Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

923 Responses

  1. Herlena Sugiati says:

    Di dalam video ini,,menjelaskan tentang proses belajar pembelajaran seni secara terpadu,,pembelajaran yang sangat di sukai siswa,sehingga dari awal pembelajaran siswa Sudah bersemangat sekali dan aktif dalam ber interaksi,,adapun kelbihan guru nya :
    1.bisa menarik minat siswa belajar
    2.menggunakan alat peraga yaitu gambar kupu kupu
    3. Guru sudah memberikan umpan balik pada siswa
    Adapun kekurangannya :
    1. Guru tidak menjelaskan proses pembuatan kupu kupu,,hanya memperlihatkan gambar.
    2. Guru tidak menjelaskan cara teknik mewarnai
    3. Guru tidak menggunakan alat peraga berupa alat audio,seperti tape recorder pada saat melakukan gerakan menari kupu kupu.
    Sebaiknya agar proses pembelajaran berlangsung menarik dan suasana lebih hidup
    Alangkah baiknya guru menggunakan alat musik audio,seperti tape recorder,,,sehingga pada saat melakukan tarian tersebut siswa lebih aktif dan bersemangat.

  2. Winda utari says:

    1.apa penyebab siswa tidak bisa membayangkan materi pelajaran tersebut?
    2.bagaimana cara penjelasan yang baik digunakan guru,agar siswa senang dan mudah memahami?
    3.bagaimana solusi yang dapat dilakukan dalam plaksanaan pembelajaran?

  3. Nama: Winda utari Nim: 825843609 Judul video:penggunaan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. says:

    1.apa penyebab siswa tidak bisa membayangkan materi pelajaran tersebut?
    2.bagaimana cara penjelasan yang baik digunakan guru,agar siswa senang dan mudah memahami?
    3.bagaimana solusi yang dapat dilakukan dalam plaksanaan pembelajaran?

  4. Lidia Ginting says:

    Lidia Ginting
    NIM: 835702099
    Video pembelajaran tentang perlawanan pangeran Diponegoro melawan penjajah
    1.Apa penyebab siswa tidak mengetahui siapa para pejuang daerah dalam mempertahankan daerahnya dari penjajah.
    2.Bagaimana cara guru menjelaskan kepada siswa tentang para pejuang daerah agar siswa dapat dengan cepat memahaminya.
    3.Apa solusi yang lebih baik agar pembelajaran berlangsung lebih menyenangkan?

  5. Lidia Ginting says:

    Mengenalkan tokoh- tokoh pejuang daerah kepada siswa pada saat ini tidaklah gampang .Hal ini dikarenakan tidak adanya materi yang khusus mempelajari akan hal itu seperti pada jaman saya sekolah SD dulu. Pada waktu itu ada yang namanya pembelajaran PSPB(Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa,)
    Pada mapel ini dipelajari semua tentang sejarah pemberontakan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan daerahnya masing- masih dari penjajah.Sehingga siswa pada jaman itu tahu tentang tokoh-tokoh pejuang daerah
    Sekarang ini mapel itu sudah dihilangkan sehingga siswa sekarang tidak semua tahu tentang tokoh-tokoh pejuang daerah bahkan hari besar Nasional pun ada yang tidak tahu.Ditambah lagi kurangnya minat anak untuk membaca buku .Hal inilah yang menyebabkan para guru agak kesulitan menjelaskan materi ini kepada siswa. Menurut saya tidak ada salahnya jika mapel PSPB yang dulu atau pendidikan sejarah diadakan kembali menjadi mapel di pendidikan sekarang ini tujuannya agar anak-anak lebih tahu tentang perjuangan para pejuang daerah dalam mempertahankan daerahnya dari penjajah.

  6. Herlena Sugiati says:

    Di sini menjelaskan bagaimana cara kita menyampaikan pesan melalui telepon.
    Guru memberikan pembelajaran sudah baik,dengan adanya timbal balik dari ank,sudah menggunak alat peraga berupa handphone,,tp alsnfjah baiknya peserta didik di iberi tugas tentang kegunaan alat komunikasi lain.

  7. Herlena Sugiati says:

    Dalam video pembelajaran tentang sejarah perlawanan pangeran Diponegoro melawan Belanda
    Kekurangan nya
    1.guru tidak membuka pembelajaran dengan doa serta absen
    2.guru tidak menjelaskan materi yang akan diberi
    3. Guru tidak memperhatikan Suasana kelas.
    4. Guru tidak menggunakan alat media/peraga
    4. Guru langsung menggunakan mitode tanya jawab
    Kelebihannya
    1.siswa nya aktif dan kreatif
    2. Guru bisa memotivasi siswa
    Seharusnya. Guru sebelum memulai pembelajaran ada baiknya melakukan apersepsi terlebih dahulu,menjelaskan tujuan pembelajaran dengan materi yang akan di pelajari sebelum melakukan sesi tanya jawab dan pemberian tugas,karena siswa kebingungan dengan tugas yg diberikan tanpa adanya penjelasan.

  8. Hamdan says:

    Nama : Hamdan
    NIM : 858053677

    Berdasarkan Vidio tersebut dapat kita simpulkan bahwa ada kekuran Dan kelebihan di antaranya :

    Kekurangan :
    1. Guru kurang mengusai kelas dan manarik perhatian siswa saat masuk kelas, sehingga siswa tidak tertip atau kondusif saat guru menyapa dan memberikan salam.
    2. Saat memasuki kelas penampilan kurang menarik sehingga siswa tidak merespon dengan kehadiran guru

    Kelebihan

    1. Guru sudah mengucapkan salam pada saat memasuki kelas dan langaung menyapa siswa

    2. Guru sudah berusaha menarik perhatian siswa dengan salam, dengan wajah ceria dan langaung melibatkan siswa

    Saran : Dari Vidio tersebut disarankan kepada guru untuk lebih kreatif dalam menarik perhatian siswa dan mengucapkan salam dengan semangat sehingga siswa langsung bisa kondusif dan dapat menerima pelajaran yang akan do bahas

  9. APRILIA SUSANTI says:

    Bismillahirrohmanirohim , bapak ibu bagaimana cara menangani siswa yang hyperaktif namun bukan tergolong siswa yang memiliki kebutuhan khusus ?

    • Heni Rismawati says:

      Salam kenal ibu Aprilia Susanti, saya ibu Heni Rismawati akan mencoba berbagi pengalaman terkait dengan anak yang ibu maksud. Kebetulan di lembaga saya juga ada anak yang seperti itu, jadi sebelum kita mulai kegiatan kita kan biasanya memberikan penjelasan kepada anak didik tentang aturan sebelum kegiatan dimulai, kemudian anak yang hiperaktif tersebut kita jadikan dia sebagai pemimpin atau kapten lah istilahnya dalam kegiatan tersebut, kita lebih banyak libatkan anak yang seperti ini dalam setiap kegiatan, artinya bukan anak yang lain kita abaikan, akan tetapi fokus kita lebih tertuju pada anak hiperaktif ini, kita berikan penjelasan bahwa seorang pemimpin atau kapten itu harus memberikan contoh yang baik kepada temannya yang lain, jika pemimpinnya gak bisa diam otomatis teman lainnya akan mengikuti. Nah lama kelamaan anak ini bisa mengurangi ke hiperaktifannya selama pembelajaran berlangsung. Terima kasih

  10. DIAN OKTAVIA SARI says:

    Nama : Dian Oktavia Sari
    NIM : 858803257
    Setelah mengamati video diatas, maka akan timbul beberapa pertanyaan didalam benak kita sebagai guru, mari kita diskusikan bersama sama

    1. Apakah kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar
    Sudah benar

    2. Apakah kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru? silahkan Anda tuliskan kelebihan dan kekurangnnya tersebut
    Kelebihan : Guru mengajak anak keluar kelas untuk mengamati lingkunngan sekitar sehingga bisa menumbuhkan imajinasi anak
    Kekurangan : pada awal pembelajaran guru langsung memberikan contoh gambar, disini anak-anak cenderung menirukan apa yang
    mereka lihat

    3. Jika Anda mengalami hal tersebut diatas apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
    Saya akan memberikan apersepsi dilu kepada anak tentang apa yang akan mereka gambar atau tentang tema pada hari itu, baru
    mengaja anak untuk mengamati lingkungan sekitar, jadi anak aakan menggambar sesuai dengan tema.

    4. Metode apakah yang menurut Anda sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
    Metode mengamati dan meniru, jadi anak-anak mengamati lingkungan sekitar kemudian meniru dan menggambarkan sesuai dengan apa
    yang mereka amati

  11. LARIANTO says:

     Setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, menurut pendapat saya :

    1. Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada?
    o Menurut saya sudah tepat, dalam video tersebut selain menggunakan bola, guru juga menggunakan alat peraga spidol berwarna-warni, dan lembar kerja siswa yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya, dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.

    2. Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
    o Menurut saya ada, bisa juga dengan permainan mengambil bola sesuai jumlah yang diperintahkan guru, memasangkan benda sesuai lambang bilangannya, dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.

    3. Apakah langkah-langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
    o Menurut pendapat saya sudah tepat, sebelum memulai kegiatan guru memberitahu kepada anak-anak tentang kegiatan belajar hari ini, kemudian guru memberi semangat kepada anak-anak, dilanjutkan guru memanggil anak yang duduknya rapi, anak yang dipanggil maju dan mengambil bola sesuai yang diperintahkan guru. Bola yang sudah diambil tadi dihitung guru dan anak-anak yang lainnya, jika hasil tugasnya benar guru juga memberi reward kepada anak yang sudah berhasil. Jika anak belum berhasil melaksanakan tugasnya, guru juga memberikan kesempatan lagi kepada anak untuk memperbaikinya.
    o Selain kegitan melempar bola, guru juga memberikan kegiatan lain yaitu, memasangkan benda sesuai pasangannya, melingkari benda sesuai lambang bilangannya dan mengajak anak untuk bernyanyi dan bertepuk untuk mengenalkan konsep bilangan.

    4. Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
    o Kegiatan mengambil bola dilakukan didalam ruangan, sebaiknya kegiatan tersebut dilakukan di luar.
    o Guru tidak memberikan contoh cara main kegiatan mengambil bola dengan menghitung.
    o Guru menggunakan pembelajaran model klasikal pada kegiatan inti,
    Sebaiknya pada kegiatan inti guru membagi menjadi 3 kelompok.

    5. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut apabila hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
    o Cara mengatasi masalah tersebut menurut saya :
    – Pada kegiatan mengambil bola dengan menghintung sebaiknya dilakukan diluar kelas.
    – Sebelum anak melakukan perintah¸ guru terlebih dahulu memberikan contoh cara main kegiatan tersebut.
    – Pada saat kegiatan inti, anak dibagi menjadi 3 kelompok dengan kegiatan yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *