Pada program video ini Anda dapat menyaksikan seorang guru TK yang mengalami masalah dengan anak didiknya yang mogok atau tidak mau masuk sekolah atau tidak mau belajar di sekolah. Upaya yang dilakukan guru tersebut antara lain adalah: menggali keterangan mendalam dari anak/orangtua dengan home visit untuk mengetahui penyebab mengapa anak mogok belajar, membuat kesepakatan antara anak dan orangtua untuk bisa masuk sekolah, memberikan toleransi kepada anak selama beberapa hari hingga ia merasa aman dan yakin bahwa ia aman masuk ke kelas, anak terus diarahkan secara bertahap untuk mau masuk ke kelas.
Ditulis oleh: Dwi Astuti
Bapak ibu sekalian Anda semua sudah menyaksikan video dan membaca sinopsis tentang Anak yang Mogok Tidak Mau Belajar. Tentunya Anda semua juga pernah menghadapi kasus serupa bukan? Apa yang bisa kita lakukan? Mari kita diskusikan bersama tentang beberapa hal berikut ini…
- Apa analisis Anda bila anak tidak mau belajar, khususnya di sekolah?
- Apa ada kemungkinan terjadi pergeseran fungsi belajar di sekolah yang menyebabkan anak tidak mau belajar? Bagaiman analisis Anda sebagai guru di PAUD?
- Bagaimana Anda sebagai guru PAUD mengidentifikasi penyebab anak tidak mau belajar dan siapa saja sumber informasi yang bisa Anda manfaatkan?
- Tindakan apa yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya)?
- Pemecahan masalah yang bagaimana atau solusi apa yang bisa diberikan guru seandainya anak masih tetap tidak mau belajar, walaupun sudah berbagai cara ditempuh?


Berdasarkan analisis dari pengalaman saya selama mengajar ada beberapa penyebab yang minimbulkan anak tidak mau masuk kelas/mogok :
1. Belum tuntasnya masalah – masalah di rumah sehingga menyebabkan anak rewel bahkan mogok tidak mau sekolah (contohnya, bekalnya tidak cocok, ingin bawa mainan tapi tidak boleh, sarapan yang tidak cocok, masih mengantuk dll)
Kalau karena alasan diatas biasanya anak sangat mudah dibujuk untuk bisa kembali ke sekolah. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain: berkomunikasi dengan anak, menawarkan atau membuat kesepakatan bersama tentang masalah yang menyebabkan anak tersebut mogok.
2. Adanya perbuatan/kejadian yang menyebabkan anak tidak nyaman bahkan trauma juga memicu anak untuk tidak mau kembali ke sekolah contohnya: perlakuan dari teman-temannya, sakit hati sama gurunya.
Penyelesaian untuk masalah yang no.2, biasanya membutuhkan waktu yang agak lama. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain mengajak anak berkomunikasi tentunya juga melibatkan orangtua untuk mencari penyebabnya dan mencari solusi dengan melibatkan anak dalam pembicaraan. Jangan lupa reward2 juga perlu kita tawarkan.

NAMA : SABRINA RAMADHANI
NIM : 825832455
1. Anak yang tidak mau belajar khusus nya di sekolah dikarenakan memiliki masalah dalam keseharian nya disekolah. Seberapa banyak tingkah laku yang menimbulkan masalah yang muncul misalnya anak sebelum ke sekolah mood nya tidak baik atau ngambek karena kinginannya tidak dipenuhi. Selain itu rentang perhatian anak untuk konsentrasi sangat pendek, anak mudah bealih perhatiannya baik dalam belajar atau bermain. Terkadang anak mogok sekolah dikarenakan dia merasa dipaksa melakukan hal yang tidak disukai anak.
2. Kemungkinan ada. Jika dilihat dari perkembangan anak TK, seharusnya pemebelajaran calistung diberikan saat tahap oprasional konkret namun masih banyak yang mengajarkan calistung karena tuntutan dari orang tua. Jika diajarkan calistung anak usia dini dibawah usia 7 tahun, anak dikhawatirkan aka kehilangan periode emas . masa bermainnya hilang, sehingga kehilangan gairah belajar. Namun boleh saja dikenalkan calistung awal pada anak, tetapi harus disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan nyaman bagi anak. Jangan terlalu serius dan menuntut hasil akhir saat itu juga.
3. Pertama kita sebagai guru harus mengobservasi masalah pada yang yang tidak mau belajar, mulai dari sikap dan tingkah laku anak selama pemebelajaran disekolah. Kemudian kita analisis apa sebenarnya masalah yang terjadi pada anak tersebut. Selain itu pentingnya guru bekerja sama dengan orang tua untuk menemukan solusi yang efektif agar anak mau belajar.
4. Tindakan apa yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya) seharusnya guru merubah kepribadian dirinya. Guru seharusnya memiliki kepribadian yang baik, karena itulah yang menjadi penentu dalam menjalankan tanggungjawab dan tugas untuk membina kepribadian peserta didik bukan menjadi perusak kepribadian anak dengan sikap seperti itu.
5. Alternatif yang dilakukan oleh guru adalah guru harus membuat perencanaan pembelajaran atau strategi pembelajaran yang menarik serta gunakan media dan metode yang bervariasi. Ajaklah anak untuk belajar sambil bermain jangan terlalu monoton hanya mengerjakan malajah saja. Ajaklah anak untuk bereksplorasi dengan lingkungan sekitar anak.

1. menurut analisi saya biasanya jika anak tidak mu belajar atau disekolah di karenakan adanya bad mood yang timbul di diri anak. perasaan tidak nyaman itu lah yang mendorong anak tidak ingin belajar. beberapa pengalaman yang saya dapatkan di lapangan biasanya anak yang tidak mau masuk sekolah memiliki masalah dengan keluarga, misalnya apa yang diinginkan anak tidak terpenuhi dan keluarga menyampaikan alasan tidak terpenuhi keinginan si anak dengan cara yang salah. selain itu kemungkinan terbesar ialah adanya permasalahan di lingkungan sekolah bisa jadi teman bahkan guru. Biasanya jika mereka bermasalah dengan teman dan si anak takut untuk memberitahu ke pada guru sehingga tempat yang menurut ia paling aman adalah rumah dan keluarga sehingga timbulah rasa si anak tidak ingin masuk sekolah, dan yang ketiga mungkin si anak ada merasa takut atau sakit hati oleh ucapan sang guru yang mungkin juga tanpa guru sadari melakukan itu atau bahkan karena pelajaran yang monoton sehingga anak merasa bosan.
2. kemungkinan seperti itu mungkin saya terjadi, bisa jadi karena pelajaran yang monoton sehingga anak bosan, atau cara guru mengajar yang membosankan atau menakutkan sehingga tidak dapat membangkitkan semangat belajar anak.
3. sumber informasi utama yang akan saya identifikasi adalah keluarga karena keluarga adalah tempat anak-anak meluapkan perasaanya. hal yang dapat saya lakukan ialah melakukan homevisit ke rumah anak atau memangil orang tua untuk di ajak berdiskusi atas perubahan perilaku anak tersebut. kemudian selain keluarga sumber informasi yang saya cari melalui teman-teman sekelasnya dengan metode pendekatan secara langsung.
4. Jika penyebab mogok belajar anak di karenakan ucapan atau perbuatan saya sebagai guru menyakiti hatinya maka pertama kali yang saya lakukan ialah meminta maaf kepada sang anak, kemudian saya akan menjelaskan kepadanya mengapa saya melakukan itu, entah perbuatan itu saya lakukan dengan sadar atau tidak, saya akan menjelaskan kepada sang anak dengan cara yang mudah mereka pahami.
5. pertama saya akan memberikan waktu beberapa hari hingga ia merasa aman dan nyaman masuk ke sekolah kembali. selama masa penenangan tersebut saya selaku guru akan terus memantau atau berkoordinasi dengan orang tua agar mau memberi pengertian kepada sang anak secara perlahan.

Menurut saya saat anak didik mogok atau tdk mau belajar di sekolah mungkin anak lagi tidak mood kesekolah,dan mungkin anak tidak tertarik dengan apa yg disampaikan guru.kita sebagai guru harus bisa mencari tau knp anak tdk mau belajar di sekolah,dan kita sebagai guru harus membuat rancangan pembelajaran yg menarik perhatian anak,mengajak anak untuk melakukan kegiatan yg disukai ,mengajak anak bernyanyi,membuat anak senang dan nyaman berada di kelas..
Nama : sulistiani
Nim: 858555979
Pokjar : bandung-tulungagung
1.saya pernah mengalami hal yang sama.dari analisis saya anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah itu di sebabkan banyak hal di antaranya,-*anak tersebut dari rumah sudah rewalkarena berbagai hal misalnya tidak mau sarapan,bekalnya tidak cocok terus dipaksa oleh orang tuanya .* kemungkinan juga anak merasa di paksa untuk melakukan hal yang tidak sesuai keinginannya. * atau Perasaan yang tidak nyaman di sekolah merasa takut tidak bisa mengerjakan kegiatan belajar di sekolah.
2.ada ,biasanya di sebabkan dalam kegiatan belajar apabila media kita dalam belajar kurang menarik untuk anak, anak-anak akan mudah bosan dan minat belajar anak berkurang sehingga kelas menjadi gaduh.
3. Hal yang saya lakukan yang pertama saya akan bertanya kepada anak dengan cara ,saya dekati anaknya sambil saya usap2 kepalanya di berikan pujian di ajak bermain setelah anak merasa nyaman baru kita menanya masalah yang terjadi pada diri anak tersebut. Yang kedua saya akan mengidentifikasi kepada orang tuanya apa penyebab anak tersebut mogok belajar.
4. Yang saya lakukan adalah meminta maaf kepada anak. Dan menjelaskan maksud dan tujuan dari perkataan guru tersebut dengan bahasa yang mudah di pahami anak.
5. Jika anak tidak mau belajar walaupun sudah di lakukan berbagai cara ,yang saya lakukan adalah saya membiarkan anak tersebut untuk beberapa saat, karena kalau anak tersebut di paksa untuk mengikuti keinginan kita yang ada anak tersebut semakin marah bahkan menangis,biarkan anak merasa tenang,nyaman, setelah itu kita dekati di ajak bicara , diajak bermain,ditanya minat dan kemauannya apa,kegiatan apa yang dia suka.
USMINAH
NIM : 857419208
- Analisis saya bila anak tidak mau belajar, khususnya di sekolah dikarenakan ada beberapa hal yang dialami anak yaitu anak takut, Anak merasa tidak nyaman di lingkungan sekolah dan memilih untuk di rumah yang dianggapnya aman dan nyaman, anak mengalami kesulitan belajar tentu menyebabkan anak mama merasa cemas, takut, dan stres, anak dipaksa mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu mengerjakan sedangkan anak lainnya sudah melakukan, anak bertengkar dengan teman sekelasnya atau kesulitan bergaul atau bullying sehingga ia akan memilih tidak berada di sekolah saja dan anak sakit hati atas ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya. Upaya yang dilakukan guru antara lain adalah: menggali keterangan mendalam dari anak/orangtua dengan home visit untuk mengetahui penyebab mengapa anak mogok belajar, membuat kesepakatan antara anak dan orangtua untuk bisa masuk sekolah, memberikan toleransi kepada anak selama beberapa hari hingga ia merasa aman dan yakin bahwa ia aman masuk ke kelas, anak terus diarahkan secara bertahap untuk mau masuk ke kelas
- Pergeseran fungsi belajar di sekolah yang menyebabkan anak tidak mau belajar, bisa terjadi. Disebabkan guru PAUD belum profesional dalam menyampaikan pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran masih menoton, sehingga kurang minat belajar anak, belum lagi tuntutan orang tua, yang mengahuskan anak sudah bisa membaca dan berhitung di sekolah PAUD, sedangkan pembelajaran di PAUD persiapan untuk sekolah ke tingkat selanjutnya.
- Untuk mengidentifikasi penyebab anak tidak mau belajar bisa dilakukan dngan beberapa cara yaitu : saya sebagai guru PAUD melakukan observasi, evaluasi pembelajaran, dan refleksi diri, kemudian saya mengidentifikasi karakteristik siswa dengan menggunakan kuesioner, interview, observasi dan tes Latar belakang siswa, menggali keterangan mendalam dari anak/orangtua dengan home visit untuk mengetahui penyebab mengapa anak tidak mau belajar. Sumber informasi yang bisa saya manfaatkan adalah anak peserta didik, orang tua, teman sejawat, kepala sekolah, pembimbing.
- Tindakan yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya) adalah Guru meminta maaf, apabila ucapaan dan perbuatan membuat anak sakit hati, kemudian guru memberikan banyak kesempatan pada anak untuk berdiskusi dan bernegosiasi, Karena anak memerlukan kedekatan perasaan, kepercayaan dan pemahaman dari kita dalam menjelaskan suatu hal, kita harus membantu anak mengekspresikan pikiran dn perasaannya tentang berbagai macam persoalan dan peristiwa yang dihadapinya. Kita perlu membalas tingkah laku yang baik yang dipelajari oleh anak, seperti memberi hadiah setelah anak melakukan tindakan yang baik
- Pemecahan masalah atau solusi apa yang bisa diberikan guru seandainya anak masih tetap tidak mau belajar, walaupun sudah berbagai cara ditempuh adalah pendekatan personal yaitu dialog atau komunikasi langsung dan terbuka antara guru dengan murid. Guru dapat menanyakan banyak hal terkait proses pembelajaran dan apa saja yang menghambat penerimaan materi. Dari sini, guru dapat memberikan solusi penyelesaian masalah kesulitan belajar yang dialami siswa tersebut, membentuk kelompok belajar, agar anak dapat berkomunikasi, bekarja sama dengan teman-tamannya sehingga enarik minat belajar anak. Guru selalau memberikan motivas kepada anak, dan mengembangakan strategi dan multimetode pembelajaran.
NAMA : SEVENNIA BR MARPAUNG
NIM : 855851948
M. P. Perilaku dan Kemamp. Dasar AUD – PAUD4401.120014
- Analisis saya terhadap anak yang tidak mau belajar khususnya disekolah dikarenakan beberapa factor. Yang pertama yaitu bermula dari rumah. Mungkin saja sejak dari rumah anak tersebut memang sudah tidak mau berangkat kesekolah dikarenakan beberapa hal. Bisa jadi karena menagantuk, tidak enak badan, memang sedang malas kesekolah, atau dimarahi orangtua, tidak membawa bekal yang disukainya, alat sekolah yang kurang nyaman baginya, dan lain sebagainya. Factor berikutnya ketika sudah sampai dilingkungan sekolah, bisa jadi dikarenkan anak sedang lapar, materi yang disampaikan guru kurang menarik minatnya, di ganggu teman disekolah nya, tidak diperhatikan guru dan lain sebagainya.
- Apa ada kemungkinan terjadi pergeseran fungsi belajar di sekolah yang menyebabkan anak tidak mau belajar? Bagaiman analisis Anda sebagai guru di PAUD? Kemungkinan terjadinya pergeseran fungsi belajar bagi AUD yang mengakibatkan anak tidak mau belajar bisa saja terjadi. Karna pada hakikatnya fungsi belajar bagi PAUD adalah pembentukan perkembangan kemampuan potensi dan karakter anak yang dilakukan dengan berbagai metode yang bermain yang menarik dan tidak membuat anak menjadi bosan. Namun pada kenyataanya ketika dikelas, guru menciptakan cara belajar seperti anak SD yang menekankan kemampuan untuk bisa baca dan tulis yang membuat AUD yang akan membuat anak tersebut jenuh ketika dikelas.
- Bagaimana Anda sebagai guru PAUD mengidentifikasi penyebab anak tidak mau belajar dan siapa saja sumber informasi yang bisa Anda manfaatkan? Cara saya sebagai guru PAUD mengidentifikasi anak yang tidak mau belajar adalah : pertama saya dekati dia saat lihat dulu kondisi kesehatan nya, apakah sedang sakit atau tidak, apakah sedang lapar, Jika memang kesehatan bukan menjadi alasan nya, saya cari tahu dulu apakah tadi dari rumah memang sudah ada masalah atau tidak. Jika memang tidak itu yang menjadi alasan nya, saya bujuk anak untuk mengungkapkan perasaan nya, atau kah karna diganggu teman, atau tidak diperhatikan guru atau lainnya. Jika memang tidak saya akan mengajak anak untuk berbicara berdua agar dia nyaman mengungkapkan perasaan nya. Setelah itu saya akan memberi sedikit penyegaran kepada anak dengan membawanya keluar kelas dan sedikit bermain, agar anak bisa rileks dan siap untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.
- Tindakan apa yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya)? Jika memang alasan anak tidak mau ikut belajar karna sakit hati atas perbuatan gurunya, saya akan mendekati anak dan bertanya dengan lembut kepadanya, apa alasan yang membuat sakit hatinya, jika memang sudah diungkapkan nya, saya sebagai guru akan meminta maaf kepada anak atas perbuatan dan ucapan saya, dan berjanti tidak akan mengulangi nya. Dan jika suatu saat ada yang membuat dia sakit hati, dia bisa mengungkapkan perasaan nya kepada guru tanpa takut guru akan marah. Agar guru tau perasaan nya.
- Pemecahan masalah yang bagaimana atau solusi apa yang bisa diberikan guru seandainya anak masih tetap tidak mau belajar, walaupun sudah berbagai cara ditempuh? jika anak masih tidak mau belajar walaupun sudah berbagai cara ditempuh, cara yang akan saya lakukan adalah, mengajak anak duduk disamping saya, dan saya akan damping dia. Jika tidak juga berhasil saya akan mambuat suatu parmainan di sudut pengaman yang membuat anak melupakan masalahnya. Bisa dengan bermain puzzle, bermain balok dan permainan edukatif lainnya. Jika anak sudah merasa lebih tenang, saya akan coba kembali mengajak anak ikut belajar dengan teman nya
- Analisis saya terhadap anak yang tidak mau belajar khususnya disekolah dikarenakan beberapa factor. Yang pertama yaitu bermula dari rumah. Mungkin saja sejak dari rumah anak tersebut memang sudah tidak mau berangkat kesekolah dikarenakan beberapa hal. Bisa jadi karena menagantuk, tidak enak badan, memang sedang malas kesekolah, atau dimarahi orangtua, tidak membawa bekal yang disukainya, alat sekolah yang kurang nyaman baginya, dan lain sebagainya. Factor berikutnya ketika sudah sampai dilingkungan sekolah, bisa jadi dikarenkan anak sedang lapar, materi yang disampaikan guru kurang menarik minatnya, di ganggu teman disekolah nya, tidak diperhatikan guru dan lain sebagainya.
- Apa ada kemungkinan terjadi pergeseran fungsi belajar di sekolah yang menyebabkan anak tidak mau belajar? Bagaiman analisis Anda sebagai guru di PAUD? Kemungkinan terjadinya pergeseran fungsi belajar bagi AUD yang mengakibatkan anak tidak mau belajar bisa saja terjadi. Karna pada hakikatnya fungsi belajar bagi PAUD adalah pembentukan perkembangan kemampuan potensi dan karakter anak yang dilakukan dengan berbagai metode yang bermain yang menarik dan tidak membuat anak menjadi bosan. Namun pada kenyataanya ketika dikelas, guru menciptakan cara belajar seperti anak SD yang menekankan kemampuan untuk bisa baca dan tulis yang membuat AUD yang akan membuat anak tersebut jenuh ketika dikelas.
- Bagaimana Anda sebagai guru PAUD mengidentifikasi penyebab anak tidak mau belajar dan siapa saja sumber informasi yang bisa Anda manfaatkan? Cara saya sebagai guru PAUD mengidentifikasi anak yang tidak mau belajar adalah : pertama saya dekati dia saat lihat dulu kondisi kesehatan nya, apakah sedang sakit atau tidak, apakah sedang lapar, Jika memang kesehatan bukan menjadi alasan nya, saya cari tahu dulu apakah tadi dari rumah memang sudah ada masalah atau tidak. Jika memang tidak itu yang menjadi alasan nya, saya bujuk anak untuk mengungkapkan perasaan nya, atau kah karna diganggu teman, atau tidak diperhatikan guru atau lainnya. Jika memang tidak saya akan mengajak anak untuk berbicara berdua agar dia nyaman mengungkapkan perasaan nya. Setelah itu saya akan memberi sedikit penyegaran kepada anak dengan membawanya keluar kelas dan sedikit bermain, agar anak bisa rileks dan siap untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.
- Tindakan apa yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya)? Jika memang alasan anak tidak mau ikut belajar karna sakit hati atas perbuatan gurunya, saya akan mendekati anak dan bertanya dengan lembut kepadanya, apa alasan yang membuat sakit hatinya, jika memang sudah diungkapkan nya, saya sebagai guru akan meminta maaf kepada anak atas perbuatan dan ucapan saya, dan berjanti tidak akan mengulangi nya. Dan jika suatu saat ada yang membuat dia sakit hati, dia bisa mengungkapkan perasaan nya kepada guru tanpa takut guru akan marah. Agar guru tau perasaan nya.
- Pemecahan masalah yang bagaimana atau solusi apa yang bisa diberikan guru seandainya anak masih tetap tidak mau belajar, walaupun sudah berbagai cara ditempuh? jika anak masih tidak mau belajar walaupun sudah berbagai cara ditempuh, cara yang akan saya lakukan adalah, mengajak anak duduk disamping saya, dan saya akan damping dia. Jika tidak juga berhasil saya akan mambuat suatu parmainan di sudut pengaman yang membuat anak melupakan masalahnya. Bisa dengan bermain puzzle, bermain balok dan permainan edukatif lainnya. Jika anak sudah merasa lebih tenang, saya akan coba kembali mengajak anak ikut belajar dengan teman nya.
- bila anak tidak mau belajar khususnya di sekolah mungkin karena anak tersebut baru pertama masuk sekolah dan belum mengetahui kegiatan apa yang akan di lakukan di sekolah< dan sebgai guru atau pendidik bisa melakukan pendekatan kepada anak dan bicara dari hati ke hati dengan penuh kehangatan tanyakan pada anak kenapa kok tidak mau belajar di sekolah?
- mungkin saja bisa terjadi karena mungkin anak belum terlalu siap untuk belajar atau karena anak baru pertama masuk sekolah dan bisa juga anak merasa tidak mampu untuk mengikuti kegaitan belajar disekolah.dan sebgai pendidik paud bisa memberikan kegiatan pembelajaran yang menarik dan variataif sehingga anak merasa senang dan tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
- Anak tidak mau belajar karena mungkin anak di rumah merasa asyik dengan permainan yang ada di rumah apalagi di jaman sekarang ini anak cenderung lebih suka bermain hp ketimbang bermaian dengan mainan yang dia punya,dan sumber informasi yang bisa di manfaatkan adalah keluarga terdekat< yaitu orang tua.
- guru memberikan pendekatan pada anak serta memberi pengertian kepada anak bahwa anak akan aman nyaman dan senang belajar di sekolah dan guru boleh membuat kesepakatan kepada anak agar kegiatan belajar dapat di lakukan dengan menyenangkan.
- Dan solusi dari permasalahan tersebut yaitu guru dapat melibatkan orang tua ataupun teman-teman dari anak tersebut agar mereka melakukan penekatan kepada anak untuk memberikan motivasi kepada anak tersebut bahwa belajar itu menyenangkan
Menurut saya anak tidak mau belajar bisa dikarenakan banyak hal … mungkin anak meras tertekan karena harus menyelesaikan tugas yang dia belum paham / belum mengerti apa yang harus dia lakukan.
2. Hal ini sangat bisa terjadi dikarenakan penerapan pembelajaran yang terlalu menekan pada suatu aspek perkembangan saja sehingga hal ini menjadikan anak menjadi mogok belajar
3. Melakukan analisis terhadap anak yg tidak ingin belajar , mencari tahu apa masalah yang menyebabkan anak tidak ingin belajar, sumber informasi yang bisa kita dapat dari orang tua / orang terdekat anak tersebut , bisa ibu atau pengasuhnya.
4. guru perlu melakukan pendekatan dengan berbicara secara lembut dan meminta maaf terlebih dahulu kepada anak atas perkataan yang mungkin telah menyakiti hati anak lalu membujuk anak dan memberikan motivasi pada anak agar mau mengikuti kegiatan belajar yang sedang berlangsung.
5. memberikan pilihan kepada anak.. bisa dengan mengajak anak bermain sesuai dengan keinginan anak atau bisa juga mengajak anak membaca cerita di perpustakaan dengan perjanjian setelah bermain anak harus mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru.