Pada program video ini Anda dapat menyaksikan seorang guru TK yang mengalami masalah dengan anak didiknya yang mogok atau tidak mau masuk sekolah atau tidak mau belajar di sekolah. Upaya yang dilakukan guru tersebut antara lain adalah: menggali keterangan mendalam dari anak/orangtua dengan home visit untuk mengetahui penyebab mengapa anak mogok belajar, membuat kesepakatan antara anak dan orangtua untuk bisa masuk sekolah, memberikan toleransi kepada anak selama beberapa hari hingga ia merasa aman dan yakin bahwa ia aman masuk ke kelas, anak terus diarahkan secara bertahap untuk mau masuk ke kelas.
Ditulis oleh: Dwi Astuti
Bapak ibu sekalian Anda semua sudah menyaksikan video dan membaca sinopsis tentang Anak yang Mogok Tidak Mau Belajar. Tentunya Anda semua juga pernah menghadapi kasus serupa bukan? Apa yang bisa kita lakukan? Mari kita diskusikan bersama tentang beberapa hal berikut ini…
- Apa analisis Anda bila anak tidak mau belajar, khususnya di sekolah?
- Apa ada kemungkinan terjadi pergeseran fungsi belajar di sekolah yang menyebabkan anak tidak mau belajar? Bagaiman analisis Anda sebagai guru di PAUD?
- Bagaimana Anda sebagai guru PAUD mengidentifikasi penyebab anak tidak mau belajar dan siapa saja sumber informasi yang bisa Anda manfaatkan?
- Tindakan apa yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya)?
- Pemecahan masalah yang bagaimana atau solusi apa yang bisa diberikan guru seandainya anak masih tetap tidak mau belajar, walaupun sudah berbagai cara ditempuh?


Berdasarkan analisis dari pengalaman saya selama mengajar ada beberapa penyebab yang minimbulkan anak tidak mau masuk kelas/mogok :
1. Belum tuntasnya masalah – masalah di rumah sehingga menyebabkan anak rewel bahkan mogok tidak mau sekolah (contohnya, bekalnya tidak cocok, ingin bawa mainan tapi tidak boleh, sarapan yang tidak cocok, masih mengantuk dll)
Kalau karena alasan diatas biasanya anak sangat mudah dibujuk untuk bisa kembali ke sekolah. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain: berkomunikasi dengan anak, menawarkan atau membuat kesepakatan bersama tentang masalah yang menyebabkan anak tersebut mogok.
2. Adanya perbuatan/kejadian yang menyebabkan anak tidak nyaman bahkan trauma juga memicu anak untuk tidak mau kembali ke sekolah contohnya: perlakuan dari teman-temannya, sakit hati sama gurunya.
Penyelesaian untuk masalah yang no.2, biasanya membutuhkan waktu yang agak lama. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain mengajak anak berkomunikasi tentunya juga melibatkan orangtua untuk mencari penyebabnya dan mencari solusi dengan melibatkan anak dalam pembicaraan. Jangan lupa reward2 juga perlu kita tawarkan.

NAMA : SABRINA RAMADHANI
NIM : 825832455
1. Anak yang tidak mau belajar khusus nya di sekolah dikarenakan memiliki masalah dalam keseharian nya disekolah. Seberapa banyak tingkah laku yang menimbulkan masalah yang muncul misalnya anak sebelum ke sekolah mood nya tidak baik atau ngambek karena kinginannya tidak dipenuhi. Selain itu rentang perhatian anak untuk konsentrasi sangat pendek, anak mudah bealih perhatiannya baik dalam belajar atau bermain. Terkadang anak mogok sekolah dikarenakan dia merasa dipaksa melakukan hal yang tidak disukai anak.
2. Kemungkinan ada. Jika dilihat dari perkembangan anak TK, seharusnya pemebelajaran calistung diberikan saat tahap oprasional konkret namun masih banyak yang mengajarkan calistung karena tuntutan dari orang tua. Jika diajarkan calistung anak usia dini dibawah usia 7 tahun, anak dikhawatirkan aka kehilangan periode emas . masa bermainnya hilang, sehingga kehilangan gairah belajar. Namun boleh saja dikenalkan calistung awal pada anak, tetapi harus disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan nyaman bagi anak. Jangan terlalu serius dan menuntut hasil akhir saat itu juga.
3. Pertama kita sebagai guru harus mengobservasi masalah pada yang yang tidak mau belajar, mulai dari sikap dan tingkah laku anak selama pemebelajaran disekolah. Kemudian kita analisis apa sebenarnya masalah yang terjadi pada anak tersebut. Selain itu pentingnya guru bekerja sama dengan orang tua untuk menemukan solusi yang efektif agar anak mau belajar.
4. Tindakan apa yang bisa guru lakukan bila penyebab anak mogok belajar sudah diketahui (misalnya: anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya) seharusnya guru merubah kepribadian dirinya. Guru seharusnya memiliki kepribadian yang baik, karena itulah yang menjadi penentu dalam menjalankan tanggungjawab dan tugas untuk membina kepribadian peserta didik bukan menjadi perusak kepribadian anak dengan sikap seperti itu.
5. Alternatif yang dilakukan oleh guru adalah guru harus membuat perencanaan pembelajaran atau strategi pembelajaran yang menarik serta gunakan media dan metode yang bervariasi. Ajaklah anak untuk belajar sambil bermain jangan terlalu monoton hanya mengerjakan malajah saja. Ajaklah anak untuk bereksplorasi dengan lingkungan sekitar anak.

1. menurut analisi saya biasanya jika anak tidak mu belajar atau disekolah di karenakan adanya bad mood yang timbul di diri anak. perasaan tidak nyaman itu lah yang mendorong anak tidak ingin belajar. beberapa pengalaman yang saya dapatkan di lapangan biasanya anak yang tidak mau masuk sekolah memiliki masalah dengan keluarga, misalnya apa yang diinginkan anak tidak terpenuhi dan keluarga menyampaikan alasan tidak terpenuhi keinginan si anak dengan cara yang salah. selain itu kemungkinan terbesar ialah adanya permasalahan di lingkungan sekolah bisa jadi teman bahkan guru. Biasanya jika mereka bermasalah dengan teman dan si anak takut untuk memberitahu ke pada guru sehingga tempat yang menurut ia paling aman adalah rumah dan keluarga sehingga timbulah rasa si anak tidak ingin masuk sekolah, dan yang ketiga mungkin si anak ada merasa takut atau sakit hati oleh ucapan sang guru yang mungkin juga tanpa guru sadari melakukan itu atau bahkan karena pelajaran yang monoton sehingga anak merasa bosan.
2. kemungkinan seperti itu mungkin saya terjadi, bisa jadi karena pelajaran yang monoton sehingga anak bosan, atau cara guru mengajar yang membosankan atau menakutkan sehingga tidak dapat membangkitkan semangat belajar anak.
3. sumber informasi utama yang akan saya identifikasi adalah keluarga karena keluarga adalah tempat anak-anak meluapkan perasaanya. hal yang dapat saya lakukan ialah melakukan homevisit ke rumah anak atau memangil orang tua untuk di ajak berdiskusi atas perubahan perilaku anak tersebut. kemudian selain keluarga sumber informasi yang saya cari melalui teman-teman sekelasnya dengan metode pendekatan secara langsung.
4. Jika penyebab mogok belajar anak di karenakan ucapan atau perbuatan saya sebagai guru menyakiti hatinya maka pertama kali yang saya lakukan ialah meminta maaf kepada sang anak, kemudian saya akan menjelaskan kepadanya mengapa saya melakukan itu, entah perbuatan itu saya lakukan dengan sadar atau tidak, saya akan menjelaskan kepada sang anak dengan cara yang mudah mereka pahami.
5. pertama saya akan memberikan waktu beberapa hari hingga ia merasa aman dan nyaman masuk ke sekolah kembali. selama masa penenangan tersebut saya selaku guru akan terus memantau atau berkoordinasi dengan orang tua agar mau memberi pengertian kepada sang anak secara perlahan.

Menurut saya saat anak didik mogok atau tdk mau belajar di sekolah mungkin anak lagi tidak mood kesekolah,dan mungkin anak tidak tertarik dengan apa yg disampaikan guru.kita sebagai guru harus bisa mencari tau knp anak tdk mau belajar di sekolah,dan kita sebagai guru harus membuat rancangan pembelajaran yg menarik perhatian anak,mengajak anak untuk melakukan kegiatan yg disukai ,mengajak anak bernyanyi,membuat anak senang dan nyaman berada di kelas..
- Sebagai guru, kita wajib mendalami penyebab anak mogok belajar disekolah. Kita bisa bertanya pada anak dari hati kehati, apa yang menyebabkan dia mogok belajar. Guru bisa bertanya pada anak, apakah buguru punya salah nak? apa kamu takut dengan bu guru? Kalau buguru punya salah, bunda minta maaf. Guru juga bisa bertanya kepada orang tua tentang hal yang membuat anak tersebut mogok belajar, apakah anak tersebut punya masalah dirumah.
- sebagai guru kita harus meneliti lagi apakah kegiatan pembelajaran yang sudah kita berikan sudah tepat? tanpa membebani anak didik kita.
- Guru bisa bertanya pada anak tersebut secara langsung tentang sikapnya yang mogok belajar?, Guru juga bisa bertanya kepada orangtua tentang sikap anak dirumah, dan lingkungan sekitar rumah.
- Sebagai Guru kita bisa langsung memperbaiki sikap kita dan berusaha untuk meminta maaf pada anak tersebut ketika ada perkataan atau ucapan buguru yang menyiggung perasaannya. Dan kita wajib mengajak anak tersebut agar mau kembali belajar bersama buguru dan teman-temannya.
- Guru bisa membujuk anak dan berusaha untuk membujuk anak tersebut agar mau terus belajar. Guru bisa memberikan kegiatan pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik minat anak untuk belajar.
1. Menurut saya, terdapat beberapa hal yang menyebabkan anak tidak mau belajar khususnya pada saat disekolah, contohnya, anak merasa tidak nyaman dan ada rasa takut saat belajar disekolah, anak sedang berada dimasa suka bermain dengan duniannya sendiri, anak belum memiliki motivasi, kenapa dia harus belajar dan untuk apa dia belajar.
2. Seperti yang saya utarakan diatas kemungkinan anak memiliki masalah kurang nyaman pada saat dilingkungan sekolah, misalnya guru yang terlalu menekan harus bisa sehingga anak merasa takut, kemudian biasannya anak juga merasa tidak nyaman jika ada temannya yang mengejek, hal tersebut bisa menyebabkan anak mogok belajar
3. Yang jelas saya akan mibatkan semua yang berhubungan dengan anak didik saya supaya saya mengetahui sebab akibat yang menjadikan anak didik saya mogok belajar, bisa dengan shering kepada orang tuanya juga berbicara kepada teman-teman sekelasnya
4. Sebagai seorang guru jika anak didik saya merasa sakit hati terhadap apa yang saya ucapkan dan saya lakukan, saya akan mendekatinya kemudian meminta maaf, selanjutnya memberi pengertian dan penjelasan kenapa saya berbicara dan bertingkah laku seperti itu karena supaya anak bisa menjadi anak yang pandai pemberani bertanggung jawab yang kemudian anak akan menjadi orang yang sukses, saya akan memberi motivasi, semangat baru dan berupaya menciptakan rasa nyaman pada anak didik
5. Jika anak masih belum mau belajar maka saya akan memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih jenis permainan apa yang dia sukai setelah dia memilih kita dampingi dan kita selipkan sedikit-sedikit yang bisa bermanfaat untuk anak didik kita.
Wassalamu’alaikum Wr.wb
Nama : Hayyul Mufidah
Nim : 858736464
Tema : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
1. Menurut saya anak tidak mau belajar dikarenakan kurang nyaman dalam lingkungan sekolah, tidak menyukai pembelajaran tersebut, dll.
2. Kemungkinan hal itu bisa terjadi dikarenakan, apa yang diajarkan guru kurang menarik atau metode yang diterapkan guru kurang menarik, merasa tertekan ketika mengerjakan tugas.
3. Untuk cara mengidentifikasi atau mengatasi anak yang tidak mau belajar bisa dilakukan dengan bertanya langsung pada lingkungan sekitarnya atau terdekatnya, kenapa tidak mau belajar?, Apa ada permasalahan di sekolahan atau dirumah?, Dan bisa juga melakukan pendekatan langsung pada anak tersebut.
4. Ketika anak merasa sakit hati kepada guru karena ucapannya, guru bisa meminta maaf terlebih dahulu, setelah itu berbicara baik-baik dan menjelaskan atau memberi pengertian kepada anak mengapa guru melakukan hal tersebut.
5. Jika berbagai cara sudah dilakukan oleh guru namun anak tetap tidak mau belajar guru bisa memberikan kebebasan kepada anak tersebut atau memberi waktu untuk anak berkreasi dengan apa yang disukai, lalu guru bisa mengaitkan pembelajaran dengan yang disukai anak-anak yang lain dan yang disukai anak tersebut.
Nama : Dian Purwanti
NIM : 858733168
Seri : Pengembangan Sosial Emosional PAUD
Tema : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
1. Menurut saya, anak tidak mau belajar disekolah dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya, anak tidak enak badan, bangun terlalu pagi sehingga anak malas-malasan karena mengantuk, ada masalah dengan temannya, dll.
2. Kemungkinan itu bisa terjadi, karena setiap anak memiliki karakter dan tingkat perkembangan yang berbeda-beda. Penggunaan strategi dan metode yang dipakai mungkin tidak sesuai dengan perkembangan anak sehingga anak sulit untuk menerima materi yang diajarkan, akibatnya anak menjadi malas untuk belajar disekolah.
3. Untuk mengatasi anak yang tidak mau belajar bisa dilakukan oleh guru dengan melakukan observasi, kenapa anak mogok belajar? Apakah ada masalah disekolah atau dirumah? Guru dapat bertanya kepada anak dan orang tua untuk mencari solusi yang terbaik dalam memecahkan masalah anak mogok belajar.
4. Jika anak sakit hati kepada guru karena ucapan dan perbuatan guru yang menyingung anak sehingga dia menjadi mogok belajar, hal yang dapat dilakukan adalah dengan menjelaskan kepada anak mengapa guru melakukan hal tersebut, meminta maaf kepada anak jika itu membuatnya sakit hati, dan mengajak anak untuk berkomunikasi dengan baik agar dapat menerima penjelasan dari guru.
5. Setelah kita melakukan pemecahan masalah tetapi anak masih tidak mau belajar, kita dapat memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih jenis permainan yang dia sukai, pada saat belajar kita berikan pilihan kepada anak misal mewarnai, apakah dia ingin mewarnai dengan krayon atau dengan cat air. Selain itu, kita buat pembelajaran menarik dengan mengadakan kegiatan diluar kelas, sehingga anak akan merasa senang dan mau mengikuti pembelajaran.
Nama : RISCA MIFTAKAWATI
NIM/Kelas : 858742482/A
1. menurut saya biasanya jika anak tidak mu belajar atau disekolah bad mood atau mogok yang timbul di diri anak. perasaan tidak nyaman itu lah yang mendorong anak tidak ingin belajar. beberapa pengalaman yang saya dapatkan di lapangan biasanya anak yang tidak mau masuk sekolah memiliki masalah dengan keluarga, misalnya apa yang diinginkan anak tidak terpenuhi dan keluarga menyampaikan alasan tidak terpenuhi keinginan si anak dengan cara yang salah. selain itu kemungkinan terbesar ialah adanya permasalahan di lingkungan sekolah bisa jadi teman bahkan guru. Biasanya jika mereka bermasalah dengan teman dan si anak takut untuk memberitahu ke pada guru sehingga tempat yang menurut ia paling aman adalah rumah dan keluarga sehingga timbulah rasa si anak tidak ingin masuk sekolah, dan yang ketiga mungkin si anak merasa takut atau sakit hati oleh ucapan sang guru yang mungkin juga tanpa guru sadari melakukan itu atau bahkan karena pelajaran yang monoton sehingga anak merasa bosan.
2. kemungkinan seperti itu mungkin saya terjadi, bisa jadi karena pelajaran yang monoton sehingga anak menjadi bosan, atau cara guru mengajar yang membosankan atau menakutkan sehingga tidak dapat membangkitkan semangat belajar anak.
3. sumber informasi utama yang akan saya wawancara adalah keluarga karena keluarga adalah tempat anak-anak meluapkan perasaanya. hal yang dapat saya lakukan ialah melakukan homevisit ke rumah anak atau memangil orang tua untuk di ajak berdiskusi atas perubahan perilaku anak tersebut. kemudian selain keluarga sumber informasi yang saya cari melalui teman-teman sekelasnya dengan metode pendekatan secara langsung.
4. Jika penyebab mogok belajar anak di karenakan ucapan atau perbuatan saya sebagai guru menyakiti hatinya maka hal pertama yang saya lakukan ialah meminta maaf kepada sang anak, kemudian saya akan menjelaskan kepadanya mengapa saya melakukan itu, entah perbuatan itu saya lakukan dengan sadar atau tidak, saya akan menjelaskan kepada sang anak dengan cara yang mudah mereka pahami.
5. pertama saya akan memberikan waktu beberapa hari hingga ia merasa aman dan nyaman masuk ke sekolah kembali. selama masa penenangan tersebut saya selaku guru akan terus memantau atau berkoordinasi dengan orang tua agar mau memberi pengertian kepada sang anak secara perlahan.
Menurut saya anak tidak mau belajar bisa dikarenakan banyak hal … mungkin anak meras tertekan karena harus menyelesaikan tugas yang dia belum paham / belum mengerti apa yang harus dia lakukan.
2. Hal ini sangat bisa terjadi dikarenakan penerapan pembelajaran yang terlalu menekan pada suatu aspek perkembangan saja sehingga hal ini menjadikan anak menjadi mogok belajar
3. Melakukan analisis terhadap anak yg tidak ingin belajar , mencari tahu apa masalah yang menyebabkan anak tidak ingin belajar, sumber informasi yang bisa kita dapat dari orang tua / orang terdekat anak tersebut , bisa ibu atau pengasuhnya.
4. guru perlu melakukan pendekatan dengan berbicara secara lembut dan meminta maaf terlebih dahulu kepada anak atas perkataan yang mungkin telah menyakiti hati anak lalu membujuk anak dan memberikan motivasi pada anak agar mau mengikuti kegiatan belajar yang sedang berlangsung.
5. memberikan pilihan kepada anak.. bisa dengan mengajak anak bermain sesuai dengan keinginan anak atau bisa juga mengajak anak membaca cerita di perpustakaan dengan perjanjian setelah bermain anak harus mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru.