Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

767 Responses

  1. zakiah Zayadi says:

    nama : zakiah zayadi
    nim : 857313914
    pokjar : sawangan
    upbjj : Bogor

    saya memilih vidio anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    1. cara yang guru digunakan oleh guru sudah benar, dengan memberikan rangsangan berupa kegiatan yang merangsang kekuatan motorik halus anak, sehingga anak memilki kekuatan jari sebelum memegang pensil untuk bekal awal anak dalam menulis
    2. banyak sekali cara/ rangsangan yang bisa kita berikan kepada anak sebagai awal dalam menulis, seperti : menjepit benda dengan penjepit kue, menjepit benda dengan penjepit jemuran, menggunting, menyikat, meremas, memeras dan masih banyak lagi yang lainnya
    3. sebelum anak benar benar memegang alat tulis yang sesungguhnya, guru mengajarkan anak untuk memegang alat tulis dengan benar lalu alangkah baiknya anak diberikan terlebih dahulu alat tulis yang besar agar mudah anak untuk memegangnya, bisa dengan spidol besar karena disini anak masih pada tahap awal memegang alat tulis
    4. pengalaman yang saya pernah dapati dalam menangani anak yng bbelum dapat memegang pensil dengan benar adalah: saya terlebih dahulu memberikan kegiatan yang merangsang kekuatan motorik halus anak, untuk melihat kesiapan anak-anak apakah motorik halus mereka sudah terstimulsi dengan baik dan benar, setelah dirasa sudah cukup mulai pada fase memberikan mereka alat tulis untuk menulis berupa spidol atau crayon yang berukuran besar untuk melatih anak memegang alat tulis awal, setelah anak sudah cukup kuat dalam memegang alat tulis tersebut barulah guru memberikan alat tulis yang sesungguhnya.
    5. referensi yang saya ketahui banyak sekali yang ada di buku-buku perkembangan fisik dan motorik anak usia dini,

Leave a Reply to mulyati Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *