Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

2,161 Responses

  1. Juliana Clementia says:

    Video Pengulangan ” Repetition ”
    1. Penanaman disiplin yang perlu di lakukan berulang – ulang adalah berbaris dan antri dalam mencuci tangan sebelum makan dan antri masuk kelas.
    2. Contoh cara yang mudah untuk menanamkan disiplin pada anak adalah dengan memberikan contoh dan teladan secara langsung seperti selalu mengantar anak untuk berangkat sekolah tepat waktu, bangun pagi.
    3. Keterlibatan anak dalam menanamkan sikap disiplin sangat penting karena anak itu sendiri yang akan kita ajarkan tentang sikap disiplin. Jadi anak harus tahu agar anak paham dan dapat melaksankannya sesuai tujuan kita untuk mendisiplinkan mereka.
    4. Dalam menanamkan disiplin anak perlu dilakukan berulang – ulang karena anak belajar secara bertahap, dimana anak dapat akan dapat lebih mudah mengingat jika itu dilakukan secara berulang.
    5. Keterlibatan orangtua itu penting dalam menanamkan sikap disiplin kepada anak, karena anak lebih lama berada dirumah dari pada disekolah, agar apa yang sudah ditanamkan di sekolah di dukung juga oleh keluarga terdekat anak.

    • Nurhasanah says:

      Sulitnya melakukan pembelajaran secara efektif jika siswa sering melakukan hal-hal yang membuat mereka kurang memperhatikan guru sehingga pemahaman nya menjadi minimal.
      Serta kurangnya kemampuan alat peraga yang di miliki sehingga kurang menarik dalam mengajar

  2. Ninaning Agustin says:

    1. Pemaparan materi sebelum kegiatan perlu dilakukan agar anak memahami konsep ketika mengerjakan
    2. Pemberian contoh dalam kegiatan mewarnai perlu dilakukan oleh guru
    3. Jelaskan terlebih dahulu kepada anak makna jujur dan sebab akibat ketika tidak jujur
    4. Kedisiplinan perlu dilakukan setiap hari agar anak terbiasa dengan kegiatan disiplin
    5. Sebelum guru memasangkan penjepit pakaian pada baju anak sebaiknya guru melihat hasil kerja anak terlebih dahulu

    • Rahmi says:

      Dengan memberikan surprise dan anak membuat anak lebih bersemangat untuk melakukan perbuatannya. Dan anak merasa dihargai. Pemberian surprise bukan hanya berupa hadiah tapi berupa pujian dan bahasa tubuh.

      • Duwi Apriani says:

        Nama: Duwi apriani
        Kendala saya dalam registrasi tidak bisa berhasil sehingga saya tidak dapat berkomentar di forum diskusi mohon bantuanya🙏🙏

    • Risma Wati says:

      Dengan menggunakan metode pengajaran yang berfariasi akan membuat kemampuan siswa menjadi aktif dan penambahan media pembelajaran akan menarik perhatian siswa agar lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran

  3. Nur hanifah says:

    Menurut saya Dalam pembelajaran video tersebut saya mengambil sebuah permainan baru atau pengenalan huruf huruf untuk pengembangan motorik dan pengembangan bahasa . Anak akan berkembang dengan baik , anak usia dini sangat rentan dengan pembelajaran yang mengajarkan kita untuk sebuah permainan baru tentang video tersebut pesan berbisik mengajarkan anak tentang pengulangan kata yang diajarkan anak, permainan melompat atau pengenalan suara hewan . Ada juga konsentrasi bagi anak supaya fokus . dalam mendengarkan temanya . Dalam usia dini kita sebagai guru harus mengasah anak supaya menjadi lebih terampil , lebih tanggap , dan bersikap santun dalam berbahasa

    • Lili Silviana says:

      Menurut saya dari vidio pembelajaran tersebut pengenalan huruf untuk pengembangan motorik pada anak usia dini.

  4. Milva Silitonga says:

    Menurut pendapat saya bahwa dari video tersebut anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip, malah dari video tersebut dapat saya ambil kesimpulan bahwa anak-anak tersebut belum bisa membedakan antara huruf dan juga angka. Sehingga ada beberapa cara yang dapat diterapkan oleh guru untuk bisa membuat anak – anak tersebut lebih mengetahui bagaimana bentuk dari angka tersebut. Begitu juga bagaimana bentuk dari huruf tersebut.

  5. ELIANA TRI VOSA says:

    Video : Anak Tidak Percaya Diri

    Sebagai pendidik anak usia dini, penjelasan dan pemaparan materi dalam mengatasi anak yang tidak percaya diri terutama dalam menghargai dan mengembangkan hasil karyanya, saya sangat setuju. Melalui langkah-langkah yang disampaikan itu sangat jelas yaitu : Guru dituntut untuk lebih aktif dalam membangun rasa percaya diri pada anak. Diantaranya adalah : Guru menanyakan pada anak apa yang akan digambarnya atau menanyakan kesukaannya, Guru juga memberikan saran yang membangun kepada anak, Guru memotivasi kreatifitas anak dan terus mencoba mengeksplor potensi anak. Selain daripada itu guru juga dapat memberikan ruang lingkup yang bebas untuk anak mengembangkan kreatifitasnya dan terus memlakukan pendekatan-pendekatan pada anak serta memotivasinya untuk berani dan lebih percaya diri.

  6. Wintan I Mamik says:

    Seorang Guru harus berpacu dalam pembelajaran, dengan memberikan kemudahan belajar bagi seluruh peserta didik, agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Dalam hal ini, guru harus kreatif, professional dan menyenangkan, dengan memposisikan diri sebagai :

    1.Orang tua, yang penuh kasih sayang pada peserta didiknya.

    2.Teman, tempat mengadu dan mengutarakan perasaan bagi para peserta didik.

    3.Fasilitator, yang selalu siap memberikan kemudahan, dan melayani peserta didik sesuai minat, kemampuan dan bakatnya.

    4.Memberikan sumbangan pemikiran kepada orang tua untuk dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi anak dan memberikan saran pemecahannya.

    5.Memupuk rasa percaya diri, berani dan bertanggung jawab.

    6.Membiasakan peserta didik untuk saling berhubungan dengan orang lain secara wajar.

  7. Wintan I Mamik says:

    Seorang Guru harus berpacu dalam pembelajaran, dengan memberikan kemudahan belajar bagi seluruh peserta didik, agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Dalam hal ini, guru harus kreatif, professional dan menyenangkan, dengan memposisikan diri dengan baik

  8. Siti Maskanah says:

    Dalam seri pengembangan fisik motorik anak cara mengatasi anak yang takut menangkap bola saat kegiatan adalah dengan cara guru memberikan bola yang terbuat dari kain itu sangat bagus karena dengan diberikan bola kain anak merasa aman dan anak dapat merasakan tekstur dari bola tersebut dan setelah anak mengetahui dan memahami segala sesuatu tentang bola anak akan mulai terbiasa dengan kegiatan memegang dan memainkannya kemudian secara berlahan anak tersebut dapat memainkan melemparkan bola kearah yang tepat ke arah guru atau sebaliknya.

  9. Nurus Sholikhah says:

    komentar saya tentang kelebihan atau kekurangan dari pembelajaran atau video tersebut adalah bahwa dengan mengajarkan tari anak melalui kegiatan senam maka secara tidak langsung kita sudah mendapatkan perkembangan pada anak melalui 2 aspek yaitu aspek perkembangan motorik dan seni anak memang harus dikenalkan tarian tradisional dan musik tradisional agar kita sebagai bangsa Indonesia selalu menjaga kelestarian budaya. Selain itu motorik anak juga terlatih dan berkembang. Anak menjadi antusias dengan kegiatan senam karena anak menyukai hal hal yang baru, anak itu unik, jadi kalau kita sebagai guru mengajarkan senam yang itu itu terus anak akan merasa bosan, kita harus mempunyai ide ide yang kreatif yang dapat menarik anak.
    Kekurangan dalam pembelajaran tersebut menurut saya : seharusnya ada tayangan yang memperlihatkan guru dari pembukaan jadi kita bisa tahu sepenuhnya bagaimana cara melatih anak untuk ikut serta melakukan kegiatan senam dengan gabungan musik dan tari tradisional.
    2. anak-anak tidak antusias melakukan gerakan senam yang rutin mereka lakukan karena anak anak merasa bosan senam terkesan monoton. Anak ingin sesuatu hal yang baru, sehingga peran guru sangat penting dalam melakukan kegiatan senam yang menarik.
    3. Saya belum pernah menggabungkan gerakan senam dengan gerakan tari yang di iringi musik tradisional, biasanya dilembaga saya melakukan kegiatan senam seminggu sekali, dan musik yang saya pakai dilembaga adalah lagu anak anak yang diminta anak atau diminati anak, misalnya senam Upin Ipin, pinguin. untuk melatih senam saya membawa laptop kemudian videonya saya perlihatkan pada anak anak, Alhamdulillah anak anak juga bersemangat mengikuti kegiatan senam, senam dilembaga kami juga sesuai dengan tema, misalnya senam tema kendaraan, tanaman dll
    4. pembelajaran yang pernah saya lakukan dengan menggabungkan tarian tradisional dari daerah masing-masing adalah ketika lembaga akan melakukan kegiatan haflah atau perpisahan, pelepasan siswa lembaga kami mengadakan pentas seni sehingga kami selalu menggabungkan tarian tradisional, anak anak sangat senang sekali.
    Setelah melihat video ini saya akan mempraktekkan pada anak – anak ketika kegiatan senam. Terimak kasih banyak atas ilmu yang saya dapat.

  10. Mardiana Nur Syahbani says:

    Assalamualaikum

    1. Saat anak masuk pertama kali di sekolah yang baru terutama di kelompok bermain atau Taman kanak-kanak orang tua atau guru bisa membantu anak untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Anak bisa ditunggui dulu sesuai dengan keberanian anak dengan melakukan kegiatan perkenalan dengan teman teman barunya,guru di sekolah dan tempat-tempat di lingkungan sekolah. Bantu anak untuk berkenalan dengan teman barunya, supaya bisa mengalihkan pikirannya,pelan-pelan anak bisa di tinggal ditempat lain misal pindah keruang tunggu di sekolah.Dengan cara ini anak mau di tinggal oleh orang tuanya.Berikan kepercayaan pada anak untuk melakukan kegiatan pembiasaan di sekolah seperti kegiatan baris saat masuk kelas,cuci tangan,buang sampah,ketoilet walaupun dengan bantuan guru, dan kegiatan pembiasaan dilakukan berulang-ulang sampai anak bisa melakukan kegiatan secara mandiri.Berikan penghargaan atau pujian atas kemampuan anak setelah melakukan kegiatan secara mandiri.
    2. Bagaimana sebaiknya sikap guru menerima murid baru terutama anak yang tidak mau berpisah dari orangtuanya? Menurut pengalaman kami selaku guru,kami biasanya memberikan waktu kepada orang tuanya utk tetap menunggu anak-anak mereka, dan tetap memberikan perhatian, dan guru itu memang harus bersabar dalam menghadapi siswa seperti itu.
    3. Bagaimana sebaiknya guru memilih kalimat atau kata-kata apabila berhadapan dengan murid yang sulit bergaul? Menurut saya, saya akan mengatakan Menurut saya, kata-kata yang digunakan adalah kata-kata yang bersemangat dan melibatkan siswa dalam percakapan seperti, apa kabar atau suka main apa kalau di rumah?
    4. membuat mainan yang menarik, atau melakukan sesuatu hal yang bisa menarik minat anak dan tetap berikan kenyamanan anak untuk berada di kelas
    5. mengkomunikasikan kepada wali murid agar bisa kooperatif dalam artian untuk sedikit demi sedikit mampu meninggalkan anak disekolahan dengan cara diantar smpai pintu depan kelas, jendela dan jika sudah sukses anak berani masuk sendiri, orang tua segera meninggalkan anak disekolahan
    6. Komunikasi yang dapat dilakukan oleh guru kepada orangtua pada saat orangtua mengantar anaknya ke sekolah adalah dengan menyampaikan evaluasi dari hari sebelumnya agar orang tua dapat menindak lanjutinya di rumah sehingga semua berjalan berkesinambungan dan sejalan. Guru perlu menyampaikan perkembangan baik anak kepada orang tua, disampaikan secara terbuka di depan anak, agar anak mendengarnya dan tumbuh rasa perccaya dirinya. dengan demikian anak terpancing utnuk menjadi makin mandiri

    Terimakasih

  11. Sartika says:

    Bagaimana cara login jika lupa password?

  12. Evvy Ermawati says:

    Cara mengatasi anak yg sulit memegang pensil dengan benar saat menulis adalah dengan cara memberikan beberapa stimulus kepada anak tersebut sbb :
    1.memeberikan pensil yg tidak terlalu panjang
    2. Mengajak anak untuk belajar meremas,memegang,mengepal,menggenggam kemudian juga mengajak anak untuk menjepit dan juga memutar.
    3.mengajak anak untuk mencoret2.
    4.dan yang lebih penting adalah memberikan support dan juga motivasi kepada anak mulai sedini mungkin
    6.memberikan reward kepada anak sebagai motivasi belajarnya

    Link :
    http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/laboratorium-pembelajaran-paud

  13. Esnaria Sihombing says:

    1. Menurut saya dalam vidio tersebut yang dilakukan oleh guru untuk melatih motorik halus halus anak sangat bagus. Guru melakukan dengan berbagai variasi untuk melenturkan otot anak.
    2. Cara yang dilakukan guru PAUD dalam melatih motorik halus anak agar dapat memegang pensil dengan benar adalah dengan cara meremas-remas kertas,bermain pasir,bermain plastisin.
    3. Pensil tidak terlalu panjang dan tidak terlalu runcing,agar tidak berbahaya bagi anak.
    4. Pengalaman saya,bagi anak yang belum bisa memegang pensil kita latih dulu dengan cara meremas kertas dengan tujuan untuk melemaskan otot pada jari-jari tangan anak.
    5. Referensi,modul metode pengembangan fisik(PAUD 4202).

  14. Esnaria Sihombing says:

    1. Menurut saya dalam video tersebut yang dilakukan oleh guru untuk melatih motorik halus anak sangat bagus. Guru melakukan degan berbagai variasi untuk melenturkan otot jari tangan anak.
    2. Cara yang dilakukan guru paud dalam melatih motorik halus anak agar dapat memegang pensil dengan benar adalah dengan cara meremas remas kertas, bermain pasir, bermain plastisin.
    3. Pensil tidak terlalu panjang dan tidak terlalu runcing, agar tidak berbahaya bagi anak.
    4. Pengalaman saya, bagi anak yang belum bisa memegang pensil kita latih dulu dengan cara meremas remas kertas dengan tujuan untuk melemaskna otot pada jari tangan anak.
    5. Referensi, modul metode pengembangan fisik (PAUD4202).

  15. Putri Fajar Yunihari says:

    Pada vide tersebut, Guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
    Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
    Jadi selain dengan nasihat, menanamkan nilai kejujuran dapat dilakukan dengan ketika pembelajaran, seperti di video secara tidak langsung guru menanamkan nilai kejujuran melalui kegiatan pembelajaran.

  16. Putri Fajar Yunihari says:

    Strategi yang di gunakan dalam video sudah baik, bermain drama memerankan tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran lebih tepat sasaran. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya.
    Dengan pengalaman langsung, untuk menanamkan nilai kejujurn akan semakin mudah karena anak serasa mengalaminya secara langsung melalui bermain peran. Bisa juga dengan tanya jawab sesudah kegiatan bercerita selesai

  17. TRI LES ANA SARI says:

    Dalam kegiatan bercerita guru tidak memposisikan duduk anak dengan baik, seharusnya seorang guru mengkondisikan duduk anak
    dengan sebaik mungkin, Karakter suara yang dimainkan oleh guru kurang menarik sehingga membuat tidak mau mendengarkan cerita Guru kurang menguasai isi cerita, sehingga kegiatan bercerita kurang menarik, Ekrepresi guru sangat menoton sehingga membuat anak merasa jenuh atau bosan, Guru kurang memperhatikan anak saat melakukan kegiatan bercerita sehingga anak-anak merasa bosan.

  18. KUSMALA DEWI says:

    VIDEO “senam traditional”
    kekurangan dan kelebihan dari video tersebut yaitu :

    Kelebihan :
    a. dalam video guru sudah menggunakan metode strategi pendekatan, menggunakan media musik.
    b. dalam kegiatan senam tradisional dengan menggunakan iringan musik berirama gamelan sudah cocok untuk kegiatan senam
    c. dengan mengkombinasi gerakan senam seharusnya lebih mudah untuk anak mengikuti gerakan.

    Kekurangan:
    a. dalam kegiatan senam seharusnya anak tidak terlalu rapat jaraknya, tempatnya terlalu sempit sehingga anak tidak leluasa untuk bergerak untuk melalukan kegiatan senam.
    b. seharusnya guru bisa membawa anak ketempat yang lebih terbuka seperti di luar ruangan atau dilapangan sehingga anak dapat menikmati udara segar lebih bergairah dan bersemangat.
    c. seharusnya guru juga harus lebih bersemangat dalam melalukan gerakan senam.

  19. KUSMALA DEWI says:

    VIDEO ” Senam Berbisik”

    Kelebihan nya yaitu :
    a. kemampuan fisik motorik anak berkembang
    b. dapat menimbulkan rasa percayadiri pada anak,
    c. mengajarkan anak untuk focus agar pesannya sampai kepada temannya yang lain.
    d. Dengan menirukan suara-suara binatang dan mempraktekkannya kedepan, dapat mengebangkan fisik motorik kasar dan halus pada anak.

    Kekurangannya:
    a. Pelaksanaan pesan berbisik jadi tampak kurang efektif dilaksanakan karena anak sangat ribut dan tidak kondusif
    Bagian yang menstimulasi perkembangan motorik halus anak adalah,
    Pada saat anak menerima pesan dari guru, anak menyimpan pesannya di otak dan membisikkannya kepada teman yang di sebelahnya, begitu juga dengan temannya yang lain.
    Ketika menirukan suara binatang, anak mampu menalar bagaimana bunyi suara binatang tersebut.
    Ketika guru bercerita menggunakan boneka tangan, anak mendengarkannya dengan baik, dan menerima penjelasan dari guru
    Bagian yang menstimulasi perkembangan motorik kasar anak adalah,
    Ketika menirukan gerakan binatang
    Ketika anak menunjukkan kartu hurufnya
    Ketika anak berlari ke depan untuk menyampaikan pesan nya
    Ketika anak mengambil kartu hurufnya

  20. TOTI FATMAWATI says:

    Pada Vidio ke 1 judul Pemberian Hadiah “Praise” (2011)
    Dalam dividio ini sudah bagus bagaimana menanam sikap disiplin pada anak sejak usia dini, tugas guru adalah membentuk disiplin dan menanamkan ketaatan kepada aturan,
    bagi anak yang melakukan aturan akan diberikan pujian dan bagi yang belum melaksanakannya akan di berikan pujian juga karena untuk termotivasi untuk melakukan melaksankan aturan ( seperti belum merapikan mainan hari ini, hari berikutnya merapikan karena sebelumnya sudah termotivasi ) dan memberikan reward untuk meningkatkan perhatian siswa, memperlancar atau mempermudah anak,membangkitkan semangat pada anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *