Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

923 Responses

  1. Berdasarkan vidio yang saya tonton nampak kelebihan dan kekurangan dalam video pembelajaran dengan judul Berdasarkan vidio yang saya tonton nampak kelebihan dan kekurangan dalam video pembelajaran dengan judul

    • RETA Purwasih says:

      Assalamualaikum
      Nama: RETA PURWASIH
      Nim: 856733599
      Pokjar: pangakalan balai
      Berdasarkan vidio yang saya tonton nampak kelebihan dan kekurangan dalam video pembelajaran dengan judul guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA di SD, nampak jelas bahwa ada beberapa kelebihan di mana semua siswa nampak tertib saat mengikuti pembelajaran, dengan menonton vidio ke dua guru merancang pembelajaran dengan menggunakan media sederhana dengan keluar kelas terkait materi macam-macam bentuk daun. Di sisi lain ad juga kekurangan dalam video tersebut di mana pada bagai awal guru memberi pelajaran tanpa prosedur yang jelas, misalanya apersepsi, tujuan pembelajaran, bahkan guru langsung ceramah, di vidio satu namapak guru kesulitan dalam menjelaskan materi, karena tidak menggunakan media, siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, bahkan peserta didik tidak tertarik dalam materi yang akan di ajarkan guru.

    • RAHAYU SOEPRAPTI 858429154 says:

      Assalamualaikum..
      Nama : RAHAYU SOEPRAPTI
      Nim : 858429154
      Berdasarkan vidio yang saya tonton pendapat saya adalah awal pembelajaran di kelas untuk dengan menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman, saya terlebih dahulu mengajak anak-anak untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dan nyaman merupakan salah satu indikator keberhasilan untuk menguasai kelas. saya terapkan dalam setiap pembelajaran yang akan saya berikan. Selanjutnya dalam menguasai kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif memberikan pendekatan kepada siswa agar siswa tidak jenuh dalam pembelajaran. Guru juga melakukan interaksi agar siswa aktif dan melatih anak untuk berani berbicara. Dengan begitu setiap anak akan merasa memiliki kesempatan untuk membuktikan dirinya serta membuat kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

      • NURUL AINI says:

        1. Tahap awal mengajak anak untuk berdoa.
        2. Melakukan pendekatan kepada anak.
        3. Guru melakukan interaksi agar siswa aktif.
        4. Memberi kesempatan anak untuk berinteraksi.

    • Sesilia ero maran says:

      Menurut pendapat saya apa yang dilakukan guru tersebut sudah benar dan sangat mudah bagi anak untuk melatih motorik halus anak.cara lain yaitu dengan meremas kertas dengan memegang tangan anak sambil digerakan membentuk pola atau huruf,membentuk adonan dari tepung terigu dan lain-lain…pengalaman saya melatih anak dengan memegang tangan anak sambil menggerakan tangan anak dengan mengikuti pola yang sudah disediakan dan mengajak anak mencampur adonan dari tepung terigu dan meremas bentuk adonan tersebut…

  2. RETA Purwasih says:

    Assalamualaikum
    Nama: RETA PURWASIH
    Nim: 856733599
    Pokjar: pangakalan balai
    Berdasarkan vidio yang saya tonton nampak kelebihan dan kekurangan dalam video pembelajaran dengan judul guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA di SD, nampak jelas bahwa ada beberapa kelebihan di mana semua siswa nampak tertib saat mengikuti pembelajaran, dengan menonton vidio ke dua guru merancang pembelajaran dengan menggunakan media sederhana dengan keluar kelas terkait materi macam-macam bentuk daun. Di sisi lain ad juga kekurangan dalam video tersebut di mana pada bagai awal guru memberi pelajaran tanpa prosedur yang jelas, misalanya apersepsi, tujuan pembelajaran, bahkan guru langsung ceramah, di vidio satu namapak guru kesulitan dalam menjelaskan materi, karena tidak menggunakan media, siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, bahkan peserta didik tidak tertarik dalam materi yang akan di ajarkan guru.

  3. Atmi Martina says:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Nama : Atmi Martina
    Nim : 856735664

    Setelah menyimak video pembelajaran, dapat ditemukan kelebihan dan kekurangan pada video tersebut.
    Kelebihannya Guru mendatangkan Nara Sumber untuk menarik minat siswa dalam pembelajaran Matematika, dan
    Kekurangannya Guru membiarkan anak-anak tidak tertib selama pembelajaran berlangsung dan juga tidak menggunakan metode yang tepat sehingga anak-anak kurang tertarik mengikuti pembelajaran Matematika.
    Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai guru kita harus mencari jalan keluar apabila menemukan kendala dalam proses pembelajaran, guru dapat menggunakan variasi metode, menyertakan alat praga, penjelasan yang sistematis sehingga anak-anak dapat tertarik dengan pelajaran Matematika yang sedang dijelaskan dan anak-anak mau bertanya tentang pelajaran. Serta menyiapkan hadiah penambahan nilai bagi siswa yang mau bertanya.

  4. ROSLI ROSLI says:

    setelah menyimak vidio pembelajaran, dapat ditemukan kelebihan dan kekurangan pada video tersebut.
    Kelebihannya Guru Menguasi Materi yang Bawah Kepada Siswa Tentang Macam-Macam Daun dan
    Kekurangannya guru dalam memulai pembelajaran tidak ada kegiatan pembuka seperti, mengabsen, apersepsi, menyamapaikan tujuan pembelajaran, guru langsung menjelaskan materi pelajaran.guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran
    sehingga siswa ada tidak paham dan sambil bercerita dengan temannya dan juga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, bahkan peserta didik tidak tertarik dalam materi yang akan di ajarkan guru.

    • ROSLI ROSLI says:

      nama : Rosli
      nim : 859754798
      setelah menyimak vidio pembelajaran, dapat ditemukan kelebihan dan kekurangan pada video tersebut.
      Kelebihannya Guru Menguasi Materi yang Bawah Kepada Siswa Tentang Macam-Macam Daun dan
      Kekurangannya guru dalam memulai pembelajaran tidak ada kegiatan pembuka seperti, mengabsen, apersepsi, menyamapaikan tujuan pembelajaran, guru langsung menjelaskan materi pelajaran.guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran
      sehingga siswa ada tidak paham dan sambil bercerita dengan temannya dan juga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, bahkan peserta didik tidak tertarik dalam materi yang akan di ajarkan guru.

  5. Naomi naomi says:

    Kenapa saya tidak bisa buka dalam forum diskusi sedangkan saya sudah ngisi forum registrasi di situ sudah terdaftar sy mau masuk pada data selanjutnya tidak bisa??

  6. Meta Hidayah says:

    Setelah menyimak video pembelajaran tsb, kita sebagai guru hendaknya memahami situasi atau permasalahan yang dihadapi siswa yang membuat mereka menjadikan matematika sebagai momok yang menakutkan. kemampuan guru memahami permasalahan ini akan mempermudah guru dalam menemukan solusi yang cepat dan tepat. salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan memotivasi siswa tentang manfaat pelajaran yang akan dipelajari sehingga siswa timbul rasa tertarik dan belajar dengan sungguh-sungguh. motivasi dapat diberikan dari kita sebagai guru di kelas atau dengan mendatangkan motivator lainnya.

  7. slik neverhad says:

    terimakasih pak
    cara membaca candlestick

  8. Usnul Fatimah Nim : 858426879 says:

    Setiap awal memasuki kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif hendak nya saya terlebih dahulu mengajak anak-anak untuk membaca do.a sebelum memulai pembelajaran. Suasana pembelajaran yang menggairahkan merupakan salah satu indikator keberhasilan untuk menguasai kelas sy terapkan dalam setiap pembelajaran yang akan saya berikan. Selanjutnya dalam menguasai kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif memberikan pendekatan kepada siswa agar siswa tidak jenuh dalam pembelajaran. Guru juga hendak melakukan interaksi agar siswa aktif dan melatih anak berbicara. Dengan begitu setiap anak akan merasa memiliki kesempatan untuk membuktikan dirinya serta membuat kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

  9. Usnul Fatimah Nim : 858426879 says:

    Assalamualaikum . Pendapat saya Setiap awal memasuki kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif hendak nya saya terlebih dahulu mengajak anak-anak untuk membaca do.a sebelum memulai pembelajaran. Suasana pembelajaran yang menggairahkan merupakan salah satu indikator keberhasilan untuk menguasai kelas sy terapkan dalam setiap pembelajaran yang akan saya berikan. Selanjutnya dalam menguasai kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif memberikan pendekatan kepada siswa agar siswa tidak jenuh dalam pembelajaran. Guru juga hendak melakukan interaksi agar siswa aktif dan melatih anak berbicara. Dengan begitu setiap anak akan merasa memiliki kesempatan untuk membuktikan dirinya serta membuat kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

  10. Indah Wati says:

    Berdasarkan vidio yang saya lihat tentang pengembangan fisik motorik anak pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar saya berpendapat bahwa
    1. pembelajaran yang dilakukan guru sudah sesuai dengan cara mengembangkan fisik motorik anak terutama motorik halus yang berhubungan dengan pengembangan koordinasi mata dan tangan pada anak melalui kegiatan dan mengunci gembok, memindahkan air dari mangkok 1 ke mangkok 2 dengan spons, kegiatan tersebut akan membuat otot-otot tangan anak berkembang
    2. untuk kegiatan pengembangan fisik motorik anak sebaiknya dilakukan ditempat yang luas, sehingga anak dapat bergerak bebas, sehingga anak dapat berkembang secara maksimal

    • Herlena Sugiati says:

      Guru sudah memberikan pembelajaran sesuai dengan prosedur,,untuk siswa yg kurang memahami tentang dasar perkalian,,sebaiknya kita sebagai guru harus menanamkan dulu konsep dasar perkalian agar siswa mampu memahami materi yang akan guru berikan,

  11. Dian Asti Swastika says:

    Nama : Dian Asti Swastika
    NIM : 856983365
    Pokjar : Bumi Ratu Nuban

    Setelah saya mengamati video pada contoh pembelajaran dengan judul ‘Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin’ terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Dari hasil pengamatan pada video pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada contoh proses pembelajaran tersebut, diantaranya kelebihannya ialah : Guru kreatif mengajak siswa keluar ruangan untuk dapat mengamati langsung dan merasakan arah mata angin, sehingga siswa merasa bersemangat mengikuti pembelajaran karena diajak belajar diluar ruangan. se;aim itu guru dapat mengkondisikan suasana para peserta didik, sehingga peserta didik dapat fokus pada proses pembelajaran dengan mendampingi peserta didik untuk langsung mempraktekan arah mata angin.
    Sedangkah kekurangan dari video pembelajaran tersebut ialah diantaranya : para peserta didik banyak yang belum memahami tentang arah mata angin pada awal pembelajaran dan kurangnya alat peraga untuk memperjelas pembelajaran tentang arah mata angin.

  12. Dea Fitri Kinanti says:

    Nama: Dea Fitri Kinanti
    NIM: 858428708
    Kelas: PGSD BI 2021.1

    Menurut saya, dalam video yang berjudul “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD” ini, guru tidak menerapkan media, model, metode, dan strategi pembelajaran yang bervariasi. Guru kurang berinovasi, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Guru di dalam video tersebut hanya menggunakan metode ceramah. Padahal, materi tersebut bisa menggunakan media, model, metode, dan strategi pembelajaran yang bervariasi agar pembelajaran tidak membosankan dan tujuan pembelajaran tercapai. Dalam pembuatan RPP, terdapat 3 (tiga) tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dari video tersebut, terlihat jelas bahwa guru langsung ke tahap kegiatan inti pembelajaran, padahal kegiatan awal sangat penting agar siswa merasa termotivasi dan tertarik dengan materi pembelajaran yang akan kita sampaikan. Guru juga harus mengecek hal-hal lain, seperti kebersihan kelas, kelengkapan atribut sekolah, ketepatan waktu siswa datang ke sekolah, dan hal-hal lainnya, karena selama pembelajaran yang ingin dicapai guru bukan hanya pengetahuan kognitif, tapi ada aspek lain seperti aspek afektif dan psikomotorik. Pembelajaran akan lebih terarah dan kondusif apabila guru menerapkan media, model, metode, dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan lebih banyak melibatkan siswa. Siswa akan berperan aktif, dan akan menimbulkan rasa ingin tahu yang besar, sehingga siswa akan mampu mengeksplor lebih dalam lagi tentang materi diskusi yang telah ditentukan oleh guru. Apabila guru menerapkan hal-hal tersebut, pembelajaran akan semakin menjadi terarah, kondusif, nyaman, menarik, dan menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa akan menanti-nanti pembelajaran pertemuan selanjutnya.

  13. Jumiati palulung says:

    Nama : Jumiati Palulung
    Nim : 859394356

    Setelah saya menonton video ada beberapa siswa di dalam kelas,waktu bapak masuk dalam kelas siswa sangat ribut ,siswa tidak suka belajar matematika.Saya sangat menyadari bahwa banyak siswa yang tidak tertarik bahkan tidak menyukai matematika.Sehingga banyak siswa yang nilainya rendah,maka dari itu guru harus pintar memilih strategi pelajaran untuk membawah materi untuk dapat meningkatkan minat belajar matematika dan menyenangkan.Seperti yang saya nonton di video pada pembuka langsung di awali dengan menghadirkan tokoh atau narasumbar yang dapat berbagi pengalaman dan menjelaskan kepada para siswa betapa pentingnya matematika untuk di pelajari.Penerapannya akan mempengaruhi kehidupan anak-anak sehari-hari.Maka dari itu minat siswa menjadi meningkat dan siswa lebih untuk tertarik belajar matematika untuk lebih baik.

  14. AJENG NOVIYANTI 857809832 says:

    1.Strategi yang digunakan guru tersebut sudah baik dan tepat
    Kelebihan : strategi tersebut guru mampu mengenali anak yang tidak tertarik atau takut dengan permainan lempar dan menangkap bola
    dan guru bisa memberi motivasi pada anak sehingga anak lebih percaya diri dan tidak takut terhadap bola
    Kelemahan :anak hanya mengenal jenis bola yang terbuat dari kain saja. jadi guru perlu mengenalkan beberapa jenis bola yang terbuat dari karet maupun atom dan guru membimbingan secara individu kepada anak, hal tersebut akan membuat anak yang lain menjadi merasa tidak diperhatikan oleh guru

    2.Referensi yang saya gunakan adalah modul metode pengembangan fisik, Modul media dan sumber belajar PAUD dan pengalaman pribadi mengajar di TK

    3.Perbaikan pembelajaran yang bisa dilakukan guru yaitu pada kegiatan awal anak diajak untuk menonton video permainan menggunakan bola dan memberi pemahaman dengan sabar pada anak bahwa bola tidak berbahaya melalui video tersebut. kemudian melakukan pemanasan.Membuat formasi anak dapat bervariasi misal anak membentuk lingkaran terdiri dari 5-6 anak dengan jarak1 meter, 1-2 bola untuk diberikan pada teman sebelahnya secara bersambung sehingga seolah bola tersebut berjalan berputar mengelilingi lingkaran anak-anak.Gunakan media bola yang bervariasi seperti bola karet dan bola kain ataupun yang lainnya yang menarik, tidak berbahaya dan berbagai ukuran. ajak semua anak memegang bola dan merasakan tekstur bola tersebut sehingga anak lebih percaya bahwa bola tidak berbahaya. bermain bola dengan teman teman dengan menangkap dan melempar bola secara berpasangan. guru memberi motivasi dan penghargaan kepada anak yang berani ikut bermain.

  15. Badiatus sholihah says:

    Setelah melihat vidio tentang1sulitnya mengenal konsep bilangan.
    Banyak hal yang saya pelajari dan banyak manfaat yg saya dapat.
    Ada beberapa yang ingin saya tanyakan.
    1.bagaimana menghadapi anak yg pemalu atau penakut saat guru menunjuk anak untuk mengambil bola dan membilangnya?
    2.anak pemalu atau penakut lebih banyak diam, bagaimana cara guru mengajaknya?
    3.semua materi kalo yg dihadapi anak pemberani it’s bagus sekali..

  16. Badiatus sholihah says:

    Setelah melihat vidio tentang1sulitnya mengenal konsep bilangan.
    Banyak hal yang saya pelajari dan banyak manfaat yg saya dapat.
    Ada beberapa yang ingin saya tanyakan.
    1.bagaimana menghadapi anak yg pemalu atau penakut saat guru menunjuk anak untuk bola dan membilangnya?
    2.anak pemalu atau penakut lebih banyak diam, bagaimana cara guru mengajaknya?
    3.semua materi kalo yg dihadapi anak pemberani it’s bagus sekali..

  17. juna ida says:

    junaida 835889428

    dari video yang sudah saya tonton mengenai permainan pesan berbisik
    1.permainan ini sangat baik untuk melatih kemampuan bahasa anak dan indera pendengarannya
    karena bila anak tidak mendengar dengan baik pesan yang di bisikan maka anak akan kurang tepat menyampaikan kata pesan berbisik itu pada teman di sebelahnya

    2. permaianan lompat kodok
    semua anggota tubuh anak bergerak jadi ini sangat baik untuk motorik kasar anak

    3. permainan berjalan zig zag
    permainanan ini melatih fokus dan kecepatan anak dalam melangkah sangat baik untu menstimulasi motorik kasar anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *