Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.
Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…
INFORMASIMohon maaf disini bukan untuk memberikan komentar diskusi, disini hanya untuk bertanya jika ada kesulitan dalam Registrasi atau Login. Karena untuk komentar video disini tidak berpengaruh apa-apa dalam penilaian. Silahkan kirim melalui email jika ada pertanyaan, di gurupintar@ecampus.ut.ac.id
nama : zakiah zayadi
nim : 857313914
pokjar : sawangan
upbjj : Bogor
saya memilih vidio anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
1. cara yang guru digunakan oleh guru sudah benar, dengan memberikan rangsangan berupa kegiatan yang merangsang kekuatan motorik halus anak, sehingga anak memilki kekuatan jari sebelum memegang pensil untuk bekal awal anak dalam menulis
2. banyak sekali cara/ rangsangan yang bisa kita berikan kepada anak sebagai awal dalam menulis, seperti : menjepit benda dengan penjepit kue, menjepit benda dengan penjepit jemuran, menggunting, menyikat, meremas, memeras dan masih banyak lagi yang lainnya
3. sebelum anak benar benar memegang alat tulis yang sesungguhnya, guru mengajarkan anak untuk memegang alat tulis dengan benar lalu alangkah baiknya anak diberikan terlebih dahulu alat tulis yang besar agar mudah anak untuk memegangnya, bisa dengan spidol besar karena disini anak masih pada tahap awal memegang alat tulis
4. pengalaman yang saya pernah dapati dalam menangani anak yng bbelum dapat memegang pensil dengan benar adalah: saya terlebih dahulu memberikan kegiatan yang merangsang kekuatan motorik halus anak, untuk melihat kesiapan anak-anak apakah motorik halus mereka sudah terstimulsi dengan baik dan benar, setelah dirasa sudah cukup mulai pada fase memberikan mereka alat tulis untuk menulis berupa spidol atau crayon yang berukuran besar untuk melatih anak memegang alat tulis awal, setelah anak sudah cukup kuat dalam memegang alat tulis tersebut barulah guru memberikan alat tulis yang sesungguhnya.
5. referensi yang saya ketahui banyak sekali yang ada di buku-buku perkembangan fisik dan motorik anak usia dini,
Nama : Utin Lusmardiana
NIM : 858032365
Pokjar : Sigap Sambas
UPBJJ – UT : Pontianak
1. Judul : Mengajar Berat Benda Dengan Mudah (IPA Kelas 1)
2. Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=OKbBLujerGw (SD27 Mengajar Berat Benda 2011)
3. Refleksi : Guru tersebut dalam mengawali pelajaran tidak melakukan kegiatan awal berupa berdoa dan apersepsi langsung menyampaikan materi pelajaran.
4. Identifikasi Masalah : Guru tidak menguasai kelas (sehingga murid tidak fokus)
5. Penyebab Masalah : Alat peraga yang dipergunakan kurang menarik dan inovasi
6. Alternatif Pemecahan Masalah : Pemecahan masalah yang pertama guru hendaknya mampu menguasai kelas sehingga murid fokus terhadap materi pembelajaran, yang kedua alat paraga yang dipergunakan harusnya sesuai dengan contoh dan menarik untuk memancing interaktif dan perhatian siswa.
7. Tujuan Perbaikan Pembelajaran :
a. Bagi Guru
Untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengelola pembelajaran.
b. Bagi Siswa
Dengan fokusnya perhatian dan interaktifnya siswa serta dengan media pembelajaran yang menarik, siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran.
768 Responses
nama : zakiah zayadi
nim : 857313914
pokjar : sawangan
upbjj : Bogor
saya memilih vidio anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
1. cara yang guru digunakan oleh guru sudah benar, dengan memberikan rangsangan berupa kegiatan yang merangsang kekuatan motorik halus anak, sehingga anak memilki kekuatan jari sebelum memegang pensil untuk bekal awal anak dalam menulis
2. banyak sekali cara/ rangsangan yang bisa kita berikan kepada anak sebagai awal dalam menulis, seperti : menjepit benda dengan penjepit kue, menjepit benda dengan penjepit jemuran, menggunting, menyikat, meremas, memeras dan masih banyak lagi yang lainnya
3. sebelum anak benar benar memegang alat tulis yang sesungguhnya, guru mengajarkan anak untuk memegang alat tulis dengan benar lalu alangkah baiknya anak diberikan terlebih dahulu alat tulis yang besar agar mudah anak untuk memegangnya, bisa dengan spidol besar karena disini anak masih pada tahap awal memegang alat tulis
4. pengalaman yang saya pernah dapati dalam menangani anak yng bbelum dapat memegang pensil dengan benar adalah: saya terlebih dahulu memberikan kegiatan yang merangsang kekuatan motorik halus anak, untuk melihat kesiapan anak-anak apakah motorik halus mereka sudah terstimulsi dengan baik dan benar, setelah dirasa sudah cukup mulai pada fase memberikan mereka alat tulis untuk menulis berupa spidol atau crayon yang berukuran besar untuk melatih anak memegang alat tulis awal, setelah anak sudah cukup kuat dalam memegang alat tulis tersebut barulah guru memberikan alat tulis yang sesungguhnya.
5. referensi yang saya ketahui banyak sekali yang ada di buku-buku perkembangan fisik dan motorik anak usia dini,
Nama : Utin Lusmardiana
NIM : 858032365
Pokjar : Sigap Sambas
UPBJJ – UT : Pontianak
1. Judul : Mengajar Berat Benda Dengan Mudah (IPA Kelas 1)
2. Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=OKbBLujerGw (SD27 Mengajar Berat Benda 2011)
3. Refleksi : Guru tersebut dalam mengawali pelajaran tidak melakukan kegiatan awal berupa berdoa dan apersepsi langsung menyampaikan materi pelajaran.
4. Identifikasi Masalah : Guru tidak menguasai kelas (sehingga murid tidak fokus)
5. Penyebab Masalah : Alat peraga yang dipergunakan kurang menarik dan inovasi
6. Alternatif Pemecahan Masalah : Pemecahan masalah yang pertama guru hendaknya mampu menguasai kelas sehingga murid fokus terhadap materi pembelajaran, yang kedua alat paraga yang dipergunakan harusnya sesuai dengan contoh dan menarik untuk memancing interaktif dan perhatian siswa.
7. Tujuan Perbaikan Pembelajaran :
a. Bagi Guru
Untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengelola pembelajaran.
b. Bagi Siswa
Dengan fokusnya perhatian dan interaktifnya siswa serta dengan media pembelajaran yang menarik, siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran.