Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

2,161 Responses

  1. KUSMALA DEWI says:

    Video ” Pemberian Hadiah Praise”
    Kelebihannya :
    1. Dengan memberikan hadiah akan membuat anak berlaku disiplin karena pada dasarnya anak lebih senang kalau mendapat hadiah berupa pujian/ reward. Dengan pujian anak akan merasa dihargai dan mempunyai memotivasi untuk melakukannya lagi.
    Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin menurut saya seperti memberikan pujian secara langsung, contohnya saat anak bisa merapikan mainan, dan bermain bersama teman guru bisa memberikan penghargaan ” wahhhh hebat sekali” dengan acungan jempol dan tersenyum.

    2. Tayangan video tadi sama dengan yang saya alami ketika mengajar. Contoh cara pemberian hadiah saya untuk mendisiplinkan anak yaitu saya juga memberikan pujian dan jempol 2 untuk anak yang merapikan mainan, bermain bersama teman, tidak menyakiti teman, dan mau menyelesaikan tugas yang di berikan.
    Kelebihan pemberian hadiah adalah anak akan merasa senang saat mendapat pujian dan termotivasi untuk melakukan hal-hal yang positif / baik lagi, mereka bisa menceritakan hal tersebut kepada orang tua di rumah. Kelemahan pemberian hadiah adalah memberi reward atau pujian yang salah akan membuat anak menjadi sombong dan bisa menjadikan anak melakukan hal yang baik hanya karena ingin dipuji. Jadi kalau pujian berhenti maka anak akan tidak melakukan hal baik kembali.

    Masukan dan saran tentang video pembelajaran dari portal guru pintar tersebut adalah Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.

    3. Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.

    4. Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.

    5. Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.

  2. KUSMALA DEWI says:

    Video ” Perlombaan Competition ”
    kekurangannya :
    1. Dalam melakukan permainan, guru harus memberi peraturan yang harus diketahui anak agar anak mengetahui informasi aturan apa saja yang berlaku dalam permainan, urutan dan cara bermain.

    2. Guru perlu menyusun peraturan dalam permainan dan harus diketahuai oleh siswa agar permainan berjalan tertib dan sesuai aturan
    Kesepatan harus ada antara guru dan siswa dalam permainan yang dilakukan. Dengan kesepakatan, berarti guru dan anak sudah paham apa yang akan dimainkan, sehingga permainan berjalan dengan lancar

    3. Guru harus memberikan contoh kepada anak karena indera anak merupakan pintu masuknya informasi, anak akan meniru dari melihat mendengar apa yang dicontohkan. Akan lebih mudah jika anak melihat contoh dari gurunya sendiri.
    Pemberian hadiah bagi yang menang dan yang melanggar aturan harus dibedakan agar anak belajar konsekuensi dari setiap perbuatan, anak akan termotivasi untuk bermain dengan baik dan bermain dengan baik untuk jadi pemenang.

  3. KUSMALA DEWI says:

    Video ” Pengulangan Repetition ”
    1. Penanaman disiplin anak perlu dilakukan berulang-ulang agar anak sering diingatkan dan diulang-ulang suatu aturan, agar anak paham dan menjadi kebiasaan baik
    Contoh cara yang mudah untuk menanamkan disiplin pada anak adalah dengan memberikan rewards dan punishment, dan memberikan contoh teladan.
    2. Keterlibatan anak dalam menanamkan disiplin penting karena anak sendiri yang akan menjalani aturan di sekolah
    3. Dalam menanamkan disiplin anak perlu dilakukan berulang-ulang karena anak belum paham betul apa itu disiplin.
    4. Keterlibatan orang tua penting dalam menanamkan disiplin kepada anak karena anak merupakan peniru ulung, jika aturan disiplin disekolah sudah diterapkan. Maka sebaiknya di rumah juga terintegrasi . sehingga anak betul betul mengerti bahwa disiplin itu dilaksanakan di mana saja. bukan hanya di sekolah.

    • INDAH ROHANI 837064468 says:

      Setuju

      • ASMIATI AMIRIDDIN says:

        1.Apakah cara melakukan guru motorik halus sudah benar?lengkapi jawaban anda dengan Alasannya
        jawab : Menurut saya sudah benar karena guru melatih motorik halus dengan cara menggunakan spon dan memasang kancing baju dan mangko yang berisi Air untuk Melenturkan jari2 tangan anak supaya tidak kaku.

        2.selain menggunakan cara diatas cara apalagi yang digunakan guru paud dalam melatih motorik halus anak agar dapat memegang pensil dengan benar?
        jawab:selain menggunakan pensil anak dapat kita arahakak bagaimana cara memegang pensil dengan benar dengan cara kita pegang tangan lalu kita menirukan suatu huruf.

        3.pensil apakah yang bagus digunakan anak paud menurut anda.
        jawab : pensil 2 B yang Asli Karna kuat dan tak mudah patah karna kebayakan sekarang banyak yang sama namax ditoko tapii biasa kw jadi harus perhatikan betul cara pembeliannya supaya tidak salah pilih

        4.jelaskan pengalaman anda dalam mengatasi anak yang susah pegang pensil.tuliskan referensinya.
        jawab: Biasa saya dilembaga anak yang susah pegang pensil saya suruh mewarnai sesukai hati supaya anak-anak nantii sudah tidak kaku saat menulis.

        5.berikan referensi apa yang anda ketahui tentang motorik halus?
        jawab : saya mengetahui motorik halus anak ketika saya sudah mengajar diTaman kanak-kanak ditambah juga ilmu dari mata kuliah metode pengembangan fisik dimana semua motorik halus dan kasar yang dapat saya pahamai

  4. DEDEK ARISKA LUBIS says:

    Vidio 1 Pemberian Hadiah praise :
    Kelebihan nya : Menurut saya pemberian hadiah yang dilakukan untuk kegiatan kepada anak-sudah tepat karna dapat memotivasi anak agar lebih giat untuk menyelesaikan segala kegiatan/Misi yang dilakukannya ketika ada suatu penghargaan atas apa yang dikerjakannya maka anak akan semakin bersemangat dan gigih untuk mendapatnya dengan cara mengerjakan apa yang diperintahkan guru,hingga anak akan lebih giat dalam melakukan aktifitas kegiatan pembelajaran.
    dalam pembelajaran vidio ini guru juga sudah pas dengan memberikan aba-aba dan pengarahan serta memberikan perjanjian terlebih dahulu kepada anak agar apa yang disampaikan akan di dengar dan dilaksanakan anak.vidio pembelajaran GPO ini juga dapat kita terapkan disekolah agar memotivasi anak, karna disini sudah jelas guru menerangkan dengan baik tentang cara pemberian hadiah tersebut melalui pujian pada anak didiknya sehingga anak akan mudah tersanjung sehingga memberikan kesan dan pemikiran positif untuk anak karna merasa dirinya akan mampu untuk melakukan kegiatan yang diberikan guru.dan ketika akan memulai kegiatan tentunya guru juga harus menerangkan dan menjelaskan peraturan dan cara bermain agar anak paham tentang apa yang akan dilaksanakan dikerjakannya.
    Kekurangan vidio:Saya rasa apa yang telah disampaikan guru sudah pas dan bisa di terapkan dalam kegiatan pembelajaran ketika kita membuat suatu permainan untuk merangsang perkembangan anak lebih baik.

  5. DEDEK ARISKA LUBIS says:

    Vidio perlombaan competetion
    Dalam melakukan kegiatan disuatu permainan yang akan dibuat seorang guru sudah tentulah guru harus menerangkan dan menjelaskan terlebih dahulu kegiatan dan cara bermain dan membuat suatu perjanjian kepada anak sebelum melakukan kegiatan bermain dengan tujuan lebih teratur dan terlaksananya dengan aman dan nyaman ketika melaksanakan permainan yang akan dimainkan anak, guru terlihat sudah menjelaskan dan menerangkan cara bermain yang tepat pada anak dengan menjelaskan poin apa saja yang tidak boleh dilanggar anak dan penyebab ketika anak melakukannya. sehingga anak sepertinya sudah paham apa yang diucapkan guru namun kekuranganya seharusnya guru memberikan contoh atau praktek terlebih dahulu dengan melakukan kegiatan permainan agar anak lebih memahami dan mengerti tata cara bermain yang baik dan benar. karna ketiks guru mecontohkan terlebih dahulu maka anak akan lebih memperhatikan dan memahami tata cara bermain yang benar.

    • Muhammad Ikhlas says:

      M.IKHLAS
      859155876

      Video ” Pengulangan Repetition ”
      1. Penanaman disiplin anak perlu dilakukan berulang-ulang agar anak sering diingatkan dan diulang-ulang suatu aturan, agar anak memahami dan menjadi kebiasaan baik
      Contoh cara yang mudah untuk menanamkan disiplin pada anak adalah dengan memberikan reward dan punishment, dan memberikan contoh teladan.
      2. Keterlibatan anak dalam menanamkan disiplin penting karena anak sendiri yang akan menjalani aturan di sekolah
      3. Dalam menanamkan disiplin anak perlu dilakukan berulang-ulang karena anak belum memahami betul apa itu disiplin.
      4. Keterlibatan orang tua penting dalam menanamkan disiplin kepada anak karena anak merupakan peniru ulung, jika aturan disiplin disekolah sudah diterapkan. Maka sebaiknya di rumah juga terintegrasi . sehingga anak betul betul mengerti bahwa disiplin itu dilaksanakan di mana saja. bukan hanya di sekolah.

  6. DEDEK ARISKA LUBIS says:

    vidio pengulangan Repetition
    Penanaman disiplin kepada anak haru sering dilakukan dalam kegitan sehari-hari karna akan berdampak kepada anak tersebut dengan menanamkan kedisiplinan kepada anak setiap hari maka anak akan paham dan akan terbiasa menerapkan hidup yang teratur dan menjadi kebiasaan baik bagi anak. karna keterlibatan anak dalam menanamkan sikap disiplin kepada dirinya sendiri sangat penting karna anak menjalani aturan disekolah,dengan sering nya kita menanamkan disiplin pada anak maka anak akan paham arti sebuat disiplin untuk kehidupannya, keterlibatan orang tua juga sangat penting terhadap kedisiplinan anak karan ketika anak dirumah terbiasa melakukan hal-hal yang disiplin maka anak akan membawanya dimana pu ia berada terutama disekolah.sehingga anak akan mengerti dan memahami pentingnya kedisiplinan dimanapun ia berada karna berdampak sangat baik bagi dirinya sendiri.

  7. Putri Fajar Yunihari says:

    Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan pembelajaran di TK, dimana dalam permainan pesan berbisik di video, anak-anak selain dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik. Anak juga dapat melakukan beberapa perintah sederhana yang sesuai dengan kurikulum PAUD. Dalam melakukan kegiatan guru harus menjelaskan terlebih dahulu kegiatannya, memberi kesempatan tanya jawab, mendemonstrasikan kegiatan, baru anak melakukan kegiatan tersebut.

    • RENI HARTATI says:

      Di dalam vidio pembelajaran sudah benar yang sudah di sampaikan oleh guru Dalam strategi pendekatan serta metode sudah sesuai dengan pembelajaran di TK di mana dalam permainan pesan video tersebut adalah dikembangkan kemampuan motorik melalui kegiatan zigzag bermain dan juga melompat dan menirukan berbagai gerakan dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar kegiatan guru harus menjelaskan terlebih dahulu kegiatan memberi kesempatan tanya jawab mendemonstrasikan kegiatan Baru anak-anak melakukan kegiatan tersebut

  8. Tindakan yang dilakukan guru dalam mengatasi anak yang belum bisa atau sulit memegang pensil ;
    1.sudah bagus dalam keterampilan bertanya.
    2. Sudah bagus dalam memberikan penguatan terhadap anak didik.
    3. Cukup terampil dalam mengadakan variasi kegiatan.
    4. Cukup jelas dalam menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan.
    5. Cukup bagus dalam membuka dan menutup kegiatan pembelajaran.
    6. Guru sudah terampil membimbing diskusi kelompok kecil.
    7. Guru sudah terampil mengelola kelas melalui pendekatan individual sehingga dapat memecahkan masalah.
    8. Guru sudah bagus dalam keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.

  9. Linda Damayanti says:

    Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan pembelajaran di SD, dimana dalam video, anak-anak dikembangkan kemampuan motoriknya, Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik. Anak juga dapat melakukan beberapa perintah sederhana yang sesuai dengan kurikulum SD. Dalam melakukan kegiatan guru harus menjelaskan terlebih dahulu kegiatannya, melakukan sesi tanya jawab, menjelaskan, dan melatih siswa.

  10. Siti Nur Halima says:

    assalamu’alaikum mohon maaf ibu/bpk mohon pencerahannya karena saya sudah regitrasi forum diskusi sampai 5 kali saat mau login tidak bisa gagal terus mohon dengan sangat bpk/ibu berikan solusi atau pencerahannya

  11. Santriani says:

    1. Apakah cara yang digunakan guru dalam melatih motorik halus anak tersebut sudah benar? Lengkapi jawaban anda dengan alasannya.
    2. Selain menggunakan cara-cara di atas, cara apalagi yang dapat dilakukan oleh guru PAUD dalam melatih motorik halus anak agar dapat memegang pensil dengan benar?
    3. Menurut Anda, pensil atau alat tulis yang bagaimanakah yang paling sesuai digunakan untuk anak PAUD?
    4. Jelaskan pengalaman Anda dalam mengatasi anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar.
    5. Berikanlah referensi yang Anda ketahui sehubungan dengan pengembangan fisik motorik anak usia dini.

    Jawab :
    1. Cara yang digunakan guru dalam melatih motorik halus anak dalam video “ Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” sudah benar karena anak dilatih dalam memegang pensil dengan benar seperti mengajarkan anak memegang spon agar motorik halus jari-jari tangan anak semakin kuat sehingga anak dapat terlatih dan terbiasa memegang pensil.
    2. cara yang dapat dilakukan oleh guru PAUD dalam melatih motorik halus anak agar dapat memegang pensil dengan benar, yaitu dengan berlatih bermain plastisin, meremas kertas, senam jari, bermain balok-balok, melipat kerta origami hal ini bertujuan melatih otot jari anak agar menjadi lebih kuat dan bisa memegang pensil dengan baik dan benar
    3. Alat tulis atau pensil yang paling sesuai digunakan untuk anak Paud yaitu pensil kayu seperti pensil 2B karena pensilnya tidak tebal bahkan baik dipegang anak ketika menulis
    4. Pengalaman saya dalam mengatasi anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar yaitu ketika awal masuk anak-anak kami ajarkan senam jari kemudian memberikan permainan seperti bermain plastisin agar anak melatih otot-otot jarinya agar semakin lentur, setelah itu kami mengajarkan cara memegang pensil dan langsung praktik menulis diatas lembar kertas seperti menulis garis Horizontal dan vertikal terlebih dahulu.
    5. Referensi tentang pengembangan Fisik Motorik terdapat Pada Modul Metode pengembangan Fisik Motorik Universitas Terbuka, Link Tperkembangan Motorik http://staffnew.uny.ac.id/upload/131568302/penelitian/2.Buku%20Referensi;%20PERKEMBANGAN%20MOTORIK;%20ISBN;978-602-556-47-9.pdf
    Dalam referensi tersebut bahwa Aspek perkembangan anak dimulai sejak dalam kandungan. Aspek perkembangan anak merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Salah satu aspek penting untuk anak usia dini adalah aspek perkembangan motorik, Aspek perkembangan motorik meliputi aspek perkembangan motorik kasar dan motorik halus. Perkembangan motorik halus merupakan proses perkembangan otot-otot halus beserta fungsinya,dengan Otot halus ini bertugas untuk melakukan gerakan-gerakan bagian-bagian tubuh yang lebih spesifik, seperti menulis, melipat, merangkai, mengancing baju, menempel, dan menggunting. Indikator motorik halus berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan dalam Permendiknas.
    pencapaian perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 meliputi: (1) menggambar sesuai gagasannya, (2) meniru bentuk, (3) melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan, (4) menggunakan alat tulis dengan benar, (5) menggunting sesuai dengan pola, (6) menempel gambar dengan tepat, (7) mengekspresikan diri melalui kegiatan menggambar secara detail. Kegiatan yang termasuk ranah motorik halus yaitu menulis, meremas, melipat bentuk, menggenggam, menggambar, menyusun balok, dan memasukkan kelereng.

  12. Nurintan Desianti says:

    Assalamualaikum wr wb
    Selamat malam, Ibu/Bapak.
    Mohon maaf saya tidak bisa masuk forum diskusi karena katanya salah password. Tapi saat saya akan mereset ulang passwordnya, tetap tidak bisa. bagaimana cara mengatasinya?
    Terima kasih

  13. Mu'allimah says:

    Saya sdh pernah register dan memberi komen pada forum diskusi tapi kenapa sekarang tdk bisa login lagi?

  14. Menurut pendapat saya setelah mengamati video menanamkan kejujuran pada anak yaitu, guru bercerita tentang kejujuran pada anak dengan sangat baik. Lebih bagus lagi guru melengkapi cerita dengan menggunakan alat peraga. Memilih cerita yang mudah dimengerti dan berada dilingkungan sekitar anak sebagai contoh dalam cerita, guru bercerita dengan intonasi yang menarik.

  15. Cucu Rohayati says:

    Saya tidak bisa login

  16. LAILATUR ROCHMAH says:

    1. Setelah melihat dan menyimak video tersebut menurut pendapat saya yang menjadikan permasalahannya adalah guru mengatasi anak yang belum dapat membedakan huruf yang mirip seperti p, d, dan b.

    2. Kekurangannya : penyampaian materi lebih banyak berpusat pada guru, anak lebih banyak menyimak sehingga kesannya anak pasif, kelebihannya : guru menyampaikan materi sesuai tingkat perkembangan peserta didik dengan menjelaskan menggunakan huruf dengan contoh kata menggunakan huruf p, d, dan b dengan media kartu huruf.

    3. Metode yang digunakan sudah sesuai dengan kurikulum dengan perkembangan anak usia dini.

    4. Saya akan memilih strategi yang tepat untuk mengajak anak berexplore dengan huruf, sehingga anak mampu membedakan huruf p, d, dan b, contoh metode multisensori yang membangun banyak asosiasi visual auditori melalui kegiatan kinestetik, mengembangkan rentang perhatian, pada detail dalam huruf atau kata, mengurangi rasa bosan dan meningkatkan keterlibatan anak dalam belajar.

    5. Hal yang akan dilakukan adalah menyiapkan intensitas permainan yang dapat dipilih oleh anak sehingga merasa tertantang untuk mencoba media permainan yang sudah disiapkan oleh guru, contoh permainan multisensori diantaranya :
    a. Menggunakan pasir / krim
    b. Menggunakan balok huruf
    c. Baca tulis dan susun
    d. Dinding kosa kata dll.
    intinya bagaimana menciptakan permainan yang mampu menyenangkan dan tidak membosankan anak sehingga materi dapat tersampaikan dengan sasaran yang tepat.

  17. Siti fatonah says:

    Setelah melihat tayangan video tersebut dapat disimpulkan:

    Kelemahan guru:
    1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas
    2. Pada saat mengisi pembelajaran guru hanya menyampaikan sekilas tentang materi dengan flip chart tersebut
    3. Guru tidak memberikan tugas atau Pr pada saat menutup pembelajaran.

    Kelebihan guru:
    1. Media yang digunakan sudah cukup memadai
    Penggunaan strategi juga sudah cukup baik.
    2. Penggunaan metode pembelajarannya juga sudah cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *