Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

2,066 Responses

  1. DEDEK ARISKA says:

    Kekurangan guru dalam Vidio tersebut ialah guru terlalu cepat bercerita,dengan menyebutkan nama nama kelinci yang susah untuk disebutkan anak,seharusnya guru bisa menggnti nama kelinci tersebut dengan sebutan yang lebih gampang dimengerti anak, dan guru juga bisa menggunakan alat peraga dalam bercerta agar lebih menarik perhatiaan anak memperagakan ekspresi dari cerita tersebut agar anak-2. sehingga anak susah untuk menangkap cerita dan kurang memperagakan gerakan.
    Kelebihan nya Guru sudah tepat dengan mengajak anak untuk bercerita kembali di depan karna dengan guru menyuruh anak menceritakan kembali sebuah cerita tersebut berarti anak akan menyimak cerita yang di bacakan guru dan melatih anak untuk berani tampil di depan umum.

  2. KUSMALA DEWI says:

    Nama : Kusmala Dewi
    NIM : 859864454

    Ijin memberikan komentar pada video Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat yaitu :

    Kelebihan Guru
    1. Guru berusaha bertanya kepada anak tentang hal-hal yang disukai oleh anak dan apa saja hal-hal yang disenanginya agar anak terbiasa menjawab pertanyaan yang diberikan kepadanya dan selalu tanggap atas segala pertanyaan yang ditujukan kepadanya

    2. Guru selalu berusaha mengajak anak-anak untuk membiasakan diri untuk berani mengemukakan pendapatnya masing-masing

    3. Guru berusaha menstimulasi anak dengan gambar-gambar yang ditunjukkan ini ditujukan agar anak bisa melihat dan mencontoh gambar yang telah dilihatnya dan diharapkan anak dapat membuat gambar serta bisa menceritakan gambar yang telah dibuatnya.

  3. MARIANI BANNE 859404797 says:

    Menurut saya ransangan yang diberikan oleh guru dengan berbagai metode dan alat peraga itu sudah bagus, dan mudah dilakukan oleh anak, aktifitas seperti ini yang diberikan dengan mudah akan mereka praktekkan dalam kesehariannya dirumah , sehinggah lebih mempercepat proses ransangannya sehingga anak dengan mudah dan cepat bisa memegang pensil dengan benar.

    • Sunarti Narti says:

      Cara mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapatnya.
      Menurut pendapat saya dalam Vidio itu guru masih kurang aktif atau kurang komunikasi sama anak didiknya.
      Sehingga pada saat guru ingin menanyakan sesuatu ke anak didiknya mereka akan menjawab “Tidak Tau”sebab anak itu kelihatan tidak pede dan tidak berani berbicara sama gurunya.
      Mungkin ini yang di sebabkan kurangnya komunikasi Guru kepada anak didiknya atau kurang pendekatan.

  4. JULIANA CLEMENTIA says:

    1. Penyebab anak tidak bisa atau belum mampu mengemukakan kembali isi cerita yang tela di dengar antara lain :
    – Ceritanya kurang menarik
    – Guru bercerita tidak dengan intonasi sehingga anak bosan
    – Guru tidak menggunakan alat peraga ketika berbicara

    2. Kekurangannya adalah : ceritanya kurang menarik dan kurang menguasai kelas, anak tidak melihat dan mendengarkan dengan baik
    Kelebihannya adalah : Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sudah baik

    3. Jika saya mengalami kasus di atas yang akan saya lakukan yaitu saya akan memilih cerita yang lebih menarik, sebelum cerita saya akan membuat peraturan anak harus menyimak dan mendengarkan ketika saya bercerita, saya akan memilih alat peraga yang akan saya gunakan dan saya akan mengajak anak untuk aktif dalam mengikuti kegiatan bercerita.

    4. Kasus pembelajaran lain yang mirip dengan kasus adalah kadang anak sulit membedakan binatang bebek dan angsa

  5. JULIANA CLEMENTIA says:

    1. Cara mengatasi masalah anak yang sulit mengungkapkan ketidak setujuanya yang dijelaskan dalam video tersebut sudah tepat.

    2. Kelebihannya adalah anak tidak menunda untuk menyelesaikan masalahnya.
    Kekurangannya adalah tidak memberi pengertian / penguatan terhadap kedua anak melainkan hanya satu saja.

    3. Hal yang saya lakukan jika terjadi kasus seperti itu adalah memberikan kesempatan sampai anak tenang. Setelah itu anak di ajak berbicara jika ada yang tidak suka maka tolong katakan, kalau menangis itu tidak tahu apa masalahnya.

    4. Selalu mengajarkan pembiasan tentang sikap anak yang baik setiap hari, sehingga anak terbiasa dan siap menjadi anak yang mandiri.

  6. sitinur alfiah says:

    1. guru memberikan cerita yang menarik dengan gambar yang keren sehingga anak-anak menyukai.
    2. gunakan alat peraga dalam memberikan materi.
    3. guru tidak hanya duduk saja tapi lakukan satu geraka yang menarik agar anak-anak tidak terlalu tegang,
    4. humor dalam mengajar di tambahkan agar anak-anak terlihat lebih santai tidak tegang.

    • Yuni asih says:

      Nama: Yuniasih
      Nim: 857557457

      Dalam video tersebut menurut pendapat saya guru menyampaikannya terlalu cepat sehingga anak tidak memahamai ap yang di sampaikan guru dengan baik dan menyampaian materi seharusny guru menyediakan alat peraga yng menarik agar anak lebih tertarik dan mudah di pahami anak .
      Kelebihannya guru bercerita kembali dan guru sudah mengajukan tanya jawab kepada kepada anak dan anak menjawab sesuai yang di tanyakan guru kegiatan ini melatih anak untuk berani menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh guru dengan tepat di depan teman- teman dan guru .

  7. Firda tasya aulia Aulia says:

    Nama : Firda Tasya Aulia
    Nim : 857193096

    dalam vidio tersebut terlihat guru bercerita terlalu cepat sehingga anak sepertinya kurang memahami isi ceritanya, dan guru terlalu tergesah-gesah untuk memulai bercerita. Tapi apa yang disampaikan guru tersebut sudah bagus tinggal beberapa perbaikan saja seperti
    pada saat sebelum memulai bercerita alangkah baiknya guru menentukan posisi duduk anak, agar anak dapat mendengar cerita dan melihat guru tanpa terhalang oleh temannya sehingga dapat fokus pada guru yang bercerita dan isi dari cerita tersebut. Kemudian sebelum memulai alangkah baiknya guru bernyanyi bersama dengan teman-teman untuk membangkitkan semangat anak, memberitahu judul dari cerita yang akan disampaikan dan meminta anak untuk menyimak ceritanya sampai selesai. Gunakan alat atau media untuk dapat menarik perhatian anak, dengan adanya media anak menjadi lebih tertarik dengan cerita yang disampaikan oleh guru, selain media intonasi suara dan mimik wajah juga akan menarik perhatian sang anak. Untuk nama yang terdengar sulit dapat diganti atau disamarkan saja, ketika mendapatkan nama yang terdengar sulit guru dapat mengulang beberapa kali nama tersebut untuk memastikan anak dapat mengingat nama tersebut. Setelah bercerita guru mengulas cerita kembali dengan memberikan pertanyaan kepada anak atau meinta anak untuk menceritakan kembali isi dari cerita yang sudah disampaikan oleh guru, kemudian berilah reward atau hadiah kepada anak yang dapat menjawab dan menceritakan kembali isi cerita dengan sederhana.

  8. Rahmi says:

    Dalam video tersebut untuk melatih motorik anak dan bahasa anak, guru menstimulus anak yang menyenangkan, seperti menebak gambar dan menirukan gerakannya.

  9. Rahmi says:

    Kegiatan senam tradisional yang di berikan merupakan kegiatan rutin maka anak merasa bosan kurang antusias dalam mengikuti kegiatan senam tersebut.
    Solusinya:
    Guru memberikan kegiatan senam yg berbeda setiap minggunya.

  10. devi alvionita sulistyo says:

    Setelah melihat tayangan video dan membaca sinopsis di atas, bagaimana tanggapan Anda sebagai guru, orang tua, atau pendidik anak usia dini? Tentunya kita pernah bahkan seringkali menjumpai kasus pembelajaran tersebut, bukan? Nah, mari kita diskusikan bersama:

    1. Apa penyebab anak tidak bisa atau belum mampu mengemukakan kembali isi cerita yang pernah didengar?
    Jawab : penyebabnya adalah pengelolaan kelasyang kurang tepat oleh para guru, pemilihan cerita yang kurang menarik, guru tidak memperhatikan posisi duduk anak sehingga anak tidak jelas melihat guru karena terhalangi oleh temannya.
    – Kaitkan dengan teori perkembangan bahasa anak yang pernah Anda baca/ketahui!
    bahasa sangat penting bagi anak karena bahasa dapat menstimulasi anak mengembangkan kecerdasannya melalui proses berpikir, anak dapat melatih kemampuan mendengar, mampu mengembangkan kemampuan berbicara, membaca, dan menulis. kemampuan memahami
    makna kata yang disampaikan kepada orang lain. Kemampuan tersebut dapat berkembang dengan baik jika anak mendapat stimulasi seperti mengembangkan kemampuan anak dalam menceritakan kembali. Kemampuan menceritakan kembali isi cerita pada anak, anak belajar memahami isi cerita terlebih dahulu melalui kegiatan reseptif, yaitu kegiatan menyimak cerita sehingga terbentuk kemampuan morfologis dan sintaksis yang sederhana. Anak yang mampu menceritakan kembali yaitu anak mampu mengucapkan kata-kata yang dimengerti orang lain dan anak memahami arti kata-kata yang telah diucapkan tersebut.

    2. Apa kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
    * kelebihan : Guru mengemukakan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mengajak anak mendengarkan cerita dan mengemukakan judul cerita. Ini merupakan upaya untuk menarik minat anak mengikuti kegiatan.
    * Kekurangannya : Dalam bercerita, terkesan guru terlalu cepat dan ingin segera menyelesaikan cerita sehingga dalam mengucapkan kalimat-kalimatnya tampak terburu-buru dan intonasi kurang ekspresif. Guru terlalu sibuk dengan ceritanya sendiri, tekstual dan membaca buku sendiri sehingga kurang memperhatikan dan kurang ada “kontak” dengan anak, Pengelolaan kelas masih kurang, belum tampak ada upaya untuk memusatkan perhatian anak ketika mereka tidak memperhatikan cerita guru, bahkan ketika anak sibuk dengan temannya atau tampak bosan dan mengantuk.

    3. Jika Anda mengalami kasus di atas, apa yang akan Anda lakukan? Mengapa solusi tersebut yang Anda pilih?
    Jawab : Menjadikan suasan kelas yang menarik bagi siswa Karena ada aturan yang disepakati dan pilih satu anak untuk memilih buku ceritanya. Karena jika anak memilih buku yang ingin dia baca umumnya anak akan tertarik untuk mendengarkan, dan aturan dibuat bersama anak dengan tujuan anak sudah tahu aturan-aturan yang akan berlaku saat cerita dibacakan, anak sudah terinformasi dengan baik situasi yang akan ada, biasanya anak akan merasa lebih tenang jika mereka tahu kondisi yang akan mereka hadapi.

    4. Tuliskan kasus pembelajaran lain yang mirip dengan kasus di atas dan bagaimana mengatasi masalah tersebut!
    Jawab : kasus yang pernah terjadi yaitu anak bercerita sendiri bahkan ada yang berlari lari pada saat guru membacakan cerita, setelah cerita selesai dibacakan anak tidak dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
    Cara mengatasinya yaitu
    -mengembalikan fokus anak dengan nyanyian atau tepukan,
    -mengatur duduk anak supaya dapat meliha guru dengan jelas
    -berkomunikasi dengan anak, atau anak dilibatkan dalam cerita
    -menggunakan media boneka tangan, anak diajak untuk berkomunikasi dengan boneka tangan tersebut misalkan bersalaman, mencium atau memeluk boneka tangan satu persatu
    -lebih ekspresif pada saat membacakan cerita, menggunakan mimik wajah sesuai situasi cerita, dan intonasi diperjelas.
    -jika ada satu anak yang mulai memprofokasi temannya untuk tidak fokus, diberi penguatan lagi atau libatkan lagi anak yang mengajak temannya untuk tidak fokus tersebut
    -menanyakan secara individual mengenai isi cerita dengan pertanyaan terbuka dan tertutup
    -memberikan reward kepada anak yang dapat menceritakan kembali isi cerita yang didengarnya
    -memberikan afirmasi tentang cerita yang dibacakan bisa berupa lagu atau tepukan
    -melakukan kegiatan penutup dan menanyakan perasaan anak.

  11. KUSMALA DEWI says:

    NAMA : KUSMALA DEWI
    NIM : 859864454

    Kelebihan Guru dalam Video Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
    1. Salah satu cara guru untuk menggali imajinasi adalah anak dengan cara membebaskan dan membiarkan anak-anak untuk menggambar bebas sesuai dengan keinginan hatinya. Ibu guru mencontohkan sebuah gambar pada papan tulis, dan ibu guru menyuruh ana-anak untuk menggambar sesuai dengan keinginan mereka masing-masing, Namun anak cenderung meniru gambar yang telah digambar oleh ibu guru, seharusnya gambar anak harus berbeda dengan yang dipapan tulis, namun anak-anak belum bisa berimajinasi sendiri sehingga mereka menggambar seperti yang dipapan tulis.

    2. Untuk menggali ide-ide dan imajinasi anak ibu guru mengajak anak-anak keluar ruangan untuk melihat benda-benda sekitar yang ada dihalaman sekolah. Ibu guru menjelaskan kepada anak bahwa mereka bisa melihat banyak benda yang berada disekitar halaman sekolah, sehingga anak nantinya bisa menggambar benda yang telah dilihatnya kedalam buku gambar mereka.

    3. Guru mengajak anak kembali masuk kedalam kelas, dan guru mengajak anak agar bisa menceritakan segala apa yang telah dilihatnya dihalaman sekolah tadi. setelah itu ibu guru pun kembali memberi tugas kepada anak untuk menggambar apa yang telah dilihat anak pada saat dihalaman sekolah.

    3.

  12. DEDEK ARISKA LUBIS says:

    Kelebihan guru pada vidio anak sulit berimajinasi saat menggambar adalah:
    guru sudah tepat memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu apa yang sesuai dengan kemampuan yang dilihatnya dengan cara meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapayt menggambar sesuai imajinasi dan apa yang dilihat nya sendiri.
    namun kekurangan nya guru tidak harus menggambar contoh di papan tulis dengan menggambar sendiri karna ketika anak melihat itu mungkin anak akan meniru gurunya dan menggambar sesuai yg di gambar guru.

  13. sri stia ningsih says:

    Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar tetapi seharusnya di dalam video tersebut ada kegiatan awal pembelajaran.guru seharusnya memberikan pembukaan dengan bercerita tentang apa akan digambar oleh anak,sebelum menggambar seharusnya guru mengajak anak keluar ruangan,agar anak dapat mengamati langsung benda yang ada di sekitar dan anak dapat berimajinasi ketika menggambar,jadi anak akan lebih mudah berimajinasi dan menggambar langsung dialam sekitar.

    • Betsi Masseleng Panggalo says:

      sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada anak mengembangkan imajinasinya melalui cerita guru atau langsung mengamati dihalaman sekolah.

  14. Dina Akmalia says:

    Menurut saya kegiatan yang dilakukan oleh guru tersebut sudah benar. kekurangan dari video tersebut yaitu guru langsung meminta anak untuk mengerjakan tugas tanpa berdo’a terlebih dahulu, selain itu guru tidak mencontohkan dulu kepada anak didik. kelebihan dari video tersebut yaitu mempercepat dalam merangsang imajinasi anak. metode yang tepat dalam video tersebut yaitu bercerita atau berdiskusi dan mengajak anak melihat langsung bentuk dari subjek tersebut.

  15. Laela sinta Dewi says:

    Laela sinta Dewi
    Nim : 837443119
    PGSD 8B

    Setelah menyimak pembelajaran tersebut, dalam vidio, terlihat guru bercerita dengan bicara yg terlalu cepat, sehingga anak sepertinya kurang bisa memahami pembelajaran serta isi cerita yg disampaikan guru.
    Tetapi kelebihan dalam video, apa yang sudah disampaikan oleh guru sudah bagus, hanya beberapa ada sdikit perbaikan seperti
    pada saat sebelum memulai pelajaran dengan menarik perhatian siswa, misal : sebelum memulai alangkah baiknya guru bernyanyi bersama dengan teman-teman untuk membangkitkan semangat anak, memberitahu judul dari cerita yang akan disampaikan dan meminta anak untuk menyimak ceritanya sampai selesai. Gunakan alat atau media untuk dapat menarik perhatian anak, dengan adanya media anak menjadi lebih tertarik dengan cerita yang disampaikan oleh guru.

  16. Tanti Amalia Larasati says:

    Belajar matematika pada siang hati memang terkesan membosankan, capek dan mengantuk karena siswa seharian melaksanakan pembelajaran., sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Maka guru harus bisa menggunakan suatu ide seperti membuat games atau quiz disetiap sela-sela pembelajaran, karena siswa lebih senang mempraktekkan daripada duduk diam mendengarkan.

  17. Ranti Yuliantinasari says:

    Ranti yuliantinasari
    856725964
    Menurut saya kegiatan yang dilakukan guru sudah benar.
    Kelebihannya guru cepat tanggap mengatasi permasalahan anak dan mengajak anak belajar diluar kelas.
    Kelemahannya guru tidak menjelaskan pelajaran tentang tema yang akan dipelajari.
    Yang dilakukan guru sebaiknya menjelaskan apa yang anakn dipelajari anak sebelum mengajak anak keluar kelas.
    Sebelum mengajak anak belajar keluar kelas sebaiknya guru menjelaskan apa yang akan dipelajari dengan bercerita dahulu tentang tema yang akan dipelajari sehingga anak akan berimajenasi

  18. vivi dwi astuti says:

    Guru membuka kelas dengan baik sehingga anak-anak sudah berkumpul dan duduk manis untuk mendengar ceritanya. Kekurangan dari video ini, mungkin lebih baik guru memberikan karakter suara yang berbeda-beda di dalam setiap peran sehingga anak menjadi lebih tertarik untuk mendengarkan cerita tersebut.

  19. Rini Juliana says:

    Menurut saya apa yang di lakukan oleh guru tersebut sudah benar mengajak anak – anak bercerita hanya saja guru jangan terlalu cepat agar anak didik yang mendengarkan bisa memahami apa yang guru sampaikan dan cerita kepada anak didiknya.sehingga anak didik yang mendengarkan juga bisa berinteraksi antara guru dan anak didiknya sehingga menimbulkan suasana yang menyenangkan dalam kegiatan bercerita tersebut. adapun yang harus di lakukan oleh guru ketika bercerita agar anak menarik dan mendengar cerita yaitu bisa menggunakan alat peraga agar anak lebih menarik ,menirukan suara yang menarik sesuai dengan apa yang di ceritakan,membawakan cerita dengan expresi yang senang sehingga anak bisa mengikuti apa yang di ceritakan.

  20. yulianti says:

    assalamualaikum

    menurut saya

    1. Anak belum mandiri dalam belajar dapat dilihat dari perilaku anak tersebut. Ketika anak sudah mandiri maka dia akan dengan percaya diri dan semangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan, sedangkan anak yang belum mandiri akan cenderung mengeluh bahwa dia tidak bisa mengerjakan tugas yang diberikan dan terlalu banyak alasan agar anak tersebut diberikan keringanan dalam mengerjakan tugas, misalkan minta bantuan kepada orang lain (orang tua, guru maupun temannya).

    2. Ya. Dengan cara menanyakan alasan kenapa si anak tidak mau belajar bersama dengan teman-temannya. Kemudian setelah mengetahui alasan si anak, kita sebagai pendidik akan mencari solusi sehingga anak tersebut mau bergabung kembali dengan teman-temannya di kelas.

    3. Tidak. Karena jika anak dipaksa maka akan berdampak pada psikologi anak tersebut. Sebaiknya kita sebagai pendidik dengan pelan-pelan mengarahkan serta melibatkan anak di dalam kegiatan pembelajaran sehingga lama kelamaan akan timbul rasa percaya diri dari dalam diri anak tersebut.

    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *