Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

2,494 Responses

  1. Muhammad Ilhamuddin says:

    salam kawan sejawat UT
    perkenalkan saya Ilham UPBJJ-UT surabaya barang kali kali yang seUPBJJ komentar ya

  2. Bagaimana caranya jika login tetapi lupa paswordnya. Terimakasih

  3. LUSIA NIRMAFORTIS SORU says:

    BAGAIMANA KALAU REGISTER TAPI GAGAL TERUS

    • Nanik Sri Widiyarti says:

      NAMA : NANIK SRI WIDIYARTI
      NIM : 858843623
      Pokjar : Tulungagung
      Dalam video tersebut guru memulai pembelajaran dengan materi yang akan dilakukan. Dengan memberi materi yang akan di bahas lalu siswa diberikan kebebasan untuk berkelompok, dalam video guru memberikan tema untuk bercerita, lalu siswa diminta membaca buku cerita lalu menceritakan hasil dari membaca kepada teman satu kelas dari video pembelajaran yuk bercerita kepada teman guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat cerita, lalu guru menanyakan adakah siswa yang mau bercerita kedepan. Dalam video tidak ada siswa yang mau bercerita lalu guru menjelaskan ulang materi yang sedang berlangsung.

  4. Masrifah says:

    Menurut saya ketika ada anak yang takut menangkap bola saat kegiatan maka yang saya lakukan adalah mengajak anak bercakap-cakap sambil membawa mainan bola yang terbuat dari bahan yang lembut kemudian mengajak anak untuk meraba bola tersebut secara berulang-ulang sampai anak merasa terbiasa dan sampai anak merasa tidak takut.kemudian memberikan kesempatan kepada anak untuk memegang dan memainkannya sendiri secara berulang-ulang lalu guru mengajak anak untuk.memegang bola secara pelan-pelan dan bertahap sampai anak mau dan tidak takut untuk memegang bola tersebut.

  5. Istugiyatmi Istugiyatmi says:

    Menurut saya sudah benar sekali divideo itu menstimulus anak memegang pensil secara benar yang perlu ditambahkan adalah motivasi dari pendidik dan ciptakan suasana yg menyenangkan,menggunakan pensil yang bagus tidak keras agar anak mudah menggunakannya.

    • Fitri Susanti says:

      taapi dalam vidio tersebut tidak ada tayangan tentang bagamana guru mendemokrasikan cara memegang pensil dengan benar,, guru juga terlihat sangat kaku dalam memberikan pembukaan, tidak ada nyanyian, seharsnya ketika kita berbicaara dengan anak TK, setiap pebelajaran atau penerapan tugas layaknya menggunakan nada, seperti menyanyi, sehingga anak akan merasa senang dan tidak sepi dalam suasana kelas.

  6. Fitri Susanti says:

    taapi dalam vidio tersebut tidak ada tayangan tentang bagamana guru mendemokrasikan cara memegang pensil dengan benar,, guru juga terlihat sangat kaku dalam memberikan pembukaan, tidak ada nyanyian, seharsnya ketika kita berbicaara dengan anak TK, setiap pebelajaran atau penerapan tugas layaknya menggunakan nada, seperti menyanyi, sehingga anak akan merasa senang dan tidak sepi dalam suasana kelas.

    • Nanik Sri Widiyarti says:

       Video ini memperlihatkan gambaran mengenai cara guru memberikan pembelajaran kepada siswa untuk mengenal bangun-bangun atau bentuk-bentuk geometri melalui kegiatan mendeskripsikan atau mengemukakan ciri-ciri benda-benda yang terdapat disekitar mereka. Pada kegiatan awal siswa diajak untuk melakukan eksplorasi atau mencoba mengamati benda yang dicontohkan oleh guru dan mereka dibimbing untuk mendeskripsikan atau menyebutkan ciri-ciri benda tersebut dengan baik dan benar. Setelah itu siswa dibimbing dalam belajar dengan cara berkelompok dan diminta untuk

      mempraktikkan kemampuan mereka dalam mendeskripsikan atau menyebutkan ciri-ciri benda. Pada akhir pembelajaran siswa diberikan tugas untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di sekitar lingkungan rumah mereka.

      • Nanik Sri Widiyarti says:

        Video pembelajaran yang ditayangkan guru menjelaskan materi pecahan di papan tulis. Dengan menggunakan metode ceramah guru menjelaskan secara rinci tentang materi pecahan dengan menggunakan papan tulis sebagai media pembelajaran.

  7. Susi Sutrisna says:

    Saya tidak bisa login ke halaman forum diskusi mohon bantuan nya

  8. Titin Irawatih says:

    bagaimana jika saya lupa pasword untuk masuk forum diskusi?

  9. Husnul mustafidah says:

    Bagaimana pengembangan kognitif pada anak usia dini melalui model kegiatan kooperatif?

    • Justina Deswarni Waruwu says:

      ijin menjawab, salah satu metode pengembangan yang pernah saya lakukan di kelas adalah dengan cara membentuk beberapa kelompok anak misalnya 5 kelompok. nah setiap kelompok akan menyusun angka 1-10 yang telah di acak sebelumnya. disitu anak akan bekerja sama untuk menyusun angka yang telah diacak tersebut.
      terimakasih, semoga bermanfaat.

    • Husnul mustafidah says:

      Menurut vigdosky, anak yang selalu diberi kegiatan individu terus menerus akan menurunkan daya konsentrasinya, oleh karena itu model pembelajaran kooperatif bisa dipilih sebagai variasi kegiatan. Dengan model pembelajaran kooperatif anak dapat saling mengisi kelebihan dan kekurangan. Mereka akan bisa melakukan kegiatan bersama-sama mulai perencanaan, persiapan, melakukan kegiatan bersama-sama

  10. Diajeng Gita says:

    Bagaimana cara agar saya bisa login GPO tapi saya lupa password nya

  11. ISTI QOMAH says:

    Judul Sulit mengenal konsep bilangan
    Nama Istiqomah
    Nim858736575
    MK Met. Peng. Kog
    Jawaban
    1.Sudah tepat
    2.Ada. Seperti media bola. Anak disuruh mengambil bola dalam keranjang sesuai dengan bilangan yang sudah ditentukan oleh guru. Selain itu guru juga menyediakan lembar kerja siswa yang mengasah pikiran anak untuk kreatif dalam memecahkan masalah yaitu bisa menghitung gambar sesuai dengan jumlah.
    3.Sudah tepat.
    4.Penyediaan APE Yang seharusnya lebih dari satu untuk mengembangkan matematika anak.
    5. Membuat media sendiri yang kreatif dan menyenangkan bagi anak tentunya sesuai dengan kebutuhan anak.
    Terimakasih itu tadi jawaban dari saya semoga menjadi koreksi bagi teman-teman.

  12. Husnul mustafidah says:

    Menurut saya yang dilakukan Bu Leni sudah tepat. Memberikan buku gambar dan meminta anak menggambar bisa dijadikan sebagai pretest sebelum observasi. Lalu anak diajak observasi keluar sekolah disana anak bisa melihat dan mengobservasi lingkungan, anak” bisa menceritakan apa yang dilihat, setelah itu anak diminta menggambar lagi sesuai dengan imajinasi anak berdasarkan yang baru diobservasi. Ini bisa dijadikan post-test. Guru bisa mengkompare kedua gambar yang telah dibuat oleh anak. Perbedaan ini yang akan membuktikan bahwa untuk membuka imajinasi anak dalam menggambar, bisa dilakukan dengan mengajak anak observasi sebelum kegiatan menggambar

  13. Muindrayatin says:

    Setelah mengamati video diatas, maka akan timbul beberapa pertanyaan didalam benak kita sebagai guru, mari kita diskusikan bersama sama

    1. Apakah kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar.

    Yang dilakukan guru tersebut sudah benar, guru memberi kebebasan kepada anak dalam menuangkan imajinasinya melalui kegiatan menggambar
    2. Apakah kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru? silahkan Anda tuliskan kelebihan dan kekurangnnya tersebut.

    Kekurangannya : adalah guru memberikan contoh terlebih dahulu pada anak sehingga pemikiran anak terpacu pada contoh yang diberikan guru
    Kelebihan : guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai dengan pengalaman anak.
    3. Jika Anda mengalami hal tersebut diatas apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut,

    Saya akan memotivasi anak untuk mengingat pengalaman-pengalaman yang pernah dilakukan atau tempat-tempat yang pernah dikunjungi sehingga anak dapat menuangkannya dalam kegiatan menggambar.
    4. Metode apakah yang menurut Anda sangat baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut,

    Metode yang dapat saya lakukan adalah sama dengan yang ada pada video tersebut namun saya tidak akan memberi contoh kepada anak,dengan tujuan agar anak dengan bebas menuangkan imajinasinya dalam kegiatan menggambar.

  14. Anis Al Mahmudah says:

    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Nama : Anis Al Mahmudah
    NIM. : 858748286
    Kelas. : 1c
    Mk. : Metode pengembangan kognitif
    Pokjar : Lamongan
    Jawaban
    1. Kegiatan yang dilakukan dalam video tersebut sudah tepat, guru mengajak anak untuk melakukan kegiatan dg menggunakan alat peraga yg membuat anak anak antusiasdalam pbelajaran
    2. Ada, seperti dalam video anak disuruh mengambil bola dalam keranjang dengan bilangan yang sudah ditentukan oleh guru, selain itu anak juga di kasih lembar kerja siswa(lks) yang isiny untuk memecahkn masalah dengan cara menghitung gambar yang sesuai dengan jumlah dan melingkari jawaban atau bilangan yang tepat
    3. Sudah tepat, karena guru sudah memberikan pengarahan dan membuat anak antusias dalam kegiatan tersebut
    4. Yaitu kurangny minat belajar siswa dalam membuat konsep bilangan, penggunaan APE yang kurang efektif
    5. Yakni dengan cara sebagai guru harus lebih kreatif untuk mrmbuat permainan yang mengenapkan konsep bilangan dengan cara yang disukai oleh anak anak.

  15. Henni Purwasih says:

    halo,semuanya bagaiman cara mengunggah video link di GPO ini,mohon pencerahannya?saya Henni purwasih mahasiswa dari upbjj Banjarmasin

  16. Gen M Sinergi says:

    Bagaimana Kurban Secara Online : Kurban Online

  17. Assalamualaikum Bapak/Ibu mau masuk login susah masuk username dan passwordnya jadi balik lagi balik lagi. Jadi tidak masuk untuk melihat dan menjawab, mengommentari laman vidio di GPO. Mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *