Pada program video ini Anda dapat menyaksikan seorang guru TK yang mengalami masalah dengan anak didiknya yang mogok atau tidak mau masuk sekolah atau tidak mau belajar di sekolah. Upaya yang dilakukan guru tersebut antara lain adalah: menggali keterangan mendalam dari anak/orangtua dengan home visit untuk mengetahui penyebab mengapa anak mogok belajar, membuat kesepakatan antara anak dan orangtua untuk bisa masuk sekolah, memberikan toleransi kepada anak selama beberapa hari hingga ia merasa aman dan yakin bahwa ia aman masuk ke kelas, anak terus diarahkan secara bertahap untuk mau masuk ke kelas.
Ditulis oleh: Dwi Astuti
Bapak ibu sekalian Anda semua sudah menyaksikan video dan membaca sinopsis tentang Anak yang Mogok Tidak Mau Belajar. Tentunya Anda semua juga pernah menghadapi kasus serupa bukan? Apa yang bisa kita lakukan? Mari kita diskusikan bersama tentang beberapa hal berikut ini…
- Apa analisis Anda bila anak tidak mau belajar, khususnya di sekolah?
- Apa ada kemungkinan terjadi pergeseran fungsi belajar di sekolah yang menyebabkan anak tidak mau belajar? Bagaiman analisis Anda sebagai guru di PAUD?
- Bagaimana Anda sebagai guru PAUD mengidentifikasi penyebab anak tidak mau belajar dan siapa saja sumber informasi yang bisa Anda manfaatkan?
- Tindakan apa yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya)?
- Pemecahan masalah yang bagaimana atau solusi apa yang bisa diberikan guru seandainya anak masih tetap tidak mau belajar, walaupun sudah berbagai cara ditempuh?


Berdasarkan analisis dari pengalaman saya selama mengajar ada beberapa penyebab yang minimbulkan anak tidak mau masuk kelas/mogok :
1. Belum tuntasnya masalah – masalah di rumah sehingga menyebabkan anak rewel bahkan mogok tidak mau sekolah (contohnya, bekalnya tidak cocok, ingin bawa mainan tapi tidak boleh, sarapan yang tidak cocok, masih mengantuk dll)
Kalau karena alasan diatas biasanya anak sangat mudah dibujuk untuk bisa kembali ke sekolah. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain: berkomunikasi dengan anak, menawarkan atau membuat kesepakatan bersama tentang masalah yang menyebabkan anak tersebut mogok.
2. Adanya perbuatan/kejadian yang menyebabkan anak tidak nyaman bahkan trauma juga memicu anak untuk tidak mau kembali ke sekolah contohnya: perlakuan dari teman-temannya, sakit hati sama gurunya.
Penyelesaian untuk masalah yang no.2, biasanya membutuhkan waktu yang agak lama. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain mengajak anak berkomunikasi tentunya juga melibatkan orangtua untuk mencari penyebabnya dan mencari solusi dengan melibatkan anak dalam pembicaraan. Jangan lupa reward2 juga perlu kita tawarkan.

NAMA : SABRINA RAMADHANI
NIM : 825832455
1. Anak yang tidak mau belajar khusus nya di sekolah dikarenakan memiliki masalah dalam keseharian nya disekolah. Seberapa banyak tingkah laku yang menimbulkan masalah yang muncul misalnya anak sebelum ke sekolah mood nya tidak baik atau ngambek karena kinginannya tidak dipenuhi. Selain itu rentang perhatian anak untuk konsentrasi sangat pendek, anak mudah bealih perhatiannya baik dalam belajar atau bermain. Terkadang anak mogok sekolah dikarenakan dia merasa dipaksa melakukan hal yang tidak disukai anak.
2. Kemungkinan ada. Jika dilihat dari perkembangan anak TK, seharusnya pemebelajaran calistung diberikan saat tahap oprasional konkret namun masih banyak yang mengajarkan calistung karena tuntutan dari orang tua. Jika diajarkan calistung anak usia dini dibawah usia 7 tahun, anak dikhawatirkan aka kehilangan periode emas . masa bermainnya hilang, sehingga kehilangan gairah belajar. Namun boleh saja dikenalkan calistung awal pada anak, tetapi harus disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan nyaman bagi anak. Jangan terlalu serius dan menuntut hasil akhir saat itu juga.
3. Pertama kita sebagai guru harus mengobservasi masalah pada yang yang tidak mau belajar, mulai dari sikap dan tingkah laku anak selama pemebelajaran disekolah. Kemudian kita analisis apa sebenarnya masalah yang terjadi pada anak tersebut. Selain itu pentingnya guru bekerja sama dengan orang tua untuk menemukan solusi yang efektif agar anak mau belajar.
4. Tindakan apa yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya) seharusnya guru merubah kepribadian dirinya. Guru seharusnya memiliki kepribadian yang baik, karena itulah yang menjadi penentu dalam menjalankan tanggungjawab dan tugas untuk membina kepribadian peserta didik bukan menjadi perusak kepribadian anak dengan sikap seperti itu.
5. Alternatif yang dilakukan oleh guru adalah guru harus membuat perencanaan pembelajaran atau strategi pembelajaran yang menarik serta gunakan media dan metode yang bervariasi. Ajaklah anak untuk belajar sambil bermain jangan terlalu monoton hanya mengerjakan malajah saja. Ajaklah anak untuk bereksplorasi dengan lingkungan sekitar anak.

1. menurut analisi saya biasanya jika anak tidak mu belajar atau disekolah di karenakan adanya bad mood yang timbul di diri anak. perasaan tidak nyaman itu lah yang mendorong anak tidak ingin belajar. beberapa pengalaman yang saya dapatkan di lapangan biasanya anak yang tidak mau masuk sekolah memiliki masalah dengan keluarga, misalnya apa yang diinginkan anak tidak terpenuhi dan keluarga menyampaikan alasan tidak terpenuhi keinginan si anak dengan cara yang salah. selain itu kemungkinan terbesar ialah adanya permasalahan di lingkungan sekolah bisa jadi teman bahkan guru. Biasanya jika mereka bermasalah dengan teman dan si anak takut untuk memberitahu ke pada guru sehingga tempat yang menurut ia paling aman adalah rumah dan keluarga sehingga timbulah rasa si anak tidak ingin masuk sekolah, dan yang ketiga mungkin si anak ada merasa takut atau sakit hati oleh ucapan sang guru yang mungkin juga tanpa guru sadari melakukan itu atau bahkan karena pelajaran yang monoton sehingga anak merasa bosan.
2. kemungkinan seperti itu mungkin saya terjadi, bisa jadi karena pelajaran yang monoton sehingga anak bosan, atau cara guru mengajar yang membosankan atau menakutkan sehingga tidak dapat membangkitkan semangat belajar anak.
3. sumber informasi utama yang akan saya identifikasi adalah keluarga karena keluarga adalah tempat anak-anak meluapkan perasaanya. hal yang dapat saya lakukan ialah melakukan homevisit ke rumah anak atau memangil orang tua untuk di ajak berdiskusi atas perubahan perilaku anak tersebut. kemudian selain keluarga sumber informasi yang saya cari melalui teman-teman sekelasnya dengan metode pendekatan secara langsung.
4. Jika penyebab mogok belajar anak di karenakan ucapan atau perbuatan saya sebagai guru menyakiti hatinya maka pertama kali yang saya lakukan ialah meminta maaf kepada sang anak, kemudian saya akan menjelaskan kepadanya mengapa saya melakukan itu, entah perbuatan itu saya lakukan dengan sadar atau tidak, saya akan menjelaskan kepada sang anak dengan cara yang mudah mereka pahami.
5. pertama saya akan memberikan waktu beberapa hari hingga ia merasa aman dan nyaman masuk ke sekolah kembali. selama masa penenangan tersebut saya selaku guru akan terus memantau atau berkoordinasi dengan orang tua agar mau memberi pengertian kepada sang anak secara perlahan.

Menurut saya saat anak didik mogok atau tdk mau belajar di sekolah mungkin anak lagi tidak mood kesekolah,dan mungkin anak tidak tertarik dengan apa yg disampaikan guru.kita sebagai guru harus bisa mencari tau knp anak tdk mau belajar di sekolah,dan kita sebagai guru harus membuat rancangan pembelajaran yg menarik perhatian anak,mengajak anak untuk melakukan kegiatan yg disukai ,mengajak anak bernyanyi,membuat anak senang dan nyaman berada di kelas..
- Analisis yang saya lakukan bila anak tidak mau belajar, khususnya di sekolah adalah dipaksa oleh orang tua untuk bangun pagi dan menyebabkan anak merasa jengkel, serta perasaan jengkel tersebut masih dibawa sampai ke sekolah.
- Menurut pengalaman saya kemungkinan ada, karena terkadang ada orang tua yang memaksakan anaknya untuk mengikuti semua kegiatan yang ada di sekolah, apalagi kalau ada pembelajaran yang terkait dengan belajar menulis angka dan menulis huruf, orang tua terlalu memaksakan kehendak anak, anak yang tadinya sedang asyik bermain meronce atau bermain air dipaksa orang tua untuk mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan calistung tersebut yang pada akhirnya anak menjadi marah dan mogok tidak mau mengikuti pembelajaran sampai selesai.
- Cara mengidentifikasi penyebab anak tidak mau belajar adalah saya menanyakan langsung kepada anak tersebut kenapa tidak mau ikut belajar, karena anak-anak usia PAUD biasanya berkata jujur dan mudah untuk digali informasinya, bila anak tidak mau mengaku saya tanyakan langsung kepada orang tuanya, tentang sebab kenapa waktu di sekolah anak tidak mau belajar. Sumber informasi yang bisa saya manfaatkan yang paling utama adalah orang tua murid terutama ibunya.
- Tindakan yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui adalah dengan membujuk anak tersebut agar mau belajar kembali, serta meminta maaf kepada anak tersebut apabila guru telah menyakiti hati anak tersebut.
- Pemecahan masalah atau solusi yang bisa diberikan guru seandainya anak masih tetap tidak mau belajar, walaupun berbagai cara sudah ditempuh adalah dengan pantang menyerah membujuk dan melakukan pendekatan dengan lembut dan penuh kasih sayang kepada anak agar anak mau belajar kembali, serta memberitahukan kepada orang tuanya tentang apa yang sebenarnya terjadi di sekolah.

Menurut saya, mengapa anak mogok sekolah, yang harus mengetahui dahulu adalah kita sebagai orang tua anak tersebut, harus memahami dengan baik permasalahan yang dialami anak yang membuat anak malas untuk berangkat sekolah.
1. Banyak hal yang membuat anak malas sekolah, mungkin karena anak merasa sakit, perasaan takut karena anak menjadi korban dari kenakalan teman-temannya, atau tidak mau pisah dari orangtua, atau anak belum cukup umur karena terlalu dini untuk masuk sekolah atau anak sudah merasa bosan untuk masuk sekolah karena suasana sekolah yang kurang menyenangkan, atau perhatian orang tua terhadap anak sangat minim.
2. ya, mungkin bisa terjadi, karena pembelajarannya kurang menyenangkan atau monoton sehingga membuat anak jenuh atau bosan disekolah, sehingga anak selalu ingin pulang.
3. sebagai guru PAUD, kita harus mengidentifikasi penyebab anak tidak mau belajar dengan cara: Mencari apa yang menjadi kesukaannya atau permainan yang diinginkan anak, bertanya kepada anak mengapa ia tidak mau belajar, bila itu dikarenakan teman-temannya yang membuat anak tersebut takut, maka kita harus mendekatkan anak tersebut dengan temannya untuk saling minta maaf atau diajak untuk belajar dan bermain bersama. jika cara ini juga tidak bisa, maka yang terakhir kita harus bertanya kepada orangtuanya, mungkin dengan orangtuanya anak tersebut bisa menceritakan apa yang menjadi permasalahan anak tersebut.
4. Tindakan yang dilakukan adalah, guru harus mendekati anak tersebut setiap hari dengan cara menyapanya, atau bermain bersamanya, memberi kata pujian setiap yang dilakukan sehingga anak merasa percaya diri dalam melakukan kegiatan belajarnya dan rasa takutnya akan berangsur-angsur hilang sehingga bukan rasa takut lagi tetapi rasa sayang kepada gurunya dan menjadi teman yang baik.
5. Memberi pilihan kepada orang tuanya sendiri. apabila semua cara sudah ditempuh. karena kita tidak bisa memaksa anak untuk harus masuk sekolah dan belajar, semunya itu harus kembali ke anak atau orangtuanya tersebut.
Belajar khususnya di sekolah Menurut saya anak tidak mau belajar bisa dikarenakan banyak hal misalnya punya anak belum berangkat ke sekolah tidak baik karena keinginannya tidak terpenuhi misalnya bekalnya tidak cocok masih mengantuk masih ingin menonton film kesukaannya belum berangkat ke sekolah dan lain-lain penerapan pembelajaran yang terlalu menekan sehingga menjadikan anak menjadi mogok belajar mencari tahu Apa masalah yang menyebabkan anak tidak ingin belajar sumber informasi yang bisa kita dapat dari orang terdekat anak tersebut dari orang tua teman dekat yang sering bermain dengan anak tersebut bisa mengasuhnya guru perlu melakukan pendekatan dengan lambat dan meminta maaf terlebih dahulu kepada anak atas perkataan yang mungkin telah menyakiti hati anak dalam membujuk anak memeluk anak sebagai tanda kasih sayang terhadap anak selalu memotivasi anak untuk mau belajar alternatif yang dilakukan oleh guru adalah Membuat strategi pembelajaran yang menarik dengan menggunakan media dan metode yang bervariasi serta mengajak anak untuk bermain sesuai dengan keinginan anak
1. Analisis saya jika ada anak yang mogok sekolah di karenakan ada rasa ketidaknyamanan dan rasa aman pada diri anak selama berada di sekolah
2. Kemungkinan itu pasti ada, untuk itu sebagai guru PAUD kita harus bisa memahami kondisi dan kemampuan anak secara alami, karena di dalam memberikan pelayanan pembelajaran agar anak merasa nyaman dan aman terlebih dahulu.
3. Dalam mengidentifikasi masalah yang ada jika anak tidak mau berangkat sekolah adalah mencari penyebab permasalahannya, sebagai contoh kita bisa mengamati perilaku anak saat di sekolah, bisa juga mencari sumber dari orang tua, karena tidak menutup kemungkinan anak tidak mau berangkat sekolah dikarenakan ada permasalahan dari rumahnya.
4. Tindakan yang bisa dilakukan adalah menyampaikan secara langsung pada anak dan orang tuanya tentang permasalahan yang terjadi, jika posisi guru yang keliru bisa minta maaf dengan dasar tidak ada unsur kesengajaan.
5. Pemecahan yang bisa dilakukan adalah dengan cara membicarakan langsung kepada orang tuanya penyebab permasalahan yang ada dan mencari solusi yang terbaik untuk kondisi anak, sehingga jika kita bisa bekerjasama dengan orang tua, otomatis permasalahan ini bisa di atasi.

1 berdasarkan analisis dari pengalaman saya
Kemungkinan anak lagi tidak mood kesekolah/takut kepada salah satu temannya Sendiri,dan juga biasanya anak yang tidak mau masuk sekolah memiliki masalah dengan keluarga.
2 kemungkinan ada,contohnya seperti saat ini semua sekolah diliburkan dan anak2 dianjurkan belajar dirumah dan guru menyampaikan kegiatan belajar tidak secara langsung/tatap muka karena sedang mengalami distancing /covid 19.dari hal itu yg menyebabkan sebagian anak2 mogok karena fungsi pembelajaran yang kurang efektif.
3 sumber informasi utama yg akan saya identifikasi adalah keluarga,karena keluarga adalah tempat anak meluapkan perasaannya,kemudian selain keluarga melalui teman2 sekelasnya dengan metode pendekatan secara langsung.
4 meminta maaf terlebih dahulu kepada anak tersebut dan mengakui kesalahannya,kemudia memeluk si anak tersebut sambil diajak ngobrol atau alihkan perhatiannya.
5 pertama saya akan memberi waktu beberapa waktu hingga ia merasa aman dan nyaman masuk kesekolah,saya selaku guru akan terus memantau/berkoordinasi dengan orang tua agar mau memberi pengertian kepada anak secara perlahan.

1.menurut analisis saya biasanya jika anak tidak mau belajar atau datang ke sekolah memiliki masalah dalam kesehariannya. Beberapa pengalaman yang saya dapatkan di lapangan memiliki masalah dengan keluarga misal nya bekal makanan ke sekolah tidak sesuai dengan keinginannya atau anak merasa takut dengan temannya.
2 kemungkinan seperti itu bisa saja terjadi.bisa jadi pelajaran yang selalu monoton Selain itu masih banyak yang mengajarkan calistung karena tuntutan orang tua sehingga gairah bermain anak hilang namun boleh saja di kenalkan calistung awal pada anak tapi di sampaikan dengan cara yang menyenangkan
3.yang pertama saya melakukan pendekatan terhadap anak tersebut dengan cara memisahkan dari teman yang lain dan bertanya tentang apa yang di rasakan .di alaminya dan di inginkan nya atau bisa juga bertanya kepada orang tua nya
4.meminta ma’af kepada anak Jika penyebab anak mogok belajar di karenakan ucapan atau perbuatan saya dan saya menjelaskan kepadanya mengapa saya melakukan itu dengan cara yang mudah di pahami nya
5.saya akan memberikan waktu beberapa hari untuk menenangkan diri Hingga ia merasa aman dan nyaman entah itu bermain sendiri Atau bermain dengan guru pendamping hingga anak kembali mau di ajak belajar namun apabilaanak tidak mau datang ke sekolah maka saya akan berkoordinasi dengan orang tua nya agar membujuk atau memberikan pengertian agar anak supaya mau datang ke sekolah
nama : Winni Binti Kornelius Pole
nim   : 826171659
- analisis saya, anak yang mogok belajar tidak mau belajar di sebabkan suasana hati anak dari rumah sudah dibaik,berselisih paham dengan dengan teman serta adanya tuntutan dari guru untuk mengerjakan tugasnya padahal anak belum mampu untuk melakukannya sendiri.
- ini disebabkan pembelajaran guru yang terlalu monoton/ membosankan sehingga membuat anak bosan, kadang anak juga merasa tertekan dengan tugas yang diberikan.
- Mengidentifikasi penyebab anak tidak mau belajar dan siapa saja sumber informasi yang bisa saya manfaatkan yaitu mendekati anak dan orang tua anak serta teman anak yang satu bangku. mengali informasi apa masalah anak dari rumah sebelum kesekolah, mengali informasi dari teman sebangku anak.
- Tindakan yang saya lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan saya) yaitu saya mendekati anak dengan bicara secara lembut dan memintah maaf kepada anak serta memberikan alasan kepada anak mengapa sampai saya tampa sadar telah membuat anak sedih dengan mengunakan bahasa yang mudah dimengerti anak. serta itu kembali menyemangati anak agar mau mengikuti kegiatan belajar mengajar.
- Solusi yang bisa saya berikan seandainya anak masih tetap tidak mau belajar, walaupun sudah berbagai cara saya ditempuh yaitu menayakan kepada anak maunya belajar apa? saya juga akan merunah srategi belajar yang menyenangkan dan menarik perhatian anak. memberikan anak reward jika dia mau belajar dan mengerjakan tugas dengan memberi bintang atau cap pada tangan anak sehingga dia adapan memperlihatkan kepada orang tua atau temannya bahwa hari ini menjadi anak yang hebat.
Menurut saya anak tidak mau belajar bisa dikarenakan banyak hal, mungkin anak meras tertekan karena harus menyelesaikan tugas yang dia belum paham / belum mengerti apa yang harus dia lakukan atau belum tuntasnya masalah – masalah di rumah sehingga menyebabkan anak rewel bahkan mogok tidak mau sekolah (contohnya, bekalnya tidak cocok, ingin bawa mainan tapi tidak boleh, sarapan yang tidak cocok, masih mengantuk dll)mungkin bisa juga karena memiliki masalah dengan teman nya.
2. Hal ini sangat bisa terjadi dikarenakan penerapan pembelajaran yang terlalu menekan pada suatu aspek perkembangan saja sehingga hal ini menjadikan anak menjadi mogok belajar,atau pembelajaran yang monoton bisa jadi membuat anak menjadi bosan sehingga tidak mau mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung
3. Melakukan analisis terhadap anak yg tidak ingin belajar , mencari tahu apa masalah yang menyebabkan anak tidak ingin belajar, sumber informasi yang bisa kita dapat dari orang tua orang terdekat anak tersebut,bisa ibu atau pengasuhnya.
4. guru perlu melakukan pendekatan dengan berbicara secara lembut dan meminta maaf terlebih dahulu kepada anak atas perkataan yang mungkin telah menyakiti hati anak lalu membujuk anak dan memberikan motivasi pada anak agar mau mengikuti kegiatan belajar yang sedang berlangsung.kemudian bisa juga sesudah anak melakukan sesuatu langsung diapresiasi.
5. memberikan pilihan kepada anak,bisa dengan mengajak anak bermain sesuai dengan keinginan anak atau bisa juga mengajak anak membaca cerita di perpustakaan dengan perjanjian setelah bermain anak harus mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru.
Menurut saya anak tidak mau belajar bisa dikarenakan banyak hal … mungkin anak meras tertekan karena harus menyelesaikan tugas yang dia belum paham / belum mengerti apa yang harus dia lakukan.
2. Hal ini sangat bisa terjadi dikarenakan penerapan pembelajaran yang terlalu menekan pada suatu aspek perkembangan saja sehingga hal ini menjadikan anak menjadi mogok belajar
3. Melakukan analisis terhadap anak yg tidak ingin belajar , mencari tahu apa masalah yang menyebabkan anak tidak ingin belajar, sumber informasi yang bisa kita dapat dari orang tua / orang terdekat anak tersebut , bisa ibu atau pengasuhnya.
4. guru perlu melakukan pendekatan dengan berbicara secara lembut dan meminta maaf terlebih dahulu kepada anak atas perkataan yang mungkin telah menyakiti hati anak lalu membujuk anak dan memberikan motivasi pada anak agar mau mengikuti kegiatan belajar yang sedang berlangsung.
5. memberikan pilihan kepada anak.. bisa dengan mengajak anak bermain sesuai dengan keinginan anak atau bisa juga mengajak anak membaca cerita di perpustakaan dengan perjanjian setelah bermain anak harus mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru.