Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

2,066 Responses

  1. YULIANTI says:

    ASSALAMUALAIKUM

    1.anak tidak menyukai isi cerita yang dibacakan oleh guru. Oleh sebab itu, anak tidak mendengar dan memperhatikan guru selama proses pembacaan cerita.
    Jika dikaitkan dengan perkembangan bahasa anak maka anak belum mampu mengemukakan isi cerita karena guru tidak menjelaskan cerita tersebut sesuai dengan tingkat pemahaman bahasa anak.
    2. Kelebihannya adalah guru mengajak anak untuk lebih fokus mendengar kan cerita agar anak mendapat penghargaan sehingga anak lebih bersemangat untuk mendengar cerita tersebut. Kekurangan nya adalah guru tidak menjelaskan beberapa kata yang sulit dipahami atau yang belum dikenal oleh anak.
    3. Yang saya lakukan adalah membuat metode pertanyaan, jadi jika saya membacakan kata yang menurut saya tidak dipahami oleh anak maka saya akan bertanya kembali pada si anak
    4. Kasus lain adalah tentang tema binatang, kadang anak tidak bisa atau sulit membedakan zebra dan jerapah, sehingga pada saat menanyakan nama – nama hewan saya akan menanyakan apa beda antara kedua hewan tersebut, begitu juga dengan hewan lainnya yang nama nya hampir sama.

    TERIMAKASIH

  2. YULAINTI says:

    Menurut saya
    1. sebaiknya meja dan kursi anak dibuat bentuk melingkar atau huruf U dan diberi jarak bila belum kondusif bisa dibuat kelompok supaya guru mudah mengontrol dan mengkondisikan anak.

    2. sudah tepat, alangkah lebih baiknya bila guru lebih bervariasi dalam menyampaikannya. Diawal anak anak bisa diajak bernyanyi dn tepuk, untuk mewarna bisa diajukan pertanyaan menyebut macam macam warna yg diajukkan sehingga anak bisa menjawab.

    3. Ya pernah, cara menyelesaikannya bila anak gaduh/ramai itu banyak anak saya ajak bernyanyi / tepuk dulu atau saya ajak quis. Bila anak yang ramai 1 atau 2 anak saya coba mendekatinnya dan menannyakan apa ada kesulitan kok sampai ramai sendiri kenapa? Lalu saya beri motifasi untuk lebih semangat lagi.

    4. A) anak sudah mulai bosan dengan kegiatan atau materi yang disampaikan okeh guru.
    B) Kegiatan atau pelajarannya tidak sesuai keinginan anak.
    C) anak ingin cepat bermain diluar kelas sehingga sydah tidaj konsentrasi bekajar.

    5. 3 teori para ahli terkait perkembangan sosial emosional:
    a) menurut Hyson(1994-2020) bahwa emosi bersifat universal dan evolusioner membantu manusia untuk bertahan hidup menyesuaikan diri dalam belajar.
    b) menurut waite – stupianshy (1977) bahwa anak belajar konveksi sosial melalui pengulangan pengingatan dan observasi dan peniruan dari orang lain.
    c) Chess dan Thomas (1987) bahws ada beberapa indikasi bahwa tipe tipe watak ditentukan secara ginetik.

    TERIMAKASIH

  3. YULIANTI says:

    ASSALAMUALAIKUM

    1. sebelum anak-anak masuk kelas sebaiknya anak-anak berbaris di halaman dan mengucap salam dan bersalaman kepada guru itu cara yang baik untuk menanamkan ketertiban dan kedisplinan
    2. dalam setiap kegiatan misal, membuang sampah pada tempatnya,berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, makan dan minum harus kita tanamkan ketertiban
    3. keterlibatan orang tua itu sangat penting karna anak-anak lebih banyak berinteraksi dengan orang tua dari pada guru dan orang tua figur keluarga dan harus memberi contoh yang baik buat anak
    4. selesai kegiatan anak-anak bisa merapikan /membereskan peralatanya misal ,pensil dan buku pada tempatnya

  4. WAODE RAHMAWATI 859743108 says:

    Menurut saya, sebaiknya pada awal pembelajaran guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa lebih semangat dalam pembelajaran,serta menjelaskan bagaimana mana langkah-langkah dalam menyimpulkan cerita agar pada saat guru menjelaskan tentang menyimpulkan isi cerita siswa sudah paham tentang bagaimana cara menyimpulkan isi sebuah cerita.

  5. WAODE RAHMAWATI 859743108 says:

    Dalam video tersebut,guru memberikan metode mengajar yang menarik dan tidak membosankan sehingga siswa cepat tanggap dalam mengikuti pelajaran.

  6. John says:

    alert(document.cookie)

  7. SRI WAHYUNI says:

    Menurut saya,ada bagusnya terlebih dahulu anak anak dibuat semangat dan tenang.jangan terlalu lama untuk pembukaan karna anak bila kelamaan akan bosan.
    Dampaknya bila anak anak merasa bosan dan tidak nyaman makan tidak akan fokus mendengar dan menyimaknya. Dan bagi guru pun seharusnya jangan diposisi duduk, karena anak anak ada yang tidak terlihat dan hal ini mengakibatkan hilangnya semangat, baiknya berdiri dan sambil memperlihatkan bentuk media atau APE.
    Jangan lupa memberikan semangat dan motivasi agar anak anak senang dan happy selalu dalam menngikuti kegiatan yang guru berikan.

    Karena langkah langkah permulaannya tepat maka sampai akhirnya pun akan menghasilkan baik, dan anakpun mampu menyerap dan mampu menceritakan apa yang sudah disampaikan oleh guru tersebut.

  8. Rini Juliana says:

    menurut saya sebelum belajar di mulai kita sebagai guru pengajar harus membuat anak didik kita senang kita buat anak didik lebih nyaman agar anak didik bisa mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung.Bisa dengan cara bernyanyi ,bertepuk-tepuk tangan,menyapa dengan rama kepada anak didik sehingga anak didik kita lebih fokus belajar dan tidak merasa takut.

  9. 858806206 says:

    Assalamualaikum
    Mohon maaf saya mau minta tolong bantuannya dan solusinya, saya tidak bisa login maupun registrasi pada forum diskusi, padahal semester kemarin bisa login dan bisa menanggapi diskusi, saya pun juga menggunakan password yang sama dengan password semester kemarin.
    sekali lagi mohon bantuannya. Terimakasih

    • DIYAH KUSWANDARI (858806206) says:

      Assalamualaikum
      Mohon maaf saya mau minta tolong bantuannya dan solusinya, saya tidak bisa login maupun registrasi pada forum diskusi, padahal semester kemarin bisa login dan bisa menanggapi diskusi, saya pun juga menggunakan password yang sama dengan password semester kemarin.
      sekali lagi mohon bantuannya. Terimakasih

      • WAODE RAHMAWATI 859743108 says:

        Dalam video pembelajaran tersebut guru tidak melakukan kegiatan awal seperti salam,berdoa sebelum belajar,dan memberikan motivasi kepada siswa agar siswa lebih semangat belajar. tetapi guru di dalam video tersebut langsung masuk pada kegiatan inti dan memberikan tugas tanpa menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di ajarkan.

        • Budi Astuti says:

          Maaf ya min kok bingung untuk menjawab di forum diskusinya, saya sudah coba coba menjawab tapi apakah jawaban sudah masuk

  10. Aminah says:

    Bagaimana cara memunculkan kembali add commend di diskusi forum, karna terlanjur mengklik submit forum.
    Mohon untuk di jelaskan
    Terimakasih

  11. GUSNIYANTI GUSNIYANTI says:

    Anak sulit berimajinasi untuk menuangkan ide-idenya secara spontan, yang harus di lakukan adalah :
    sebagai guru kita butuh melakukan stimulasi agar anak dapat menuangkan ide-ide kreatifnya , seperti yang di jelaskan dalam video cara guru sudah cukup baik dengan memberikan pelajaran secara saintifik kepada anak, dengan pembelajaran saintifik ini anak dapat melihat secara langsung apa objek yang di sebutkan dan yang akan di buat, semakin banyak objek yang di lihat maka semakin banyak ide yang keluar dari pemikiran anak-anak tersebut.
    Sambil memberikan rangsangan melalui cerita dan pertanyaan- pertanyaan yang di berikan sehingga membuat anak semakin aktif menjawab, dengan begitu otak anak semakin bekerja dan semakin banyak timbul ide-ide baru yang akan di buat.

  12. GUSNIYANTI GUSNIYANTI says:

    Anak sulit berimajinasi untuk menuangkan ide- idenya secara spontan, yang harus dilakukan adalah: sebagai guru kita butuh melakukan stimulasi agar anak dapat menuangkan ide-ide kreatifnya, seperti yang di jelaskan dalam Vidio cara guru yang sudah cukup baik dengan memberikan pelajaran secara saintifik kepada anak, dengan pembelajaran saintifik ini anak dapat melihat secara langsung apa objek yang di sebutkan dan yang akan di buat, semakin banyak objek yang dilihat maka semakin banyak ide yang keluar dari pemikiran anak-anak tersebut.sambil memberikan rangsangan melalui cerita dan pertanyaan -pertanyaan yang di berikan sehingga membuat anak semakin aktif menjawab, dengan begitu otak anak semakin bekerja dan semakin banyak timbul ide-ide baru yang akan di buat

  13. GUSNIYANTI GUSNIYANTI says:

    Kasus seperti ini sangat sering kita jumpai di sekolah, kebanyakan anak tidak bisa mengulang kembali ataupun mengingat kembali apa yg sudah di dengarnya..
    Kalau di lihat dari aspek perkembangan anak pada aspek bahasa anak tidak dapat menerima dan memberi bahasa..dengan begitu ada beberapa strategi yang harus di lakukan seorang guru yaitu :
    1. Melempar kan kepada anak kegiatan apa yg harus di lakukan atau mau cerita apa..
    2. Buat anak senyaman mungkin untuk mendengar kan cerita.
    3. Buatlah cerita itu lebih menarik dengan bermacam suara dan ekspresi yg benar-benar seperti nyata.
    4. Sampaikan cerita bersambung pada hari berikutnya agar anak penasaran. Dan menunggu kisah berikut nya.

  14. GUSNIYANTI GUSNIYANTI says:

    Kasus seperti yang ada pada video sangat sering terjadi bahkan selalu terjadi di fase-fase awal tahun ajaran baru..
    Dengan Susana baru di sekolah anak butuh penyesuaian diri tanpa ada keterbatasan waktu,namun seiring waktu berjalan tanpa menunggu lama anak dapat di tinggalkan oleh orang tua untuk mengikuti kegiatan di sekolah . semua itu butuh strategi bagi seorang guru salah satunya yang dapat kita lihat dalam video yang di tayangkan tadi..
    Salah satu kegiatan awal yang ada dalam video adalah perkenalan karena perkenalan ini yang akan membuat anak merasa nyaman..

    • Budi Astuti says:

      1. Pada video tersebut guru bercerita terlalu cepat, anak belum fokus dengan guru, mereka tidak terlalu memperhatikan gurunya jadi tidak mengerti isi cerita hanya sebagian atau beberapa kata yang dia ingat dan sempat dia dengar dari gurunya saat bercerita, mungkin dengan bahasa tubuh dan intonasi yang tepat anak akan lebih fokus karena anak akan bosan hanya melihat gurunya berbicara sendiri di depan.

      2. Kelebihannya yaitu guru memiliki alat peraga sebagai bahan cerita, guru juga menggunakan strategi ajakan atau undangan dan pertanyaan.

      Kekurangannya adalah cerita guru tidak menarik menurut anak-anak, terlalu cepat tanpa intonasi dan bahasa tubuhnya kurang.

      3. Membuat anak untuk fokus caranya dengan ice breaking, nyanyian, bermain tepuk-tepuk setelah anak kembali fokus baru kita lanjut untuk bercerita, berdiri menggunakan gerakan agar anak memperhatikan kita bercerita, Jika saya tidak melakukan hal ini tujuan pembelajaran tidak akan tercapai saya capek bercerita anak tidak tahu apa isi cerita.

      4. Ketika memberikan tugas anak mewarnai hanya dengan contoh yang kita tempel di papan tulis anak akan mewarnai dengan asal-asal saja setelah selesai dia tidak senang dengan hasil karyanya, karena dia ingin sama seperti contoh guru yang dibuat, dia kecewa karena punya dia tidak rapi jadi harus diajarkan teknik mewarnai dengan benar sambil mempraktekkan anak-anak mengikuti dengan bertahap. dengan begitu anak akan merasa puas karena sudah sama gambarnya seperti gurunya dan dapat menghargai hasil karyanya sendiri.

  15. menurut saya menentukan arah mata angin sangatlah membantu dalam mengajukan pengajaran kepada peserta didik dikarenakan semua peserta didik itu sangat membutuhkan hal yang baru dan menarik oleh karena itu pendidikan yang menentukan arah mata angin wajib diajarkan dan sudah bisa dikatakan menentukan arah mata angin salah satu kebutuhan yang pass untuk diajarkan kepada peserta didik,,
    karena arah mata angin merupakan salah satu unsur yang wajib di ketahui demikian menurut saya

  16. kasus pada video sangat sering terjadi pada semua saat dalam pengajaran dan memberikan pemahaman kepada pesserta didik jadi dengan video bisa menjelaskan dengan cepat dan siap dalam pembelajaran agar bisa lebih baik lagi dalam memahami pembelajaran sekian terimakasih

  17. Yanti Florimida Saragih says:

    maaf saya mau minta tolong bantuannya dan solusinya, saya tidak bisa login maupun registrasi pada forum diskusi, padahal semester kemarin bisa login dan bisa menanggapi diskusi, saya pun juga menggunakan password yang sama dengan password semester kemarin.
    sekali lagi mohon bantuannya. Terimakasih

  18. Serinem says:

    Keadaan seperti ini sangat sering terjadi ketika proses pembelajaran.
    Guru hendaknya mengkondisikan anak dan juga ruang kelas sebelum mulai bercerita
    Carilah topik yang menarik untuk didengar oleh anak.
    Guru memberikan reward kepada anak anak yang memperhatikan dengan baik sehingga dengan memberikan reward anak anak yang lain akan termotivasi untuk lebih meningkatkan konsentrasinya pada pelajaran yang disampaikan Guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *