Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

2,066 Responses

  1. DIAH AYU RAHMAWATI says:

    izin menanggapi
    setelah saya melihat vidio ” anak mogok tidak mau belajar” seorang guru yang menghadapi masalah tersebut, cara yang dilakukan guru :
    – menggali keterangan mendalam dari anak/orangtua dengan home visit untuk mengetahui penyebab mengapa anak mogok belajar,
    – membuat kesepakatan antara anak dan orangtua untuk bisa masuk sekolah,
    – memberikan toleransi kepada anak selama beberapa hari hingga ia merasa aman dan yakin bahwa ia aman masuk ke kelas,
    – anak terus diarahkan secara bertahap untuk mau masuk ke kelas.

    • Checilia Wulandari says:

      857556946_Checilia Wulandari
      Menurut saya mengenai video yang sudah di putar dengan judul Keercayaan Diri seorang anak usia dini perlu di kembangkan dengan berbagai cara salah satunya memebrikan anak kesempatan mengungkapkan pendapat yang ingin mereka ungkapkan. setelah anak memiliki ide untuk berpendapat, maka seorang pendidik tidak langsung mematahkan semangat mereka dengan mengucapkan : tidak boleh, jangan, awas yaa kalau … dan lain – lain. berikan anak kesempatan untuk menceritakan, tanggapi apa yang sudah mereka usahan, berikan motivasi masukan pendapat agaranak lebih terpacu semngatnya mengembangkan apa yang mereka ingin ungkapkan. Kemudian berikan anak peluang agar mampu beradaptasi dengan teman sebayanya, sehingga melalui teman sebaya akan lebih mempercepat anak memiliki rasa percaya diri dalam mebangun jati diri anak itu sendiri.

  2. Ni Nyoman Putri Asih says:

    Setelah saya melihat video seri pengembangan Fisik- otorik PAUD, dengan judul mengatasi masalah anak yang takut mengakap bola saat kegiatan. Kesabaran guru sangat dibutuhkan.
    Kepekaan guru pun menjadi hal terpenting dalam hal ini.
    Semangat para Guru jangan pernah lelah dan putus asa

  3. IDA ROYANI says:

    Menurut saya apa yang telah guru nya ajarkan sudah benar,namun untuk mengatasi anak anak usia taman kanak kanak yang secara garis besarnya belum dapat dengan bebas memilih ide utnuk menggambar apa saja yang dilihatnya di luar lingkungan sekolah belum tersampaikan baik,oelh karena susahnya anak membuat pola sederhana pada buku gambarnya di karenakan belum terarah betul sesuai dengan apa yang ingin anak sampaikan pada buku gambarnya.
    karena kurangnya pemahaman yang di berikan oleh seorang guru pada anak seharusnya anak ditekan kan agar tidak meniru ibu guru nya dalam hal ini gambar dari gurunya,dan seharusnya ibu gurunya tidak terburu buru memberikan gambar yang membuat anak seusia ini lebih cenderung untuk meniru kan ketimbang membuat gambar sesuai apa yang menjadi imajinasinya tadi.
    tadi di vidio anak anak banyak menyebutkan gambaran apa saja yang tadi di lihatnya,tapi kurangnya kepercayaan diri anak sehingga meniru gambar gurunya dengan lebih mudah.

  4. Suwarni Sekadau says:

    Menurut saya cara guru melatih motorik halus anak sudah benar,dan selain dari cara tersebut masih ada cara lain seperti meremas kertas/tisu,bermain pasir dan kita sebagai guru juga harus memperkenalkan apa itu alat tulis pensil,cara memegang pensil,cara menggunakan pensil dan fungsi dari pensil itu sendiri.alat tulis yg baik untuk anak paud bisa berupa pensil biasa,pensil warna dan crayon.pengalaman saya dalam mengajari anak yg blm bisa memegang pensil yaitu dengan cara mengajak anak utk mengenal alat tulis pensil terlebih dahulu,kita mengenalkan juga warna warna menarik dari pensil yg ada agar anak tertarik dengan alat tulis tersebut.contoh pembelajaran seperti video diatas sudah cukup baik,karena guru berperan aktif dalam mengajari anak dalam memegang pensil

  5. Nur hanifah says:

    Dalam video tersebut anak sudah cukup memberi evaluasi dalam pembelajaran.

  6. Agung Sugiarto says:

    Nama : Agung Sugiarto
    Nim : 030292495

    Asalamualaikum wr,wb.
    saya mengamati vidio tokoh idola pembelajaran ppkn

    Analisis vidio menurut saya ;

    Kelebihan dari vidionya menurut saya :
    1.Terjalin komunikasi belajar mengajar yang baik antara siswa dan guru.
    2. siswa aktif menanggapi pertanyaan yang di berikan oleh guru.
    3.Sistem Mengajar Guru kreatif dan menjadi stimulus pembaljaran yang menyenangkan.
    4.Siswa dapat menangkap umpan balik yang diberikan dengan sangat baik.

    Kelemahan dari vidio yang di tayangkan adalah:
    1.Guru terlalu cepat dalam penyampaian materi pada siswa.
    2.Ada baiknya tugas Tidak hanya dianjurkan 5 kelompok tetapi untuk individu.
    3.Siswa terlalu serius sehingga terlihat tegang.

    saran saya dalam vidio yang di tampilkan adalah.
    Guru dapat melakukan berbagai metode – metode dalam proses mengajar agar para siswa dapat mengemukakan argumennya dengan bebas dan lepas dalam arti tidak merasa minder atas tanggapannya.
    Guru bisa dengan cara memberikan tebak tebakan, yang mengacu pada materi atau nada dan ekspresi yang dapat membuat siswa lebih menikmati suasana belajar saat itu.

  7. Nurul Hidayati says:

    Menanggapi permasalahan dalam video pembelajaran, menurut saya menarik perhatian siswa itu selain dengan benda-benda, yang terpenting juga penampilan guru yang menarik, rapi .

    • Marda Wati says:

      Mardawati
      Nim : 835693617
      Menurut saya cara mengajar melatih motirik halus anak sudah sangat baik, tetapi akan lebih baik lagi jika guru mengenal kan berbagai macam kegiatan ya itu dengan cara meremas kertas, meremas spon yang di beri air Dan bermain pasir . Sebagai guru kita harus memperkenal kan berbagai macam alat tulis, seperti pensilpensil biasa, pensil warna . Dan kita sebagai guru harus berperan aktif dalm membantu anak cara meme gang pensil dengan baik dan benar,.

  8. Marda Wati says:

    Mardawati
    Nim : 835693617
    Menurut saya cara mengajar melatih motirik halus anak sudah sangat baik, tetapi akan lebih baik lagi jika guru mengenal kan berbagai macam kegiatan ya itu dengan cara meremas kertas, meremas spon yang di beri air Dan bermain pasir . Sebagai guru kita harus memperkenal kan berbagai macam alat tulis, seperti pensilpensil biasa, pensil warna . Dan kita sebagai guru harus berperan aktif dalm membantu anak cara meme gang pensil dengan baik dan benar,.

  9. hariyati nurfadlia says:

    Nama : HARIYATI
    Nim : 859395673

    Dalam video tersebut, terlihat seorang guru akan memulai pembelajaran yaitu dengan menebalkan garis, kemudian memberikan lembar kerja pada anak-anak, namun ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik. sehingga ibu guru memberikan stimulus atau cara agar anak tersebut tidak kaku dalam memegang pensil, mula-mula ibu guru meminta anak untuk memindahkan air dari wadah yang satu kewadah yang lain menggunakan spons, cara ini dapat melatih motorik halus anak.

    kelebihan : ibu guru mampu mengatasi anak didiknya yang belum bisa memegang pensil dengan benar, tidak hanya menggunaka satu metode saja tetapi menggunakan beberapa metode.

    kekurangan : ibu guru tidak mengenalkan alat yang akan digunakan sebelum pembelajaran dimulai.

    masukan dan saran saya, sebaiknya ibu guru terlebih dahulu melakukan pengenalan alat pada anak, misalnya kegunaan pensil dan bahaya pensil.

  10. Haryanti says:

    Assalamualaikum
    Nama haryanti
    Nim 857547083
    Dalam vidio dgpo yaitu cara menanamkan sikap jujur yaitu dengan bercerita dan menyimpulkan cerita bahwa keuntungan jujur apa agar anak mengerti

  11. Fitria Hasanah says:

    Nama : Fitria Hasanah
    NIM : 857353212

    1. Yang menjadi pokok permasalahannya yaitu anak sulit membedakan huruf yang mirip antara b,d,p.
    2. Anak-anak tidak fokus dan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. lebih banyak terlihat peran aktif guru.
    Masih kurang media bahan pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak.
    3. Sudah benar, boleh ditambahkan dan disertai gambar gambar menarik yang diawali huruf huruf yang mirip seperti b,d,p agar
    anak lebih tertarik fokus pada penjelasan guru
    4. Pertama mengenali dulu huruf – huruf yang sulit dibedakan dengan cara membuat Huruf besar (ukuran 1 kertas hvs) di ulangi
    terus kata-katanya sampai anak paham, lalu memberikan Media gambar yang berawalan huruf b,d,p. Atau mencari Nama-
    Nama teman di kelas dengan berawalan b,d,p. Memberikan kepada anak mengenal kartu, masing-masing diberi 3 buah kartu
    gambar, agar anak tertarik dan mudaj mengingatnya.
    5. Mengawali pengenalan awalan huruf satu persatu dengan meminta anak menunjukkan gambar dimana kita menyebutkan
    katanya, Contoh b : balon d : daun/domba p : pepaya/pisang. selanjutnya anak dapat bermain tebak huruf, bermain tutup
    buka kartu,lalu menulis di udara atau di papan tulis.

  12. NURHALIMAH SAGALA says:

    vidio 1 Judul ( Anak Ngobrol Dikelas Saat PBM)
    adapun pembelajaran yang dapat kami ambil dalam vidio 1 tersebut adalah.
    -seorang guru dapat mengalihkan sebuah cerita dengan menggunakan media gambar yang lebih besar dan gambar gambar yang semenari mungkin.
    – seorang guru dapat membuat suatu varisai permainan sehingga guru dapat bercerita dengan semangat dan baik.
    – seorang guru juga dapat melibatkan anak anak dalam cerita tersebut.
    – seorang guru memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

    • NURHALIMAH SAGALA says:

      METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
      Kelompok 1 :
      1. Ayu Sapitri
      2. Ayu Wulandari Nst
      3. Indah Pertiwi
      4. Nurhalimah Sagala
      5. Vera Permatasari

      vidio 1 Judul ( Anak Ngobrol Dikelas Saat PBM)
      adapun pembelajaran yang dapat kami ambil dalam vidio 1 tersebut adalah.
      -seorang guru dapat mengalihkan sebuah cerita dengan menggunakan media gambar yang lebih besar dan gambar gambar yang semenari mungkin.
      – seorang guru dapat membuat suatu varisai permainan sehingga guru dapat bercerita dengan semangat dan baik.
      – seorang guru juga dapat melibatkan anak anak dalam cerita tersebut.
      – seorang guru memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

  13. TEGAR SETYA RIZKI says:

    Ada yang bisa bantu mencari video pembelajaran di laman GPO?

  14. Khanifatut Diniyah, S.Sy Dini says:

    1. Kekuangan video : Guru kurang mengkondisikan kelas, hanya fokus pada bercerita, seharusnya guru tetap melakukan komunikasi dua arah, sehingga cerita tetap berjalan dan isi cerita bisa sampai kepada anak-anak
    Kelebihan video : Guru tepat dalam memilih buku cerita, seperti tidak terlalu banyak kata-kata, gambar menarik, judul sesuai dll. Dalam bercerita guru juga sudah mengusai serta mampu menyampaikan dengan intonasi yang bagus.
    2. Terlebih dahulu kuasai isi cerita, kondisikan kelas, lakukan komunikasi dua arah, minta guru pendamping untuk ikut serta mengkondisikan anak-anak. Dan bisa dengan menambah peraga lain saat bercerita, seperti memakai boneka tangan dan yang lainnya. Metode ini saya pilih dengan harapan bisa menambah fokus anak dalam mendengarkan cerita. Sehingga cerita bisa sampai kepada anak-anak dan bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.
    3. Menurut saya metode bercerita adalah salah satu cara untuk mengenalkan sikap jujur pada anak.
    Dengan langkah-la ngkah sebagai berikut :
     Pilih buku, tema yang menarik, dekat dengan anak dan sesuai dengan usia anak
     Guru menguasai isi cerita
     Guru mampu mengkondisikan kelas
     Guru mampu menyampaikan kepada anak dengan intonasi yang tepat
     Setelah melakukan metode bercerita guru mencoba menstimulasi anak melalui, memberi contoh sikap jujur, selalu berkomunikasi kaitannya dengan sikap jujur, hindari memarahi anak jika anak tidak jujur, biasakan mengajarkan anak meminta izin, beri apresiasi jika anak melalukan kejujuran, konsisten.
    4. Pilih buku cerita yang tidak terlalu banyak kata-katanya, gambarnya menarik untuk anak, pilih tema yang sesuai yakni yang berisi nilai-nilai kejujuran
    5. Kegiatan belajar yang pernah kami lakukan dengan metode bercerita yakni dengan memilih buku cerita bergambar yang menarik untuk anak, sebelum bercerita kami membiaskan melakukan kegiatan fisik motorik kasar terlebih dahulu supaya memunculakn fokus pada anak kemudian mengkondisikan anak baru memulai untuk bercerita, kami juga mengadakan tanya jawab setelah bercerita, supaya anak-anak lebih mengingat tentang isi cerita yang sudah guru sampaikan dan berharap bisa mempraktekkan.

  15. ANTONIA ORAPLEAN says:

    Menurut saya memainkan alat musik sederhana itu sangat baik untuk membutuhkan keterampilan peserta didik,,demi meningkatkan prestasi yang akan dicapai dan secara tidak langsung memainkan alat musik sederhana itu dapat membantu siswa melatih diri untuk lebih berkembang

  16. Rahmi says:

    Mengatasi anak yang belum bisa mandiri saat awal masuk sekolah:
    Pertama mengajak anak berkenalan sambil bermain dengan teman-temannya. Dan berkomunikasi dengan anak ternyang di sukai anak.

  17. Rahmi says:

    Mengatasi anak yang tidak mau belajar:
    Mengajak anak berbicara, dan bertanya kepada anak mengapa dia TDK mau belajar. Lali tanyakan pada anak permainan apa yang dia sukai. Lalu berilah pilihan pada anak kalau dia mau belajar dia boleh bermain permainan yang di sukainya.

  18. Rahmi says:

    Mengatasi anak yang tidak percaya diri adalah beri anak motivasi kalau dia anak hebat sama seperti temannya. Dia bisa melakukan apa yang dilakukan temannya

  19. KUSMALA DEWI says:

    Menurut saya kekurangan guru dalam video tersebut adalah:
    1. Buku cerita yang dibacakan guru mempunyai karakter nama tokoh yang hampir sama, sehingga anak susah mengingat nama-nama tokoh yang telah disebutkan guru dalam bercerita,kalaupun akan menceritakan cerita tersebut sebaiknya ibu guru merubah nama-nama tokoh dalam menceritakan buku cerita tersebut.

    2. posisi duduk anak-anak dalam mendengar cerita ibu guru kurang intensif, sebaiknya posisi duduk anak-anak membentuk lingkaran sehingga anak bisa melihat guru langsung dalam mendengarkan cerita ibu guru, tanpa terhalang teman yang duduk didepan

    3. Sebelum guru bercerita, mintalah kepada anak untuk menyimak cerita yang akan dibacakan oleh ibu guru, agar anak-anak bisa menjawab semua pertanyaan yang akan ditanya oleh ibu guru

    4. Guru sebaiknya menggunakan alat peraga ketika bercerita

    5. Sebaiknya guru bercerita dengan menggunakan intonasi gerak mulut dan juga mimik wajah yang mempertegas peran tokoh dalam menceritakan buku cerita yang dibacakan, sehingga anak-anak dapat memahami dan masuk dalam cerita yang telah disampaikan

  20. DEDEK ARISKA says:

    1.Kekurangan guru dalam Vidio tersebut ialah guru terlalu cepat bercerita,dengan menyebutkan nama nama kelinci yang susah untuk disebutkan anak,seharusnya guru bisa menggnti nama kelinci tersebut dengan sebutan yang lebih gampang dimengerti anak, dan guru juga bisa menggunakan alat peraga dalam bercerta agar lebih menarik perhatiaan anak memperagakan ekspresi dari cerita tersebut agar anak-2.anak e sehingga anak susah untuk menangkap cerita dan kurang memperagakan gerakan.
    Kelebihan nya Guru sudah tepat dengan mengajak anak untuk bercerita kembali di depan karna dengan guru menyuruh anak menceritakan kembali sebuah cerita tersebut berarti anak akan menyimak cerita yang di bacakan guru dan melatih anak untuk berani tampil di depan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *