pembelajaran pun semakin hidup.
d. Interaksi guru dan murid kurang komunikatif.
5. Tuliskan 3 teori atau pendapat Ahli terkait perkembangan sosial emosional anak usia dini, Jangan lupa menuliskan sumbernya.
Jawaban:
a. Menurut Hurlock (1978:250)
Perkembangan sosial merupakan perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. (Sumber: BMP PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional. Hal 1.17)
b. Menurut Sujiono
Keterampilan sosial sebagai suatu kemmapuan untuk menilai apa yang sedang terjadi dalam suatu situasi sosial; keterampilan untuk merasa dan dengan tepat menginterpretasikan tindakan dan kebutuhan dari anak-anak di kelompok bermain;kemampuan untuk membayangkan bermacam-macam tindakan yang memungkinkan dam memilih salah satunya yang paling sesuai. (Sumber: Nur Hamzah dalam bukunya “ Perkembangan Sosial Anak Usia Dini, hal. 23)
c. Menurut Ahmad Susanto
Perkembangan sosial mengatakan bahwa “Pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Dapat juga diartikan sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral, dan tradisi, meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan bekerja sama.” Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh sebuah proses perlakuan atau bimbingan orang tua terhadap anak dalam berbagai aspek kehidupan sosial, atau norma-norma kehidupan bermasyarakat serta mendorong dan memberikan contoh kepada anaknya bagaimana menerapkan norma-norma ini dalam kehidupan sehari-hari. (Sumber: https://haloedukasi.com/pengertian-perkembangan-sosial-menurut-para-ahli)
1. Menurut saya sebaiknya meja dan kursi anak dibuat bentuk melingkar atau huruf U dan diberi jarak bila belum kondusif bisa dibuat kelompok supaya guru mudah mengontrol dan mengkondisikan anak.
2. Menurut saya sudah tepat, alangkah lebih baiknya bila guru lebih bervariasi dalam menyampaikannya. Diawal anak anak bisa diajak bernyanyi dn tepuk, untuk mewarna bisa diajukan pertanyaan menyebut macam macam warna yg diajukkan sehingga anak bisa menjawab.
3. Ya pernah, cara menyelesaikannya bila anak gaduh/ramai itu banyak anak saya ajak bernyanyi / tepuk dulu atau saya ajak quis. Bila anak yang ramai 1 atau 2 anak saya coba mendekatinnya dan menannyakan apa ada kesulitan kok sampai ramai sendiri kenapa? Lalu saya beri motifasi untuk lebih semangat lagi.
4. A) anak sudah mulai bosan dengan kegiatan atau materi yang disampaikan okeh guru.
B) Kegiatan atau pelajarannya tidak sesuai keinginan anak.
C) anak ingin cepat bermain diluar kelas sehingga sydah tidaj konsentrasi bekajar.
5. 3 teori para ahli terkait perkembangan sosial emosional:
a) menurut Hyson(1994-2020) bahwa emosi bersifat universal dan evolusioner membantu manusia untuk bertahan hidup menyesuaikan diri dalam belajar.
b) menurut waite – stupianshy (1977) bahwa anak belajar konveksi sosial melalui pengulangan pengingatan dan observasi dan peniruan dari orang lain.
c) Chess dan Thomas (1987) bahws ada beberapa indikasi bahwa tipe tipe watak ditentukan secara ginetik.