Q & A

FKIP | Universitas Terbuka

Question & Answer

  • Silahkan klik halaman login (jika membuka dari PC atau Laptop), Klik Menu atau Garis 3 (jika membuka dari HP atau tablet),

  • lalu terdapat 2 tombol Login dan Register, klik login jika sudah mendaftar, dan klik Register jika belum,

Perhatikan Notifikasinya, jika seperti ini adalah kesalahan pada penginputan username, username tidak boleh ada spasi,

jika Notifikasi seperti ini, maka email yang anda daftarkan sudah terdaftar,

Eror seperti ini diakibatkan banyak nya pengguna yang sedang mengakses website Forum Diskusi, silahkan melakukan Refresh pada halaman tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah banyak para pengguna atau user mencari Form Login melalui Google, sehingga diarahkan Login untuk Website GPO tetapi bukan kehalaman Login Forum Diskusi, alamatnya adalah forumdiskusi.fkip.ut.ac.id, atau mengajukan ke alamat Email di gurupintar@ecampus.ut.ac.id dan mohon menunggu.

Silahkan ajukan pertanyaan dibawah ini jika mengalami masalah pada Forum Diskusi…

1,572 Responses

  1. Triana Aisyah says:

    1. Ya,alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada.
    2. Ada,dengan alat tradisional seperti congklak.
    3. Sudah tepat.
    4. Masih ada anak yang kurang fokus dan kurang bersemangat saat guru menjelaskan aturan bermain.
    5. Mengajak anak untuk bernyanyi dan menunjukkan jenis angka yang ada diruang kelas sebagai media belajar.

    • izza rahmawaty says:

      Alkhamdulilah alat yg di gunakan untuk di laksanak sudah masi tepat untuk masalah nya

    • Tririn Lestari says:

      Saya memilih Vidio cara memegang pensil.
      Pada awal ajaran baru, anak-anak masih banyak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.Dengan adanya Vidio ini saya sangat terbantu sebagai referensi saya dalam mengajarkan anak memegang pensil dengan baik dan benar Adapun stimulus agar motorik halus anak dapat berfungsi dengan baik,bisa dengan cara meremas-remas kertas,mengancingkan baju dll

    • Dalam video ” Mengatasi anak yang takut dlam menangkap bola” …..Menurut pendapat saya, strategi yang digunakan oleh guru sudah baik, guru melakukan pendekatan kepada anak dengan mengenalkan bola yang terbuat dari bahan kain sehingga anak berani untuk memegang bola dan memainkannya dengan melakukan gerakan lemparan dekat dan jauh.
      Refrensi : Reaksi anak sangat senang dan semangat untuk mengikuti kegiatan bermain walaupun ada anak yang takut terhadap bola, hal ini dikarenakan anak pernah mengalami ketidaknyamanan terhadap bola.Namun demikian setelah mengetahui anak takut terhadap bola maka guru menggunakan strategi lain untuk mengenalkan bola kepada anak.
      Kelebihan dari strategi tersebut menurut saya, guru dapat mengenalkan, menjelaskan bola kepada anak walaupun bola tersebut berbahan kain dan dapat mengajaknya untuk bermain sehingga anak tidak lagi merasa takut.
      Adapun kekurangan dari strategi tersebut menurut saya adalah anak agak lambat dapat beradaptasi dengan bola seperti biasanya, karena fisik bola yang digunakan terbuat dari kai

    • 1. Menurut saya vedeo yg barusan saya lihat guru melatih anak dengan memindahkan air ke dalam mangkok menggunakan spon, dan membuka gbok kunci sangat benar.

      2. Selain kegiatan di vedeo tersebut, cara anak memegang pensil yaitu dengan kegiatan merobek, meronce, menggunting, menempel.

      • 1. Menurut saya vedeo yg barusan saya lihat guru melatih anak dengan memindahkan air ke dalam mangkok menggunakan spon, dan membuka gbok kunci sangat benar.

        2. Selain kegiatan di vedeo tersebut, cara anak memegang pensil yaitu dengan kegiatan merobek, meronce, menggunting, menempel.

        3. Menurut saya pensil yg cocok buat anak PAUD adalah semua pensil. Karna setau saya pensil tidak ada yg berbahaya bagi anak .

        4. Pengalaman saya mengajarkan anak memegang pensil yaitu, dengan kegiatan mewarnai, meronce, menggunting, merobek, menempel, mengncing baju

        5. Referensi dari buku modul, internet, dosen dan guru2 lain

    • SRIHARYANI 857944334 says:

      Menurut saya cara yang dilakukan Guru dalam melatih/menstimulus anak yang takut pada kegiatan menangkap bola sudah tepat sekali, anak merasa takut karena awalnya bu guru menggunakan bola yang agak keras, kemudian bu guru memberikan langkah-langkah diantaranya memberi pengertian bahwa bola itu aman, kedua memberikan bola kain yang teksturnya halus dan empuk, dan anak dipersilahkan memegang dan memainkannya sesuka hati, selanjutnya anak dipersilahkan melempar bola ke arah buguru, kemudian anak dipersilahkan menangkap lambungan bola dari bu guru dari jarak terdekat dulu, sampai anak paham bahwa bola itu aman, tidan membahayakan.

    • Zepri Anugrah S says:

      Saya menerapkan model pembelajaran example non example, yaitu media belajar yang langsung menuju objek yang ingin saya jelaskan, seperti contohnya saya menjelaskan tentang binatang kucing, maka saya langsung menunjukan gambar kucing serta fungsi-fungsi dari bagian tubuh kucing tersebut

  2. Kundasah Dasah says:

    Assalamualaikum,
    Kalau saya memilih diskusi tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, pada kasus yang saya bahas kali ini adalah masalah yang juga ada dalam lembaga saya,dalam video tersebut memang sudah benar dalam mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan tersebut. Saya hanya menambahkan saja mungkin bisa dengan menggunakan plastisin, dan anak-anak dapat memilin-milinnya untuk membiasakan jari-jarinya untuk bergerak,melatih otot-otot halusnya. Selain plastisin anak juga dapat dilatih meremas kertas atau bisa juga merobek-robek kertas, jadi seperti itu yang biasa saya lakukan selain meremas spon,dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dilembaga kami.

  3. Komariyah says:

    Nama : Komariyah
    Nim : 836582249
    ” Setelah saya melihat video Cara Memegang pensil.
    ” Pada awal ajaran baru anak-anak masih banyak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan adanya video ini saya merasa sangat terbantu, Sebagai referensi saya dalam mengajarkan anak memegang pensil dengan baik dan benar. Adapun Stimulus agar motorik halus anak dapat dapat berfungsi dengan baik, Bisa dengan cara meremas- remas kertas, mengancing baju dll.

  4. REZKI NADEAK says:

    Menurut pendapat saya bahwa :
    Operasi hitung adalah pekerjaan atau tindakan yang dilakukan dengan cara menjumlahkan, mengurangi, mengalikan, dan membagi.

  5. Siti Sonifah says:

    Pemberian Hadiah “Parise”(2011)
    1. ya. karena dengan memberikan hadiah atau pujian , anak akan lebih senang dan bersemangat serta merasa lebih di hargai perbuatannya atau pekerjaannya
    2. Penghargaan yang tepat untuk anak yg disiplin yaitu memberikan pujian.contohnya : ketika anak sudah selesai bermain atau mengerjakan tugas mereka mau merapikan kembali kita dapat berkata “good jos ”
    3. Iya sama, disaat ada anak yang belum dapat melakukan disiplin seperti merapikan mainannya anak tersebut dimotivasi supaya mau melakukan disiplin seperti “wa hebat/pintar setelahbermain ayo dirapikan kembali…….sambil dibantu/ diberikan contohnya
    4. kelebihannya: anak merasa lebih senang dan bersemangat saat mendapat pujian
    kekurangannya: anak akan melakukan disiplin jika diberi pujian saja dan kecil kemungkinan kesadaran anak bahwa disiplin adalah suatu kebutuhan

  6. ✓ Iya sudah benar..karena dengan melatih motorik anak dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. Dengan begitu motorik anak berfungsi agar anak bisa dapat memengang pensil dengan baik dan benar.

    ✓ Di sekolahnya saya anak memengang pensil dan buku anak menulis apa saja di dalam buku tersebut dan mencoba untuk menebalkan garis penghubung .

    ✓ Pensil atau alat tulis yang baik untuk anak
    Anak membawa pensil 2B, kerayon dan buku tulis atau buku bergambar.

    ✓ Pengalamannya,saya mencoba membantu memengang tangan anak itu mengikuti gerak tangan anak dengan mengaris garis penghubung.

    ✓ Refrensi BMP PAUD 4202

  7. almas shita says:

    Saya memilih Vidio cara memegang pensil.
    Pada awal ajaran baru, anak-anak masih banyak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.Dengan adanya vidio ini saya sangat terbantu sebagai referensi saya dalam mengajarkan anak memegang pensil dengan baik dan benar, Adapun stimulus agar motorik halus anak dapat berfungsi dengan baik, bisa dengan cara meremas-remas kertas,mengancingkan baju dll, Pensil atau alat tulis yang baik untuk anak
    Anak membawa pensil 2B, kerayon dan buku tulis atau buku bergambar, Pengalamannya,saya mencoba membantu memengang tangan anak itu mengikuti gerak tangan anak dengan mengaris garis penghubung.

  8. Dwi Heni Subiastuti says:

    Cukup pnuh perjuangan dptlogin karna pengaruh signal yg warbiasah….
    Bismillah….

  9. Zannuba Ayudina Haya says:

    1. Menurut saya sudah tepat
    2. Ada, dengan cara bermain puzzle dan masih banyak permainan-permainan yang lainnya
    3. Sudah tepat
    4. Hambatannya anak kurang fokus dalam memperhatikan guru
    5. Dengan cara tepuk dan bernyanyi maka anak akan fokus kembali

  10. Eka fitriani says:

    Menurut saya dalam vidio tersebut sangat setuju dan sependapat jika anak melakukan rangsangan dulu sebelum melanjutkan kegiatan menulis, karena anak tersebut memiliki kekurangan yang harus di stimulus,
    Dengan melakukan stimulus tadi otot anak akan lebih kuat dan mudah untuk memegang, menulis dan menggunting dan sangat bermanfaat dalam melatih motorik halus dan kasar anak

  11. SITI ISAROH says:

    Re: Diskusi.8
    by SITI ISAROH 857703804 – Monday, 13 December 2021, 8:34 PM
    saya melakukan diskusi portal GPO melalui tema perkembangan fisik-motorik Paud dengan judul mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar(2010)
    1. ya. pendapat saya yaitu dengan melatih motorik halus anak secara bertahap
    2. memindahkan air dari mangko satu ke mangko lainnya
    3. membantu anak untuk meremas-remas kertas agar melatih kelenturan jari-jari tangan
    4. melatih anak dengan mengipat-ngipatkan jari-jari tangan untuk melemaskan otot-otot tangan
    5.kegiatan selanjutnya , anak diperkenalkan alat tulis (pensil) ,seperti jenis-jenis pensil,kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar
    dan lain sebagainya
    6. contoh dalam pembelajaran pada tayangan vidio trsebut sudah baik yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan
    jai-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semangkin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensil

  12. Lilis Sugiyarti says:

    Menurut saya kegiatan pada tersebut merupakan kegiatan untuk merangsang motorik halus anak dalam memegang pensil, kegiatan yang diberikan oleh guru dapat melatih kelenturan tangan anak.kegiatan yang diberikan guru pada video tersebut juga beragama seperti memindahkan air dari mangkuk ke mangkuk menggunakan spons, membuka dan menutup gembok kunci,membuka dan memasang mur pada baut. Kegiatan- kegiatan tersebut dapat melatih koordinasi mata, tangan, dan latihan anak dalam memegang pensil.

  13. IKA DIYAH KURNIAWATI says:

    Video kegiatan anak melempar dan menangkap bola. Hal itu merupakan kegiatan untuk melatih kekutan motorik kasar. Dalam video tersebut ada salah satu anak yang takut menangkap bola akan tetapi guru kurang memberikan motivasi.

    Kita sebagai pendidik harus dapat memberikan contoh serta memberikan motovasi dalam melakukan suatu kegiatan , agar anak selalu semangat dalam melakukan kegiatan.

  14. IKA DIYAH KURNIAWATI says:

    Video kegiatan anak melempar dan menangkap bola. Hal itu merupakan kegiatan untuk melatih kekutan motorik kasar. Dalam video tersebut ada salah satu anak yang takut menangkap bola akan tetapi guru kurang memberikan motivasi dan contoh.

    Kita sebagai pendidik harus dapat memberikan contoh serta memberikan motovasi dalam melakukan suatu kegiatan , agar anak selalu semangat dalam melakukan kegiatan.

  15. pinkan febiantie says:

    nama : pinkan febiantie
    nim : 857112183

    saya memilih video anak yang belum bisa memegang pensil, guru mengajarkan anak tersebut memegang pensil dengan baik, dengan cara memindahkan dari mangkok satu ke mangkok yang lainnya sehingga membantu kelenturan tangan anak tersebut

  16. Yunita Saragih says:

    Salah satu keterampilan yang harus dikuasai guru adalah menarik perhatian siswa. apa yang sudah dilakukan Guru sudah tepat, yang awalnya siswa ribut dan belum terkondisi kemudian diberi apersepsi dengan bertanya tentang transportasi, menjadikan siswa tenang, atau mengajak anak didik untuk bernyanyi bersama untuk menghilangkan rasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung

  17. LAURIA HAJAR AYU KRISNANDAR says:

    Assalamu’alaikum
    Saya Lauria Hajar Ayu Krisnandar Nim 835760882
    Menurut saya kekurangan dari pembelajaran yang ada dividio tersebut yaitu:
    1. tidak terlihatnya kegiatan pendahuluan yang dilakukan guru, namun ia langsung masuk kepda materi
    2. Media yang digunakan guru belum ada yang konkret, belajar masih menggunakan media papan tulis dengan metode ceramah sehingga membuat pemebalajaran kurang menarik

    Namun begitu vidio pembelajaran ini terdapat kelebihan juga yaitu:
    1. Volume guru dalam menyampaikan materi sudah cukup baik.
    2. Dan cara guru menerangkan juga sudah bagus sehinnga mudah dimengeri siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *